Keajaiban Islam

Islam adalah agama dengan penganut yang begitu banya di dunia. Agama Isalam sendiri terlah hadir di bumi sudah lama sekali, bahkan sejak ratusan abad yang lalu seiring dengan diutusnya nabi Muhammad SAW.

Sejak diturunkannya wahyu pertama oleh Allah ke Rasulullah melalui malaikat Jibril, islam mulai menyebar dan berkembang pesat dari tanah arab ke penjuru dunia.

Keajaiban Islam

Melalui jalur perdagangan akhirnya agama islam masuk ke Indonesia. Hingga saat ini Agama yang dianut oleh mayoritas masyakarat Indonesia adalah agama islam.

Di abad 21 ini agama islam adalah agama dengan penganut terbesar di dunia. Perkembangan yang pesat dan jumlah penganut yang besar membuat ajaran islam semakin luas dikenal oleh penduduk di dunia. Dan seiring dengan perkembangan agama islam ini ada banyak keajaiban Islam yang telah terjadi.

Berbagai keajaiban ini hadir sebagai mu’jizat nabi Muhammad maupun keajaiban dalam agama sendiri. keajaiban tersebut ada yang masih ada hingga sekarang dan ada juga yang sudah menjadi sejarah dalam islam.

Nah, untuk mengetahui ada apa saja di sana, silahkan langsung simak ulasan berikut ini.

Keajaiban Islam dalam Al Quran

Keajaiban islam dalam al quran

Salah satu keajaiban Islam yang tidak akan pernah lekang oleh masa adalah Al-Quran. Al-Quran mungkin hanya sebuah kitab dengan bacaan-bacaan di dalamnya.

Namun, siapa sangka jika Al-Qur’an ini memiliki begitu banyak rahasia di dalamnya. Dan beberapa diantara keajaiban Al-Quran adalah sebagai berikut.

1. Keajaiban Al Quran dari sisi uslubnya

Keajaiban Al Quran yang pertama ini bisa di lihat langsung dari gaya bahasa yang di turunkan. Sebelumnya perlu di ketahui bahwa Al Quran turun dari Alllah baik bahasa maupun maknanya.

Jadi, bahasa Al Quran ini tentu berbeda dengan hadist yang penyusunan katanya di lakukan oleh Rasulullah. Karena itulah gaya bahasa atau uslub dalam Al-Quran begitu menarik.

Hingga saat ini, tidak ada yang pernah bisa menandingi gaya bahasa yang ada dalam Al Quran. Bahkan, sejak zaman Rasulullah sudah banyak yang mencoba menirukannya.

Karena masyarakat Makkah kala itu sudah sangat erat dengan sya’ir. Namun tidak ada satu pun yang berhasil. Bahkan, para sastrawan masa kini juga mengakui betapa indahnya nilai sastra yang terkandung di dalamnya.

2. Keajaiban Al Quran di bidang kesehatan

Bukan hanya dalam bidang sasta yang terkandung dalam keseluruhan bacaan Al Quran. Ternyata juga ada hal lain yang tidak kalah menarik, yakni Alqur’an di bidang kesehatan.

Perlu di ketahui bahwa jauh sebelum ada penemuan-penemuan dalam dunia kesehatan, dalam Alqur’an sudah banyak membahas mengenai aspek tersebut. Meskipun ungkapannya menggunakan majaz.

Bahkan saat ini ada ilmu yang mempelajari bidang kedokteran melalui Alqur’an. Hal ini membuat kitab suci umat islam tersebut semakin menarik lagi.

Akhirnya, memang banyak juga yang terkesan dengannya dan mualai mengobrak-abrik dan mendalami ilmu-ilmu yang terkandung di dalamnya. Termasuk segala yang berkaitan erat dengan bidang kesehatan daam Al Quran.

3. Keajaiban Al Quran di bidang Ilmu Pengetahuan (Sains)

Berbagai Ilmau Sains tentu saja baru muncul beberapa abad terakhir. Khususnya yang berkaitan dengan luar angkasa.

Hal ini karena untuk membuktikan sebuah teori, tentu saja di butuhkan alat-alat canggih yang mana penemuannya baru di lakukan di beberapa jangka waktu terakhir. Namun, ternyata, sejak awal ini sudah di jelasnya secara singkat dan jelas oleh Alqur’an.

Hanya saja, manusia yang mungkin belum memahami maksudnya secara mendalam. Khususnya mengenai teori luar angkasa.

