Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Kado Pernikahan Islami

Simak ulasan tentang √ perintah untuk menikah, √ tips memberikan kado pernikahan dan √ inspirasi kado pernikahan islami berikut ini.


Menikah

Menikah bukan sekadar proses penyatuan laki-laki dan perempuan secara biologis saja.

Kado-Pernikahan

Menikah adalah suatu proses untuk beribadah yang di dalamnya terdapat proses untuk membina keluarga, mendidik keluarga, serta keharusan menjaga keharmonisan.

Banyak ulama yang berpendapat bahwa hukum menikah adalah sunnah muakad, yang berarti menikah adalah sesuatu yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Mencintai lawan jenis adalah suau fitrah bagi kehidupan manusia dan tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia.

Menikah adalah cara untuk mengikat jalinan kasih antar manusia, dengan menikah maka akan terhidar dari zinah. Menikah juga dapat memberikan ketentraman bagi pasangan suami istri.

Perintah Menikah Menurut Islam

Dalam Al-Quran terdapat perintah Allah untuk menikah. Salah satu ayat Al-Quran yang memerintahkan unutk menikah adalah surat An Nur ayat 32.

Allah berfirman dalam Al-Quran surat An-Nur ayat 32:

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya :

“Dan nikahkanlahlah orang-orang yang sendiri di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki serta hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin maka Allah akan memampukan mereka dengan karuni-Nya. Dan Allah Maha luas serta lagi Maha mengetahui.” (QS. An-Nur ayat 32).

Dari ayat tersebut jelas Allah menjanjikan rezeki serta kemapanan bagi orang-orang yang menikah. Bagi Anda yang memang sudah benar-benar siap untuk menikah maka menikahlah.

Sejatinya semua orang hanya ingin menikah sekali saja dalam seumur hidup. Maka bagi orang yang akan menikah, jelas meraka pasti akan menyiapkan upacara pernikahan yang sebagus mungkin agar bisa dikenang.

Saat upacara perikahan, pastinya mereka juga mengharapkan kehadiran para keluarga, saudara, serta sahabat atau teman saat acara pernikahan dilangsungkan.

Nah, jika Anda memiliki teman atau saudara yang akan melangsungkan upacara pernikahan, sebagai tamu undangan hal yang paling penting adalah memanjatkan doa untuk pengantin.

Tapi jika dirasa doa saja tidak cukup, Anda bisa juga memberikan kado pernikahan untuk pengantin.

Apa yang bisa Anda berikan sebagai kado pernikahan?

Bila Anda masih bingung dengan masalah kado pernikahan untuk teman atau saudara Anda, pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulasnya.

Silahkan simak ulasan tentang tips memberi kado pernikahan dan kado pernikahan islami berikut.

Tips Memberi Kado Pernikahan

Kado-Pengantin

Tulisan berikut ini akan mengulas tentang tips-tips dalam memberikan kado pernikahan untuk pasangan yang akan menikah. Anda bisa menyimak tulisan berikut ini

1. Berikan Kado Pernikahan Yang Memiliki Manfaat

Anda bisa memberikan kado pernikahan yang memiliki manfaat bagi penerimanya.

Kado yang memiliki manfaat jelas akan sangat berguna. Kado yang memiliki manfaat bisa saja berguna untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari, atau menfaat yang dapat memberikan ilmu pengetahuan.

2. Pilihlah Kado yang Dapat Dikenang

Nah, ada baiknya Anda memilih kado yang tidak cepat habis, kado tersebut bisa saja berupa dekorasi rumah yang bisa dipajang untuk memperindah rumah. Atau kado-kado lainya yang memang dapat dikenang karena tidak habis

3. Berikan Kado yang Dapat Menjadikan Penerimanya Bisa Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Tak ada salahanya membeikan kado-kado yang bisa menjadikan penerimanya menjadi pribadi yang lebih baik, kado tersebut bisa saja berupa alat-alat untuk beribadah, diharapkan agar penerima kado bisa lebih gemar beribadah.

4.  Sesuaikan Dengan Anggaran

Jika memang dana Anda tidak cukup untuk memberikan kado yang mahal, maka Anda bisa memberikan kado yang harganya lebih murah dan bersahabat di dompet.

Sekarang ini juga banyak sekali kado pernikahan yang harganya tidak mahal tetapi tidak memberikan kesan murahan.

Itulah beberapa tips agar Anda dapat memberikan kado pernihakan yang memiliki kesan yang baik bagi penerimanya. Memang sebaik-baiknya kado adalah doa-doa yang baik.

Maka dari itu ketika datang ke suatu acara pernikahan ada baiknya juga selain memberikan kado pernikahan yang berwujud barang, Anda juga perlu mendoakan kebaikan bagi pasangan pengantin tersebut.

Doakanlah mereka dengan memanjatkan doa untuk keluarga agar menjadi keluarga yang baik dan harmonis.

Demikian tips-tips mengenai kado pernikahan agar berkesan bagi pasangan pengantin.

