Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Rumah Baru

Simak ulasan tentang √ doa rumah baru arab, latin dan artinya sesuai dengan Al-Quran dan hadist serta √ sikap menempati rumah baru.


Rumah Baru

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang seharusnya dimiliki oleh sebuah keluarga. Rumah sebagai tempat berlindung dan tinggal bersama anggota keluarga.

Amalan-Doa-Rumah-Baru

Sebagai pasangan suami istri, memiliki rumah tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Anda bisa bebas melakukan apapun bersama pasangan, tanpa harus merasa tidak enak terhadap orang tua maupun mertua.

Rumah baru di sini bukan hanya berlaku kepada rumah yang benar-benar baru alias belum pernah ditempati. Namun bisa juga rumah lama yang sebelumnya terdapat penghuninya. Dan Anda pindah ke rumah tersebut untuk menempatinya.

Sebagai bentuk rasa syukur, biasanya orang-orang akan melakukan tasyakuran atau orang jawa menyebutnya dengan “selamatan” rumah baru. Apalagi di dalam tasyakuran tersebut terdapat doa dari anak yatim, yang akan menambah doa lebih mustajab.

Tasyakuran dengan lantunan doa rumah baru, diyakini bisa membuat hunian tenteram dan berkah. Karena rumah yang baik juga akan memberikan aura yang baik buat yang menempatinya.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang doa rumah baru dalam bacaan arab, latin dan artinya lengkap. Silahkan simak ulasannya berikut.

Doa Rumah Baru

Islam selalu mengajarkan umatnya agar membaca doa terlebih dahulu sebelum beraktifitas. Termasuk bagi orang-orang yang akan menempati hunian barunya bersama keluarga.

Rumah menjadi tempat untuk menghabiskan waktu selama hampir 24 jam. Untuk itu rumah haruslah nyaman untuk ditempati dan berkah agar terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Beberapa ulama besar menganjurkan doa menempati rumah baru yang dilansir dari beberapa hadist untuk diamalkan.

Adapun doa ketika masuk rumah baru berdasarkan amalan hadist, diantaranya :

1. Doa Rumah Baru Sesuai Hadist Imam Muslim

Dalam hadist riwayat Imam Muslim tersebut dijelaskan bahwa saat memasuki rumah baru dan membaca doa tersebut, maka akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

Bacaam Doa Rumah Baru

Doa-Rumah-Baru.

Bacaan Doa Rumah Baru Arab

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq.”

Artinya :

“Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.” (HR. Imam Muslim).

Rasulullah bersabda:

Barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdo’a, “A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq”, niscaya tidak akan ada yang membahayakannya hingga di pergi dari tempat itu.”

Doa ini tidak hanya untuk menempati rumah baru saja, tetapi bisa juga digunakan untuk menempati rumah kontrakan untuk kurun waktu yang cukup lama.

2. Doa Rumah Baru Sesuai Hadist Abu Daud

Dilansir dari hadist riwayat Abu Daud, seseorang yang meminta kebaikan atas rumah dan tempat tinggalnya dapat melantunkan doa dibawah ini.

Bacaan Doa Menempati Rumah Baru

Doa-Menempati-Rumah-Baru

Bacaan Doa Menempati Rumah Baru Arab

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

“Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.”

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.” (HR. Abu Daud).

Mereka bertawakal dengan selalu menyebut nama Allah. Jadi saat hendak masuk ataupun keluar rumah, sebaiknya lantunkan doa minimal basmalah atau menyebut nama Allah.

3. Doa Rumah Baru Sesuai Hadist Anas bin Malik

Hadist dari riwayat Anas bin Malik tersebut memaparkan adanya doa rumah baru di mana di dalamnya terdapat keluarga, harta dan anak yang harus dijaga.

Bacaan Doa Memasuki Rumah Baru

Doa-Memasuki-Rumah-Baru

Bacaan Doa Memasuki Rumah Baru Arab

مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

“Masya Allah Laa Quwwata Illa Billah.”

Artinya :

“Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.” (HR. Anas bin Malik).

Dengan membaca doa tersebut, sesorang tidak akan melihat sesuatu yang buruk. Jadi keluarga dan harta benda bisa selamat karena mendapat perlindungan-Nya

Anda dapat memilih bacaan doa dari ketiga doa rumah baru tersebut yang sesuai dengan kemampuan Anda. Karena sesungguhnya doa apapun itu adalah doa untuk kebaikan setiap insan.

