Doa Akhir Tahun

Simak ulasan tentang √ bacaan doa akhir tahun arab, latin dan artinya serta √ hukum, adab, keutamaan membaca dan mengamalkan doa ini.


Akhir Tahun

Akhir tahun adalah kondisi waktu dimana sudah mendekati berakhirnya tahun dan berganti ke tahun baru. Akhir tahun ini ada banyak menyesuaikan dengan kalender yang menjadi acuan.

Doa-Akhir-Tahun-Hijriyah

Terdapat beberapa jenis penanggalan yang dikenal di Indonesia. Penanggalan-penanggalan itu seperti penanggalan Masehi, penanggalan Hijriyah, penanggalan Jawa, dan penanggalan lainnya yang didasari perhitungan tertentu.

Penanggalan Masehi menggunakan penghitungan Matahari sebagai patokan terhadap perputaran bumi. Sedangkan penanggalan Hijriyah dan penanggalan Jawa menggunakan perhitungan perputaran Bulan terhadap Bumi.

Sebagai umat muslim, pergantian tahunnya berpatokan pada penanggalan Hijriyah. Tahun Hijriyah akan dimulai pada tanggal 1 Muharam dan di akhiri sampai tanggal 30 Dzulhijah.

Berikut tabel urutan Bulan pada Tahun Hijriyah :

Urutan Bulan
Nama Bulan
Jumlah Hari
1Muharram30
2Safar29
3Rabiul Awal30
4Rabiul Akhir29
5Jumadil Awal30
6Jumadil Akhir29
7Rajab30
8Syaban29
9Ramadhan30
10Syawal29
11Dzulkaidah30
12Dzulhijah29/30

Namun bagi sebagian masyarakat, mengenal dan mengetahui jika akhir tahun Hijriah tiba, akan di barengi dengan datangnya tahun baru Jawa juga. Hari akhir tahun tersebut ditandai dengan datangnya 1 Suro.

Malam 1 Suro ini dianggap malam yang sakral bagi sebagian masyarakat Jawa. Karena pada malam ini akan banyak upacara sakral yang dilakukan.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan atau tradisi yang unik dan berbeda-beda di setiap wilayah ketika menyambut tahun baru Hijriah datang. Bisa berupa upacara adat, tradisi sakral, dan sebagainya.

Inilah keunikan yang sebenarnya hanya bisa Anda temui di Indonesia saja, tidak di tempat lainnya. Karena memang Indonesia memiliki keanekaragaman dalma Bhineka Tunggal Ika.

Namun sebenarnya acara-acara upacara atau ritual yang dilakukan adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas apa yang mereka dapatkan pada tahun ini. Dan persiapan untuk menghadapai tahun baru yang lebih baik.

Sebenarnya hal terbaik yang dilakukan ketika akhir tahun adalah dengan membaca doa akhir tahun sebagai rasa syukur kepada Allah.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang bacaan doa akhir tahun, hukum, adab dan keutamaan mengamalkannya.

Doa Akhir Tahun

Bagi Anda yang ingin mengamalkan doa dan dizikir akhir tahun untuk mengingat Allah dan berserah diri kepada-Nya, maka lafadzkanlah beberapa ayat berikut ini.

Anda juga dianjurkan untuk merenungi dengan baik melalui makna-makna yang terkandung dalam setiap ayat doa akhir tahun ini.

Bacaan Doa Akhir Tahun

Doa-Akhir-Tahun

Bacaan Doa Akhir Tahun Arab

وَصَاَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ دَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ , اَلَّلهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِي عَنْهُ فَمَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَاَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلَمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُو بَتِى اِلَي اتَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاَتِىْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَاءِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَىْهِ الثَّوَابَ فَاَسْئَلُكَ اَلَّلهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَاالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِىْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِىِّ الْاُمِّىِّ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Bacaan Doa Akhir Tahun Latin

“Wa shalallaahu ‘alaa sayyìdìnaa Muhammadìn wa ‘alaa aalìhìì wa shahbìhìì wa salam.