Hal ini bisa menjadikannya sebagai sebuah keajaiban Islam yang menggemaparkan dunia karena mampu membawa kabar yang tak baru saja diketahui umat manusia setelah beberapa abad kemudian.

Bukan hanya teori tentang luar angkasa, tentu saja tidak jarang Anda menemukan ayat Alqur’an yang membahas beberapa teori lain. Katakan saja seperti tentang penciptaan manusia.

Tentang gerakan angin, dan masih banyak lagi. Hal ini semakin menujukkan bahwa Alqur’an bukan sekedar bacaan tapi memang menarik untuk di pelajari dan di selami lebih dalam lagi.

4. Keajaiban Al Quran yang cukup misterius

Selanjutnya, jika di katakan bahwa Al Quran cukup misterius tentu saja sah-sah saja. Dalam hal ini perlu di ketahui bahwa ada banyak permasalahan yang bisa di atasi hanya dengan Al Quran.

Katakan saja seperti ketika terjasi masalah pribadi, atau hati sedang gundah, dengan membaca Alqur’an seseorang bisa kembali tenang. Hal ini menjadikan ayat-ayatnya memiliki kekuatan tersendiri.

Bahkan, tak hanya dalam menenangkan orang, kadangkala beberapa ayat Al Quran ini akan memberikan hal yang semakin menarik untuk di jadikan obat untuk suatu kejadian dan peristiwa.

Hanya di bacakan Al Quran permasalahan pun sirna. Tentu saja ini membuatnya semakin mistrerius saja. Bahkan Alqur’an tak jarang menjadi lebih manjur layaknya mantra.

Itulah beberapa keajaiban Al quran yang sangat penting menjadi salah satu pengetahuan Anda. Dan perlu di ketahui bahwa sebenarnya masih ada keajaiban lainnya, yakni terkait Al Quran yang maknanya yang lekang oleh zaman.

Dari dulu hingga sekarang, Al Quran masih saja layak di jadikan sebagai pedoman. Padahal penurunannya sudah di lakukan sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu.

Keajaiban Islam Berupa Kakbah

Kakbah wujud keajaiban islam di dunia

Salah satu keajaiban Islam di dunia selanjutnya adalah kakbah. Kakbah ini sudah di bangun sejak masanya Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Namun, bangunan tersebut masih berdiri kokoh hingga sekarang. Hal ini membuatnya juga cukup misterius. Padahal Nabi Ibrahim masih termasuk Nabi yang jaraknya begitu jauh dari Nabi Muhammad SAW. Jadi, usia kakbah sendiri sudah begitu tua.

Lalu bagaimana bisa bangunan yang di bangun pada masa itu, di mana belum ada teknologi masih kuat hingga sekarang?.

Jawabannya tentu saja sebuah keajaiban. Padahal tentu saja tida ada campuran bahan kimia yang di berikan dalam pembangunannya yang biasa di gunakan untuk memperkuat bangunan. Dan kenyataan tersebut membuat kakbah menjadi semakin menarik saja.

Bahkan, satu hal yang perlu Anda ketahui adalah, ternyata kakbah adalah persis sebagai lokasi pusat bumi. Hal ini menjadikan keajaiban Islam dan sains saling berhubungan kembali.

Dari luar angkasa, bisa di lihat bahwa pusat bumi tepat pada bangunan yang tidak pernah sepi tersebut. Hal ini membuatnya tampak lebih menakjubkan, tidak hanya umat Islam namun juga seluruh manusia juga.

Keajaiban Islam Dalam Sejarah Kejayaannya

Pernahkah Anda mendengar bahwa sebenarnya Islam pernah hampir menguasai dunia?

Hal ini merupakan kenyataan yang harus di percaya. Sejarah mencatat bahwa Islam memang pernah bekuasa hampir seluruh bagian bumi. Tentun saja khususnya untuk wilayah di bagian timur yang merupakan tempat di mana Islam datang pertama kali.

Hal ini tentu saja sangat menarik. Bagaimana mungkin sebuah agama yang baru dan banyak di kucilkan di awal kedatangannya, beberapa abad kemudian melakukan ekspansi besar-besaran.

Dalam berbagai ekspansi wilayah melalui perang dan diplomasi islam mulai berkembang pesat. Sekalipun pasukan yang di takhlukannya jauh lebih kuat pasukan islam sering memenangkannya. Khususnya dalam perang islam di masa Rasulullah melawan orang kafir.

