Doa Untuk Anak

Simak ulasan tentang √ doa untuk anak agar beriman, √ bertakwa, √ pintar, √ cerdas, √ rajin beribadah dan √ berbakti kepada orang tua.


Daftar Artikel

Anak

Dalam sebuah keluarga terdapat orang tua dan anak-anaknya sebagai generasi penerus bagi kedua orang tuannya kelak di kemudian hari.

Doa-Untuk-Anak

Anak merupakan harta yang paling berharga yang dimiliki oleh orang tuanya. Karena memiliki anak yang sholeh akan menjadi aset untuk kedua orang tuanya, walau mereka sudah meninggal.

Rasulullah bersabda :

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya :

“Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 perkara, yaitu shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang berdoa baginya.”

Dari hadist diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pahala orang tua tidak putus karena doa anak yang sholeh yang mendoakannya ketika sudah meninggal.

Anak adalah bagian dari keluarga yaitu ayah, ibu dan anak. Ayah ibu disebut sebagai orang tua. Sedangkan anak adalah hasil dari hubungan antara kedua orang tuanya melalui hubungan yang sah tentunya.

Anak merupakan seorang laki-laki atau perempuan yang belum dewasa atau masih bergantung pada orang tuanya.

Anak juga merupakan keturunan kedua, yang artinya “anak” adalah lawan kata dari orang tua. Walau sudah dewasa, anak tetaplah anak dari kedua orang tua mereka.

Anak memilki kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tuanya, mentaati perintahnya dan berusaha menjadi orang sholeh seperti yang orang tuanya ajarkan kepadanya.

Orang tua juga memiliki kewajiban untuk mendidik anak-anaknya agar menjadi orang baik yang kelak dapat berguna bagi keluarga, agama, masyarakat dan negara.

Setiap orang tua pasti menginginkan hal yang terbaik untuk anak-anaknya baik itu urusan di dunia maupun di akhirat kelak. Hanya saja bukan perkara yang mudah untuk mengajarkan anak-anak mengenai kebaikan sesuai dengan syariat islam.

Untuk itu, selain harus mendidik dengan sabar, orang tua juga harus selalu memanjatkan doa kepada anak-anaknya agar diberikan yang terbaik oleh Allah.

Seperti yang diketahui bahwa berdoa adalah amalan untuk memohon dan meminta ridho Allah.

Hanya saja sebagian besar orang tua lalai dalam hal ini, mereka hanya fokus untuk mendidik anak-anak menjadi pribadi yang baik tanpa menyertainya dengan doa yang benar.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang doa untuk anak yang dapat otang tua panjatkan agar anaknya menjadi pribadi yang baik.

Doa Untuk Anak

Lalu doa untuk anak apa saja yang dapat dipanjatkan oleh orang tua?

Rasulullah telah mengajarkan kepada umatnya untuk mendoakan anak-anaknya agar mereka menjadi orang yang baik, beriman, cerdas dan selamat di dunia dan akhirat.

Tujuannya adalah agar dengan doa orang tua kepada anak ini akan membuat anak-anak mereka mendapatkan ridho Allah. Berikut doa yang dapat dipanjatkan orang tua untuk anak-anaknya.

1. Doa Untuk Anak Agar Rajin Beribadah

Siapa yang tidak ingin anaknya rajin beribadah?

Ya, pastinya setiap orang tua mempunyai harapan yang sama terutama dalam hal beragama. Hanya saja sebagai orang tua terfokus pada hal medidik secara praktik maupun teori dan mereka mengabaikan kekuatan doa.

Hendaknya sebagai orang tua juga harus mendoakan anak-anaknya agar rajin beribadah. Seperti firman Allah dalam Al Quran surah Ibrahim ayat 40.

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Rajin Beribadah

Doa-Untuk-Anak-Agar-Rajin-Beribadah

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Rajin Beribadah Arab

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Rajin Beribada Latin

“Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.”

Arti Bacaan Doa Untuk Anak Agar Rajin Beribadah

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim ayat 40).

