Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Nabi Yunus

Simak ulasan tentang √ doa nabi Yunus, √ manfaat dan keutamaan doa nabi Yunus serta √ kisah singkat nabi Yunus dalam perut ikan paus.


Nabi Yunus

Nabi Yunus alaihissalam merupakan salah satu nama nabi dan rasul utusan Allah yang namanya sering kali disebutkan dalam Al-Quran.

Doa-Nabi-Yunus-Dalam-Perut-Ikan-Paus

Nabi yang satu ini dikenal karena kisahnya yang cukup unik dan menarik yaitu sempat dimakan dan tinggal di dalam perut seekor ikan paus. Saat mengalami kesulitan, Nabi Yunus memiliki sebuah lantunan doa yang menguatkannya.

Doa nabi Yunus ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika kita mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang doa nabi Yunus dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya lengkap. Silahkan simak penjelasannya berikut.

Doa Nabi Yunus

Seperti doa-doa lainnya dalam ajaran agama Islam, doa nabi Yunus juga mempunyai kedahsyatan tersendiri bagi orang yang rutin membacanya. Doa ini dipanjatkan oleh nabi Yunus ketika beliau berada dalam perut ikan paus.

Di dalam perut ikan paus inilah beliau merenungi kesalahan yang telah dilakukannya yaitu karena telah meninggalkan kaumnya. Karena kekhilafan tersebut, Allah memberikan peringatan kepada Nabi Yunus.

Doa ini sering disebut juga sebagai doa Tolak Bala. Karena doa ini dipanjatkan untuk memohon kepada Allah agar beliau terbebas dari musibah di makan ikan paus.

Hidup di dalam perut sebuah ikan paus adalah teguran dari Allah. Nabi Yunus harus merasakan kegelapan berlapis yaitu gelapya perut ikan, laut dan malam hari.

Berikut ini adalah bacaan doa Nabi Yunus dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya.

Bacaan Doa Nabi Yunus

Doa-Nabi-Yunus

Bacaan Doa Nabi Yunus Arab

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Bacaan Doa Nabi Yunus Latin

“Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin.”

Arti Bacaan Doa Nabi Yunus

“Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

Nabi Yunus dengan segala kekhusyukan merenungi apa yang telah diingkari atas perintah Allah kepadanya. Beliau telah meninggalkan kaumnya dengan kondisi marah karena mereka tidak mau beriman dan terus mengolok-oloknya.

Kehidupan yang amat sangat berat di dalam perut ikan membuatnya tersadar bahwa beliau telah melakukan kekhilafan. Di dalam doa tersebut, nabi Yunus benar-benar merasa menyesal atas perbuatannya meninggalkan kaumnya.

Baca juga : Doa Nabi Musa

Keutamaan Doa Nabi Yunus

Keutamaan-Doa-Nabi-Yunus

Seperti juga nabi Yunus, doa ini jika diamalkan secara rutin akan memberikan banyak manfaat.

Berikut ini faedah dan manfaat doa nabi Yunus bagi orang muslim yang mengamalkannya.

1. Memuja dan Memuji Allah

Tujuan utama dari sebuah doa adalah pernyataan kita tentang keesaan Allah. Bahwa sesungguhnya tidak ada yang bisa disembah kecuali Allah. Tidak ada kekuasaan yang bisa dibandingkan dengan kekuasaan Allah.

Allah adalah sang maha pencipta yang berhak mendapatkan puja dan pujian umat manusia. Pujian ini sebagai bentuk penghambaan diri kita kepada Allah.

Allah menyukai makhluk-Nya yang selalu berdoa. Doa sapu jagat, doa nabi Yunus ataupun doa-doa lainnya. Allah akan selalu merindukan suara mesra makhluk-Nya yang melantunkan doa.

Baik dengan membawa banyak kesalahan dan dosa, Allah akan selalu menerima taubat dan doa makhlukNya.

2. Mendapatkan Ampunan Allah

Selain untuk memuja Allah, doa nabi Yunus berisi taubat dan permintaan maaf kepada sang pencipta. Memohon ampunan atas semua kesalahan dan dosa-dosa yang pernah diperbuat.

Meminta agar Allah mau memaafkan perbuatan tercela dan tidak taat yang kita lakukan. Dengan membaca doa ini, kita berharap mendapatkan ampunan dari Allah.

Baca juga : Doa Nurbuat

3. Mendapat Kekuatan dalam Menghadapi Cobaan

Hidup di dunia ini tidak akan terlepas dari cobaan, musibah dan ujian. Seperti janji Allah, Allah tidak akan membiarkan seorang umat berada dalam keadaan berdiam diri.

Artinya, semua manusia yang hidup di dunia pasti akan mengalami salah satu dari ketiga hal tersebut. Entah itu cobaan, musibah ataupun ujian.

Dalam hal ini, kapasitas manusia memiliki batasan. Kita tidak akan mampu melewati berbagai macam cobaan tanpa bantuan Allah.

Manusia tidak akan bisa terlepas dari ujian tanpa campur tangan Allah. Ketika mendapat musibah, tidak akan mudah terlewati jika tidak ditolong oleh Allah.

Oleh sebab itu, hanya Allah yang bisa melepaskan kita dari semua itu. Sudah sepatutnya kita mengharapkan bantuan Allah agar diberi kekuatan untuk menghadapi semua cobaan tersebut.

Dengan doa nabi Yunus, kita berharap supaya Allah memberikan kemampuan untuk bisa mengatasi semua kondisi yang terjadi dalam hidup.