Hal ini bisa di katakan sebagai salah satu keajaiban Islam di mata dunia karena di kala Islam berjaya. yang di lawannya adalah negara-negara dengan wilayah berpenghuni orang-orang yahudi Nashrani yang sudah sejak lama di bumi.

Hanya saja sangat di sayangkan bahwa saat ini, hal itu sudah tak ada sisanya, kecuali ada keajaiban yang benar-benar datang kembali.

Keajaiban Islam di Indonesia

Bagi masyarakat Indonesia banyak yang mengetahui keajaiban islam dimulai dengan penyebaran islam pertama kali oleh walisongo yang ada di pulau Jawa.

Banyak peninggalan dari anggota walisongo yang sampai sekarang menjadi petilasan atau tempat ziarah untuk umat muslim.

1. Agama islam menjadi agama mayoritas di Indonesia

Agama islam masuk ke Indonesia sebagai agama baru pada abad pertengahan. Di Indonesia sudah terdapat agama Budha dan Hindu yang sudah menjadi agamanya penduduk Indonesia pada waktu itu.

Namun sebagai agama baru, islam dapat berkembang dengan cepat dan luas ke seluruh penjuru tanah air. Dengan damai para ulama mengajak dan mengajarkan Islam ke masyarakat Indonesia melalui para ulama atau wali.

Hingga saat ini islam menjadi agama terbesar yang dipeluk oleh masyarakat di Indoensia. Hampir setiap kota memiliki masjid agung yang megah. Bangunan masjid dan mushola hampir terdapat di setiap sudut wilayah Indonesia.

2. Peninggalan masjid Demak sebagai pusat perkembangan Islam di Jawa

Di kota Demak masih berdiri kokoh masjid agung yang menjadi kebanggan warga Demak. Hingga saat ini masjid Demak selalau ramai dikunjungi oleh para peziarah dari seluruh umat muslim di Indonesia.

Masjid ini sebagai wujud keajaiban islam di Indonesia. Dalam sejarahnya ada salah satu soko guru atau pilar utama yang dibuat dari potongan-potongan kayu yang diikat menjadi tiang penyangga masjid.

Masjid Demak didirikan oleh walisongo di bawah kepemimpinan raja Demak saat itu yaitu raden Patah. Kebesaran dan kemegahan kerajaan Demak sudah hilang dan tidak meninggalkan sisa bagunannya.

Namun masjid Agung Demak ini masih berdiri kokoh. Inilah bukti keajaiban islam dengan peninggalannya. Di Indonesia juga masih banyak bukti peninggalan kerajaan islam yang tersebar di seluruh wilayah nusantara.

3. Batu Quran di Pandeglang Banten

Di daerah Pandeglang Banten ada sebuah batu yang berada di dalam kolam atau mata air dengan tulisan arab. Batu ini oleh warga sekitar dikenal dengan batu Quran.

Banyak versi cerita yang beredar di masyarakat tentang asal usul batu Quran. Namun yang jelas dengan adanya batu Quran ini menjadi bukti keajaiban islam dalam penyebarannya ke Indonesia.

4. Masjid Agung Baiturahman di Aceh

Kota Aceh adalah salah satu kota di Indonesia yang berada di Sumatera. Aceh dikenal dengan sebutan serambi Mekah karena menerapkan syariat islam dalam aturan pemerintahannya.

Di Aceh terdapat kemegahan masjid agung Baiturrahman yang memiliki keindahan arsitektur yang megah. Bangunannya hampir mirip dengan bangunan Taj Mahal di India.

Ketika terjadi bencana sunami yang melanda kota Aceh, masjid raya Baiturrahman adalah salah satu bangunan yang masih berdiri dengan kokohnya walau semua bangunan di sekitarnya hanyut disapu sunami. Keajaiban dalam islam terjadi lagi di peristiwa ini.

Baca juga : Peradaban Tertua di Dunia Menurut Islam

Demikian ulasan keajaiban islam yang terjadi selama penyebaran islam dari arab ke seluruh penjuru dunia. Perkembangan islam di Indoensia juga dipenuhi dengan keajaiban dan kisah yang luar biasa. Islam adalah agama besar yang penuh kisah-kisah luar biasa.

Loading...

Manfaat Sedekah

Wahyoeni
7 min read

Islam itu Indah

Wahyoeni
4 min read

Dakwah Islamiah

Wahyoeni
3 min read

Jenis-Jenis Rezeki

Wahyoeni
6 min read

Nama Bayi Islami

Wahyoeni
8 min read

Tanah Suci Umat Islam

Wahyoeni
3 min read