Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Arti Mimpi Dalam Islam

Simak √ arti mimpi hamil, √ mimpi menikah, √ mimpi gigi copot, √ mimpi potong rambut dan √ mimpi digigit ular menurut Islam berikut.


Mimpi

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, mimpi adalah kejadian yang dialami ketika tidur. Mimpi dapat dikatakan sebagai bunganya orang tidur.

Arti-Mimpi-Dalam-Islam

Semua orang pasti pernah mengalami mimpi dalam tidurnya. Dan banyak orang yang suka menanyakan atau menafsirkan apa arti mimpi yang dialaminya.

Namun dari pandangan agama Islam, mimpi sebagai bunga tidur juga bisa jadi memiliki arti. Kejadian ini sudah terbukti melalui mimpi yang dialami oleh para Nabi.

Ada beberapa nabi yang menerima wahyu dan petunjuknya melalui mimpi.

Contohnya :

Nabi Yusuf pernah bermimpi melihat bulan, matahari dan sebelas bintang yang bersujud kepadanya.

Arti dari mimpi itu bermakna bulan adalah ibunya, matahari adalah ayahnya dan 11 bintang adalah saudaranya,. Mereka semua akan sujud kepada Beliau karena beliau diangkat menjadi nabi besar oleh Allah

Begitu juga dengan Nabi Ibrahim yang mendapatkan perintah oleh Allah untuk menyembelih anaknya (Ismail), melalui mimpinya.

Allah berfirman dalam Al-Quran surat As-Saffat ayat 102:

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ ٱلسَّعْىَ قَالَ يَٰبُنَىَّ إِنِّىٓ أَرَىٰ فِى ٱلْمَنَامِ أَنِّىٓ أَذْبَحُكَ فَٱنظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَٰٓأَبَتِ ٱفْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِىٓ إِن شَآءَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya:

Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku (Ismail), sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku diperintahkan untuk menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu?”

Dia (Ismail) mnjawab, “Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu, insya Allah engkaku akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” (QS. As-Saffat ayat 102).

Dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa Nabi Ibrahim mmendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih anaknya Ismail. Sebagai wujud ketaatannya kepada Allah, Nabi Ibrahim melaksanakan perintah yang diperolehnya melalui mimpinya tersebut.

Beliau meminta pendapat anaknya (Ismail) untuk menyembelihnya dan Ismail menyetujuinya. Namun akhirnya, Allah menggantinya dengan seekor domba dari surga.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa mimpi juga bisa berarti pesan yang disampaikan kepada kita. Untuk itu, karena bunganya tidur, sesuatu yang dilihat orang dalam tidurnya bisa juga memilki arti, namun juga bisa tidak selalu memiliki arti.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang beberapa arti mimpi dalam Islam yang sering dialami oleh sebagian orang, Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Arti Mimpi Menurut Islam

Arti-Mimpi-Menurut-Islam

Rasulullah bersabda:

الرؤيا ثلاث حديث النفس وتخويف الشيطان وبشرى من الله

Artinya:

“Mimpi itu terbagi menjadi tiga macam : Bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.” (HR. Bukhari)

Jadi menurut Rasulullah mimpi dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Mimpi bisikan hati

Mimpi bisikan hati adalah, mimpi yang ditimbulkan karena pikiran atau angan-angan yang kuat sebelum tidur.

Misalnya:

Orang yang sedang bahagia dan akan menikah, biasanya akan bermimpi menikah. Karena pikiran di bawah sadarnya memikirkan kejadian pernikahannya.

Begitu juga dengan orang yang sedang memilki banyak masalah berat. Ia akan susah tertidur dan seandainya bisa tidur, ia akan bermimpi hal-hal yang membuat ia gelisah.

2. Mimpi yang berasal dari bisikan setan

Setan akan selalu menggoda manusia untuk mengikuti jejaknya. bahkan ketika orang tersebut sedang beribadah sekalipun. Juga termasuk ketika manusia sedang tidur.

Setan dapat masuk ke dalam mimpi manusia untuk memberikan bisikan jahat. Hal ini membuat manusia menganggap sebagai mimpi buruk dan bahkan bisa untuk mengajak dalam kemungkaran dalam mimpinya.

Untuk itu kita dianjurkan untuk senantiasa membaca doa sebelum tidur agar dujauhkan dari godaan setan selama kita tidur.

3. Mimpi adalah kebar gembira dari Allah

Mimpi juga dapat bermakna sebagai kabar gembira dari Allah. Kejadian mimpi tersebut sudah terbukti pada para nabi.

Dan bahkan diantara banyaknya macam-macam mukjizat nabi, salah satunya adalah mampu menafsirkan mimpi. Kelebihan itu adalah mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Yusuf.