Doa ini adalah doa yang dipanjatkan oleh nabi Ibrahim kepada Allah agar beliau dan anak cucu-nya tekun mengerjakan sholat dengan sebaik-baiknya.

Jadi dengan memanjatkan doa ini, orang tua berharap anak-anaknya menjadi anak yang rajin dan tekun beribadah kepada Allah.

2. Doa Untuk Anak Agar Beriman dan Bertakwa

Selain mengajarkan anak untuk beribadah, hal yang utama adalah mengajarkan mereka agar bertakwa dan beriman kepada Allah.

Karena jika kita mengajarkan mereka beribadah tanpa menyakinkan mereka terhadap keberadaan tuhan dan alam semesta maka akan percuma saja.

Maka dapat dikatakan beriman dan bertakwa kepada Allah merupakan pondasi yang paling penting bagi anak-anak.

Karena jika mereka sudah beriman atau percaya kepada kekuasaan Allah, maka mereka akan menjalankan kebaikan-kebaikan yang telah diajarkan dalam Al-Quran.

Berikut doa untuk anak agar mereka beriman dan bertakwa sesuai dengan firman Allah dalam Al Quran surah Al Furqan ayat 74.

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Beriman dan Bertakwa

Doa-Untuk-Anak-Agar-Beriman-Dan-Bertaqwa

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Beriman dan Bertakwa Arab

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Beriman dan Bertakwa Latin

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Arti Bacaan Doa Untuk Anak Agar Beriman dan Bertakwa

Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqan ayat 74).

Dengan memanjatkan doa ini, orang tua sebagai imam keluarga memohon kepada Allah agar istri-istri dan anak-anaknya menjadi orang yang bertakwa.

Simak dan baca : Barakallah Fii Umrik

3. Doa Untuk Anak Agar Pintar

Mempunyai anak yang pintar merupakan dambaan setiap orang tua. Untuk menjadikan anak menjadi pintar maka kita perlu mendidiknya dengan lebih ekstra.

Tidak hanya melalui pendidikan formal saja, tetapi pendidikan informal juga perlu orang tua lakukan untuk menunjang kecerdasan sang anak. Pastinya itu semua tidak cukup apabila tanpa didasari oleh doa.

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Pintar

Doa-Untuk-Anak-Agar-Pintar

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Pintar Arab

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Pintar latin

“Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”

Arti Bacaan Doa Untuk Anak Agar Pintar

“Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

Doa ini dipanjatkan oleh orang tua agar anak-anaknya menjadi orang-orang yang penuh cahaya dan kepandaian yang bisa memperbaiki umat muslim ke dalam kebaikan.

Simak dan baca : Doa Sebelum Belajar

4. Doa Untuk Anak Agar Cerdas

Memiliki anak yang pintar sekaligus cerdas akan menjadi dambaan bagi semua orang tua. Kalau sebelumnya sudah ada doa untuk anak agar pintar, ada juga doa untuk anak agar memiliki kecerdasan.

Bacaan Untuk Anak Agar Cerdas

Doa-Untuk-Anak-Agar-Cerdas

Bacaan Untuk Anak Agar Cerdas Arab

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Bacaan Untuk Anak Agar Cerdas Latin

“Allahummaj’alhu Shohììhan Kaamìlan, Wa ‘Aqìlan Haadzìqon, Wa ‘Aalìman ‘Amìlan.”

Arti Bacaan Untuk Anak Agar Cerdas

“Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, Memilki akal cerdas, dan memilki ilmu dan suka beramal.”

Doa ini dipanjatkan oleh orang tua agar anak-anaknya menjadi anak yang sehat, cerdas, berilmu dan senang beramal.

5. Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua

Harapan orang tua selanjutnya adalah mempunyai anak yang berbakti kepada mereka. Karena dengan begitu orang tua akan merasa dihargai dan dihormati.

Selain itu definisi anak yang berbakti kepada orang tua ialah mereka yang senantiasa mendoakan orang tua dan menuruti perintah orang tuanya. Dengan begitu pastinya akan lebih mudah untuk medidik anak.

