Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Nabi Ibrahim

Simak ulasan tentang √ doa nabi Ibrahim untuk meminta keturunan yang shaleh dan √ doa nabi Ibrahim untuk negeri yang aman berikut.


Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim merupakan salah satu manusia yang disayang oleh Allah. Beliau diangkat sebagai nabi dan menjadi panutan bagi seluruh umat muslim di dunia.

Doa-Nabi-Ibrahim

Bahkan, sholawat dan salam dalam sholat ditujukan kepada Nabi Ibrahim setelah Nabi Muhammad. Banyak keutamaan yang dimiliki Nabi Ibrahim sehingga Allah begitu menyayangi beliau.

Nabi Ibrahim adalah nabi yang ke-6 dari urutan 25 nama nabi Allah yang dijelaskan dalam Al-Quran.

Perilaku terpuji, sikap sabar dan tahan ujian menjadikan doa nabi Ibrahim sangat makbul. Doa-doa ini bahkan disebutkan dalam Al-Quran supaya bisa dipraktekkan oleh seluruh umat Islam sampai hari kiamat nanti.

Nabi Ibrahim disebut sebagai bapak-nya para Nabi, karena ke-dua anaknya juga menjadi nabi Allah. Mereka adalah nabi Ismail dan nabi Ishaq. Dari keturunan ke-2 anaknya inilah nabi-nabi Allah berikutnya hadir untuk umat manusia.

Pada kesempatan ini wisatanabawi.com akan mengulas tentang doa Nabi Ibarhim dalam bacaan arab, latin arti dna keuatamaannya. Silahkan simak ulasannya berikut.

Doa Nabi Ibrahim

Semua nabi yang diutus oleh Allah merupakan manusia pilihan yang tingkat ibadahnya sangat tinggi. Begitu pula dengan nabi Ibrahim. Sholat, doa dan ibadah-ibadah lain yang dilakukannya memiliki kualitas dan kuantitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Sebuah kejadian dalam hidup Nabi Ibrahim bahkan menjadi asal mula terjadinya hari raya dalam agama Islam, yaitu hari raya Idul Adha. Ini menunjukkan bahwa Nabi Ibrahim merupakan manusia yang diagungkan dan dimuliakan oleh Allah.

Berikut ini adalah doa-doa nabi Ibrahim yang selalu dipanjatkan kepada Allah. Doa-doa ini dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan manfaatnya.

1. Doa Nabi Ibrahim Meminta Keturunan Shaleh

Doa Nabi Ibrahim ini tertulis dalam Al-Quran surat As Shaffat ayat 100 yang berisi permohonannya kepada Allah untuk dikaruniai seorang anak. Istrinya bernama Hajar al Qibthiyah al Misthiyah dan mereka berdua sudah berusia sangat tua.

Nabi Ibrahim dan istrinya yang sudah tua belum juga dikaruniai seorang keturunan. Untuk itu beliau selalu memanjatkan doa kepada ALlah agar dikaruniai keturunan. Simak doanya berikut.

Bacaan Doa Nabi Ibrahim untuk Meminta Keturunan

Doa-Nabi-Ibrahim-Meminta-Keturunan

Bacaan Doa Nabi Ibrahim untuk Meminta Keturunan Arab

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Bacaan Doa Nabi Ibrahim untuk Meminta Keturunan Latin

“Rabbi hab li minas-saalihiin.”

Artinya :

“Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shaleh.” (QS. As Shaffat ayat 100).

Hal ini membuat Nabi Ibrahim tak henti-hentinya berdoa kepada Allah. Meskipun harus bertahun-tahun berdoa, Nabi Ibrahim tetap dengan yakin dan khusyuk berdoa kepada Allah. Hingga tiba saatnya, Allah mengabulkan doa Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim dikaruniai anak di usianya yang sudah tua yaitu sekitar 109 tahun. Dalam doanya, Nabi Ibrahim meminta untuk diberikan keturunan yang shaleh.

Artinya, di sini Nabi Ibrahim sekaligus mendoakan anaknya supaya menjadi manusia yang terpuji. Kepribadian yang baik, beriman kepada Allah, dan memiliki kehidupan yang seimbang antara dunia dan akhirat.

Jika Anda sampai kini juga belum dikaruniai keturunan, tidak perlu bersedih hati. Jangan berburuk sangka atas ketetapan Allah. Teruslah meminta dan berdoa kepada-Nya.

