Kata Bijak Islam

Dalam kehidupan sehari-hari banyak ujian dan cobaan yang kadang membuat Anda menjadi sedih bahkan putus asa. Dengan berserah diri kepada Allah Swt melalui doa maka secara tidak langsung Anda berusaha menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Sebagai penyemangat atau motivasi, Anda bisa membaca Al Quran atau kata bijak Islam.

Pada kitab suci Al-Qur’an sudah terrulis banyak sekali kata-kata mutiara untuk umat islam yang memiliki makna luar biasa. Dalam Al Quran banyak nasehat dan kata-kata bijak islam yang bisa digunakan sebagai motivasi dan renungan untuk umat Islam.

Namun tidak semua orang bisa menelaah isi atau kandungan dari Al-Qur’an tersebut. Pada kesempatan ini wisata nabawi akan membahas kata-kata mutiara islam yang bisa dijadikan renungan dan penyemangat Anda.

Baik itu kata-kata bijak yang diambil dari Al Qur’an atau yang diambil dari ucapan atau nasehat para tokoh-tokoh islam terdahulu. Inti dari ucapan atau nasehat itu untuk membangun diri agar tidak mudah berkecil hati. Simak kata-kata mutiara islam berikut.

Berikut Kata-kata Bijak Islam yang Membangun dan Menginspirasi

1. Ujian Sabar Ketika Terkena Musibah

Wisata Nabawi - Ujian Jika Kita Sabar

Sabar dalam menghadapi ujian dan hinaan dari kata-kata manusia adalah sikap yang harus kita terapkan. Dengan bersikap sabar dan tabah dalam menghadapi ujian maka kita akan mendapat kemuliaan di hadapan Allah Swt.

2. Hikmah Dalam Kesedihan dan Cobaan

Wisata Nabawi - Hikmah Dalam Kesedihan

Jangan mudah putus asa jika sedang terkena musibah atau cobaan dari Allah Swt. Karena dibalik ujian dan cobaan itu ada hikmah yang Anda tidak mengetahuinya. Dengan mendapatkan ujian dan cobaan dari Allah Swt, berarti Anda masih disayang oleh Allah swt.

3. Bersucilah Sebelum Tidur Dengan Melakukan Wudhu

Wisata Nabawi - Bersucilah sebelum tidur dengan berwudhu ya

Jika Anda hendak tidur dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Tujuannya untuk mensucikan diri Anda sebelum tidur. Dengan kondisi suci ketika Anda tidur, maka malaikat akan mendoakan dalam tidur Anda.

4. Saling Mendoakan Sesama Manusia

Wisata Nabawi - Saling Mendoakan Sesama
Jika Anda merasa dibantu rekan, teman atau orang lain dan Anda belum bisa membalasnya, maka balaslah dengan mendoakannya. Saling menghargai dan mengasihi sesama manusia adalah sikap yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Salah satu perbuatan yang gampang dalam mendoakan sesama adalah mengucapkan salam:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”.

Artinya :

“Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahanNya terlimpah kepada kalian”.

Dan dijawab dengan:

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

“Waalaikumsalam warahmarullahi wabarakatuh”

Artinya

“Dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahanNya terlimpah juga kepada kalian”.

5. Diam Untuk Menghindari Pertengkaran

Wisata Nabawi - Diam bukan berarti kalah

Ada ungkapan “Diam bukan berarti kalah”. Diam disini adalah mengalah untuk menghindari permusuhan dan pertengkaran. Dengan berdiam dan mengalah serta membahas masalah yang terjadi maka akan lebih cepat selesai masalahnya.

6. Surga di Telapak kaki Ibu

Wisata Nabawi - Hormati dan Patuhilah Ibumu

Hormatilah dan patuhilah semua nasehat Ibu Anda. Karena keberkahan ada padanya, jangan sekali-kali berani sama Ibu Anda. Karena sukses dan kelancaran setiap usaha Anda ada doa Ibu yang selalu menyertainya.

7. Jangan Tinggalkan Sholat Subuh dan Isya

Wisata Nabawi - Keutamaan Sholat Subuh dan Isya

Jangan pernah meninggalkan sholat Subuh dan Isya, karena banyak keutamaan di dalamnya. Seandainya para kaum kafir atau orang yang meninggalkan sholat Subuh dan Isya paham keutamaan sholat Subuh dan Isya, maka mereka akan melakukannya.

8. Sholat Sebagai Penolongmu di Dunia dan Akherat

Wisata Nabawi - Sholat Sebagai Penolongmu

Salah satu amalan yang disukai oleh Allah Swt adalah sholat wajib yang dilakukan tepat waktu. Karena sholat inilah yang nanti akan menjadi penolongmu di dunia dan akherat.

Dalam surah Al Baqarah 153 disebutkan:

Bacaan surah Al Baqarah 153 Arab

یٰۤاَیُّہَا الَّذِیۡنَ اٰمَنُوا اسۡتَعِیۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَ الصَّلٰوۃِ ؕ اِنَّ اللّٰہَ مَعَ الصّٰبِرِیۡنَ

Bacaan surah Al Baqarah 153 Latin

“Yaa ai-yuhaal-ladziina aamanuuusta’iinuu bish-shabri wash-shalaati innallaha ma’ash-shaabiriina”

Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

9. Amalan Harian Agar Dijauhkan dari Kemiskinan

wisata Nabawi - 11 Amalan Harian Menjauhkan Kemiskinan

Setiap manusia ingin hidup kecukupan dan dijauhkan dari kesusahan atau kemiskinan. Manusia wajib melaksanakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya agar agar berkah dan bahagia dunia dan akherat. Dengan melaksanakan amalan harian diatas yang disunnahkan oleh Rasulullah, maka Anda akan dijauhkan dari kemiskinan.

Kalau Anda sedang berdoa kepada Allah Swt, dianjurkan melakukan adab dan cara berdoa yang benar.

Kata-kata bijak Islam di atas paling tidak bisa menjadi motivasi dan inspirasi Anda. kata-kata bijak islami tersebut semoga membukakan kedua mata dan batin Anda. Sebagai orang muslim harus senantiasa bersyukur, berjalan di jalan Allah dan mentaati segala perintah-Nya serta menjauhi segala larangan-Nya.

Percayalah sepenuhnya kepada Allah, karena hanya Allah yang paling sempurna, tempat dimana kita akan kembali dan mengembalikan semua apa yang telah kita pinjam dari-Nya untuk hidup di dunia ini. Oleh sebab itu, kita tidak patut sombong dan berlebihan, karena semua ini hanyalah titipan yang pasti wajib dikembalikan.

Tokoh Islam Dunia

Wahyoeni
3 min read

Kisah Rasulullah

Wahyoeni
4 min read

Sejarah Ilmuwan Islam

Wahyoeni
3 min read

Biodata Nissa Sabyan

Wahyoeni
3 min read

Hafiz Paling Menginspirasi

Wahyoeni
7 min read