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua

Doa-Untuk-Anak-Agar-Berbakti-Kepada-Orang-Tua

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua Arab

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua Latin

“Allahumma Barìklìy Fìì Awladìy, Wa La Tadhurruhum, Wa Waf Fìqhum Lì Tho’atìk, War Zuqnìy Bìrrohum.”

Arti Bacaan Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua

“Ya Allah limpahkanlah barokah kepadaku dan anak-anakku, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah kepadaku rejeki berupa bakti mereka.”

Simak dan baca : Doa Untuk Orang Tua

6. Doa Untuk Memohon Anak yang Baik

Mempunya anak yang mempunyai kepribadian yang baik merupakan keinginan setiap orang tua. Baik itu dalam masalah beribadah, pendidikan, bersosialisasi dan sebagainya.

Hanya saja untuk membentuk anak menjadi pribadi yang baik tidaklah mudah. Oleh karena itu sebagai orang tua haruslah menanamkan hal-hal yang positif sedari mereka masih kecil.

Sebagai orang tua, Anda dapat memanjatkan doa untuk anak agar menjadi pribadi yang baik berikut. Hal ini sesuai firman Allah dalam Al Quran surah Ali Imran ayat 38.

Bacaan Doa Untuk Memohon Anak yang Baik

Doa-Mohon-Anak-yang-Baik

Bacaan Doa Untuk Memohon Anak yang Baik Arab

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Bacaan Doa Untuk Memohon Anak yang Baik Latin

“Robbìy hablìy mìl ladunka dzurrìyyatan thoyyìbatan ìnnaka samì’ud du’a.”

Arti Bacaan Doa Untuk Memohon Anak yang Baik

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran Ayat 38).

Doa ini merupakan doa yang dipanjatkan nabi Zakaria agar beliau dikaruniakan seorang anak yang baik, karena Allah Maha Pendengar Doa dan Maha Mengetahui.

7. Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak

Sebagai orang tua, Anda dapat memanjatkan doa untuk memohon kebaikan kepada anak-anak Anda.

Bacaan Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak

Doa-Mohon-Kebaikan-Untuk-Anak

Bacaan Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak Arab

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Bacaan Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak latin

“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.”

Arti Bacaan Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak

“Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

Dari doa-doa untuk anak diatas dianjurkan untuk dipanjatkan atau diamalkan oleh kedua orang tuanya. Lebih lebih bagi seorang Ibu. Karena Ibu memiliki peran penting dan hubungan batin yang kuat kepada anaknya.

Simak penjelasan berikut tentang keutamaan doa yang dipanjatkan oleh seorang ibu kepada anaknya.

Simak dan baca : Doa Keselamatan

Keutamaan Doa Seorang Ibu

Seperti yang telah kita ketahui bahwa keajaiban doa seorang ibu sangatlah luar biasa. Maka untuk kalian yang sudah menjadi Ibu pastikan terus menurus mendoakan anak-anak kalian agar menjadi pribadi yang baik.

Kenapa doa seorang ibu sangat diutamakan?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa seorang ibu mempunyai keistemewaan yang luar biasa. Seperti yang telah disebutkan Rasulullah sebanyak 3 kali. Selain itu doa seorang ibu juga sangat di ijabahi oleh Allah.

Doa-Orang-Tua-Kepada-Anaknya

Oleh karena itu sebagai seorang ibu hendaknya kalian terus menerus mendoakan anak-anak untuk menjadi anak yang sholeh atau sholehah, bertakwa, bermanfaat, pintar, cerdas dan berbakti kepada orang tua.

Simak penjelasan mengenai keutamaan doa seorang ibu untuk anak-anaknya beikut:

1. Seorang Ibu Telah Merawat Sejak Dalam Kandungan

Keistimeaan seorang ibu tidak perlu diragukan lagi, bahkan Allah memerintahkan manusia agar selalu berbuat baik kepada orang tua khususnya seorang ibu.

Hal ini dikarenakan seorang ibu telah mengandung anaknya selama 9 bulan. Sejak dalam kandungan seorang ibu sudah merawat anaknya dengan baik.