Allahumma maa ‘amìltu fìì haadzìhìs sanatìlmìmmaa nahaìtanìì ‘anhu falam atub mìnhu walam tardlahu walam tansahuu wahalìmta ‘alayya ba’da qudratìka ‘alaa ‘uquubatìì wada’ antanìì ìlattaubatì mìnhu ba’da juratìì ‘alaa ma’shìyatìka faìnnìì astaghfìruka faghfìrlì.

Wamaa ‘amìltu fììhaa mìmmaa tardlaa hu wawa’ adtanìì ‘alaìhìts tsawaaba fa as alukallaahumma yaa karììmu yaa dzal jalaa lì walìkraamì an tataqabbalaahu ‘alaa sayyìdìnaa Muhammadìn nabìyyìl ummìyyì wa ‘alaa ‘aalìhì wa shahbìhìì wa sallam.”

Arti Bacaan Doa Akhir Tahun

“Semoga rahmat dan salam tercurahkan kepada junjungan kami dan tuan kami, Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

Ya Allah, laranglah apapun yang telah kulakukan pada tahun ini, sedang aku tidak bertaubat darinya, dan Engkau tidak meridhainya, tidak melupakannya dan Engkau berbelas kasih kepadaku padahal engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau telah menyeru kepadaku agar bertaubat setelah aku berani berbuat durhaka kepada-Mu.

Maka sesungguhnya sekarang aku memohon ampun kepada-Mu, ampunilah aku.

Apapun yang telah kulakukan pada tahun ini, dan telah Engkau janjikan pahalanya kepadaku, maka aku memohon kepada-Mu, Ya Allah, wahai yang Maha Mulia, wahai yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, mohon Engkau menerimanya, dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu wahai Yang Maha Mulia.”

Doa akhir tahun Hijriyah di atas memiliki makna dengan nilai positif yang sangat baik untuk Anda lafadzkan ketika berniat menyerahkan diri kepada Allah. Serta memohon untuk dilindungi dengan berbagai harapan positif di tahun baru mendatang.

Hukum Membaca Doa Akhir Tahun

Jika Anda mempelajari dan mendalami hadits memang kenyataannya tidak ada dalil yang tepat menganjurkan adanya dzikir atau doa akhir tahun. Tetapi tidak ada dalil juga yang menyalahkan bacaan-bacaan yang baik dilafadzkan.

Kenyataannya, setiap doa dan bacaan dzikir memiliki makna yang baik serta nilai-nilai positif tergantung setiap orang dalam mencernanya.

Anda tentu tergolong sebagai orang yang menyimpang jika mempercayai dan meyakini bahwa segala kuasa tergantung atas doa. Hal tersebut salah, karena doa hanyalah sebagai perantara Anda untuk mengharapkan segala sesuatu kepada Allah.

Sehingga tidak ada salahnya jika Anda memiliki harapan yang disampaikan melalui doa akhir tahun kepada Allah yang Maha Mendengar.

Tentunya Allah juga tidak akan menghakimi umatnya jika doa tersebut dilafalkan dengan niat yang benar dan diiringi dengan kegiatan positif yang baik bagi sesama.

Simak dan baca : Doa Tahiyat Akhir

Tata Cara Doa Akhir Tahun

Untuk kalender Hijriyah adalah berdasarkan terhadap perhitungan bulan, maka perubahan hari diawali dengan waktu munculnya bulan atau waktu maghrib.

Berbeda dengan hitungan kalender Masehi yang perhantian harinya di hitung mulai pukul 24:00 malam hari.

Jadi pergantian tahun islam atau tahun Hijriyah akan berakhir sebelum mahgrib pada tanggal 29 Dzulhijah. Dan awal tahun akan dimulai pada masuknya waktu maghrib pada tanggal 1 Muharram.

