Doa Sore Hari

Simak ulasan tentang √ doa sore hari atau doa waktu petang dan √ doa sore hari sesuai sunnah Rasulullah arab, latin dan artinya berikut.


Sore Hari

Waktu sore adalah waktu dimana setelah masuknya waktu ashar sampai dengan datangnya waktu Maghrib. Waktu maghrib ditandai dengan terbenamnya matahari di ufuk Barat.

Doa-Sore-Hari

Waktu sore merupkan waktu penghubung atau waktu peralihan antara waktu siang dengan waktu malam. Perubahan antara waktu terang ke waktu gelap.

Waktu sore hari ini sekitar pukul 15:30 sampai dengan pukul 18:00. Pada jaman dahulu waktu sore hari adalah waktu orang-orang pulang dari pekerjaannya atau kegiatannya.

Para penggembala pulang menggiring atau membawa binatang ternaknya untuk di giring ke kandangnya.

Para petani pulang dari ladang atau sawahnya, para pedagang pulang dari pasar atau tempat dia berdagang. Juga para guru pulang dari mengajar murid-muridnya.

Pada jaman sekarang sore hari juga waktu para pekerja pulang dari kantor atau pabrik tempat mereka bekerja. Banyak aktifitas yang dihentikan ketika sore hari untuk pulang ke rumahnya masing-masing.

Walau pada jaman sekarang masih banyak kantor, pabrik atau perusahaan-perusahaan yang masih buka dan beroperasi di waktu sore sampai malam hari.

Pada intinya sore hari adalah waktu berakhirnya berbagai rutinitas atau kegiatan yang dilakukan orang-orang untuk mencari nafkah.

Jadi Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk mensyukuri nikmat Allah terhadap segala aktifitas yang telah ia kerjakan pada waktu pagi hari sampai siang hari.

Waktu sore hari atau waktu petang adalah waktu yang tepat buat memanjatkan doa sebagai rasa syukur kepada Allah.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang doa sore hari dalam bacaan arab, latin dan artinya lengkap.

Doa Sore Hari

Sesuai dengan ajaran Rasulullah, terdapat banyak sekali dzikir dan doa yang dianjurkan untuk dibaca pada waktu sore hari.

Doa dan dzikir sore hari adalah sebagai berikut :

  1. Membaca Ayat Kursi (1x)
  2. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas (3x)
  3. Membaca Doa Sore Hari (1x)
  4. Membaca Doa Syukur (1x)
  5. Membaca Doa Persaksian (4x)
  6. Membaca Doa Kerelaan (3x)
  7. Membaca Doa Mohon Perlindungan dari Keburukan dan Bencana (3x)
  8. Membaca Doa Mohon Mahhfirah Allah (1x)

Simak ulasan untuk masing-masing bacaan doa sore hari atau doa petang dalam bacaan arab, latin dan artinya berikut ini.

1. Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi adalah salah satu ayat dalam Al Quran yang memilki manfaat luar biasa. Ayat kursi terdapat dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 255.

Barang siapa yang membaca ayat kursi pada waktu sore hari atau ketika waktu petang, maka ia akan dilindungi oleh Allah hingga pagi. Dan barang siapa yang membaca ayat kursi ketika waktu pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.

Bacaan Ayat Kursi

Ayat Kursi

Bacaan Ayat Kursi Arab

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Artinya :

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur.

Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.

Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha tinggi lagi maha besar.” (Surah Al-Baqarah ayat 255).

Simak dan baca : Surat Yasin

2. Membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas

Doa pada waktu sore hari dilanjutkan dengan membaca surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas sebanyak masing-masing tiga kali bacaan.

Bacaan Surah Al Ikhlas

Surah-Al-Ikhlas-Surah-Perlindungan

Bacaan surah Al Ikhlas Arab

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

“Qul huwallahu ahad, allahu somad, lam yalid wa lam yụlad, wa lam yakul lahụ kufuwan ahad.”

Artinya :

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya.”

Bacaan Surah Al Falaq

Surah-Al-Falaq

Bacaan surah Al Falaq Arab

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad.”

Artinya :

“Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

Bacaan Surah An Naas

Surah-An-Naas

Bacaan surah An Naas Arab

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلَهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ . الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

“Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas.”