Berikut ini akan memberikan contoh-contoh dari kado pernikahan agar dapat memberikan kesan yang baik bagi pasangan pengantin.

Baca juga : Doa Untuk Suami

Inspirasi Kado Pernikahan Islami

Kado-Pernikahan-Islami

Tidak ada ketetapan khusus harus memberikan kado pernikahan seperti apa untuk para sesama muslim.

Namun alangakah lebih baik jika dapat memeberikan kado yang jelas memberi manfaat yang baik bagi pasangan muslim yang sedang melangsungkan pernikahan.

Banyak juga kado pernikahan islami yang tidak mahal harganya dan jelas memberikan manfaat yang baik bagi penerimanya. Kado-kado tersebut adalah sebagai berikut

1. Seperangkat Alat Sholat

Kado-Pernikahan-Perlengkapan-Alat-Sholat

Kado berupa seperangka alat sholat ini jelas akan dapat memberikan manfaat yang baik bagi penerima kado pernikahan tersebut. Diharapkan pemberian kado berupa seperangakat alat sholat ini bisa menambah kegemaran penerima kado dalam hal beribadah kepada Allah.

Kado ini bisa berupa mukenah, sarung, sajadah, atau peci. Harga dari barang-barang tersebut juga biasanya tidak terlalu mahal. Jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir uang Anda akan habis.

Baca juga : Pernikahan Dalam Islam

2. Buku Bacaan

Kado-Pernikahan-Islami-Buku-Bacaan

Buku juga termasuk pemberian yang dapat memberikan manfaat. Manfaat buku adalah dapat memberikan ilmu pengetahuan bagi pembacanya.

Saat teman atau saudara Anda menikah, tidak ada salahnya Anda memberikan buku-buku bacaan yang dapat memberikan ilmu pengetahuan.

3. Al-Quran

Kado-Pernikahan-Islami-Al-Quran

Al-Quran adalah kitab bagi umat muslim, dan membaca Al-Quran adalah ibadah yang sangat dianjurkan.

Bagi Anda yang masih bingung harus memberi kado apa kepada teman atau saudara muslim yang akan menikah, maka Al-Quran merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk kado pernikahan.

Anda bisa memberikan kado berupa Al-quran beserta terjemahanya, membaca terjemahan Al-quran itu juga perlu.

4. Jilbab

Kado-Pernikahan-Jilbab

Jika ada teman perempuan yang melangsungkan pernikahan, maka Anda bisa memberikan kado berupa jilbab. Kado ini juga bermanfaat, apalagi jika teman Anda tersebut seorang wanita muslim yang mengenakan hijab.

Tetapi jika teman Anda tersebut belum mengenakan hijab, bisa juga kado berupa jilbab ini untuk memberikan dukungan kepada teman Anda untuk segera menegnakan hijab.

Harga jilbab juga relatif murah karena murah Anda bisa memberikan lebih dari satu jilbab untuk kado pernikahan teman Anda.

5. Baju Muslim Pasangan

Kado-Pernikahan-Islami-Baju-Muslim-Couple

Baju muslim pasangan juga bisa menjadi alternatif lain sebagai kado pernikahan. Anda bisa memberikan baju muslim pasangan yang berupa baju gamis untuk pengantin wanita, serta baju koko untuk pengantin pria.

Jadi Anda tidak hanya memberikan kado untuk satu mempelai saja, tetapi Anda sekaligus memberikan kado untuk kedua mempelai.

6. Hiasan Rumah

Kado-Pernikahan-Islami-Hiasan-Kaligrafi

Hiasan rumah juga termasuk kado yang bermanfaat, hiasan rumah bisa menjadi dekorasi untuk memperindah rumah pasangan pengantin.

Anda bisa memberikan hiasan rumah berupa tulisan kaligrafi, atau hiasan dinding bergambar ka’bah.

7. Tasbih

Kado-Pernikahan-Tasbih

Tasbih ini digunakan untuk memudahkan seseorang untuk berdzikir kepada Allah. Anda bisa menjadikan tasbih sebagai salah satu hadiah pernikahan.

Untuk saat ini juga sudah terdapat tasbih digital yang lebih mudah digunakan. Baik tasbih digital atau yang tidak digital keduanya sama-sama dapat memberikan kemudahan untuk berdzikir.

Nah, Anda bisa memilih tasbih mana yang sekiranya cocok untuk dijadikan kado pernikahan.

Baca juga : Bacaan Ijab Kabul

Demikian ulasan tentang beberapa kado pernikahan islami yang dapat dijadikan isnpirasi oleh Anda. Jika Anda diundang ke pesta pernikahan baik pernikahan teman, sahabat, atau saudara, ada baiknya Anda menyempatkan datang. Karena kedatangan Anda adalah salah satu yang diharapkan oleh mereka.

Loading...
Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Pernikahan Beda Agama

Wahyoeni
4 min read

Pernikahan Dalam Islam

Wahyoeni
4 min read

Rukun Nikah

Wahyoeni
4 min read

Perceraian Dalam Islam

Wahyoeni
4 min read