Untuk itu tata cara mengamalkan atau membaca doa akhir tahun tepatnya setelah melaksanakan sholat Ashar. Anda dapat membaca doanya setelah Anda membaca doa sore hari. Berikut tata cara doa akhir tahun Hijriyah.

Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun

  1. Doa dibaca pada tanggal 29 Dzulhijah
  2. Doa dibaca setelah mengerjakan sholat ashar
  3. Membaca Doa Sayyidul Istighfar (3 kali)
  4. Membaca Sholawat Nabi (11 kali)
  5. Membaca Ayat Kursi (7 kali)
  6. Membaca Doa Akhir Tahun (3 kali)

Tata cara membaca doa pada waktu akhir tahun diatas adalah beberapa doa menurut beberapa pendapat dari para ulama. Intinya dari setiap doa di atas adalah sebagai rasa syukur dan berserah diri kepada Allah.

Adab yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Akhir Tahun

Memang berdasarkan hadits atau Quran berbagai perayaan untuk menyambut tahun baru Hijriah sama sekali tidak ada dalilnya. Namun, tidak ada dalil juga yang menyatakan bahwa perayaan tersebut akan memperoleh adzab dari Allah.

Keutamaan-Doa-Akhir-Tahun

Bahkan kebanyakan umat yang merayakan dan menyambut datangnya tahun baru Hijriyah tersebut adalah umat muslim.

Memang sebagian besar merupakan sebuah tradisi, tetapi mereka tetap meyakini bahwa Islam adalah suatu nilai dasar yang membawa kebenaran dan keberkahan di tahun yang baru.

Namun, sebagian orang juga kurang mengetahui beberapa adab yang baik harusnya dilakukan untuk menyambut tahun baru, jika dilihat dari segi positif bukan negatif.

Berikut adalah adab yang baik perlu Anda yang sebaiknya dilakukan ketika akhir tahun tiba.

1. Memperbaiki Amalan dan Ibadah

Akhir tahun Hijriah adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk semakin memperbaiki diri berkaitan dengan amalan dan ibadah selama setahun.

Meskipun sebaiknya bisa dilakukan tidak pada akhir tahun saja, tetapi di waktu tersebut juga memiliki keistimewaan. Anda dapat mencari hal istimewa dengan berdoa dan berpuasa.

Niat untuk memperbaiki amalan dan ibadah di tahun baru yang akan datang juga harus diiringi dengan usaha yang nyata.

2. Meluruskan Niat yang Baik

Adab selanjutnya yakni meluruskan segala niat, ini penting khususnya ketika Anda secara tidak sengaja hadir di tengah-tengah keberlangsungan sebuah tradisi.

Luruskan bahwa niat Anda untuk mengikuti tradisi bukan sebagai hal untuk menduakan Allah atau melakukan larangan-Nya. Tetapi luruskan niat bahwa tradisi tersebut sebagai budaya lokal yang menjadi ciri khas dan sebuah hiburan untuk menyenangkan sesama.

Selain itu, Anda juga dapat mempercayai bahwa bentuk rasa syukur kepada Allah yang dipanjatkan setiap orang berbeda-beda.

Anda bisa mengekspresikannya melalui tradisi tanpa melawan keyakinan bahwa hanya ada satu Tuhan yang berkuasa atas segala hal di diri Anda yaitu Allah. Sedekah juga dianjurkan sebagai cara agar tradisi memiliki dampak dan nilai positif di mata Islam.

3. Menyadari dan Bertaubat Atas Segala Dosa Selama Setahun Lalu

Sangat jarang seseorang yang mampu mengakui atas kesadarannya dalam melakukan sebuah kesalahan atau dosa.

Adab yang baik untuk dilakukan di akhir tahun adalah merenungi semua perbuatan buruk Anda di masa lalu serta berniat untuk berserah diri.

Adab ini sangat bernilai positif, dan Allah juga akan senang jika Anda benar-benar berniat dan berusaha untuk taubat.

