Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Sesudah Belajar

Simak tentang √ pengertian dan tujuan belajar, √ doa sesudah belajar sesuai sunnah, serta √ keutamaan dan manfaat belajar berikut.


Belajar

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan bagi semua orang.

Doa-Setelah-Belajar

Source : Freepik

Belajar merupakan hal utama yang dilakukan oleh seorang pelajar, murid, siswa atau mahasiswa. Namun belajar juga dapat dilakukan oleh seluruh kalangan dari segala usia.

Membaca doa belajar sebaiknya wajib atau dianjurkan untuk dilakukan sebagai orang yang beragama, setiap akan memulai atau mengakhiri pelajaran.

Membaca doa mampu dikenal dapat memberikan ketenangan hati ketika sedang melakukan proses pembelajaran serta penyerapan ilmu.

Agama menganjurkan kita untuk membaca doa sesudah belajar maupun sebelum belajar, agar kegiatan belajar sehari-hari dapat berjalan lancar. Selain itu, memperhatikan proses belajar juga penting anda lakukan supaya maksimal.

Pengertian dan Tujuan Belajar

Belajar merupakan proses yang dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, nilai positif dan perubahan sikap dari berbagai hal yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap muslim diwajibkan untuk belajar atau menuntut ilmu. Dengan belajar, manusia dapat mengetahui segala hal dan dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan.

Allah memerintahkan hamba-Nya untuk belajar, karena Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu serta beriman.

Terdapat beberapa tujuan belajar yang harus Anda ketahui :

1. Untuk Memperoleh Ilmu Pengetahuan

Dengan mempelajari suatu ilmu pengetahuan seseorang dapat meningkatkan kemampuannya dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Keterampilan

Keterampilan merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh manusia, baik keterampilan rohani dan jasmani.

3. Untuk Membentuk Perilaku dan Sikap

Apabila kita mempelajari sesuatu yang buruk maka akan berpengaruh pula pada sikap dan perilaku. Begitu pula sebaiknya, sikap dan perilaku yang baik akan mencerminkan diri yang terpelajar.

Oleh karena itu, belajar sangat perlu dilakukan agar apa yang kita inginkan dapat dicapai dengan baik.

Tentu saja, ada baiknya kita harus membiasakan diri untuk memanjatkan doa sebelum belajar atau doa sesudah belajar. Supaya kita senantiasa mendapatkan berkah ilmu yang bermanfaat.

Hadist Tentang Perintah Belajar

Hadist-Tentang-Belajar-Untuk-Mencari-Ilmu
Source : Freepik

Sebagai seorang muslim yang beriman tentu saja kita hendaknya harus melaksanakan perintah Allah yang berupa menuntut ilmu atau belajar.

Perintah belajar atau menuntut ilmu ini telah disebut dalam Al-Quran dan Hadist yang merupakan pedoman hidup bagi umat Islam.

Salah satu dalil Al-Quran tentang belajar atau menuntut ilmu disebutkan dalam surah Al-Mujaadilah ayat 11.

Allah berfirman dalam Al-Quran surat Al-Mujaadilah ayat 11:

وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Artinya :

Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan.” (QS. Al-Mujaadilah ayat 11).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah akan meninggikan atau mengangkat derajat orang-orang yang berilmu. Maka dari itu, menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban bagi seluruh umat muslim tanpa mengenal batasan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Selain itu, Rasulullah juga menegaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim.

Rasulullah bersabda :

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya :

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Dalam hadist tersebut dijelaskan terdapat 3 amalan pahala yang tidak akan terputus meskipun telah meninggal dunia.

Amalan-amalan itu adalah :

  1. Ilmu yang bermanfaat
  2. Sedekah jariyah
  3. Doa Anak yang sholeh

Maka dari itu, apabila menuntut ilmu maka carilah ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang pahalanya tidak pernah putus walau telah meninggal.

Ilmu yang bermanfaat pula yang akan mengantakan seseorang untuk lebih mengenal agama dan Rabbnya, mengajarkan tentang haq dan batil, serta mana yang haram dan halal.

Oleh karena itu menuntut ilmu sangat penting untuk dilaksanakan agar dapat menolong kita di dunia maupun di akhirat kelak.

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita harus selalu dan mencari ilmu selagi mampu serta memanfaatkan dan mengajarkan hal-hal baik kepada orang lain, agar ilmu yang kita miliki berguna.

Mencari ilmu dan mengamalkannya merupakan suatu kewajiban dengan jaminan seseorang akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Agar ilmu yang didapatkan berkah dan bermanfaat harus dilakukan ketika akan belajar atau menuntut ilmu.

Bagi para orangtua, sudah saatnya untuk membiasakan sang buah hati untuk membaca doa dalam setiap kegiatan sehari-hari sejak kecil. Hal ini bertujuan untuk membiasakan berdoa hingga dewasa kelak.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang doa sesudah belajar dalam bacaan arab, latin dan artinya lengkap berikut ini.

