Doa Bertemu Saudara Muslim

Simak ulasan tentang √ doa ketika bertemu saudara muslim, √ jawaban salam saudara muslim dan √ pesan doa assalammuallaikum berikut ini.


Adab Ketika Bertemu Saudara Muslim

Semua umat muslim di dunia adalah saudara. Sesama saudara dianjurkan untuk saling mendoakan.

Doa-Bertemu-Saudara-Muslim

Apa yang Anda lakukan saat bertemu dengan saudara?

Tentunya, Anda akan mengucapkan salam atau menyapanya. Misalnya dengan mengucapkan selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam. Itu adalah tindakan yang biasanya dan sering kali dilakukan.

Jika menyapa orang yang kita jumpai dengan berbagai bentuk sapaan adalah kebiasaan yang telah umum dilakukan, maka Islam memberikan ungkapan sapaan yang lebih dari biasanya.

Ucapan itu adalah ucapan salam atau sering disebut sebagai doa salam.

Tidak sekadar sapaan, salam adalah sebuah doa, ungkapan, perdamaian, dan kasih sayang.

Nabi Muhammad bersabda :

لَا تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلا تُؤْمِنُونَ حَتَّى تَحَابُّوا أَفَلا أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلامَ بَيْنكُم

Artinya :

“Kamu tidak akan masuk surge sampai kamu beriman, dan kamu tidak beriman sampai kamu saling mencintai. Maukah kamu aku tunjukkan suatu perbuatan yang bisa membuatmu saling mencintai, yaitu sebarkanlah salam di antara sesamamu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Salam adalah syiar yang umum. Salam adalah sapaan doa yang menyatukan hati setiap umat Islam. Salam adalah kode etik pergaulan antara sesama muslim.

Siapa pun dia, berada di manapun, dan kapanpun juga, maka salam adalah sapaan pemersatu kaum muslimin di seluruh dunia.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Al Hajj ayat 32 :

وَ مَنۡ یُّعَظِّمۡ شَعَآئِرَ اللّٰہِ فَاِنَّہَا مِنۡ تَقۡوَی الۡقُلُوۡبِ

Artinya :

“…Dan, barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al-Hajj ayat 32).

Salam juga bukanlah kebiasaan Arab, tapi ia murni dari Islam. Sebelum kedatangan Islam, orang-orang Arab tidak mengenal salam seperti yang kita pahami sekarang.

Bila mereka menyapa, mereka akan mengatakan, “Shabaahun nuur” (selamat pagi), atau “Masaa’un nuur” (selamat malam).

Kemudian akan di jawab, “Shabahul khair”, atau “Masaa’ul khair”. Setelah kedatangan Islam, sapaan ala Arab itu tidak hilang begitu saja.

Sapaan itu tetap menjadi sapaan khas dalam Bahasa Arab, sedangkan sapaan sesuai syariat islam adalah dengan mengucapkan salam dan saling mendoakan.

Simak doa ketika bertemu saudara muslim dengan mengucapkan doa salam kepadanya agar diberikan keselamtan dan berkah-Nya.

Doa Ketika Bertemu Saudara Muslim

Ketika bertemu dengan saudara muslim, dianjurkan untuk memberi salam. Berikut bacaan doa salam sesuai dengan ajaran islam.

Bacaan Doa Ketika Bertemu Saudara Muslim

Doa-Ketika-Bertemu-Saudara-Muslim

Bacaan Doa Ketika Bertemu Saudara Muslim Arab

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bacaan Doa Ketika Bertemu Saudara Muslim Latin

“Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh”

Arti Doa Ketika Bertemu Saudara Muslim

“Semoga keselamatan terlimpah atas kalian, juga rahmat Allah dan berkah-Nya.”

Doa diatas adalah doa yang diucapkan ketika bertemu saudara muslim. Bagi yang menerima ucapan salam tersebut diankurkan untuk menjawabnya.

Berikut ucapan untuk menjawab salam dari sesama saudara muslim.

Bacaan Doa Untuk Menjawab Salam

Doa-Menjawab-Salam

Bacaan Doa Untuk Menjawab Salam Arab

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bacaan Doa untuk Menjawab Salam Latin

“Wa’alalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakaatuh”

Arti Bacaan Doa untuk Menjawab Ucapan Salam

“Dan semoga keselamatan terlimpah juga atas kalian, juga rahmat Allah dan berkah-Nya.”