Doa-doa tersebut dimaksudkan agar kita senantiasa bertaqwa dan mengharapkan perlindungan dari Allah semata.

Baca juga : Doa Masuk Pasar

Amalan Doa Rumah Baru

Doa dimaksudkan agar kita selamat dari marabahaya dan gangguan setan maupun jin. Karena setan akan selalu berusaha mengganggu manusia dan menempati ruang-ruang di rumah baru Anda.

Untuk itu manusia dianjurkan untuk mengamalkan doa ketika menempati rumah baru. Anda dapat mengamalkan dengan membaca ayat-ayat suci Al-Quran untuk mengusir setan dari rumah Anda.

Berikut amalan ketika akan menghuni rumah baru yang terdapat dalam Al-Quran.

1. Membaca Surat Al-Baqarah

Saat menempati hunian baru, Rasullulah menganjurkan untuk membaca Surat Al-Baqarah agar rumah tidak seperti kuburan.

Rumah sebagai tempat tinggal yang dijadikan sebagai tempat ibadah sebaiknya selalu lantunkan ayat-ayat suci, agar terhindar dari gangguan setan.

Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah:

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامًا وَسَنَامُ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ، وَإِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ خَرَجَ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Artinya:

“Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Quran adalah surah Al-Baqarah, dan sesungguhnya setan itu jika mendengar surat Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang dibaca di dalamnya surah Al Baqarah.” (HR. Hakim).

2. Membaca Surat Al-Mu’minun ayat 28-29

Dalam surat Al-Mu’minun ayat 28-29 dijelaskan bahwa rumah adalah tempat dengan keberkahan yang diberikan oleh Allah yang patut kita syukuri.

Adapun amalan ini sebaiknya diawali dengan membaca surat Al-Fatihah sebanyak 3 kali. Bacaan ini dapat dibaca waktu pagi dan sore hari.

Bacaan surat Al-Mu’minun ayat 28-29

Doa-Rumah-Baru-Surat-Al-Mu'min-Ayat-28-29

Bacaan surat Al-Mu’minun ayat 28-29 Arab

فَإِذَا اسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي نَجَّانَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ * وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِي مُنزَلاً مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ الْمُنزِلِينَ

Artinya:

Bila kamu dan pengikutmu sudah di atas kapal, maka katakanlah, “Segala puji bagi Allah yang menyelamatkan kami dari kaum aniaya.” Katakanlah, “Tuhanku, tempatkan aku di tempat yang berkah karena Engkau sebaik-baik pemberi tempat.” (QS. Al-Mu’min ayat 28-29).

3. Membaca Surat Al-Ikhlas

Allah selalu mempermudah segala urusan umatnya. Termasuk bagi Anda yang tidak bisa melakukan amalan di atas, bisa dengan membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali.

Bacaan surat Al-Ikhlas ini akan meluaskan rejeki orang yang membacanya termasuk di dalam rumah, untuk kemudian mengalir ke tetangga-tetangganya.

Bacaan surat Al-Ikhlas:

Surah-Al-Ikhlas-Surah-Perlindungan

Bacaan surat Al-Ikhlas Arab

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Artinya:

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya.”

Dengan membaca amalan-amalan doa rumah baru tersebut, diharapkan tempat tinggal kita mendapatkan perlindungan dari Allah dari segala gangguan. Lantunan doa-doa yang terkandung dalam Al-Quran dapat dijadikan sebagai tanda syukur kita terhadap apa yang sudah Allah berikan.

Menurut Ayang Utriza Yakin, seorang professor di Ghent University terdapat amalan khusus selain yang dijelaskan diatas sebelum menempati hunian baru.

Adapun amalan-amalan menurut Utriza Yakin adalah:

  • Membaca istigfar dan sholawat
  • Membaca surat Al Falaq
  • Membaca surat An Nas sebanyak 100 kali
  • Membaca surat Yasin sebanyak 41 kali
  • Membaca surat Al Waqiah sebanyak 10 kali
  • Membaca surat Ar Rahman sebanyak 10 kali
  • Membaca surat Al Baqarah 5 ayat pertama dan 3 ayat terakhir

Sikap Saat Memasuki Rumah Baru

Sikap merupakan jati diri yang menunjukkan seberapa kuat atau lemahnya iman seorang. Sebagai insan yang bertaqwa, tentu ingin hunian yang menjadi tempat tinggalnya ini terhindar dari setan dan senantiasa dimasuki malaikat.

