Hafiz Paling Menginspirasi

Hafiz Paling Mengispirasi – Menjadi seseorang yang memiliki prestasi sudah menjadi impian setiap manusia. Menjadi orang terkenal dan bisa menginspirasi banyak orang adalah hal yang sangat luar biasa. Aplagi sekarang banyak ajang-ajang yang diadakan untuk mencari bakat-bakat dari penjuru dunia.

Ajang-ajang mencari bakat sudah mencakup berbagai bidang seperti menari, menyanyi, berakting, mengaji dan lain-lain. Terkenal di bidang entertainment seperti bernyanyi atau berakting tentu sangat membanggakan. Apalagi sudah sering muncul di acara televisi yang semakin dikenal oleh masyarakat.

Bagaimana menjadi terkenal karena berprestasi dalam menghafal Al-Quran?

Pada jaman abad ke-21 ini, menjadi penghapal Al Quran sudah menjadi salah satu impian yang semakin memungkinkan. Bagi seorang muslim, menjadi hafiz atau penghafal Al-Quran merupakan suatu kebanggan yang luar biasa. Sebab, selain dianjurkan oleh Rasulullah, juga memiliki ganjaran yang besar dari Allah Swt.

Rasulullah SAW bersabda:

“Orang tua yang memiliki anak penghafal Al-Quran akan mendapatkan pahala khusus, serta dipasangkan mahkota kemuliaan di hari kiamat nanti”.

Menghafal Al Quran menjadi salah satu amalan yang mulia dan bisa menjamin seseorang masuk surga. Mereka mrmiliki kedudukan tertinggi kelak di hari penghisapan di Akherat. Bagi orang yang hafal Al Quran bahkan akan bisa mengajak orang tuanya untuk masuk Surga.

Dari berbagai belahan dunia, terdapat beberapa hafiz atau penghafal Al-Quran yang sangat menginspirasi. Ada sebagian yang memiliki keterbatasan fisik namun tetap bisa menghafal Al Quran. Mungkin bagi orang awam sangat luar biasa sulitnya. Simak beberapa hafiz yang menginspirasi dari berbagai penjuru dunia.

Berikut 7 Hafiz Paling Menginspirasi dan Fenomenal di Dunia

1. Syarifudin Khalifah (Dari Tanzania)

Syarifudin Khalifah

Syarifudin Khalifah terkenal sejak kecil sebagai bocah ajaib. Bagaimana tidak, Khalifah yang lahir pada Desember 1993 itu berasal dari keluarga katholik. Namun pada usia 1,5 tahun dia sudah hafal 30 juz Al-Quran dan sholat 5 kali sehari. Dan bahkan anehnya lagi, ia tidak hanya hafal al-Quran, tapi juga mampu menghafal injil secara lengkap.

Ia mampu menghafal al-Quran tanpa ada orang yang mengajarinya. Awalnya kedua orang tua khalifah mengira anaknya dikuasai setan. Namun tetangganya yang muslim memahami apa yang dikatakan anak ajaib itu. Akhirnya kedua orang tuanya menyadari bahwa putranya adalah tanda kebesaran Allah Swt.

Akhirnya kedua orang tuanya juga memeluk islam. Meski berbahasa Afrika, Khalifah mampu berbicara dan berpidato dalam bahasa Arab, bahasa Inggris, Bahasa Perancis dan bahasa Italia tanpa ada yang mengajari.

Pada usia 4 sampai 5 tahun, Syarifudin Khalifah sudah berkeliling Afrika dan Eropa untuk berceramah dan mengajar. Karena dakwahnya banyak orang yang memeluk agama islam.

2. Fatih Seferagic (Dari Jerman)

Fatih Seferagic

Hafiz paling fenomenal yang akhir-akhir ini menggeparkan jagat dunia maya dan dianggap sebagai pria yang sempurna. Ia adalah Fatih Seferagic, pria kelahiran Jerman keturunan Bosnia. Ia tinggal di Amerika dan mempunyai wajah yang tampan, muda dan penghafal Al-Quran.