Simak dan baca juga : Doa Bepergian

Hukum Mengucapkan dan Menjawab Salam

Di dalam islam, mengucapkan salam dan menjawab salam sangat dianjurkan. Berikut hukum mengucapkan salam dan menjawab salam antar saudara muslim.

Hukum Mengucapkan Salam

Memberikan atau mengucapkan salam kepada saudara muslim hukumnya adalah sunnah atau sangat dianjurkan.

Sedangkan memberikan atau mengucapkan salam untuk sekelompok orang hukumnya adalah sunnah kifayah.

Sunnah kifayah artinya jika ada orang dari kelompok tersebut yang mengucapkan salam maka hal itu sudah cukup (terwakilkan).

Hukum Menjawab Salam

Terdapat dua hukum dalam menjawab salam, yaitu :

1. Menjawab salam ketika sendirian

Jika seorang muslim menerima ucapan salam dari saudara muslim yang lain, dan ia sedang sendirian, maka hukumnya wajib menjawab salam tersebut.

karena menjawab ucapan salam ketika sendirian hukumnya adalah fardu’ain.

2. Menjawab salam ketika berkelompok

Jika terdapat sekelompok orang muslim yang menerima ucapan salam dari saudara muslim lainnya, maka hukum untuk menjawab ucapan salam tersebut adalah fardu kifayah.

Fardu kifayah artinya jika ada orang yang telah menjawab salam tersebut, maka sudah cukup (terwakilkan) dan yang lain tidak apa-apa jika tidak membalas ucapan salamnya.

Simak dan baca juga : Doa Untuk orang Tua

Makna Assalamu’alaikum atau Doa Salam

Terdapat makna yang tersirat di dalam doa salam, yaitu “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh”. Simak makna doa salam berikut :

1. Sebagai Ungkapan Saling Mencintai dan Menghormati

Ketika mengucapkan salam kepada saudara muslim artinya Anda sedang mendoakan saudara muslim tersebut agar mendapatkan kebaikan dan keselamatan di dunia dan di akhirat.

2. Semua Makhluk Bergantung Kepada Allah

Arti dari doa Salam ini adalah sebagai wujud penyerahan diri manusia kepada Allah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu yang terjadi di Alam Semesta ini.

3. Memberikan Rasa Aman

Ketika Anda mengucapkan salam kepada saudara muslim lainnya, maka secara tidak langsung dia memberikan perlindungan dari segala perlakuan jahatnya kepada Anda.

Baik itu perlakuan yang berupa fisik atau lisan dan menghormati harga diri juga hak hidup Anda.

Pesan Assalamu’alaikum atau Doa Salam

Makna-Assalamualikum

Terdapat beberapa pesan agung yang tersimpan dalam ucapan assalamu’alaikum atau doa salam ini.

Pesan yang tersirat dalam doa salam adalah :

1. Pertemuan sesama saudara Muslim adalah pertemuan yang baik

Adanya doa salam ini secara tersirat menunjukkan bahwa pertemuan antar sesama muslim adalah sebaik-baik pertemuan di muka bumi.

Di dalamnya, terkandung rasa cinta, keiklasan, kejujuran, dan kegembiraan.

Sungguh naif jika ada seorang muslim yang bertemu saudaranya, lalu mengucapkan salam kepadanya, sementara ia masih memendam perasaan benci atau dendam dalam hatinya.

Nabi Muhammad menekankan kepada kita akan pentingnya sebuah pertemuan.

Rasulullah bersabda :

لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

Artinya :

“Janganlah sedikit pun kamu menyepelekan kebaikan meski (hanya) dalam bentuk menjumpai saudaramu dengan wajah yang berseri-seri.” (HR. Muslim).

Oleh karena itu, ketika seorang muslim berjumpa dengan saudaranya, maka wajahnya akan berseri-seri, senyumannya tulus dan pandangannya berbinar.

Selain itu kata-katanya bisa membuat keceriaan, ia merasa bahwa cintanya amatlah dalam, serta persaudaraannya sangatlah kuat.