Artinya :

“Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Simak dan baca : Doa Iftitah

3. Membaca Doa Sore Hari

Bacaan doa sore hari ini adalah doa memohon ampun kepada Allah, karena semua nikmat datang dari Allah dan akan kembali juga kepada-Nya.

Bacaan Doa Sore Hari

Dzikir-Sore-Hari

Bacaan Doa Sore Hari Arab

اللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ أَصْبَحْنَا،وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ، وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

“Allahumma Bika Amsaynaa Wa Bika Ash-bahnaa Wa Bika Nahyaa Wa Bika Namuutu Wa Ilaikal Mashiir.”

Artinya :

“Ya Allah, dengan rakhmat dan pertolongan-Mu kami masuk di waktu petang, dan dengan rakhmat dan pertolongan-Mu kami masuk di waktu pagi. Dengan rakhmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan hanya kepada-Mu tempat kami kembali.”

4. Membaca Doa Syukur

Apa yang perlu kita lakukan saat datang sore hari?

Paling penting adalah mengingat-ingat setiap nikmat yang telah kita dapatkan di hari ini, kemudian mensyukurinya. Karena nikmat itu adalah atas pemberian Allah.

Ungkapkan doa sore hari ini sebagai rasa syukur kepada Allah dengan sepenuh hati. Ungkapan syukur ini sebagai bukti bahwa kita benar-benar mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada kita pada hari ini.

Bacaan Doa Syukur

Doa-Syukur-Sore-Hari

Bacaan Doa Syukur Arab

اللَّهُمَّ مَا أَصْبَحَ بِي مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ بِأَحَـدٍ مِنْ خَلْـقِـكَ فَمِـنْـكَ وَحْـدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ، فَلَكَ الْـحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْــرُ

“Allahumma Maa Ashbaha Bii Min Ni’matin Aw Bi Ahadim Min Khalqik Fa Minka Wahdaka Laa Syariika Lak Fa Lakal Hamdu Wa Lakas Syukru”

Artinya :

“Ya Allah, nikmat yang kuterima atau diterima oleh seseorang di antara makhluk-Mu. Maha Esa Engkau, tiada sekutu bagi-Mu segala puji dan kepada-Mu panjatkan syukur (dari seluruh makhluk-Mu).”

Syukurilah apapun yang terjadi di hari ini. Apa pun keadaannya, lihatlah sisi baik dan positifnya. Bersyukurlah karena Anda masih dapat bernapas, sementara banyak orang yang untuk bernapas saja masih memerlukan bantuan.

Bersyukurlah dengan pekerjaan Anda karena Anda masih memiliki pekerjaan, sementara banyak orang terpaksa harus mengemis untuk mempertahankan hidup.

Bersyukurlah atas hari ini, karena Anda masih dapat makan enak, sementara di belahan dunia yang lain banyak orang yang menjadi kurus kering dan kurang gizi.

Bersyukurlah dengan masalah yang Anda alami hari ini, karena masalah itu hadir untuk membentuk pribadi Anda menjadi lebih baik, arif, dan bijak.

5. Membaca Doa Persaksian

Tegaskan kembali komitmen keimanan dan keiklasan tauhid kita dengan mengungkapkan bacaan doa persaksian kepada Allah.

Bacaan Doa Persaksian

Doa-Sore-Hari-Untuk-Persaksian

Bacaan Doa Persaksian Arab

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَمْسَيْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ، وَمَلاَئِكَتَكَ وَجَمِيْعَ خَلْقِكَ، أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ

“Allahumma ìnnì amsaytu usy-hìduka wa usy-hìdu hamalata ‘arsyìka wa malaa-ìkatak wa jamì’a kholqìk, annaka antallahu laa ìlaha ìlla anta wahdaka laa syarììka lak, wa anna Muhammadan ‘abduka wa rosuuluk.”

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku di waktu sore ini mempersaksikan Engkau, mempersaksikan malaikat yang memikul ‘Arsy-Mu, malaikat-malaikat-Mu, dan seluruh makhluk-Mu.

Bahwa sesungguhnya Engkau adalah Allah, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, yang tiada sekutu bagi-Mu. Dan, sesungguhnya Muhammad adalah hamba-Mu dan utusan-Mu.”

Simak dan baca : Doa Tahiyat Akhir

6. Membaca Doa Kerelaan

Saat sore tiba, kita pun perlu mengungkapkan kembali bahwa kita benar-benar rela bahwa Allah sebagai Rabb kita, Islam sebagai agama kita, dan Muhammad sebagai nabi kita.