Setelah melahirkan mereka masih harus memberi asi anaknya bahkan mendidiknya sampai anak-anak menjadi dewasa. Hal tersebut bukanlah perkara yang mudah.

Banyak peengorbanan dan perjuangan yang harus mereka hadapi. Untuk itu sebagai seorang anak pastikan agar tetap menuruti segala perintah seorang ibu.

Sesuai firman Allah dalam Al Quran pada surah Al Ahfaaq ayat 15 :

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا

Artinya :

“Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik terhadap dua orang ibu dan bapaknya. Ibunya mengandung dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah pula.”(QS. Al Ahfaaq ayat 15).

Dengan adanya ayat tersebut maka menunjukan keistimewaan seorang ibu yang sudah mengandung dan melahirkan anak-anaknya dengan susah payah.

Ada ungkapan yang menerangkan bahwa :

“Surga seorang anak terdapat di bawah telapak kaki Ibunya”

Maka hendaklah seorang anak berbakti kepada kedua orang tuanya, terutama kepada ibu yang sudah melahirkannya.

2. Seorang Ibu Telah Melahirkan Anaknya dengan Susah Payah

Masih berkaitan dengan ayat di atas, bahwa seorang ibu telah melahirkan anaknya dengan susah payah.

Apakah kalian mengetahui bagaimana rasa sakitnya seorang ibu saat melahirkan?

Seorang manusia normal mampu menahan rasa sakitnya hingga skala 45 dels, selebihnya bisa saja mereka akan pingsan karena tidak kuat menahar rasa sakitnya.

Namun, anehnya seorang ibu yang melahirkan rata-rata mengalami rasa sakit dengan skalai sampai dengan 57 dels.

Artinya apa?

Dengan data tersebut berarti telah menunjukan keistimewaan seorang ibu ketika melahirkan anaknya. Sehingga dapat dikatakan bahwa pejuangan mereka sangat hebat dalam melahirkan anak-anaknya.

Oleh karena itu sebagai anak wajib untuk menghormati kedua orang tuanya terutama seorang ibu, agar mendapatan doa dan ridho yang terbaik dari mereka.

Seperti yang kita ketahui bahwa ridho seorang anak terdapat pada kedua orang tua.

Simak dan baca : Wanita Sholehah

3. Nama Seorang Ibu Disebut 3 Kali Oleh Rasulullah

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, bahwa seorang ibu mempunyai keistemewaan berkali-kali lipat. Sebagaimana yang telah Rasulullah sebutkan namanya sebanyak 3 kali baru kemudian seorang ayah.

Sebagaimana telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra.

Dia berkata, “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah orang yang lebih berhak untuk saya hormati?”

Rasulullah menjawab, “Ibumu.”

Orang tersebut bertanya lagi, “Lalu siapa lagi?”

Rasulullah menjawab, “Ibumu.”

Orang tersebut bertanya lagi, “Setelah itu siapa lagi?”

Rasulullah menjawab, “Ibumu.”

Orang tersebut bertanya lagi, “Kemudian siapa lagi?”

Akhirnya Rasulullah pun menjawab, “Kemudian baru ayahmu,” (HR. Muslim).

Hal tersebut telah menunjukan bahwa seorang ibu mempunyai keistimewaan yang luar biasa. Hal ini akan membuat doa untuk anaknya mustajab dihadapan Allah. Untuk itu sebagai seorang anak haruslah terus berbuat baik kepada seorang Ibu.

Simak dan baca : Doa Pagi Hari

Demikian ulasan tentang doa untuk anak sesuai sunnah yang dapat dipanjatkan orang tua untuk anak-anaknya agar menjadi seperti yang mereka harapkan. Amalkan doa-doa ini dan semoga anak-anak Anda menjadi anak yang baik.

Loading...

Doa Sayyidul Istighfar

Wahyoeni
3 min read

Doa Qunut

Wahyoeni
3 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Wahyoeni
3 min read

Doa Ziarah Kubur

Wahyoeni
7 min read

Doa Akhir Tahun

Wahyoeni
6 min read