2. Dalam doa salam ini terkandung makna persaudaraan secara umum

Kita menyibak pengertian ini melalui sudut pandang gramatikal.

Frasa “alaikum” dalam doa ini menggunakan dhamir jamak “kum”, yang berarti “kamu sekalian”.

Ketika Anda mengucapkan salam kepada satu orang atau banyak, Anda tetap memakai dhamir “kum” (kamu sekalian). Dan tidak menggantikannya dengan dhamir tunggal “ka” (kamu satu orang laki-laki) yang hanya ditujukan untuk seorang saja.

Apa arti dari hal ini?

Melalui doa ketika bertemu saudara muslim ini, kita diajarkan untuk melakukan ikatan persaudaraan se-iman dengan mendoakan keselamatan untuk setiap muslim. Doa keselamatan ini melintasi batas-batas terhadap perbedaan ras dan kesukuan.

Simak dan baca juga : Doa Untuk Orang Sakit

Barangkali, secara fisik kita bisa tidak mengenal orang-orang yang kita beri salam, apakah ia orang Indonesia, Amerika, Inggris, Arab, Cina, atau lainnya.

Mungkin kita juga tidak mengenal suku dan ras mereka, namun mereka semuanya telah terangkum dalam ucapan doa salam kita.

Barangkali, secara nyata kita tidak bisa bertemu mereka yang kita beri salam, dan hanya mampu menemuinya dalam dunia maya, tapi mereka semuanya telah tercakup doa salam yang kita sampaikan.

Doa salam adalah umum untuk semua umat Islam, mencakup siapa saja yang kita temui. Tak peduli apakah kita mengenalnya atau tidak mengenalnya.

Rasulullah mengajarkan :

“Ucapkanlah salam kepada orang yang kalian jumpai dari umatku.” (HR. asy-Syairazi).

Namun sungguh sayang, kita menyaksikan bahwa ucapan salam cenderung disampaikan hanya untuk orang yang kita kenal saja.

Bahkan kita pun sering kali merasa aneh ketika ada orang yang tidak kita kenal tiba-tiba menyalami kita. Sebab, sesungguhnya mereka semua adalah saudara kita.

Pada tataran ini, kita melihat alangkah indahnya konsep Islam, dan betapa lebih indah lagi bila setiap muslim memiliki kesadaran seperti ini.

Hal ini agar persaudaraan dan kedamaian di antara kita sesame muslim benar-benar teraktualisasikan, benar-benar membumi, bukan hanya menjadi konsep.

Sebab, apalah artinya senjata yang hebat bila tidak digunakan. Dalam konteks ini, doa salam itu menggemakan satu pesan aplikatif yang mendesak kita.

Jika Anda mengaku sebagai muslim sejati, maka Anda dituntut untuk menebarkan perdamaian, persaudaraan, dan kasih sayang.

Sesungguhnya, ucapan salam yang kita sampaikan merupakan syiar dan pertanda bahwa kita seorang muslim.

Secara gramatikal. Kata “as-salam dan al-muslim” berasal dari kata dasar yang sama, yaitu salima (selamat atau damai).

Kata muslimin atau muslim (bentuk tunggalnya) yang merupakan penamaan untuk orangnya adalah bentuk “isim fa’il” yang bermakna subjek yang aktif, yakni orang yang menyelamatkan atau mendamaikan.

Dalam pengertian ini, maka seorang muslim adalah orang yang berbuat sesuatu untuk keselamatan atau kesejahteraan dirinya dan juga untuk orang lain.

Seorang muslim adalah orang yang aktif menebarkan keselamatan dan kedamaian untuk diri dan masyarakat umum. Apabila kurang dari ini, makai a tidak pantas menyandang gelar sebagai al-Muslim.

Simak dan baca juga : Amalan Agar Keinginannya Segera Terkabul

Demikian ulasan tentang ucapan salam ketika bertemu saudara muslim. Dengan saling mendoakan maka umat muslim akan senantiasa mendapatkan syafaat dan ridho dari Allah.

Loading...

Doa Sayyidul Istighfar

Wahyoeni
3 min read

Doa Qunut

Wahyoeni
3 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Wahyoeni
3 min read

Doa Ziarah Kubur

Wahyoeni
7 min read

Doa Akhir Tahun

Wahyoeni
6 min read