Doa Keluar Rumah

Jika Anda sebagai seorang muslim dan akan pergi keluar rumah maka dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Dalam islam ada anjuran untuk  membaca doa keluar rumah dengan benar sebelum bepergian.

Ketika seorang muslim keluar dari rumahnya apalagi mau naik kendaraan, sangat dianjurkan membaca doa agar perjalanannya aman dan dapat perlindungan oleh Allah SWT.

Doa keluar rumah ini sangat dianjurkan dan disunnahkan oleh nabi Sallallahuah alaihi wa sallam. Maka ketika Anda berdoa harus memperhatikan adab yang benar agar doanya sempurna.

Doa ini sangat penting untuk Anda ketahui dan Anda praktekkan agar aktivitas atau perjalanan Anda di luar rumah mendapat perlindungan dan dijamin oleh Allah SWT. Pada kesempatan ini akan membahas tentang doa keluar rumah dan doa masuk rumah.

Doa Keluar Rumah sesuai Sunnah Rossul

Doa keluar rumah dan masuk rumah

Nabi Sallallahu ‘alaihi wa Sallam mengajarkan kepada umatnya tentang adab, dzikir dan doa. Termasuk doa ketika keluar rumah atau ketika kembali kerumah sebagai rasa syukur telah kembali dengan selamat.

Berikut adalah 3 sunnah ketika akan keluar rumah

1. Lakukanlah sholat dua rakaat sebelum keluar rumah

Dengan melakukan sholat sunnah dua rakaat termasuk perbuatan yang dapat membuat Anda terhindar dari kecemasan, kesulitan dan bencana.

Hal ini berdasarkan kata-kata nabi:

“Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam.” HR. Al-Bazzar dalam sunannya

2. Membaca doa keluar rumah

Doa keluar rumah

Berikut bacaan doa keluar dari rumah yang disunnahkan oleh rossul.

Doa keluar rumah dalam bahasa arab

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Doa keluar rumah latin

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Terjemahan arti doa keluar rumah

“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

3. Mengangkat pandangan ke langit ketika membaca doa keluar rumah

Doa keluar rumah sesuai sunnah rossul

Selain menbaca doa, nabi juga menganjurkan jika akan keluar rumah terlebih dahulu memnadang ke langit dan membaca doa berikut.

Doa keluar rumah arab

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Doa keluar rumah arab latin

“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

Terjemahan artinya doa keluar rumah

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

Simak dan baca juga : Doa Bepergian

Pertanyaan : Bolehkah kedua doa tersebut dibaca secara bersamaan?

Kata Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin, ”Tidak ada masalah jika seorang muslim ingin mengamalkan kedua doa diatas secara bersamaan.”

Atau jika Anda ingin mendengarkan ceramah yang lengkap membahas tentang doa keluar rumah beserta maknanya, bisa mendengarkan atau mendownloadnya pada link ceramah Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Badr.

4. Keluar rumah dengan kaki kanan terlebih dahulu

Setelah selesai membaca doa keluar rumah sesuai sunnah rossul dianjurkan dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu. Karena kaki kanan untuk melakukan segala urusan yang baik termasuk petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Baca juga : Doa Masuk Kamar Mandi

Adab dan Doa Masuk Rumah sesuai Sunnah Rossul

Sebagai umat islam yang senantiasa melaksanakan apa yang dicontohkan oleh nabi Muhammad ketika keluar rumah dan masuk rumah dengan melakukan adab yang dianjurkan.

Sesungguhnya di dalam islam sudah diatur sedemikian rupa dengan sempurna. Maka sempurnanya agama adalah agama islam yang sudah mengatur semuanya dan tertuang dalam kitab suci Al Qur’an. Termasuk saat memasuki rumah juga ada adabnya yang sudah dicontohkan dan dianjurkan oleh Rosulullah.

Berikut adab masuk ke rumah

1. Dianjurkan mengetuk pintu terlebih dahulu dengan tidak terlalu keras

Dianjurkan bagi seorang muslim jika akan memasuki rumahnya agar mengetuk pintu dengan tidak terlalu keras, atau memencet bel pintu dengan tenang jika memang ada bel.

Tidak dianjurkan mengetuk pintu dengan keras atau mengetuk pintu rumah sambil memencet bel terus-menerus. Karena hal ini dapat mengganggu penghuni rumah.

2. Mengucapkan salam

Dianjurkan mengucapkan salam ketika mau masuk rumah. Dengan mengucapkan salam akan membuat penghuni rumah yang ada di dalam rumah tahu kalau ada orang yang ada di luar. Selain mengucapkan salam bisa juga memberi isyarat dengan berdehem atau membuat suara dengan sandal atau sepatunya.

Imam Ahmad berkata, “Jika seorang laki-laki ingin masuk ke rumahnya, maka dianjurkan baginya berdehem atau mengentakkan sandalnya atau alas kakinya.”

Dengan mengucapkan salam tujuannya untuk saling mendoakan dan menyebarkan kasih sayang di dalam rumah, menambah keakraban antara seseorang dengan keluarganya serta mendapatkan keberkahan dan jaminan Allah.

3. Membaca doa masuk rumah

Setelah mengetuk pintu dan mengucapkan salam dianjurkan untuk mengucapkan doa masuk rumah.

Doa masuk rumah

Doa masuk rumah dalam bahasa arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Doa masuk rumah latin

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa”

Terjemahan arti doa masuk rumah

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

4. Masuk dengan mendahulukan kaki kanan

Setelah selesai berdoa Anda bisa masuk rumah dan dianjurkan dengan mendahulukan kaki kanan dalam segala urusan adalah termasuk petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

Baca juga : Doa Masuk Masjid sesuai Sunnah Rossul

Demikian ulasan tentang doa masuk rumah dan doa keluar rumah yang munkin Anda belum tahu. Selain mengucapkan doa yang benar agar Anda terlindungi selama berada di luar rumah juga lakukan sesuai dengan adab yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Untuk mengerti dan paham tentang doa-doa islam silahkan kunjungi doa harian islami.

Loading...

Doa Buka Puasa

Wahyoeni
3 min read

Doa Ketika Angin Kencang

Wahyoeni
4 min read

Tata Cara Berdoa

Wahyoeni
3 min read

Bacaan Ayat Kursi

Wahyoeni
5 min read

Doa Qunut Nazilah

Wahyoeni
3 min read

Doa Masuk Masjid

Wahyoeni
2 min read