Berikut beberapa arti mimpi menurut Islam:

Arti Mimpi Hamil

Arti-Mimpi-Hamil-Menurut-Islam

Kehamilan merupakan salah satu harapan bagi pasangan yang telah menikah. Tidak semua orang diberikan kemudahan untuk langsung mendapatkan kehamilan setelah menikah. Sebagian orang harus melakukan usaha dan ikhtiar untuk mendapatkan kehamilan yang diimpikannya.

Karena terlalu berharap untuk mendapatkan kehamilan, maka tidak sedikit orang yang mengalami mimpi hamil.

Sebenarnya, apa arti mimpi hamil dalam agama islam?

1. Kebaikan

Untuk arti mimpi menurut islam ini bisa menggambarkan akan datangnya kebaikan. Mimpi hamil bisa dialami oleh laki-laki maupun perempuan.

Seseorang yang mendapatkan mimpi hamil menurut islam diartikan akan mendapatkan kebaikan. Entah itu kebaikan untuk mendapatkan harta di dunia nyata atau pun kebaikan lainnya.

2. Kabar baik

Selain memiliki arti membawa kebaikan, arti mimpi hamil dalam islam adalah membawa kabar yang baik.

Mimpi hamil akan membuat seseorang merasakan suasana yang baik setelah bangun tidur. Oleh karena itu, bisa jadi Anda akan mendapatkan kabar yang membahagiakan.

3. Rezeki

Mimpi mengalami kehamilan bisa dikatakan akan membawa rezeki jika dialami oleh perempuan. Namun jika mimpi ini dialami oleh laki-laki akan membawa kesedihan.

Wallahu alam, mimpi adalah bunganya orang yang sedang tertidur. Anda boleh percaya boleh tidak. Namun percayalah, semua rezeki dan kebaikan datangnya dari Allah.

Jika Anda mendapatkan kesedihan atau cobaan setelah mengalami mimpi, yakinlah bahwa itu adalah ujian untuk membuat derajat Anda menjadi lebih tinggi di hadapan Allah.

Baca juga : Doa Rezeki Lancar

Arti Mimpi Menikah

Arti-Mimpi-Menikah

Untuk arti mimpi dalam islam selanjutnya adalah mimpi menikah. Setiap orang pasti berharap untuk bisa menikah. Menikah dikatakan sebagai penyempurna ibadah.

Orang yang menikah berarti telah menjalankan syariat Rasulullah dan menjalankan separuh agamanya.

Lalu, apakah arti mimpi menikah?

1. Kekhawatiran yang mendalam

Arti mimpi menikah karena dijodohkan bisa saja memiliki arti kesedihan yang mendalam. Bisa saja orang yang mengalami mimpi ini karena seseorang mengalami kebiasaan untuk selalu mengalah sehingga tidak membuat orang lain menjadi terluka karenanya.

2. Kebahagiaan

Jika Anda mengalami mimpi menikah dengan pacar, maka artinya ini akan membawa kebahagiaan. Ini menggambarkan suatu komitmen atau hubungan yang baik dengan pasangan.

3. Adanya aspek yang bertentangan dan bergabung menjadi satu

Untuk arti mimpi dalam islam tentang menikah dengan orang yang tidak dikenal bisa diartikan bahwa Anda sedang mencari keseimbangan antara sisi maskulin serta sisi agresif.

Bisa diartikan pula Anda memiliki aspek yang bertentangan dan kemudian bergabung menjadi satu.

Baca juga : Pernikahan dalam Islam

Arti Mimpi Digigit Ular

Arti-Mimpi-Digigit-Ular

Arti mimpi dalam islam selanjutnya adalah tentang digigit ular. Ular merupakan binatang melata yang dikenal menakutkan. Bahkan beberapa diantaranya ada yang mempunyai bisa berbahaya dapat membuat seseorang meninggal

Tidak jarang binatang ini masuk ke dalam rumah sehingga mengganggu pemiliknya. Sebagian besar orang ada yang bermimpi digigit ular.

Berikut makna arti mimpi digigit ulat

1. Simbol musuh dan lainnya

Berkaitan dengan mimpi bertemu ular, hal ini pun sering ditafsirkan oleh banyak kalangan. Ular di dalam mimpi merupakan simbol dari penafsiran. Ia bisa menjadi simbol musuh, perempuan, harta, anak, maupun sumber penghidupan lainnya.

Contohnya apabila bermimpi ada ular yang masuk ke dalam rumah, ini bisa menjadi pertanda bahwa ada orang yang berniat jelek kepadanya.

Jika ular yang masuk ke dalam rumah kemudian bisa ditangkap kembali, arti mimpi dalam islam adalah orang tersebut akan mendapatkan keuntungan kembali terhadap orang yang berusaha jahat kepadanya.

