Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Untuk Orang Lain

Simak ulasan tentang √ doa untuk orang lain seperti √ doa untuk orang tua, pasangan hidup, anak, sahabat dan saudara muslim berikut.


Orang Lain

Definisi dari orang lain disini adalah orang selain dari diri kita. Baik itu orang tua, suami atau istri, anak, saudara kandung atau saudara muslim di sekitar kita.

Doa-Untuk-Orang-Lain

Sebagai mahluk Allah. kita tidak dapat egois hanya memikirkan diri kita sendiri. Kita wajib berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesama saudara dan orang disekitar kita.

Dalam hal ini, termasuk juga ketika sedang berdoa. Kita tidak hanya selalu memohon dan memanjatkan doa untuk diri sendiri saja.

Berdoa bukan demi keperluan dan kepentingan kita saja. Kita juga bisa memanjatkan doa untuk orang lain yang disayangi seperti orang tua, pasangan, anak, saudara dan teman-teman di sekeliling kita.

Berdoa merupakan sebuah aktivitas harian yang tidak boleh kita lewatkan. Sebagai umat Islam, doa dapat dijadikan amalan untuk menambah pahala dan meminta sesuatu pada Sang Pencipta.

Kita diajarkan untuk selalu berdoa kepada Allah sebagai bentuk penghambaan dan penyerahan diri. Tanpa doa, kita hanyalah makhluk yang tak punya daya dan kuasa apapun.

Karena hanya kepada Allah kita memanjatkan doa dan memohon ridho-Nya. Seperti firman Allah dalam Al-Quran surat Al-Mukmin ayat 6o.

Allah berfirman dalam Al-Quran surat Al-Mukmin ayat 60:

رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya :

“Berdoalah kepada-Ku (Kepada Allah), niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Al-Mukmin ayat 60).

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang doa untuk orang lain yang dapat kita amalkan setiap hari. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Doa untuk Orang Lain

Doa yang paling dicintai Allah adalah doa yang selalu istiqomah. Artinya, bukan hanya sekali atau dua kali saja dalam memanjatkan doa. Bukan hanya ketika kita sedang membutuhkan sesuatu, kita datang dan meminta kepada Allah.

Namun, doa yang baik adalah yang dilakukan secara rutin setiap hari dan dengan kekhusyukan yang mendalam, termasuk doa untuk orang lain juga.

Berikut ini adalah beberapa doa-doa amalan harian yang bisa kita panjatkan kepada Allah untuk memohonkan kebaikan bagi orang lain yang kita sayangi.

1. Doa untuk Orang Tua

Orang tua adalah orang-orang pertama yang harus kita doakan setiap hari. Mereka merupakan orang yang paling berjasa dalam hidup dan orang yang paling berkontribusi terhadap keberhasilan kita.

Tanpa adanya mereka, kitapun tidak akan ada di dunia ini. Berkat jerih payah mereka, kita bisa hidup dengan nyaman dan menikmati semua yang dianugerahkan Allah.

Ini adalah doa untuk orang lain pertama yang harus Anda baca setelah sholat wajib. Jangan pernah dilewatkan sekalipun karena doa inilah yang akan membantu orang tua kita kelak di akhirat.

Bacaan Doa untuk Orang Tua

Doa-Untuk-Orang-Tua

Bacaan Doa untuk Orang Tua Arab

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Bacaan Doa untuk Orang Tua Latin

“Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa”

Arti Doa untuk Orang Tua

“Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

Doa terhadap kedua orang tua begitu penting. Sebab, doa anak shaleh adalah salah satu amalan jariyah yang bisa menjadi penolong bagi orang tua.

Doa ini akan menjadi aliran pahala untuk orang tua kita meskipun mereka sudah meninggal dunia.

Tidak ada sesuatu berharga yang bisa diberikan seorang anak kepada orang tuanya selain doa mereka. Oleh sebab itu, pastikan membaca doa untuk orang lain selain diri kita ini setiap hari.

Silahkan baca lebih lengkap tentang beberapa Doa untuk Orang Tua berikut.