Jangan putus harapan kepada Allah. Sesungguhnya, Allah sedang menguji Anda apakah Anda cukup layak untuk diberikan anugerah seorang keturunan. Selain itu, Allah juga ingin Anda mempersiapkan diri menjadi orang tua yang cakap dan pantas untuk anak-anak Anda.

Amalkan doa Nabi Ibrahim ini dengan rutin dan terus berusaha memperbaiki diri di mata Allah. Nanti ketika Allah telah mempercayai Anda, seorang anak shaleh akan hadir dan menjadi pelengkap hidup serta investasi akhirat Anda.

Baca juga : Doa Nabi Musa

2. Doa Nabi Ibrahim supaya Anak Keturunannya Shaleh

Meskipun Nabi Ibrahim adalah seorang Nabi yang dimuliakan Allah, namun tidak menjadi jaminan anak cucunya akan mendapatkan hidayah dari Allah. Hanya keimanan merekalah yang akan menentukannya apakah mereka akan mendapatkan hidayah, pertolongan dan ampunan Allah.

Nabi Ibrahim banyak sekali mencontohkan doa untuk anak cucu supaya mereka shaleh. Agar anak cucunya selalu mengerjakan shalat, menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya.

Di sini, kita melihat kasih sayang seorang bapak kepada anak cucunya. Mendoakan mereka meskipun belum tentu dihadirkan oleh Allah. Simak doa beliau untuk anak keturunanya agar manjadi orang yang shaleh yang terdapat pada surat Ibrahim ayat 40-41 berikut.

Bacaan Doa Nabi Ibrahim supaya Anak Keturunannya Shaleh

Doa-Nabi-Ibrahim-Supaya-Keturunannya-Shaleh

Bacaan Doa Nabi Ibrahim supaya Anak Keturunannya Shaleh Arab

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Bacaan Doa Nabi Ibrahim supaya Anak Keturunannya Shaleh Latin

“Rabbij’alni muqimas-salati wa min żurriyyati rabbana wa taqabbal du’a. Rabbanagfir li wa liwālidayya wa lil-mu`minina yauma yaqumul-hisāb.”

Arinya :

“Ya tuhanku, jadikanlah aku sebagai orang yang mendirikan shalat dan juga keturunanku. Ya Tuhanku, terimalah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku dan orang-orang mukmin di hari perhitungan.” (QS. surat Ibrahim ayat 40-41).

Sesungguhnya, doa Nabi Ibrahim ini dapat Anda amalkan untuk anak cucu yang ada sekarang ataupun nanti. Doakan kebaikan dan iman yang teguh kepada Allah untuk semua anak cucu kita nantinya. Berharap mereka mendapatkan hidayah dan selalu berada dalam lindungan Allah.

Doa ini juga sangat efektif untuk melembutkan hati anak Anda yang keras, susah diatur dan nakal. Amalkan doa ini setiap Anda selesai sholat wajib sambil mengingat wajah anak Anda. Doakan dia sepenuh hati supaya Allah berkenan melembutkan dan mengubah perangai anak yang jelek.

Selain berdoa untuk dirinya sendiri dan anak cucunya, Nabi Ibrahim juga mendoakan seluruh umat mukmin di hari penghitungan kelak.

Ketika kiamat telah tiba dan semua manusia mulai dari jaman Nabi Adam dikumpulkan dalam padang Mahsyar, kita membutuhkan ampunan Allah. Hari dimana semua amal baik dan jelek dihitung tanpa ada yang lolos satupun. Semoga kita semua mendapatkan syafaat dari doa Nabi Ibrahim ini.

Baca juga : Doa Nabi Yunus

3. Doa Nabi Ibrahim agar Negeri Aman

Selain berdoa untuk dirinya sendiri dan anak cucunya, Nabi Ibrahim juga mendoakan supaya negeri yang ditempatinya menjadi negeri yang aman dan makmur.

Tidak ada lagi penyembah berhala dan semua masyarakatnya hanya menyembah Allah. Sebuah negeri yang damai dengan rezeki melimpah dan tidak kekurangan apapun. Doa ini terdapat pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 126.

Bacaan Doa Nabi Ibrahim agar Negeri Aman

Doa-Nabi-Ibrahim-Agar-Negeri-Aman-Sentosa

Bacaan Doa Nabi Ibrahim agar Negeri Aman Arab

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِر

Bacaan Doa Nabi Ibrahim agar Negeri Aman Latin

“Wa iz qāla ibrāhimu rabbij’al hāzā baladan āminaw warzuq ahlahu minas-samarāti man āmana min-hum billāhi wal-yaumil-ākhir.”

