Doa Terbebas Hutang

Doa Terbebas Hutang – Hutang-piutang adalah salah satu muamalah yang disunahkan dalam islam. Dengan berhutang dan memberi hutang, maka akan saling tolong menolong sesama muslim. Apalagi pihak yang berhutang menunjukan adanya itikad baik untuk mengembalikan uang yang dipinjamnya tersebut. Hal ini secara tidak langsung menjalin silaturahim antara yang berhutang dan yang memberi hutang.

Berbeda dengan orang yang meminta-minta hanya bergantung dengan apa yang diberikan orang lain. Dia tanpa ada usaha untuk bekerja mencari nafkah halal. Tentu lebih mulia orang yang berhutang dibanding orang yang minta-minta. Seperti pepatah mengatakan “Lebih baik tangan diatas daripada tangan dibawah”.

Walaupun kadang kalau kurang hati-hati hutang bisa menjadi bumerang dan menjadi segunung alias banyak. Walau begitu selama niat, berdoa dan berusaha pasti Allah Swt memberikan jalan. Karena ada amalan sendiri tentang doa hutang lunas lengkap sebagai amalan doa untuk memohon kepada-Nya.

doa terhindar dari hutang Template Gambar Post

Sebagian orang merasa nyaman dengan berhutang tetapi sebagian lagi merasa sangat bingung dan tersiksa dengan kondisi berhutangnya. Apalagi jika hutang tersebut dibarengi dengan bunga atau riba, karena inilah banyak orang mencari cara agar terhindar dari riba. Salah satu ekonomi islam adalah mengembangkan syariat ekonomi yang menghindari riba di dalam proses perjanjian utang piutang yang dilakukan.

Doa Terbebas Hutang sesuai Sunah Rosul

Jauh sebelumnya, sebenarnya Rasulullah pernah mengajarkan sahabat satu doa agar terhindar hutang yang mengikat, berikut ini adalah doa agar terbebas dari hutang:

Doa Terbebas Hutang

Doa terbebas dari hutang (Arab)

اَللَّهمَّ اِنِّي اَعُوذُبكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ, وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ, وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ, وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِالرِّجَالِ

Doa terbebas dari hutang (Latin)

“Allahumma innii a’udzubika minal hammi wal-hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal-kasali, wa a’udzubika minal jubni wal-bukhli, wa a’udzubika min gholabatid-daini wa qohrir-rijaali”

Arti doa terbebas dari hutang

“Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kesusahan dan kedukaan, dari lemah kemauan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari banyak hutang dan kezaliman manusia.”

Riwayat Tentang Doa Agar Terbebas Hutang

Abi Said Al-Khudri r.a meriwayatkan bahwa seorang sahabat bernama Abu Umamah selalu tinggal di masjid siang dan malam. Rasulullah Shollallahu ‘Alayhi Wasallam rupanya selalu memperhatikan keadaan Abu Umamah yang sudah sekian lama selalu tinggal di masjid meskipun bukan waktu sholat.

Akhirnya Rasulullah Shollallahu ‘Alayhhi Wasallam memanggil Abu Umamah kemudian menanyakan sebab-sebab di berbuat demikian. Semua dilakukan oleh Rasulullah demi kebaikan bersama.

Abu Umamah menjelaskan kepada Rasulullah Shollallahu ‘Alayhi Wasallam bahwa ia sedang ditimpa kesedihan dan kesusahan yang menyebabkan dia merasa amat gelisah jika tinggal di rumah karena akibat terlampau banyak hutang yang tidak bisa dibayar.

Rasulullah Shollallahu ‘Alayhi Wasallam berkata kepada Abu Umamah:

“Kuberikan kepadamu beberapa kalimat, amalkanlah dengan baik setiap hari, maka Allah akan memberikan kelonggaran kepadamu.”

Kemudian Rasulullah Shollallahu ‘Alayhi Wasallam membacakan doa terbebas dari hutang dan masalah tersebut kepada Abu Umamah. Abu Umamah mendengarkan dengan seksama. Abu Umamah membaca dan mengamalkannya pada waktu siang dan malam dengan penuh keyakinan tanpa ragu bahwa Allah akan memberikan kelonggaran atas hutang-hutang dan masalahnya.

Tidak lama kemudian kedukaan dan kesedihan yang dirasakan oleh Abu Umamah berkurang sedikit demi sedikit. Makin lama dan sering ia membacanya semakin berkurang. Akhirnya hilang sama sekali dan terbuka pada pikirannya jalan keluar dari hutang dan juga cara untuk mendapatkan usaha yang baik sehingga hutang-hutangnya tersebut dapat terbayar semuanya.