2. Doa untuk Pasangan

Suami atau istri adalah titipan dari Allah untuk menemani kita beribadah dan menjalankan tugas sebagai khalifah di muka bumi. Sejatinya, sebuah pernikahan adalah ibadah terpanjang di dalam hidup.

Suami atau istri dianjurkan untuk saling mendoakan. Sang istri memanjatkan doa untuk suami-nya begitu juga sebaliknya.

Karena dengan saling mendoakan akan membuat pasangannya akan selalu dalam perlindungan Allah.

Maka dari itu, doa untuk orang lain yang kedua adalah ditujukan kepada pasangan hidup kita masing-masing.

Bacaan Doa untuk Pasangan

Doa-Untuk-Pasangan-Suami-atau-Istri

Bacaan Doa untuk Pasangan Arab

وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَىٰ عَيْنِي

Bacaan Doa untuk Pasangan Latin

“Wa’alqaitu alaika mahabbatamminnii walitushna’a alaa ainii.”

Arti Doa untuk Pasangan

“Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku.”

Doa ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kasih sayang diantara pasangan suami istri. Disini, kita berharap semoga Allah memberikan keridloan terhadap rumah tangga yang sedang dibangun.

Ketika Allah sudah ridho, tidak ada satupun ujian dan cobaan yang akan meruntuhkan rumah tangga ini karena Allah akan menjaganya.

Silahkan baca lebih lengkap tentang beberapa Doa untuk Kelurga berikut.

3. Doa untuk Anak

Anak adalah anugerah yang diberikan Allah kepada para orang tua. Selain itu, anak juga bisa menjadi cobaan dan ujian untuk mereka.

Oleh sebab itu, orang tua harus selalu senantiasa mendoakan anaknya supaya mereka tumbuh menjadi anak sholeh dan bermanfaat.

Doa untuk orang lain yang satu ini wajib kita panjatkan sehari-hari agar anak terhindar dari perbuatan dosa dan kesalahan.

Berikut ini adalah doa-doa yang bisa Anda amalkan.

Bacaan Doa untuk Anak

Doa-Mohon-Kebaikan-Untuk-Anak

Bacaan Doa untuk Anak Arab

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Bacaan Doa untuk Anak Latin

“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.”

Arti Doa untuk Anak

“Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

Seorang anak tidak hanya membutuhkan materi atau keperluan duniawi saja.

Kita juga harus mengisi rohani mereka supaya kelak mereka bisa menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat. Untuk itu, kita wajib mendoakan anak-anak supaya tumbuh menjadi anak yang sholeh.

Anak sholeh merupakan investasi orang tua yang bisa diambil hikmahnya kelak ketika di akhirat. Doa mereka akan menjadi penolong kita saat dimintai pertanggungjawaban.

Memiliki seorang anak sholeh tidak bisa bergantung pada institusi luar rumah seperti sekolah atau tempat mengaji. Anak sholeh didapatkan dari didikan kedua orang tuanya.

Oleh sebab itu, jangan pernah lewatkan doa untuk anak selagi Anda mampu mengerjakannya.

Silahkan baca lebih lengkap tentang beberapa Doa untuk Anak berikut.

4. Doa untuk Saudara atau Sahabat

Kita juga bisa melantunkan doa untuk orang lain seperti saudara kandung, saudara jauh, teman dan sahabat-sahabat.

Seperti sabda Nabi Muhammad, mendoakan saudara atau teman adalah sebuah amalan yang akan disambut baik oleh Malaikat.

Apalagi jika saudara yang kita doakan tidak mengetahuinya. Kita hanya menginginkan kebaikan dari Allah untuk teman tersebut.

Berikut ini adalah doa yang bisa Anda panjatkan kepada Allah untuk memohon kebaikan bagi seorang saudara atau sahabat.

Bacaan Doa untuk Saudara

Doa-Ketika-Bertemu-Saudara-Muslim

Bacaan Doa untuk Saudara Arab

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bacaan Doa untuk Saudara Latin

“Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh”

Arti Doa untuk Saudara

“Semoga keselamatan terlimpah atas kalian, juga rahmat Allah dan berkah-Nya.”

Meskipun berupa ucapan salam yang biasa kita ucapkan sehari-hari, ucapan untuk orang lain ini adalah untaian doa. Kita mengharapkan keselamatan, rahmat dan berkah dilimpahkan kepada saudara dan teman kita ini.