Baca juga : Doa Nabi Yusuf

4. Dikeluarkan dari Kesulitan

Doa nabi Yunus akan menjadi sumber kekuatan bagi manusia untuk bisa mengatasi cobaan hidup. Dengan demikian, kita akan mudah keluar dari berbagai masalah dan kesulitan.

Sesuai yang disebutkan dalam Al Quran bahwa Allah tidak akan menguji umatNya di luar batas kemampuannya.

Di sini, kita harus meyakini bahwa masalah apapun yang terjadi dalam hidup pasti masih berada dalam batas kemampuan. Seperti halnya nabi Yunus, mungkin kita mengira akan mati jika ditelan oleh ikan paus.

Namun, hal itu tidak terjadi pada nabi Yunus. Dengan doanya, nabi Yunus diselamatkan dari perut ikan. Tentu saja, dengan membaca doa nabi Yunus, kita berharap bisa dikeluarkan dari segala kesulitan di dalam hidup ini.

Untuk itu doa ini juga sering dipanjatkan sebagai doa keselamatan jika Anda sedang menghadapi kesulitan.

Baca juga : Doa Nabi Ibrahim

5. Dikabulkan Hajat atau Permintaan

Doa nabi Yunus juga memiliki manfaat dapat dikabulkannya permintaan atau hajat. Itulah yang bisa kita ambil hikmah dari doa tersebut.

Selama berada dalam perut ikan, nabi Yunus berdoa kepada Allah untuk diselamatkan. Beliau meminta kepada Allah untuk dikeluarkan dari cobaan berada di dalam perut ikan.

Melihat penyesalan yang ditunjukkan nabi Yunus, Allah mengabulkan permintaannya. Itulah mengapa doa ini bisa digunakan ketika Anda memiliki permintaan atau hajat kepada Allah.

Baca juga : Amalan Agar Doanya Segera Dikabulkan

Kisah Dibalik Doa Nabi Yunus

Kisah-Dibalik-Doa-Nabi-Yunus

Setelah mengetahui uraian singkat mengenai doa nabi Yunus, kini ada baiknya jika kita juga mengetahui dengan lengkap bagaimana kisah nabi Yunus.

Kisah Nabi Yunus dalam perut ikan terdapat dalam Al-Quran surat Al-Anbiya ayat 87-88:

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (87) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (88)

Artinya :

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Nabi Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap, “Bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.”

“Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan, dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Anbiya ayat 87-88).

Nabi Yunus merupakan keturunan Bani Israel yang diutus oleh Allah untuk berdakwah di sebuah kampung di daerah Irak. Kampung ini bernama Kampung Ninawa. Penduduk kampung ini ingkar kepada Allah dan menyembah berhala.

Nabi Yunus dengan sabar terus berdakwah dan menyeru pada kaumnya untuk kembali ke jalan Allah. Akan tetapi, kaum ini tidak mengindahkan seruan nabi Yunus dan bahkan mengolok-oloknya.

Nabi Yunus terus dengan sabar melakukan dakwahnya hingga suatu saat, kesabaran itu mulai habis. Nabi Yunus mengancam kaumnya dengan azab Allah jika mereka tidak mau bertobat.

Meskipun mendengar ancaman azab dari nabi Yunus, kaumnya tidak juga mau insyaf dan menyembah Allah. Dalam kondisi marah karena peringatannya tidak digubris, Nabi Yunus pergi dari kaumnya.

Baca juga : Doa Nabi Sulaiman

Setelah nabi Yunus pergi, Allah membuka hati dan memberikan hidayah pada kaumnya. Mereka tersadar akan azab yang akan terjadi.

Nabi Yunus lupa akan tugasnya sebagai nabi dan rasul. Kemarahan pada kaumnya membuat nabi Yunus khilaf dan melakukan kesalahan. Beliau pergi dengan menaiki kapal yang penuh dengan muatan.

Di sini, Allah kemudian memperingatkan nabi Yunus dengan sebuah musibah. Ombak besar terjadi dan kapal harus mengurangi muatan agar tidak tenggelam.

Saat itu, diundilah siapa yang harus dibuang untuk mengurangi jumlah muatan. Beberapa kali proses pengundian, Nabi Yunus selalu terpilih. Ini adalah kehendak Allah. Itulah moment nabi Yunus menyadari kesalahannya.

Beliau mengira tidak akan dihukum oleh Allah karena meninggalkan kaum dan melalaikan tugas dakwahnya.

Setelah dilempar ke laut, beliau dimakan oleh ikan paus. Namun beliau tidak wafat ketika dimakan oleh ikan paus tersebut. Hidup di dalam perut ikan paus adalah hukuman bagi kelalaian nabi Yunus.

Di dalam perut ikan paus inilah, beliau menyadari kesalahannya dan memanjatkan doa kesalamatan kepada Allah. Allah akhirnya mengabulkan doa beliau dan mengeluarkan beliau dari perut ikan paus.

Selama kita terus berpegang teguh pada janji Allah, maka semua kesulitan di dunia ini akan dengan mudah terlewati. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu berdoa semoga diberikan kekuatan oleh Sang Maha Pencipta.

Baca juga : Doa Sayyidul Istighfar

Demikian ulasan tentang doa nabi Yunus yang dapat di petik hikmahnya sebagai doa keselamatan. Sesungguhnya, setiap manusia akan mengalami cobaan dan ujian dari Allah.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Mendapat Musibah

Wahyoeni
5 min read

Doa Sesudah Wudhu

Wahyoeni
5 min read

Surat Ar Rahman

Wahyoeni
5 min read

Doa Qunut Nazilah

Wahyoeni
5 min read

Doa Paling Utama

Wahyoeni
3 min read