Dari kisah Abu Umamah diatas, dengan berdoa dan keyakinan yang mantap bahwa Allah akan memudahkan kesulitannya. Sebenarnya bukan hanya dengan doa yang sering ia bacakan siang dan malam itu dapat melunaskan semua hutang-hutang yang Abu Umamah, akan tetapi harus ada usaha-usaha untuk dapat melunaskannya.

Cara Agar Terbebas dari Hutang

Berikut ini beberapa cara melunasi hutang yang dapat Anda lakukan, sehingga Anda dapat terbebas dari jeratan hutang yang melilit Anda.

1. Jauhkan Perasaan Sedih dan Putus Asa

Pertama-tama jauhkanlah perasaan sedih yang dirasakan. Orang yang memiliki hutang secara otomatis akan menjadikan hatinya sedih karena memikirkan bagaimana melunaskan hutang-hutang tersebut.

Akuilah dalam diri bahwa Anda sedang berhutang lalu cari cara untuk menghadapi situasi ini. Dengan cara seperti ini akan memudahkan Anda keluar dari putus asa yang berkepanjangan.

2. Ubah Mindset (Cara Berfikir) Anda

Dengan mengubah cara berfikir Anda dalam mengelola keuangan yang baik maka akan secara otomatis mengubah gaya hidup (life style) Anda. Mungkin yang membuat Anda terjerat hutang itu disebabkan gaya hidup Anda yang terlalu hedon atau berlebihan. Mulai dari sekarang berhematlah dan atur keuangan Anda sebaik-baiknya.

3. Berani Melangkah & Banyak Bersedekah

Berusahalah dengan giat mencari nafkah yang halal dan berkah. Dengan bekerja, berdagang atau berbisnis akan memudahkan Anda mendapatkan penghasilan untuk melunasi hutang-hutang Anda, jadi jangan takut melangkah kerjakan apa yang bisa dikerjakan.

Jika dalam ikhtiar Anda bekerja menemukan hal-hal yang cukup berat, bacalah doa berikut ini:

Doa Memulai Pekerjaan yang Berat

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلتُ عَلَى اللهِ وَاعْتَصَمْتُ بِاللهِ وَفَوَّضْتُ اَمْرِى اِلَى اللهِ, حَسْبِيَ اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ

Artinya :

“Dengan nama Allah, aku mulai dan aku bertawakal kepada Allah, aku berpegang teguh kepada Allah, dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah, cukup Allah tempatku berpegang teguh dan bertawakal, tidak ada yang lebih kuat dan kuasa hanya Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Esa.”

Selain harus bekerja, ingatlah sedekah yang harus Anda keluarkan. Sedekah bukanlah mengurangi penghasilan Anda, akan tetapi membuka pintu-pintu rezeki yang sebelumnya tertutup.

Anda juga dapat mengamalkan doa pembuka rezeki agar dimudahkan semua urusannya dan dilancarkan rezekinya.

4. Lunasi Hutang dengan Cara yang Tersistematis

Setelah 3 cara melunasi hutang sudah Anda kerjakan, bisa dipastikan bahwa Anda sudah Move On dan mulai mendapatkan penghasilan yang dapat melunasi hutang-hutang Anda. Sistematis melunaskan hutang yang pertama yaitu, tulislah jumlah hutang Anda dan kepada siapa saja Anda berhutang.

Kedua, buatlah jadwal pelunasan hutang secara bertahap agar memudahkan untuk dapat melunasinya dan yang ketiga, bertemulah dengan orang yang Anda hutangi lalu bicarakanlah tentang cara Anda untuk melunasi hutang tersebut.

Demikianlah cara terhindar dari hutang piutang menurut islam, jika Anda sudah terlanjur berhutang maka segeralah untuk ikhtiar melunaskannya. Doa yang tertera diatas merupakan doa terbebas dari hutang sesuai sunnah yang Rasulullah Shollallahu ‘Alayhi Wasallam anjurkan untuk dibacanya ketika terjerat hutang.

Salah satu amalan yang melancarkan rezeki agar terbebas dari hutang adalah dengan melaksanakan sholat sunah dhuha dan tahajud. Simak Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap.

Demikian ulasan tentang doa terbebas hutang sesuai sunah Rasulullah. Allah senantiasa akan memudahkan urusan hambanya jika hamba tersebut senantiasa beribadah kepadanya, jalankan sunnah seperti Sholat Tahajud, Sholat Dhuha dan Sholat Sunnah lainnya. Sekian doa mustajab terbebas dari hutang, semoga bermanfaat.