2. Jelmaan anak manusia

Arti mimpi digigit atau bertemu ular selanjutnya adalah ia merupakan jelmaan dari anak manusia. Jika ular berukuran kecil dan kemudian dalam mimpinya ia keluar dari saluran kencing, ini merupakan pertanda yang baik karena merupakan tanda seseorang akan segera dikaruniai anak.

3. Simbol wanita

Jika Anda mengalami mimpi memukul ular kemudian ia membaginya menjadi 3 bagian, maka dalam kehidupan nyata bisa diartikan orang tersebut akan memberikan talaq kepada istrinya sebanyak 3 kali.

Bahkan jika seseorang mengalami mimpi membunuh seekor ular, ini bisa diartikan bahwa ia akan segera menikahi seorang perempuan. Hal ini sesuai dengan kisah Ibn Sirin yang pernah ditanyai seseorang perihal arti ular di dalam mimpi.

Ibn Sirin bertanya kepada seorang tersebut apakah ia sedang melamar seorang perempuan atau tidak. Dan jawabannya adalah Iya. Ibn Sirin berkata bahwa ia akan menikahi perempuan tersebut dan kemudian akan mendapatkan warisan darinya.

Lalu, pada akhirnya seseorang tersebut benar-benar menikahi perempuan yang telah dilamarnya. Kemudian, tidak lama perempuan tersebut meninggal. Perempuan tersebut meninggalkan warisan kepada suaminya mencapai 7000 dirham.

Baca juga : Doa Ketika Mimpi Buruk

Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

Arti-Mimpi-Bertemu-Orang-Yang-Sudah-Meninggal

Setiap orang yang hidup di dunia pasti akan meninggal. Setiap orang yang telah meninggal tidak akan bisa lagi datang ke alam dunia.

Jadi, jika kita mengalami mimpi bertemu dengan orang yang telah meninggal, itu bukanlah orang yang benar-benar pernah kita temui pada masa hidupnya.

Banyak orang yang menanyakan arti mimpi dalam islam tentang bertemu dengan orang yang sudah meninggal. Pasalnya, banyak orang yang mengalami hal ini.

Sekilas mimpi berjumpa dengan orang yang sudah wafat memang terkesan seram. Namun, ada pula orang yang merasa beruntung bertemu dengan orang yang telah meninggal karena saking rindunya kepada orang tersebut.

Berbicara mimpi dengan orang yang sudah meninggal, cara penafsirannya pun tergantung oleh masing-masing individu.

Berikut beberapa arti mimpi bertemu dengan orang yang telah meninggal di dalam islam.

1. Merindukan orang tersebut

Untuk arti mimpi dalam islam tentang bertemu orang yang sudah meninggal adalah bahwa Anda sedang merindukan orang tersebut.

Bisa saja orang yang masuk dalam mimpi Anda adalah orang yang sangat dekat dengan Anda. Karena rasa rindu yang begitu mendalam, maka ia pun masuk ke dalam mimpi.

Dalam diam, bahkan Anda tidak menyadari bahwa orang yang Anda rindukan benar-benar masuk dalam alam bawah sadar. Kemudian, ia pun muncul dalam gambaran orang tersebut ketika Anda sedang tertidur.

2. Agar manusia lebih beriman

Mimpi dipertemukan dengan orang yang telah meninggal juga bertujuan agar seseorang lebih patuh dan beriman kepada Allah.

Minimnya pengetahuan tentang dunia ghaib terkadang membuat banyak orang mengartikan mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal dengan hal-hal yang aneh.

Padahal, arti mimpi dalam islam tentang orang yang sudah meninggal bisa jadi menjadi sebuah peringatan agar kita lebih beriman dan bertakwa kepada Allah.

Mengapa kita diingatkan untuk beriman?

Karena kita diingatkan bahwa setiap orang yang hidup pasti akan mati. Dan selagi masih diberikan kesempatan untuk hidup, maka kita wajib untuk memperbaiki diri dengan sebaik mungkin.

3. Untuk mempertebal keimanan

Mimpi bertemu orang yang telah meninggal bisa diartikan sebagai wujud untuk membuat seseorang untuk mempertebal keimanan. Pada saat tertidur, ruh seseorang akan ditahan sehingga ruh nya bisa bertemu dengan orang yang telah meninggal.

Sebagai orang yang beriman kepada Allah, Anda bisa mengartikan bahwa mimpi tersebut adalah untuk membuat diri Anda menjadi lebih beriman dan bertakwa kepada Allah.

Baca juga : Doa Husnul Khotimah

Arti Mimpi Gigi Copot

Arti-Mimpi-Gigi-Copot

Pernahkah Anda mengalami mimpi copot giginya?

Beberapa orang memang pernah mengalaminya. Mimpi ini sering diartikan dengan hal-hal yang baik dan buruk.