Salah satu cara agar rumah tenteram dan aman adalah dengan melantunkan doa untuk rumah baru. Selain itu terdapat sikap-sikap yang menunjukkan sebagai insan yang bertaqwa.

Berikut Sikap saat Memasuki Rumah Baru

1. Menjauhkan rumah dari makhluk bernyawa

Tanpa disadari banyak orang yang memasang foto keluarga sebagai memori, dan gambar binatang atau tumbuhan sebagai hiasan rumah. Padahal terdapat hadist yang menjelaskan adanya larangan menempel benda-benda tersebut di area rumah.

Hal ini bisa membuat doa kita kurang mustajab karena minimnya malaikat yang ikut mengamini di dalam rumah. Namun justru setanlah yang betah tinggal di rumah yang banyak gambar makhluk bernyawa.

Baca juga : Waktu Mustajab untuk Berdoa

2. Menjauhkan rumah dari musik

Saat kita jenuh, terkadang menyetel musik menjadi hiburan yang menghilangkan penat.

Namun tahukah Anda, jika sesungguhnya musik itu bisa berbahaya untuk rumah kita?

Sebagai umat muslim, kita harus pandai memilah musik yang baik ataupun musik dengan mizmarus syaiton.

Tidak jauh berbeda dengan makhluk bernyawa, saat rumah terdapat musik, maka malaikat akan enggan untuk memasuki rumah tersebut. Namun setanlah yang ikut merta dalam keburukan. Salah satu rumah dengan musik setan adalah rumah dengan suara lonceng.

3. Membaca basmalah ketika menutup pintu

Dalam melakukan apapun, disunahkan untuk membaca basmalah dahulu dan diakhiri dengan alhamdulilah. Termasuk ketika hendak menutup pintu.

Dengan membaca basmalah, Allah akan senantiasa mendampingi kita, dan mempermudah segala urusan. Karena sesungguhnya Allah Maha Penyayang terutama untuk hamba-hambanya yang beriman.

4. Berdoa ketika hendak keluar rumah

Ada awal ada akhir, ada masuk ada juga keluar. Islam merupakan agama yang sempurna, karena setiap tindak tanduk kita sudah diatur dalam Al-Quran dan hadist.

Tak luput dari itu saat memasuki rumah kita dianjurkan untuk berdoa, begitu pula saat hendak keluar rumah. Dengan memanjatkan doa keluar rumah, maka kita akan mendapatkan petunjuk, dicukupkan rejekinya dan juga dilindungi.

5. Jangan lupa bersyukur

Memiliki rumah atau hunian baru merupakan kenikmatan yang Allah berikan kepada hamba-Nya. Untuk itu sebagai rasa syukur kita terhadap nikmat yang diberikan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan membaca Al-Quran, berdoa, ataupun bersedekah.

Niat sedekah bisa dilakukan dengan mengadakan tasyakuran dengan mengundang orang-orang sekitar atau anak yatim untuk melantunkan doa.

Tujuan dari adanya tasyakuran dengan melantunkan doa rumah baru ini adalah untuk mendapatkan keberkahan. Selain itu juga untuk mendapatkan rahmat dari Allah, agar terciptanya rumah sebagai tempat ibadah yang tentram dan aman.

Jadi bersyukurlah atas limpahan rezeki berupa rumah dan segala isinya dengan tasyakuran atau sekedar memanjatkan doa kepada Allah.

Baca juga : Doa Untuk Keluarga

Demikian ulasan tentang doa menempati rumah baru agar mendapat keberkahan dari Allah. Dengan memilki rumah sendiri akan membuat Anda dan keluarga lebih bahagia.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Paling Utama

Wahyoeni
3 min read

Doa Iftitah

Wahyoeni
5 min read

Doa Nabi Ibrahim

Wahyoeni
5 min read

Surat Al Fatihah

Wahyoeni
4 min read