Artinya :

Dan ingatlah ketika Nabi Ibrahim berdoa “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman dan limpahkanlah penduduknya rezeki dari buah-buahan, yakni orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir di antara mereka.” (QS. Al-Baqarah ayat 126).

Doa Nabi Ibrahim ini sangat pas untuk kita amalkan saat ini. Di kala banyak kemaksiatan mulai meraja lela dan membahayakan generasi penerus kita. Doa ini harus sering kita baca supaya negara Indonesia ini selalu aman supaya kegiatan ibadah tetap lancar.

Kita harus melindungi negara kita dengan doa karena hanya Allah yang bisa melindungi negara kita. Sungguh, tidak ada kekuatan di dunia ini yang mampu menandingi atau mengalahkan ketetapan Allah.

Baca juga : Doa Nabi Sulaiman

4. Doa Nabi Ibrahim supaya Amal Kebaikan Diterima Allah

Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim ketika beliau dan anaknya (Ismail) sedang membangun Baitullah.

Bacaan Doa Nabi Ibrahim supaya Amalnya diterima Allah

Doa-Nabi-Ibrahim-Agar-Amalnya-Diterima-Allah

Bacaan Doa Nabi Ibrahim supaya Amalnya diterima Allah Arab

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِي

Bacaan Doa Nabi Ibrahim supaya Amalnya diterima Allah Latin

“Rabbana taqabbal minna innaka ‘antas sami’ul ‘alim”.

Artinya :

“Ya Tuhan kami terimalah amal dari kami, sesungguhnya Engkau-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 127).

Dalam doa Nabi Ibrahim di atas, Nabi memuji Allah dengan menyebutkan Asmaul Husna yaitu As Sami’u dan Al Alim.

As Sami’u berarti bahwa Allah mendengar setiap doa-doa yang kita panjatkan. Meskipun jumlah manusia ada milyaran, namun Dia tidak akan melewatkan satu pun doa yang kita ucapkan.

Sedangkan Al Alim adalah sifat Allah yang maha mengetahui. Sebagai manusia biasa, kita tidak bisa tahu isi hati manusia lainnya. Namun Allah bisa mengetahuinya. Oleh sebab itu, niatkan setiap ibadah Anda hanya karena Allah dan hapus niat-niat lainnya.

Doa Nabi Ibrahim yang terakhir adalah agar supaya amal kebaikan yang kita lakukan di dunia ini dapat diterima oleh Allah. Amal baik, perbuatan terpuji, dan semua aktivitas amal ibadah lain yang kita lakukan pasti ingin diterima dan mendapatkan ganjaran berupa pahala.

Semua manusia mengerjakan amal baik karena ingin mendapatkan ridlo Allah, mengejar pahala supaya selamat di dunia dan akhirat.

Oleh sebab itu, setiap melakukan amal ibadah atau kebaikan, pastikan untuk meluruskan niat karena Allah. Dengan demikian, aktivitas duniawi pun seperti bekerja. akan dinilai sebagai ibadah dan mendapatkan pahala di sisi Allah.

Namun ketika amal ibadah kita dicampuri niat sombong atau riya’, sudah pasti akan tertolak. Hati-hati dalam menjaga niat karena sesungguhnya setiap pekerjaan dinilai berdasarkan niatnya.

Seperti Nabi Ibrahim yang dikabulkan doanya meskipun butuh waktu bertahun-tahun, jika kita benar-benar yakin, tidak mustahil suatu saat doa kita pasti terkabul. Allah maha mendengar, maha melihat dan maha mengetahui mana yang baik untuk mahkluk-Nya.

Anda tidak perlu berburuk sangka jika doa belum terkabul. Tetap semangat dan terus berdoa kepada Allah, karena hanya kepada-Nya kita memohon petunjuk dan pertolongan.

Baca juga : Doa Nabi Yusuf

Demikian ulasan tentang kumpulan doa Nabi Ibrahim yang tercantum dalam Al-Quran. Doa-doa ini bisa kita amalkan dan rutinkan setiap hari untuk memohon sesuatu hal kepada Allah.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Ketika Turun Hujan

Wahyoeni
7 min read

Doa Untuk Orang Tua

Wahyoeni
6 min read

Doa Sapu Jagat

Wahyoeni
4 min read

Doa Pelipur Lara

Wahyoeni
4 min read

Bacaan Tahiyat Akhir

Wahyoeni
5 min read