Berikut pandangan islam tentang mimpi mengalami gigi copot.

1. Gigi bawah copot

Jika Anda mengalami mimpi gigi bawah copot, maka arti mimpi dalam islam untuk hal ini adalah akan diberikan kesulitan dalam kehidupannya.

Jika kebetulan gigi kiri yang copot dalam mimpi maka kesulitan yang dialami adalah dalam hal pekerjaan. Namun jika gigi kanan, maka Anda akan mengalami suatu penyakit.

Lalu, bila gigi taring yang copot, ini bisa saja berarti akan ada salah satu kenalan Anda meninggal dunia.

2. Gigi copot semua

Gigi merupakan salah satu anggota mulut yang sangat penting bagi manusia. Selain untuk membuat penampilan menjadi lebih cantik, gigi juga berperan dalam berbagai macam hal seperti makan, bicara, dan lain-lain.

Jika Anda bermimpi gigi copot dalam jumlah yang banyak, maka ini ditafsirkan Anda harus membayar sejumlah yang cukup besar dalam waktu yang dekat.

3. Gigi atas copot

Jika dalam mimpi adalah gigi kanan yang copot, maka ini merupakan pertanda baik. Ada rejeki yang cukup besar yang akan menghampiri Anda.

Rejeki itu bermacam-macam dan bisa berkaitan dengan keuntungan tentang pekerjaan yang sedang Anda jalani.

Baca juga : Doa Ketika Mendapat Musibah

Arti Mimpi Potong Rambut

Arti-Mimpi-Potong-Rambut

Potong rambut merupakan salah satu hal yang wajar dilakukan oleh siapa saja. Jika rambut sudah panjang, maka Anda bisa memotongnya agar penampilan menjadi lebih fresh.

Lalu, apakah arti mimpi potong rambut dalam islam?

1. Hal yang baik akan datang

Mimpi potong rambut dalam islam memiliki arti yang baik jika ini memang berasal dari Allah. Namun jika datangnya dari setan, ini merupakan pertanda yang buruk.

Contohnya saja, akan menimbulkan kecemasan atau kesedihan jika mimpi ini berasal dari setan.

2. Percaya diri

Mimpi potong rambut bisa diartikan bahwa Anda memiliki rasa percaya diri yang besar. Hal yang sedang Anda telateni akan memberikan Anda sebuah kepercayaan diri yang besar.

Hal ini bisa berkaitan dengan pekerjaan yang sedang Anda lakoni saat ini baik itu kondisi yang baik atau pun kondisi yang buruk.

3. Potong rambut pendek

Jika Anda mengalami mimpi potong rambut pendek, maka mimpi ini berarti Anda akan kehilangan percaya diri dalam segi keuangan maupun kekuatan.

4. Mimpi potong rambut sendiri

Jika Anda mengalami mimpi potong rambut sendiri, ini bisa diartikan bahwa Anda akan berpisah dengan orang yang Anda sayangi.  Orang ini bisa jadi kekasih, saudara, maupun orang tua Anda.

Begitu banyak arti mimpi dalam islam dan semuanya bisa Anda percayai atau tidak. Setiap mimpi yang datang dari Allah pasti mendatangkan kebaikan untuk Anda.

Tinggal Anda menyikapinya dengan baik atau tidak. Anda tidak boleh menafsirkan mimpi secara aneh, apalagi sampai datang ke dukun untuk mengartikannya.

Baca juga : Doa Agar Diberi Kesehatan

Langkah Ketika Mimpi Buruk

Rasulullah mengajarkan kepada umatnya ketika mengalami mimpi buruk. Simak langkah-langkahnya berikut.

  1. Ketika terbangun dari tidur, meludahlah kekiri 3 kali.
  2. Dilanjutkan dengan memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk, dengan membaca “A’udzu billahi minas-syaithanir-rajiim” sebanyak 3 kali.
  3. Memohon perlindungan kepada Allah dari keburukan mimpi yang dialaminya.
  4. Kerjakan Sholat.
  5. Jika melanjutkan tidurnya kembali, usahakan untuk mengubah pisisi tidurnya dari posisi sebelumnya.
  6. Tidak boleh menafsirkan mimpinya sendirian, usahakan dengan meminta bantuan orang lain.

Baca juga : Arti Kedutan dan Maknanya

Demikian ulasan tentang tafsir mimpi dalam Islam yang perlu Anda pahami. Karena mimpi hanyalah sebuah bunga tidur dan Anda tidak harus selalu mempercayai artinya.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Manfaat Sedekah

Wahyoeni
7 min read

Islam itu Indah

Wahyoeni
4 min read

Dakwah Islamiah

Wahyoeni
3 min read

Kitab Suci Al Quran

Wahyoeni
5 min read

Jenis-Jenis Rezeki

Wahyoeni
6 min read