Maka dari itu, ucapkanlah doa kerelaan dibawah ini sebagai salah satu doa petang dengan penuh keiklasan.

Bacaan Doa Kerelaan

Doa-Kerelaan-Untuk-Doa-Sore-Hari

Bacaan Doa Kerelaan Arab

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا

“Rodhiitu Billaahi Robbaa Wa Bil-Islaami Diinaa, Wa Bi-Muhammadin Shallallaahu ‘Alaihi Wa Sallama Nabiyyaa.”

Artinya :

“Aku rela Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai nabi.”

7. Membaca Doa Mohon Perlindungan dari Keburukan dan Bencana

Berlindunglah kepada Allah dari kejahatan setiap makhluk-Nya, agar menjelang sore hingga pagi tiba, kita senantiasa ada dalam lindungan dan pemeliharaan-Nya.

Maka dari itu, bacalah doa perlindungan dari keburukan dan bencana agar kita tetap dalam perlindungan-Nya.

Bacaan Doa Perlindungan Dari Keburukan dan Bencana

Doa-Perlindungan-Dari-Keburukan

Bacaan Doa Perlindungan Dari Keburukan dan Bencana Arab

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Bismillahilladzi Laa Yadhurru Ma’asmihi Syai-un Fil Ardhi Wa Laa Fis Samaa’ Wa Huwas Samii’ul ‘Aliim.”

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Disebutkan dalam hadits, bahwa Rasulullah bersabda :

“Barang siapa yang masik waktu sore membaca doa perlindungan ini sebanyak tiga kali, maka tidak akan menimpanya keterkejutan bencana hingga menjelang pagi hari.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Hibban).

Simak dan baca : Doa Keselamatan

8. Membaca Doa Mohon Mahhfirah Allah

Maghrib adalah waktu penghujung siang dan permulaan malam. Saat maghrib adalah waktu yang memisahkan antara siang dan malam.

Dalam sepanjang siang yang telah kita lalui, tentu saja banyak kesalahan dan dosa yang telah kita perbuat. Demikian pula sepanjang saat-saat malam ke depan yang akan kita lalui, pasti akan ada salah dan dosa yang menimpa kita.

Karena itu, hendaknya di waktu maghrib kita tak lupa untuk memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan kita.

Rasulullah mengajarkan agar kita berdoa dengan doa yang pernah beliau ajarkan kepada Sayyidah Ummi Salamah Ra.

Bacaan Doa Mohon Mahfirah Allah

Doa-Mohon-Mahhfirah-Allah

Bacaan Doa Mohon Mahfirah Allah Arab

اللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وَإِدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ لِي

“Allahumma Inna Hadza Iqbalu Lailika Wa Idbaru Naharika Wa-ashwaatu Du’atika, Faghfirli.”

Artinya :

“Ya Allah, ini adalah (waktu )permulaan malam-Mu dan (waktu) berlalumya siang-Mu. serta (waktu terdengarnya) suara penyeru-Mu (Adzan), maka aku meminta kepada-Mu ampunilah aku”. (HR. Tirmidzi, Thabrani, Hakim, Bukhari, dan Muslim).

Seperti yang ajarkan Rasulullah doa ini sebaiknya dibaca ketika mendengar adzan maghrib, ditengah-tengahnya atau sesudahnya.

Dengan membaca doa ini mengiringi adzan maghrib, baik sebelum dan sesudah Adzan maka doa yang kita panjatkan insya Allah akan mustajab.

Karena bertepatan dengan waktu yang mustajab untuk berdoa, yakni waktu di antara dikumandangkannya adzan dan didirikannya sholat.

Simak dan baca : Doa Pagi Hari

Demikian ulasan tentang doa dan dzikir sore hari sebagai rasa syukur kita terhadap nikmat yang Allah berikan paha hari ini. Denagn mengamalkan doa ini semoga Allah senantiasa melindungi Anda semua, aamin.

Loading...

Doa Sayyidul Istighfar

Wahyoeni
3 min read

Doa Qunut

Wahyoeni
3 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Wahyoeni
3 min read

Doa Ziarah Kubur

Wahyoeni
7 min read

Doa Akhir Tahun

Wahyoeni
6 min read