Doa Untuk Suami

Simak tentang √ doa untuk suami agar selamat dunia akhirat, √ agar rezekinya lancar, √ agar panjang umur dan dalam lindungan Allah.


Suami Istri

Setiap manusia diciptakan dengan berpasang-pasangan oleh Allah. Jodoh atau pasangan setiap umat manusia sudah digariskan oleh Allah.

Doa-Untuk-Suami

Namun tidak ada salahnya setiap umat yang sudah dewasa untuk mendapatkan jodoh masing-masing hingga ke jenjang pernikahan sebagai bentuk ikhtiar kepada Allah.

Setelah menikah yang laki-laki disebut dengan suami dan yang perempuan disebut istri. Pernikahan ini untuk membentuk sebuah keluarga yang nantinya akan memiliki keturunan yang disebut dengan anak.

Suami adalah kepala keluarga yang memiliki peran penting dalam keluarganya. Ia wajib mencari nafkah, memenuhi kebutuhan keluarganya, serta menjaga istri dan anak-anaknya dalam segala hal.

Sedangkan istri adalah pendamping suami yang akan menyenangkan jika dilihat dan selalu taat kepada suaminya.

Rasulullah bersabda :

الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ

Artinya :

“Yaitu wanita yang sangat menyenangkan ketika dilihat, taat ketika diperintah oleh suaminya, dan tidak menyimpang pada dirinya sendiri dan hartanya dengan melakukan sesuatu yang tidak disukai (oleh Allah).” (HR. Abu Dawud dan an-Nasa’i).

dari penjelasan hadist diatas, wanita atau istri terbaik menurut Rasulullah adalah “Istri yang sangat menyenangkan ketika dilihat, taat kepada suaminya dan menjaga diri dan hartanya untuk kebaikan”.

Istri juga wajib ikhlas dengan pekerjaan yang ditanggungnya dalam kehidupan berumah tangga. Dan seorang istri juga dianjurkan untuk senantiasa mendoakan suaminya agar mendapatkan kemudahan dari Allah.

Mengapa istri harus mendoakan suami?

Pertanyaan ini sering sekali diajukan, bukankah surga laki-laki yang sudah menikah masih pada ibunya, berarti istri seharusnya nggak bisa dibebankan tanggung jawab mendoakan dong.

Itu adalah pemikiran yang salah. Seorang istri sebagai wanita sholehah wajib mendoakan suaminya, mendoakan untuk rezekinya dan mendoakan untuk keselamatannya.

Suami adalah pasangan seorang istri dalam segala hal. jadi jika istri mendoakan suami sama dengan mendoakan diri sendiri. Misalnya, Anda berdoa agar suami mempunyai banyak rezeki.

Jika suami banyak rezeki maka Anda juga akan ikut senang bukan?

Karena bisa menghidupi anak-anak Anda, bisa belanja, menabung untuk ibadah dan lain sebagainya.

Contoh lagi, mendoakan suami agar sehat wal afiat itu artinya juga mendoakan untuk diri sendiri, agar Anda dan suami bisa selalu bersama-sama dalam segala hal.

Dengan membaca doa untuk suami kita terlatih untuk menjadi seorang istri yang sholihah (baik).

Bukankah sebaik-baik perhiasan di dunia ini adalah istri sholihah?

Sesuai dengan sabda Rasulullah, bahwa wanita (istri) yang sholehah adalah perhiasan terbaik di dunai.

Rasulullah bersabda :

إِنَّ الدُّنْيَا كُلَّهَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Artinya :

“Dunia ini adalah perhiasan (kesenangan) dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita (istri) yang sholehah.” (HR. Muslim, Nasa’I Ibnu Majah, dan Ahmad).

Di sisi lain berdoa juga bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT sebagai dzat yang sudah menciptakan dan memberikan kita rezeki yang begitu berlimpah. Rezeki tangan, kaki, mulut dan banyak lagi yang lainnya.

Allah juga berfirman dalam Al Quran surah QS. Adz Dzariyat ayat 56 :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Artinya :

“Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat ayat 56).

Nah sudah jelas bukan?

Libatkan Allah dalam segala urusan dan doakan yang baik-baik untuk suami tercinta.

Doa untuk suami juga tidak hanya wajib istri panjatkan ketika suami masih hidup. Tetapi juga wajib dipanjatkan bahkan ketika ia sudah meninggal dunia.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang beberapa doa untuk suami Arab, latin dan artinya.

Doa Untuk Suami

Berikut ini adalah kumpulan beberapa doa untuk suami yang berbahasa arab dan artinya. Anda bisa mengamalkannya setelah sholat wajib atau setelah sholat sunnah.

Simak beberapa doa untuk suami berikut ini :

1. Doa Agar Suami Dijauhkan Dari Bahaya

Pertama adalah istri harus mendoakan suami dari bahaya. Semuanya tidak pernah tau takdir apa yang Allah gariskan untuk seorang suami.

