Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Setelah Sholat Subuh

Di antara 5 waktu sholat, memang menjalankan sholat subuh adalah hal yang paling sulit dilakukan bagi sebagian umat Islam. Namun, tahukah Anda bahwasannya pada waktu subuh ini, justru ada banyak keberkahan di dalamnya? Apalagi jika Anda rajin membaca doa setelah sholat subuh.

Ya, ada 3 keutamaan yang bisa Anda dapatkan dengan membaca dzikir dan doa setelah menunaikan sholat subuh. Tidak hanya itu saja, mau rajin menjalankan sholat subuh sendiri juga mendapatkan banyak sekali manfaat dan keutamaan. Apa saja itu?

3 Keutamaan Membaca Doa Setelah Sholat Subuh

Sholat subuh adalah satu dari lima waktu sholat yang mewakili rukun Islam ke-2. Menurut hadits yang ditemukan di Sahih Bukhari dan Muslim, pelaksanaan sholat subuh di samping dapat berdampak positif pada kehidupan akhirat seorang muslim.

Hadits menyebutkan subuh adalah waktu sholat pada yang ‘lebih sejuk’. Ketika dilakukan secara tepat waktu, maka dijanjikan bahwa sholat subuh dan ashar dapat menyelamatkan seseorang dari api neraka.  Sholat subuh juga bisa menjadi salah satu tiket kita ke surga.

Setelah menjalani sholat subuh, maka barulah Anda bisa memanjatkan dzikir dan doa-doa. Baca doa setelah sholat subuh memiliki keutamaan, di antaranya:

1. Melancarkan Rezeki

Rezeki memang tidak hanya dinilai dari materi, ada banyak bentuk rezeki yang hadir di kehidupan manusia tanpa disadari.

Rezeki itu tentunya muncul karena doa yang mengalir dari hamba-Nya yang tiada henti memohon kepada Allah untuk dilancarkan rezekinya. Ya, bagi siapapun yang mau berdoa setelah sholat subuh, maka Allah akan melancarkan rezekinya di hari itu.

Bentuk rezeki yang diberikan oleh Allah tidak hanya sekedar berupa uang, namun juga bisa dalam bentuk kesehatan, makanan, barang, promosi jabatan kerja, dan masih banyak lagi. Rezeki berbeda dengan yang namanya gaji.

Gaji adalah materi yang Anda dapatkan setelah melakukan usaha seperti bekerja, sementara rezeki hadir tanpa dinyana-nyana. Maka, jika Anda rajin untuk memanjatkan doa setelah sholat subuh, yakinlah bahwa Allah akan senantiasa melancarkan rezeki Anda di hari itu.

2. Ilmu yang Bermanfaat

Mendapatkan ilmu yang berkah dan bisa bermanfaat bagi diri Anda sendiri dan orang lain adalah sebuah anugerah yang tentunya tidak terhitung jumlahnya. Dengan ilmu, manusia bisa dibekali dengan kecerdasan dan kepandaian.

Ilmu yang bermanfaat bisa membawa seorang muslim hidup lebih bermartabat dan berguna bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Tanpa ilmu, maka Anda mungkin tidak bisa membedakan mana yang salah dan benar.

Tanpa ilmu, maka Anda akan menjadi manusia yang mudah untuk dibodohi. Oleh sebab itu, ilmu adalah salah satu bentuk yang perlu disyukuri kehadirannya. Dengan Anda rajin berdoa setelah sholat subuh, maka Allah akan memberikan ilmu yang bermanfaat untuk bekal hidup kedepannya.

3. Amal Saleh Diterima

Apa yang paling membahagiakan selain amal dan perbuatan yang umat muslim lakukan selama di dunia ini akhirnya diterima oleh Allah SWT? Rajin memanjatkan doa sesudah sholat subuh Arab ternyata bisa menjadikan segala amal diterima.

Amalan baik yang diterima oleh Allah SWT ini akan menjauhkan Anda dari api neraka di Yaumul Hisab nantinya. Maka dari itu, dimulai dari saat ini Anda perlu untuk rajin melakukan amal-amal saleh.

Baca juga Doa Qunut Nazilah

Amalan yang dilakukan selama di dunia inilah yang nantinya akan membawa kemudahan selama hari perhitungan di akhirat. Amal ini pula yang membuat Anda terhindar dari golongan mereka yang celaka.

Maka dari itu, cobalah untuk selalu rajin beramal baik dan selalu panjatkan doa seusai sholat subuh dengan rutin kepada Allah SWT.

Manfaat Menjalankan Sholat Subuh

Doa setelah sholat subuh tentu harus dilakukan setelah Anda selesai menjalankan sholat wajib dua rakaat ini. Selain mendapatkan keutamaan dari doa setelah subuh, ternyata menjalankan sholat wajib inipun juga memberi manfaat yang bagus untuk umat muslim.