Namanya ramai dibicarakan di dunia. Hal ini terjadi setelah videonya saat menjadi imam sholat dan saat melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran dengan suaranya yang merdu tersebar luas di media.

Fatih Seferagic lahir di Jerman pada 2 Maret 1995. Ia mulai belajar menghafal Al-Quran pada usia 9 tahun dan bisa menghafal Al-Quran dan menjadi hafiz 3 tahun berikutnya saat berusia 12 tahun. Fatih belajar di sekolah khusus menghafal Al-Quran di Islamic Society of Baltimore di Maryland Amerika Serikat.

Keluarga Fatih yang berdarah bosnia itu memang pindah ke Amerika Serikat saat Fatih berusia 4 tahun. Setelah katam menghafalkan Al-Quran, Fatih tetap melanjutkan sekolah untuk mempelajari hadis. Pada tahun 2010, Fatih di terima di Bayyinah Dream Program yang memungkinkannya untuk belajar bahasa arab.

Tak hanya cemerlang di ilmu agama, pemuda 19 tahun ini juga aktif di kehidupan sosial. Ia menjadi ketua remaja masjid Syaikh Yasir Birjas di Dallas Texas Amerika Serikat. Sebagai remaja, Fatih juga melakoni hobinya seperti bermain game, belajar bahasa, hingga bermain ice skating.

3. Khalid Abu Musa (Penderita Autisme dari Palestina)

Khalid Abu Musa

Kebahagiaan yang luar biasa akan dirasakan oleh orang tua yang memiliki anak penghafal Al Quran. Begitupun seorang bocah palestina bernama Khalid Abu musa. Meski menderita autisme, anak berusia 10 tahun ini telah berhasil mempelajari dan menghafal Al-Quran.

Dia menjadi tauladan dan contoh bagi orang orang yang menderita autism di seluruh dunia. Khalid menjadi salah satu hafiz paling menginspirasi di dunia. Meskipun ia memiliki kekurangn tidak membuatnya patah semangat untuk menghafal Al-Quran.

Khalid hafal Al Quran dengan mendengarkan ayat-ayat yang dibaca berulang-ulang kepadanya. Anak-anak di Palestina yang menderita autism akan di rehabilitasi. Selain menghafal al-Quran, Khalid juga belajar membaca dan menulis. Serta menunjukkan peningkatannya dalam berkomunikasi dengan anak-anak lain.

4. Muadz (Anak Tuna Netra dari Mesir )

Muadz Hafis tuna netra yang menginspirasi

Berikutnya untuk hafiz yang menginspirasi adalah Muadz. Sama seperti Khalid Abu Musa, bocah 11 tahun ini juga memiliki keterbatasan fisik. Ia tak dapat melihat layaknya manusia normal. Meski demikian, Muadz memiliki kelebihan yang istimewa yaitu bisa menghafal Al-Quran lengkap 30 juz.

Muadz belajar neghafal Al Quran sejak usia 4 tahun. Pada usianya yang ke 11 tahun, ia berhasil menghafalkan Al-Quran. Dalam wawancara di stasiun televisi Mesir, bocah ini telah membuat sang pembawa acara dan seluruh kru tim yang bertugas kagum sekaligus terharu akan keinginan kuatnya dalam menghafal ayat-ayat suci Al-Quran.

Dalam wawancara itu adalah pernyataanya tentang kebutaannya. Ia tidak berdoa kepada Allah agar dia bisa melihat. Namun rahmat Allah-lah yang ia harapkan. Tentu saja setelah mendengar kalimat mulia anak ini, semua yang ada di studio saat itu diam. Pembawa acara, penonton, dan kru tim yang bertugas di studio saat itu nampak berkaca-kaca dan menitihkan air mata.