Apabila takdir tersebut buruk maka hanya doalah yang bisa mengubahnya.

Bacaan Doa Agar Suami Selamat Dari Bahaya

Doa-Untuk-Suami-Agar-Selamat

Bacaan Doa Agar Suami Selamat Dari Bahaya Arab

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Bacaan Doa Agar Suami Selamat Dari Bahaya Latin

“Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.”

Arti Bacaan Doa Agar Suami Selamat Dari Bahaya

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan orang.”

Atau Anda juga bisa langsung membaca doa untuk suami agar terbebas dari bahaya dalam bahasa Indonesia seperti berikut ini.

“ Ya Allah, Ya Tuhanku, dengan menyebut nama-Mu, lindungilah aku dan suamiku dari segala sesuatu yang membahayakan. Engkau adalah dzat yang menguasai langit dan bumi. Dan sesungguhnya engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Simak dan baca : Doa Terbebas Hutang

2. Doa Agar Suami dan Istri Selamat Dunia Akhirat

Doa untuk suami yang kedua adalah doa selamat dunia dan akhirat. Doa ini bisa dibilang doa sapu jagat yang mana doa ini sudah mencakup segala apa yang di dunia dan apa yang ada di akhirat.

Bacaan Doa Agar Suami Selamat Dunia Akhirat

Doa-Selamat-Dunia-Dan-Akhirat

Bacaan Doa Agar Suami Selamat Dunia Akhirat Arab

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Bacaan Doa Agar Suami Selamat Dunia Akhirat Latin

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. ”

“Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab.”

Arti Bacaan Doa Agar Suami Selamat Dunia Akhirat

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

Atau Anda juga bisa langsung membaca doa agar suami selamat dunia akhirat dalam kalimat bahasa Indonesia seperti berikut ini.

“ Ya Allah limpahkanlah kebaikan untuk aku dan suamiku, baik di dunia dan baik di akhirat. Dan peliharalah aku dan suamiku dari siksa api neraka”.

3. Doa Agar Selalu Diberikan Rezeki

Doa untuk suami yang ketiga adalah doa agar suami senantiasa diberikan rezeki oleh Allah. Allah adalah Maha Pemberi Rezeki, dan Allah berkehedak memberikan rezeki kepada kita.

Doa ini bisa Anda panjatkan ketika selesai sholat dhuha atau setelah mengerjakan sholat wajib.

Bacaan Doa Agar Suami Diberikan Rezeki

Doa-Untuk-Suami-Agar-Diberikan-Rezeki

Bacaan Doa Agar Suami Diberikan Rezeki Arab

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Bacaan Doa Agar Suami Diberikan Rezeki latin

“Allòòhumma innii as-aluka an tarzuqònii rizqòn halaalan waasi’an thòyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dlòirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qòdiir.”

Arti Bacaan Doa Agar Suami Diberikan Rezeki

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar diberikan rezeki yang halal, yang luas, yang baik, tanpa kesusahan dan juga tanpa kemelaratan serta tanpa keberatan, sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu.”

Atau Anda juga bisa langsung membaca doa kelancaran rezeki dalam kalimat bahasa Indonesia seperti berikut ini.

“Ya Allah sesungguhnya aku dan suamiku adalah hamba yang lemah, maka dari itu kuatkanlah, aku dan suamiku adalah hina maka muliakanlah, aku dan suamiku adalah fakir maka kayakanlah. Wahai Allah dzat yang penyayang dan pemberi rezeki”.

4. Doa Agar Panjang Umur

Keempat adalah meminta agar suami dikaruniai panjang umur oleh Allah. Selain menjaga silaturrahmi dengan sanak saudara, Anda juga dianjurkan untuk berdoaa agar Anda dan suami Anda diberikan panjang umur.

Bacaan Doa Panjang Umur

Doa-Untuk-Suami-Agar-Diberikan-Panjang-Umur

Bacaan Doa Panjang Umur Arab

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Bacaan Doa Panjang Umur Latin

“Allaahumma Thòwwil Umuuròna, Wa Shòhhih Ajsaadana, Wa Nawwir Quluubana, Wa Sabbit Iimaananaa Wa Ahsin A’maalanaa, Wa Wassi’ Arzaqònaa, Wa Ilal Khòiri Qòrribnaa Wa ‘Anisy-syarri Ab’Idnaa, Waqdhikhawaa-Ijana Fiddiini Waddunyaa Wal Aakhirati Innaka ‘Alaa Kulli Syai-in Qòdiir.”

Arti Bacaan Doa Panjang Umur

“Ya Allah, panjangkanlah umur kami, berilah kesehatan pada jasad kami, berilah keterangan pada hati kami, jagalah iman kami, luruskanlah amalan kami, perbanyaklah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam beragama, dunia, dan akhirat. sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Atau Anda juga bisa langsung membaca doa untuk suami agar panjang umur dalam bahasa Indonesia seperti berikut ini.