Sangat logis jika sholat subuh memiliki pengaruh yang signifikan untuk Hari Akhir umat muslim nantinya karena sholat ini membutuhkan usaha ekstra. Ketika waktu subuh mendekat, kebanyakan dari orang-orang sudah nyaman berbaring di tempat tidur.

Baca juga Doa Sesudah Wudhu

Seorang muslim harus mengatasi dua lawan yakni setan dan tidur untuk bisa keluar sebagai pemenang. Jadi, semakin besar tantangannya, semakin besar pahala yang didapatkan. Apa sajakah itu?

1. Jaminan Perlindungan Allah

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW menyatakan bahwa orang yang sholat subuh pasti mendapat perlindungan Allah selama mereka juga menjalankan hak dan kewajibannya, dan inilah yang menjadi salah satu manfaat utama sholat subuh.

Kabar gembira selalu disertai dengan peringatan, jika seseorang gagal memenuhi hak dan kewajiban yang diperintahkan oleh Allah, maka jaminan perlindungan, tidak bisa diberikan kepada hamba Allah. Ya, jaminan itu tidak bisa diberikan kepada mereka yang  tidak patuh.

Bangun untuk sholat, baca doa setelah sholat subuh dan dzikir bukanlah pilihan, melainkan kewajiban umat muslim kepada Sang Pencipta. Peringatan yang mengerikan pada akhirnya diberikan kepada orang-orang yang lalai dari kewajiban utamanya.

2. Memberi Cahaya dan Bimbingan untuk Umat Muslim

Kata subuh berarti “fajar” dalam bahasa Arab, dan berasal dari akar kata yang sama dengan infijar, yang berarti “meledak”, mengacu pada cahaya matahari yang meletus ke dalam kegelapan malam dan menerangi dunia, menggantikan kegelapan dengan cahaya, penglihatan, dan kejelasan.

Fajar adalah cahaya matahari yang menopang semua kehidupan di planet, memungkinkan segala sesuatu tumbuh, serta memberikan kehangatan, kenyamanan, keselamatan, dan keamanan bagi umat manusia.

Baca juga Doa Mandi Junub

Dengan cara yang sama, sholat subuh memberikan cahaya dan bimbingan, kekuatan dan dukungan, bagi jiwa dan hati manusia.

3. Mengundang Energi Positif ke dalam Hidup

Sholat subuh dalam Islam memastikan bahwa Anda memulai hari dengan penuh cahaya dan ketenangan. Menjalankan sholat subuh, dzikir, dan berdoa setelahnya bisa memberikan energi positif dan merasakan kehadiran malaikat Tuhan.

Pagi hari menentukan energi sepanjang hari, dan dengan memulai hari dengan cara terbaik, maka Allah akan memberkahi seluruh hari dengan berkah dan cahaya.

Tata Cara Doa yang Baik Setelah Sholat Subuh

Sholat subuh sendiri terdiri dari dua rakaat dan setiap muslim yang ingin membacakan do’a sesudah sholat subuh, harus tahu bagaimana melakukan sholat sesuai dengan metodologi nabi baru bisa berdoa seusai sholat. Berikut tata caranya:

  1. Niat sholat subuh.
  2. Surat Al Kafirun dibacakan di rakaat pertama dan surah Ikhlas di rakaat kedua.
  3. Setelah selesai sholat subuh, maka bisa berdzikir mulai dari tahmid, tahlil, istighfar, sholawat dst.
  4. Selesai berdzikir, maka barulah umat muslim bisa memanjatkan doa setelah selesai sholat subuh.
  5. Tengadahkan tangan ke depan dada.
  6. Baca doa dengan lirih.
Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh

Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as aluka ‘ilman nafi’an, warizqan tayyiban, wa’amalan salihan mutaqabbalan.

Artinya: “Ya Allah aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal serta baik, dan amal soleh yang diterima.”

Sholat subuh berbeda dengan 4 sholat wajib lainnya karena mengajarkan pentingnya waktu. Ya, sholat subuh mengajari Anda bahwa waktu itu berharga. Oleh karena itu, umat muslim perlu melaksanakannya dan memanfaatkannya.

Selesai melaksanakan sholat subuh, jangan lupa untuk mengucapkan dzikir kepada Allah dan Nabi Muhammad. Setelah itu panjatkan doa setelah sholat subuh untuk memulai kehidupan yang baik dan penuh berkah.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Masuk Kamar Tidur

Wahyoeni
3 min read

Doa Masuk Kuburan

Wahyoeni
3 min read

Doa untuk Orang Meninggal

Wahyoeni
4 min read

Doa Setelah Shalat Tarawih

Wahyoeni
5 min read

Doa Pembuka Acara

Wahyoeni
4 min read

Doa Tahlil Lengkap

Wahyoeni
13 min read