Doa Sesudah Belajar

Doa adalah harapan agar apa yang kita inginkan dapat terkabul. Mengawali segala sesuatu dengan berdoa merupakan suatu hal yang tak boleh dilewatkan, terutama ketika sedang belajar atau menuntut ilmu.

Tujuannya agar kita senantiasa mendapatkan kelancaran dalam menjalani kegiatan yang sedang dilakukan.

Sebelumnya wisatanabawi sudah mengulas tentang doa sebelum belajar dalam bahasa arab, latin dan artinya lengkap.

Nah jika sudah berdoa ketika mengawalinya, jangan lupa berdoa kembali setelah selesai menuntut ilmu dengan membaca doa sesudah belajar. Supaya ilmu yang telah kita pelajari lebih bermakna dan bermanfaat.

Bacaan Doa Sesudah Belajar

Doa-Sesudah-Belajar

Bacaan Doa Sesudah Belajar Arab

اِللَّهُمَّ اَرِنَا الْحَقًّا حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَاَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Bacaan Doa Sesudah Belajar Latin

“Allaumma arìnal haqqa haqqan warzuqnat tìbaa’ahu wa arìnal baathìla baathìlan warzuqnaj tìnaabahu.”

Arti Bacaan Doa Sesudah Belajar

“Ya allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat selalu mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat selalu menjauhinya.”

Baca juga : Kata-Kata Motivasi Belajar

Keutamaan atau Manfaat Doa Belajar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa menuntut ilmu wajib dilakukan bagi setiap manusia. Tidak hanya dilakukan oleh mereka yang mampu bersekolah, namun menuntut ilmu wajib dilaksanakan bagi mereka yang hidup.

Apabila anda ingin menjadikan ilmu yang dimiliki bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, ada baiknya untuk mematuhi adab-adab ketika sedang menuntut ilmu.

Hal ini supaya ilmu yang dimiliki bisa menjadi ilmu yang barokah dan dapat memberikan amalan yang baik di akhirat nanti.

Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah, hukumnya wajib bagi anda untuk selalu memanjatkan doa ketika mengawali dan mengakhiri proses belajar.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan yang akan diperoleh ketika memanjatkan doa sebelum belajar atau doa sesudah belajar.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Mengamalkan doa sebelum belajar sangat penting untuk dilakukan, karena dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang terhadap ilmu yang dipelajari. Dengan begitu anda akan merasa siap dan ikhlas untuk menerima ilmu yang akan diajarkan.

2. Memberikan Ketenangan

Selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, membaca doa ketika sebelum belajar ternyata mampu memberikan ketenangan dalam diri. Ketenangan ini berasal dari rasa ikhlas ketika Anda akan mempelajari suatu ilmu.

3. Memperoleh Berkah

Dengan membaca doa belajar, baik doa sesudah belajar atau sebelum belajar juga diharapkan agar kita senantiasa mendapatkan berkah dari Allah atas apa yang dipelajari. Hal ini bertujuan agar ilmu yang dipelajari di dunia dapat bermanfaat dan menjadi bekal kelak di akhirat nanti.

4. Menjadi Pribadi yang Sabar dan Disiplin

Membaca doa sebelum belajar atau doa sesudah belajar bisa melatih diri agar menjadi pribadi yang disiplin dan sabar. Sabar dalam menuntut ilmu maupun menghadapi ilmu yang sulit dicerna.

5. Mendapatkan Pahala

Doa merupakan salah satu jenis ibadah yang harus diamalkan dalam kehidupan. Mengamalkan doa sesudah belajar atau sebelum juga akan meningkatkan pahala seseorang.

Tentu saja, Allah akan mengabulkan keinginan kita dan memberikan pahala bagi seseorang yang rajin berdoa.

Untuk itu, mengamalkan doa sesudah belajar atau sebelum belajar hendaknya harus dibiasakan supaya apa yang diinginkan tercapai, ilmu yang diperoleh bermanfaat serta pahala melimpah.

Menuntut ilmu bukan hanya tentang belajar di sekolah, tetapi ilmu tentang kehidupan maupun tentang akhirat. Allah telah mengkaruniakan ilmu sebagai bekal manusia yang harus dipertanggung jawabkan kelak.

Seseorang pasti akan mengalami suatu pembelajaran dalam hidupnya, sehingga Anda perlu bersikap istiqomah terhadap pelajaran yang disampaikan oleh Allah. Oleh karena itu, rasa ikhlas dan rendah hati harus selalu ditanamkan dalam hati manusia ketika ingin menuntut ilmu.

Baca juga : Doa Sesudah Makan

Demikian ulasan tentang doa setelah belajar dan manfaat dan keutamaanya. Dengan berdoa, niscaya manfaat dan kebaikan akan selalu menghampiri kita.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Paling Utama

Wahyoeni
3 min read

Doa Iftitah

Wahyoeni
5 min read

Doa Nabi Ibrahim

Wahyoeni
5 min read

Doa Rumah Baru

Wahyoeni
5 min read

Surat Al Fatihah

Wahyoeni
4 min read