5. Vera Varinak (Muslimah Pertama Ukraina Penghafal Al-Quran)

Vera Varinak

Hafiz yang menginspirasi selanjutnya adalah seorang wanita dari Ukraina bernama Vera Verinak. Dia menjadi muslimah pertama di negara itu sekaligus berhasil menjadi penghafal Al-Quran. Seperti di lansir al Jazeera, wanita 35 tahun ini menyatakan bahwa proses menghafal Al-Quran sudah dirintisnya sejak ia memutuskan memeluk islam.

Awalnya Vera tidak menduga bahkan menghafal seluruh isi Al-Quran. Sebab selain masalah waktu, ia juga mengalami hambatan bahasa. Walau begitu ia menjadi hafizh paling fenomenal di dunia karena ketekunannya untuk bisa menghafal Al-Quran.

Namun pusat kebudayaan di Kyiev membantunya dalam menghafal Al-Quran. Ia memulai dengan belajar bahasa arab dan mencoba dalam memahami artinya satu persatu hingga ia berhasil menghafal seluruh isi Al-Quran dalam waktu 9 bulan. setelah menjadi hafidzah Al-Quran, Vera masih memiliki impian lain. Dirinya ingin mengajarkan Al-quran pada pemeluk islam lainnya serta ingin mengajarkan islam yang damai ke golongan non muslim.

6. Sayyid Muhammad Husein Tabataba’I (Bocah Ajaib Asal Iran Peraih Doktor Honoris Causa)

Sayyid Muhammad Husein Tabatabai

Sayyid Muhammad Husein Tabataba’I yang sejak kecil dijuluki bocah ajaib. Seorang anak dari Iran kelahiran 16 Januari 1991 ini mulai belajar Al-Quran pada usia 2 tahun dan berhasil hafal 30 juz dalam usia 5 tahun.

Pada usia sebelia itu, ia tidak hanya mampu menghafal seluruh isi Al-Quran tapi juga mampu menerjemahkan arti setiap ayat dalam bahasa Persia yang digunakannya sehari-hari. Dan ia bisa menggunakan ayat-ayat itu dalam percakapan sehari-hari.

Kemampuannya ini sering diuji oleh para alim ulama, dan membuat mereka terperangah. Saat di tes tentang ayat al-Quran secara acak, ia mampu menjawab dengan tepat. Mengetahui dengan pasti di halaman berapa dan baris ke berapa ayat tersebut. Dan menunjukkan ayat tersebut berada di sebelah kiri atau kanan halaman al-Quran.

Dalam berbagai acara debat dan diskusi, bocah ajaib ini selalu mampu menjawab seluruh pertanyaan dengan mengutip ayat al-Quran. Pada Februari 1998 di usia tujuh tahun, Husein berhasil meraih penghargaan doctor honoris causa di bidang science of retonation of the holy quran di College Islamic University, Inggris.

7. Sahar Nakayama (Gadis Asal Jepang)

Sahar Nakayama

Selanjutnya beralih ke Jepang, sudah tak asing lagi jika negeri sakura ini terkenal akan kecanggihan teknologinya. Dan kaum muda mudi yang terkenal bergaya unik. Namun siapa sangka jika di Jepang juga memiliki beberapa remaja islam yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi hafiz atau penghafal Al-Quran. Seperti gadis asal Otsuka Jepang bernama Sahar Nakayama ini.

Di usianya yang baru menginjak 13 tahun, gadis asli Jepang ini memiliki kebiasaan yang berbeda dengan remaja lain seumurannya yaitu menghafal al-Quran. Setiap hari, dipagi hingga sore hari ia bersekolah dan sepulang sekolah pukul 4 sore. Nakayama mengikuti kelas khusus menghafal al-Quran. Saat ini diusianya yang masih muda, nakayama sudah bisa menghafal 26 juz Al-Quran.

Hafiz Paling Menginspirasi dari Indonesia

Di Indonesia juga banyak bermunculan dai-dai muda yang sudah hafal Al-Quran sejak usia muda. Semenjak diadakanya ajang Hafiz cilik di RCTI, banyak bermunculan hafiz Al Quran di Indonesia.