“Ya Allah, kami memahan kepada engkau dzat yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan, berikanlah aku dan suamiku umur yang panjang, umur yang selalu digunakan dalam ketaatan kepada-Mu, dan ringankanlah aku dan suamiku ketika sakaratul maut, dan rahmatillah aku dan suamiku ketika di alam kubur”.

Simak dan baca : Ucapan Ulang Tahun Islami

5. Doa Agar Dihindarkan dari Segala Kesulitan

Terakhir, doa yang bisa Anda panjatkan kepada Allah untuk suami adalah doa agar dihindarkan dari segala kesulitan.

Bacaan Doa Agar Suami Terhindar Dari Kesulitan

Doa-Untuk-Suami-Agar-Terhindar-Dari-Kesulitan

Bacaan Doa Agar Suami Terhindar Dari Kesulitan Arab

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Bacaan Doa Agar Suami Terhindar Dari Kesulitan Latin

“Allahumma Innii As-alikal ‘Afwa Wal ‘Aaffiyah Fid Dun-yaa Wal Aakhirah. Allahumma Innii As-Alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah Fi Diini Wa Dunyaa-ya Wa Ahlii Wa Maalii. Allahummas-Tur ‘Au-Raatii Wa Aamin Rau-‘aatii.”

“Allahumma-Fadz-Nii Min Baini Yadayya Wa Min Khalfii Wa ‘An Yamiinii Wa ‘An Syimaalii Wa Min Fauqii. Wa A-‘Uudzu Bi ‘Adzmatika An-Ughtaala Min Tahtii.”

Arti Bacaan Doa Agar Suami Terhindar Dari Kesulitan

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan-Mu dan bebaskanlah aku dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan kepada-Mu agar terhindar dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. “

“Ya Allah, lindungilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.”

Atau Anda juga bisa langsung membaca doa agar suami terhindar dari kesulitan kalimat bahasa Indonesia seperti berikut ini.

“Ya Allah, Tuhan kami, lapangkanlah dada aku dan suamiku, mudahkanlah urusan aku dan suamiku dan jangan engkau persulit Ya Allah. Sesungguhnya engkau Maha Segala Sesuatu”.

Simak dan baca : Doa Untuk Pengantin

Adab Berdoa Kepada Allah untuk Mendoakan Suami

Adab-Berdoa-Untuk-Suami

Berdoa kepada Allah juga ada adab atau aturannya. Ibarat kita akan bertemu sang kekasih hati, maka sudah seharusnya kita menyiapkan yang terbaik.

Lalu apa saja adab berdoa kepada Allah?

Simak penjelasan adab berdoa kepada Allah berikut ini :

1. Berdoa Secara Khusyu’

Pertama adalah berdoa dengan khusyu’, yang artinya tidak memikirkan hal-hal lainnya selama berdoa. Berdoa harus fokus kepada Allah dan apa yang diinginkan. Berdoa dengan khusyu’ juga bisa menyebabkan do’a mudah terkabul.

2. Memuji Allah Melalui Sifat-Nya

Allah mempunyai asmaul husna yang berjumlah 99. Yang mana salah satu nama Allah bisa Anda sebutkan ketika berdoa sebagai bentuk penghambaan dan pengabdian kepada Allah.

Dengan menyebut nama baik Allah dalam setiap doa kita, maka doa kita akan lebih baik. Karena menyebut nama Allah dalam setiap kegiatan doa adalah perbuatan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah.

3. Berdoa di waktu-waktu mustajab

Ketiga adalah berdoa di waktu-waktu yang mustajab yaitu di antara adzan dan iqomah, di sepertiga malam dan di waktu selesai sholat.

Dengan berdoa di waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah, maka doa Anda akan mudah terkabulkan.

4. Berdoa dengan doa yang baik

Sebagai umat islam, Anda tidak boleh mendoakan yang jelek karena segala doa akan kembali kepada yang mendoakan.

Anda diajurkan untuk berdoa dengan memohon hal atau sesuatu yang baik-baik kepada Allah.

5. Berdoa dengan menggunakan pakaian yang baik

Ketika berdoa sangat ditekankan untuk mengenakan atau memakai pakaian yang baik dan menutupi aurat.

Karena berdoa adalah waktu Anda mendekatkan diri denganAllah, yang mana ketika berhadapan dengan Sang Pencipta kita harus mempersiapkan pakaian yang terbaik dan menutupi aurat..

Simak dan baca : Doa Iftitah

Demikian ulasan tentang doa kepada suami yang bisa Anda panjatkan sebagai istri yang sholehah. Semoga Allah senantiasa meridhai dan mengabulkan apa yang menjadi keinginan Anda.

Loading...

Doa Sayyidul Istighfar

Wahyoeni
3 min read

Doa Qunut

Wahyoeni
3 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Wahyoeni
3 min read

Doa Ziarah Kubur

Wahyoeni
7 min read

Doa Akhir Tahun

Wahyoeni
6 min read