Doa yang kita ucapkan untuk orang lain ini bukan hanya akan dirasakan manfaatnya oleh mereka, sekiranya Allah menghendaki. Kita juga bisa mendapatkan pahala dari doa yang dipanjatkan untuk mereka.

Alkisah, diriwayatkan sebuah hadist dari putri Nabi Muhammad yakni Siti Fathimah. Beliau adalah orang yang taat beribadah dan tidak pernah meninggalkan sholat malam.

Suatu ketika, saat Fathimah sedang berdoa dalam sholat malamnya, putranya Hasan bin Ali terbangun. Hasan mendengar ibundanya sedang melantunkan doa-doa.

Keesokan paginya, Hasan bertanya pada Ibundanya.

Mengapa diantara doa-doa panjang ibunya semalam tidak ada doa yang ditujukan untuk dirinya sendiri?

Fathimah menjawab dengan sangat halus bahwasanya beliau hendak mendoakan saudara dan tetangganya terlebih dahulu.

Karena dengan demikian itu, para malaikat akan mendoakan Anda. Sejatinya, doa para malaikat akan lebih didengar dari pada doa manusia. Itulah salah satu alasan pentingnya kita mendoakan orang lain.

Baca juga : Doa Bertemu Saudara Muslim

5. Doa untuk Seluruh Umat Muslim di Dunia

Doa untuk orang lain yang terakhir adalah ditujukan kepada seluruh umat muslim di dunia ini, baik yang kita kenal ataupun tidak.

Pada dasarnya, semua umat muslim di dunia adalah saudara. Kita memiliki nenek moyang yang sama yaitu Nabi Adam. Oleh sebab itu, wajib kiranya kita mendoakan sesama umat muslim supaya lebih dicintai Allah.

Bacaan dari Al-Quran surat Al-Hasyr ayat 10 ini dapat Anda gunakan sebagai amalan harian doa untuk orang lain. Doa ini secara umum juga dapat untuk mendoakan seluruh umat muslim di dunia.

Bacaan Doa untuk Umat Muslim

Doa-Untuk-Seluruh-Umat-Muslim

Bacaan Doa untuk Umat Muslim Arab

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Bacaan Doa untuk Umat Muslim Latin

“Rabbanagfir lanā wa li`ikhwāninallażina sabaqunā bil-imāni wa lā taj’al fi qulubinā gillal lillażina āmanu rabbanā innaka ra`ufur rahim.”

Arti Doa untuk Umat Muslim

“Ya Tuhan kami, berilah ampunan kepada kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hasyr ayat 10).

Selain sebagai bentuk ibadah, doa ini juga menjadi pemenuhan hak mukmin lainnya yaitu hak untuk saling mendoakan. Semoga Allah memberikan keselamatan, keberkahan dan ridho pada seluruh umat islam di dunia termasuk kita sendiri.

Berdoa untuk diri sendiri wajib dilakukan mengingat kita adalah makhluk yang penuh kealpaan dan kekurangan. Selain itu, kita juga wajib mendoakan orang lain seperti suami, istri, orang tua, anak, saudara dan lain sebagainya.

Doa untuk orang lain ini tidak hanya bermanfaat bagi orang yang didoakan. Kita sendiri sebagai orang yang mendoakan juga akan mendapatkan pahala dan keberkahannya.

Maka dari itu, tetap semangat dalam berdoa. Jangan terburu-buru berdiri setelah sholat wajib. Allah merindukan doa-doa yang selalu Anda lantunkan untuk diri sendiri dan orang lain.

Baca juga : Doa untuk Orang Sakit

Demikian ulasan tentang beberapa bacaan doa untuk orang lain yang dapat Anda praktekkan sehari-hari. Karena hanya kepada Allah Anda memohon ampunan dan berserah diri.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Paling Utama

Wahyoeni
3 min read

Doa Iftitah

Wahyoeni
5 min read

Doa Nabi Ibrahim

Wahyoeni
5 min read

Doa Rumah Baru

Wahyoeni
5 min read

Surat Al Fatihah

Wahyoeni
4 min read