1. Muza (Dari Bangka)

Muza hafiz cilik dari Bangka Indonesia

Salah satu hafiz terkenal dari Indonesia yang memenangkan kejuaraan hafalan Al Qur’an Internasional adalah Musa. Indonesia patut berbangga dengan Musa yang membawa nama harum Indonesia di kancah Internasional.

Abu Musa, ayah dari Musa, juga seorang penghafal Al-Quran dari Indonesia, mengatakan bahwa Musa diajarkan menghafal sejak usia 2 tahun. Musa yang telah berhasil menghafal 30 juz  Al Quran dan juga sukses menghafal matan hadits Arba’in An Nawawi.

Musa yang lahir di Bangka 2008. Oleh Abu Musa ayahnya, sejak Musa belum bisa berbicara sudah mulai dibimbing untuk menghafal Al-Quran. Namanya mulai terkenal di Indonesia maupun di Malaysia dan Singapura. ia mulai terkenal setelah mengikuti dan meraih juara pertama pada program Hafiz Indonesia 2014 di RCTI.

Musa termasuk hafiz muda yang dikirim untuk mengikuti perlombaan hafalan Alquran tingkat Internasional di Jeddah, Arab Saudi. Musa menjadi peserta yang paling muda dalam ajang tersebut. Ia menduduki peringkat ke-12 dari 25 peserta yang ikut bertanding. Musa mendapatkan nilai Mumtaz yaitu 90,83 poin dari 100 nilai sempurna.

Abu Muza Hafiz paling menginspirasi dari Indonesia

Pada bulan April 2016, Musa dikirim untuk mengikuti perlombaan hafalan Al Quran tingkat Internasional di Sharm El-Sheikh, Mesir. Musa menjadi yang peserta termuda dalam ajang tersebut dan menduduki peringkat ke-3 dari 80 peserta yang ikut bertanding.

Musa mendapatkan piagam penghargaan tingkat nasional dari MURI pada bulan Agustus 2014 sebagai Hafiz Al Quran penghafal 30 Juz termuda di Indonesia.

2. Kamil Ramadhan dan Muhammad Gozali Akbar

Kamil Ramadhan dan Muhammad Gozali Akbar

Kamil Ramadhan dan Muhammad Gozali Akbar menjadi viral dan terkenal karena mampu menghafal Al Quran di usia yang masih sangat muda. Akbar yang masih berusia 10 tahun dan Kamil yang masih berusia 11 tahun sudah bisa menghafal Al Quran hanya dala waktu 9 bulan.

Mereka menjadi bintang tamu di MTQ Internasional Moskow ke 19 kategori Hafiz atau Hafalan pada bulan Oktober 2018. Lantunan ayat suci Al Quran yang merdu membuat penonton yang hadir terharu dan menitikan air mata. mereka menjadi hafiz paling fenomenal di Indonesia di tahun 2018.

Mereka semakin terkenal setelah diundang di acara “Hitam Putih” di Trans TV. Acara yang dipandu oleh Deddy Corbuzier tersebut mereka membuat tercengang banyak orang. Baik itu penonton yang ada di studio maupun yang menonton tv di seluruh Indonesia.

Suara mereka sangat merdu dan mereka bisa menebak hafalan Al Quran di setiap lembaran halaman, surat dan posisinya. Allah maha besar atas semua isi alam semesta.

Simak juga tentang penyanyi islami Nissa Sabyan yang sedang naik daun di Indonesia.

Pahala Orang yang Menghafal Al-Quran

Allah akan memberikan banyak pahala dan keutamaan bagi para Hafiz atau penghafal Al-Quran, di dunia dan ahirat. Simak pahala penghafal Al Quran berikut.

