Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid

Bagi seorang muslim, disarankan untuk menjalankan shalat berjamaah di masjid khususnya untuk laki-laki. Keutamaan shalat berjamaah di masjid juga sangat banyak sehingga dapat menjadi sarana untuk menggapai ridho Allah SWT.

Anda juga harus mengetahui keistimewaan shalat berjamaah di masjid agar bersemangat dan menjalankan shalat dengan tulus ikhlas. Ingin tahu penjelasan lebih lengkapnya? Simak ulasan di bawah ini:

Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid

Shalat adalah kewajiban seorang muslim yang harus dijalankan dalam 5 waktu. Jika dijalankan secara berjamaah maka akan memberi pahala yang lebih besar dibandingkan menjalankannya sendirian. Kenali manfaat shalat berjamaah di masjid di bawah ini:

1. Menjadi Syiar

Ketika seorang muslim digerakkan hatinya menuju masjid untuk menjalankan shalat wajib maupun sunnah, di sana akan bertemu dengan umat muslim lain yang memiliki tujuan serupa. Bertemunya antar muslim ini dapat menjadi bentuk silaturahmi.

Shalat berjamaah dapat menjadi lembaga pendidikan atau laboratorium pendidikan yang memberi manfaat sangat besar. Tidak hanya berupa pahala karena menjalankan shalat berjamaah, namun juga berkembang bersama orang-orang soleh dan soleha.

Baca juga Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

Ketika anjuran shalat berjamaah di masjid ini menjadi tradisi dan dijalankan oleh khalayak umum, maka orang-orang tersebut akan mendapat tanggung jawab yang besar kepada Allah SWT.

2. Meningkatkan Kualitas Shalat

Meskipun wajib, namun ibadah shalat juga memiliki tingkatan yang dapat diperhatikan melalui shalat yang setiap hari dijalankan oleh umat muslim. Terdapat 2 tahap, yaitu diterimanya shalat dan sahnya shalat.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa membeli baju seharga sepuluh dirham, sedangkan padanya terdapat satu dirham berupa uang haram, Allah SWT tidak akan menerima shalatnya selama ia mengenakan baju tersebut.” (HR. Ahmad dari Ibnu Umar)

“Barang siapa meminum seteguk khamr, ia tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh hari”. (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Darimi)

Menjalankan shalat berjamaah secara teratur dapat meningkatkan kualitas shalat, karena dilakukan berulang dengan fokus yang sama yaitu menggapai ridho dari Allah SWT. Kualitas dari khusyuknya shalat berjamaah ini dapat meningkatkan kualitas shalat orang tersebut.

3. Dijauhkan dari Sifat Munafik

Menjalankan ibadah shalat berjamaah di masjid membutuhkan tenaga, waktu, dan upaya yang dilakukan seorang mukmin untuk sampai dan menjalankan ibadah shalat di sana. Bagi umat muslim yang menjalankan shalat berjamaah secara rutin maka dijauhkan dari munafik.

Salah satu sifat munafik adalah malas ketika shalat, hal ini disampaikan pada surat An-Nisa ayat 142:

إنَّ المُنَفِقِيْنَ يُخَدِعُوْنَ اللهَ وَهُوَ خَدِعُهُمْ وَإذَا قَامُوا إلىَ الصَّلاَةِ قَامُوْا كُسَالَى يُرَاءُوْنَ النَّاسَ وَلاَ يَذْكُرُوْنَ اللهَ إلاَّ قَلِيْلاً

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah. Dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk salat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya’ (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (An-Nisa: 142)

4. Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan shalat berjamaah di masjid selanjutnya adalah mendapatkan pahala yang berlipat, sehingga lebih banyak dipilih oleh sebagian besar umat muslim. Terdapat 2 jenis pahala yang dijelaskan secara lengkap di bawah ini:

Pahala 25 shalatan

Salah satu keistimewaan shalat berjamaah di masjid adalah mendapat pahala 25 shalatan, meskipun tidak menjalankan shalat secara keseluruhan. Dalam hal ini bagi umat muslim yang menjalankan shalat sambil duduk tetap memperoleh pahala 25 shalatan ini.

Baca juga Keutamaan Shalat Sunnah

Abu Hurairah RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW berwasiat:

“Wahai Abu Hurairah, shalatlah berjamaah walaupun sambil duduk, karena Allah SWT memberikan kepadamu dalam setiap shalat berjamaah pahala 25 shalatan di selain shalat tanpa jamaah”.

Pahala 27 derajat

Kelebihan shalat berjamaah di masjid adalah memperoleh pahala 27 derajat. Hal ini disampaikan oleh Rasulullah SAW:

وقال صلى الله عليه وسلم: {صَلاَةُ الجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاَة الفَذِّ بِسَبْعٍ وعِشْرِينَ دَرَجَةً}.


Artinya: “Shalat berjamaah lebih utama daripada shalat sendirian dengan selisih 27 derajat.”

Baca juga Sholat Tahajud

Pahala dan keutamaan shalat berjamaah di masjid yang telah dijelaskan di atas dapat menjadi penyemangat agar tetap istiqomah menjalankannya.

5. Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Shalat memang menjadi ibadah wajib yang dikhususkan untuk Allah SWT. Tidak hanya sebagai tiang agama, shalat dapat menjadi penolong yang dapat membebaskan umat dari dosa-dosa.

Keutamaan shalat berjamaah di masjid adalah ketika imam membacakan surat Al-Fatihah dan di akhir surat makmum wajib mengatakan amin. Pada saat menyebutkan amin secara bersamaan, maka bersamaan dengan doa malaikat yang berdoa agar dihapuskan dosa-dosa.

Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا قال اْلإِمَامُ (غَيْرِ اْلمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضّآلّين) فَقُوْلوُا : آمين, فَإِنَّهُ مِنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلُ اْلمَلاَئِكَةِ غَفِرَ لَهُ ماَتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ — رواه البجارى و مسلم


Artinya: “Jika imam mengucapkan “Ghoiril maghdhubi ‘alaihim waladhdholliin”, maka ucapkan amin, karena sesungguhnya siapa yang mengucapkan amin bersamaan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

6. Dapat Perlindungan dari Api Neraka

Menjalankan ibadah shalat berjamaah di masjid memang membutuhkan waktu, tenaga, dan niat lebih besar dibandingkan dengan ibadah lainnya. Hal ini karena harus melakukan perjalanan ke masjid.

Oleh karena itu, setiap orang yang menjalankan shalat berjamaah di masjid akan dijamin perlindungan dari api neraka oleh Allah SWT. Hal ini diperkuat dengan hadist keutamaan shalat berjamaah di masjid yang disampaikan oleh Rasulullah yang berisi:

“Barang siapa berjamaah shalat subuh kemudian duduk seraya mengingat Allah ta’ala hingga matahari terbit, maka hal tersebut merupakan perlindungan dan pembebasan dari api neraka.”

7. Masuk Surga Tanpa Hisab

Ketika di akhir kelak, seluruh manusia akan menjalani hisab atau perhitungan yang merupakan sebuah tahapan sebelum ditentukan masuk ke surga atau ke neraka. Dalam perhitungan ini dilihat berapa besar pahala dan dosa yang menentukan hasil akhirnya.

Baca juga Waktu Sholat Dhuha Terbaik

Keutamaan shalat berjamaah di masjid adalah masuk surga tanpa hisab, yang menjadi idaman setiap umat muslim di dunia. Oleh karena itu, pentingnya menjalankan berjamaah di masjid adalah mendapat keutamaan tersebut.

8. Lebih Baik dari Seisi Dunia

Setiap ibadah jika dilakukan sendirian memang baik, namun jika dilakukan secara berjamaah maka memberikan berlipat kebaikan dan pahala. Tidak hanya itu, shalat berjamaah juga memiliki keutamaan berupa kebaikan melebihi seisi dunia. Rasulullah SAW bersabda:

“Shalat berjamaah itu rahmat dan lebih baik daripada dunia seisinya. Berjamaah itu rahmat dan perpecahan itu siksa”. Sehingga shalat berjamaah lebih disarankan dibandingkan shalat sendirian di rumah.

9. Dijauhkan dari Nafsu

Seperti yang diketahui bahwa shalat mampu menjadi penghalang nafsu jika dilakukan dengan benar dan khusyuk. Salah satu keutamaan yang dapat diperoleh dengan menjalankan shalat berjamaah adalah dijauhkan dari nafsu duniawi.

Ketika seorang umat mengedepankan nafsu dan mengikuti nafsunya hingga akhir, maka nanti ketika menyeberangi jembatan siratal mustaqim akan terbawa oleh tanaman merambat yang menarik tubuh kemudian membawanya ke dalam api neraka.

Baca juga Sholat Taubat

Jika menjalankan shalat dengan benar serta melakukannya secara berjamaah, maka seorang umat tersebut akan terhindar dari nafsu yang membelenggunya.

10. Meningkatkan Kualitas Iman dan Taqwa

Setiap umat Islam wajib meminta untuk tetap diberi keimanan dan ketaqwaan karena pada dasarnya Allah SWT yang Maha Membolak-balikkan hati manusia. Sebagai seorang muslim, kita harus meminta sekaligus menjaganya dengan shalat berjamaah di masjid.

Shalat secara bersamaan dapat mempererat silaturahmi dan semangat untuk tetap menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Oleh karena itu, fadilah shalat berjamaah di masjid yang terakhir adalah meningkatkan kualitas iman dan takwa.

Sepuluh keutamaan shalat berjamaah di masjid yang telah dijelaskan secara lengkap di atas dapat menjadi pembakar semangat untuk memperoleh surga-Nya. Sesungguhnya dengan mengetahui berbagai keutamaan di atas umat muslim akan meramaikan masjid.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Keutamaan Shalat Sunnah

Wahyoeni
3 min read

Rukun Shalat Jumat

Wahyoeni
3 min read

Shalat Tahiyatul Masjid

Wahyoeni
5 min read

Shalat Sunnah Fajar

Wahyoeni
3 min read