4. Beramal Shaleh

Di akhir tahun serta menyambut tahun baru Hijriah juga bisa dirayakan dengan beramal shaleh. Misalnya beribadah menunaikan berbagai sholat Sunnah secara tekun, rajin mengaji, shalat berjamaah, dan bersedekah.

Di akhir tahun adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk memperoleh keistimewaan tahun Hijriah sehingga bersedekahlah lewat hal sekecil apapun.

Anda harus tahu bahwa bersedekah bisa dilakukan lewat berbagai hal, tidak hanya melalui hal bersifat materiil saja. Anda bisa memperbanyak senyuman, menolong orang yang kesusahan, menyenangkan hati seseorang, dan sebagainya.

5. Meminta Maaf Kepada Kedua Orang Tua dan Semua Orang

Hal paling penting yang kurang diperhatikan banyak umat adalah meminta maaf kepada orang tua atas kesalahannya selama setahun lalu.

Mengingat ridho Allah juga bergantung pada ridho kedua orang tua sehingga Anda harus mengejar dan memanfaatkan nilai positif.

Tidak hanya di hari idul fitri saja, Anda bahkan dianjurkan untuk meminta maaf setelah berbuat salah. Dan sudah sewajibnya Anda juga memanjatkan doa untuk orang tua Anda agar senantiasa dalam perlindungan-Nya.

Terutama jika kesalahan tersebut Anda lakukan kepada kedua orang tua, baik disengaja maupun tidak disengaja. Sebaiknya Anda merendahkan diri kepada mereka dan tidak bersikap terlalu percaya diri bahwa Anda tidak merasa memiliki kesalahan.

Selain orang tua, Anda juga dianjurkan untuk meminta maaf kepada kerabat, rekan, sahabat, dan semua orang juga Anda mintai permohonan saling memaafkan.

Simak dan baca : Doa Untuk Anak

Keutamaan Doa Akhir Tahun

Doa akhir tahun memiliki banyak nilai positif jika Anda perhatikan lebih cermat. Tidak ada satupun yang salah dalam lafadz doa tersebut, khususnya pada bagian maknanya.

Semua berisi tentang penyerahan diri seorang manusia yang banyak dosa untuk bertaubat. Berikut beberapa keutamaan nilai yang membuat doa tersebut penting diamalkan.

1. Lebih Bersyukur dan Ingat Kepada Allah

Ucapan doa akhir tahun bisa membuat seluruh umat muslim lebih bersyukur atas segala limpahan rahmat dan berkah selama satu tahun penuh. Karena mereka masih diberi kesempatan hidup sampai dipenghujung tahun dan masih dalam keadaan sehat.

2. Menyadarkan Umat Bahwa Semua di Bawah Kuasa Allah

Di dalam makna doa tersebut juga dapat menyadarkan setiap umat bahwa tidak ada yang berkuasa selain Allah. Semua hal, mulai dari lancarnya suatu acara, kehidupan baik dalam perlindungan-Nya berjalan atas kehendak Allah.

3. Meyakinkan Umat Bahwa Mereka Harus Merendah di Hadapan Allah

Makna yang paling penting dapat melindungi umat dari sifat sombong, merasa bahwa dirinya tidak memiliki dosa dan salah di hadapan Allah.

Karena Anda bisa hidup hingga saat ini adalah karena anugerah dari Allah. Untuk itu sudah menjadi kewajiban Anda untuk selalu bersyukur dan taat akan perintah Allah.

Simak dan baca : Doa Keselamatan

Demikian ulasan tentang bacaan doa akhir tahun dan keutamaannya. Doa tersebut mengandung makna penyerahan diri dan upaya beserta perlindungan untuk bertaubat ke jalan-Nya.

Loading...

Doa Sayyidul Istighfar

Wahyoeni
3 min read

Doa Qunut

Wahyoeni
3 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Wahyoeni
3 min read

Doa Ziarah Kubur

Wahyoeni
7 min read

Doa Untuk Anak

Wahyoeni
7 min read