Pahala Penghafal Al Quran

Berikut beberapa keutamaan Hafiz Al Quran

1. Para hafiz akan didahulukan untuk menjadi imam ketika shalat jamaah.

“Yang paling berhak jadi imam adalah yang paling banyak hafalan al-Quran-nya. Jika dalam hafalan quran mereka sama, maka didahulukan yang paling paham dengan sunnah, dan seseorang tidak boleh menjadi imam di wilayah orang lain.” (HR. Ahmad 17526, Muslim 1564, dan yang lainnya).

2. Hafiz Al Quran akan diutamakan untuk menjadi pemimpin jika dia mampu memagangnya.

“Sesungguhnya Allah mengangkat sebagian kaum berkat kitab ini (al-Quran), dan Allah menghinakan kaum yang lain, juga karena al-Quran.” (HR. Ahmad 237 & Muslim 1934).

3. Hafidz al-Quran akan mendapatkan kedudukan di surga sesuai banyaknya ayat yang dihafal.

Ditawarkan kepada para penghafal Al-Quran

“Baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan al-Quran ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud 1466, Turmudzi 3162 dan dishahihkan al-Albani).

Dengan melaksanakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya serta membaca dan menghafal Al Quran, maka akan dijauhkan dari siksa api neraka.

4. Para Hafiz Al Quran akan diberi mahkota dan pakain kemuliaan di akhirat.

“Al-Quran akan datang pada hari kiamat, lalu dia berkata, “Ya Allah, berikan dia perhiasan.” Lalu Allah berikan seorang hafidz Al-Quran mahkota kemuliaan. Al-Quran meminta lagi, “Ya Allah, tambahkan untuknya.” Lalu dia diberi pakaian perhiasan kemuliaan. Kemudian dia minta lagi, “Ya Allah, ridhai dia.” Allah-pun meridhainya.” (HR. Turmudzi 3164 dan beliau menilai Hasan shahih).

5. Al Quran akan memberikan syafaat untuk para hafiz Al Quran.

“Rajinlah dalam membaca Al-Quran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat.” (HR. Muslim 1910).

6. Para hafiz Al Quran akan didahulukan ketika meninggal dunia.

Jabir bin Abdillah bercerita:

Rasulullah menggabungkan dua jenazah uhud dalam satu kain kafan. Setiap hendak memakamkan. Rasulullah bertanya, “Siapa yang paling banyak hafalan qurannya?”

Kemudian Rasulullah memposisikan yang paling banyak hafalan Al Quran di posisikan paling dekat dengan lahat.

7. Para hafiz Quran akan selalu ditemani malaikat.

“Orang yang membaca dan menghafal al-Quran, dia bersama para malaikat yang mulia. Sementara orang yang membaca Al-Quran, dia berusaha menghafalnya, dan itu menjadi beban baginya, maka dia mendapat dua pahala.” (HR. Bukhari 4937).

8. Orang tua yang memiliki anak penghafal Al Quran akan diberi mahkota cahaya kelak di akhirat nanti.

“Bagi orang yang menghafal Al Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia.” (HR. Hakim 1/756 dan dihasankan al-Abani).

Demikian janji Allah Swt untuk para penghafal Al Quran, Allah maha besar dan banyak bukti atas keagungan Allah Swt.

Demikiah informasi tentang 7 hafiz yang paling menginspirasi dan paling fenomenal di Indonesia dan di dunia. Termasuk juga pahala untuk hafiz penghafal Al Quran. Walau memiliki latar belakang dan cacat fisik tapi tetap bisa menghafal Al Quran. Mari kita budayakan dan biasakan membaca Al Quran agar pelan-pelan bisa menghafalnya. Aamin.

Kata Bijak Islam

Wahyoeni
2 min read

Tokoh Islam Dunia

Wahyoeni
3 min read

Kisah Rasulullah

Wahyoeni
4 min read

Sejarah Ilmuwan Islam

Wahyoeni
3 min read

Biodata Nissa Sabyan

Wahyoeni
3 min read