Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Keutamaan Shalat Sunnah

Keutamaan shalat sunnah sangat penting diketahui untuk menciptakan semangat beribadah. Fadilah shalat sunnah bisa menjadi ikhtiar yang tepat.

Ibadah memang merupakan tugas wajib seorang muslim. Setelah selesai dengan ibadah yang wajib, sebaiknya dilanjutkan dengan ibadah sunnah, khususnya shalat. Keutamaan shalat sunnah sangat banyak, lho.

Setelah mengetahui berbagai keutamaan shalat sunnah mutlak ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan semangat, agar Anda dapat menjalankan shalat sunnah secara istiqomah. Ingin tahu lebih lengkap? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Keutamaan Shalat Sunnah

1. Dicintai oleh Allah SWT

Allah SWT lebih menyukai hamba yang menjalankan ibadah sunnah secara konsisten meskipun sedikit. Setiap hamba yang berhasil menjalankan shalat sunnah sangat dicintai oleh Allah SWT.

Shalat sunnah adalah salah satu bentuk ketakwaan dan ketaatan kita kepada Allah SWT dengan menambah ibadah di luar shalat wajib. Manfaat keutamaan shalat langsung dicintai oleh Allah SWT sebagai pemilik semua hal yang ada di dunia ini.

Keutamaan shalat sunnah ini diriwayatkan Abu Hurairah dalam hadits Imam Al-Bukhari bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah SWT berfirman, siapa yang memusuhi wali-Ku maka akan Aku perangi. Tidaklah seorang hamba bertawarrub kepada-Ku dengan amalan sunnah sampai Aku mencintainya.

Jika Aku mencintainya maka Aku akan menjadi pendengarannya ketika dia mendengar, Aku akan menjadi penglihatannya ketika dia melihat, Aku akan menjaga tangannya ketika dia memukul. Aku akan menjadi kakinya ketika berjalan.

Jika dia meminta kepadaku maka sungguh akan Aku beri dia, jika dia minta perlindungan maka sungguh akan Aku lindungi dia.”

MasyaAllah. Sangat indah dan tentram diri ini jika dicintai oleh Allah SWT Sang Pencipta dan Pemilik semua hal yang ada di bumi ini. Dengan keutamaan ini, hendaklah kita berduyun-duyun untuk memperoleh cinta-Nya.

2. Diangkat Derajatnya di Sisi Allah SWT

Keutamaan shalat sunnah kedua yaitu diangkat derajatnya di sisi Allah SWT sebagai makhluk yang dicintai sekaligus dijaga. Ketika seorang hamba diangkat derajatnya, maka kedudukannya sangat mulia dan dianugerahi kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Setiap umat muslim dilahirkan ke dunia untuk beribadah kepada Allah SWT, namun tidak semua yang mampu menjalankan perintah tersebut. Bagi umat yang dapat menjalankan ibadah wajib maupun sunnah akan memperoleh keutamaan yang sangat mulia.

Keutamaan ini diriwayatkan oleh Ma’dan bin Abi Thalhah Al-Yamariy Radhiyallahu Anhu dalam sebuah hadist Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Perbanyaklah sujud kepada Allah SWT, sesungguhnya jika engkau sujud satu kali saja maka Allah SWT akan mengangkat derajatmu dan Allah SWT akan menghapus kesalahanmu” Hadist Riwayat Muslim.

Hadist keutamaan shalat sunnah di atas dapat menjadi panutan bagi Anda yang ingin memperoleh derajat lebih tinggi di mata Allah SWT. Setiap ibadah yang dijalankan pasti akan mendapat berkah dan kebaikan di dalamnya.

Baca juga Doa Shalat Istikharah

3. Doanya Mustajab

Keutamaan shalat sunnah adalah doanya yang mustajab. Jika dilakukan secara istiqomah dan membentuk sebuah habit positif dalam kehidupan, doa yang dilafadhkan setiap hari akan menjadi mustajab atau terkabul.

Diriwayatkan dalam hadist Imam Ahmad dari Aisyah Radhiyallahu Anha bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah berfirman, siapa yang menghina wali-Ku maka akan Aku perangi. Tidaklah seorang hamba bertaqqarub kepada-Ku dengan apa yang Aku wajibkan padanya.

Dan seorang hamba senantiasa bertaqarrub kepada-Ku dengan amalan sunah sampai Aku mencintainya. Jika dia meminta kepada-Ku maka akan Aku beri, jika dia berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan.”

4. Dosanya Berguguran Ketika Ruku dan Sujud

Allah SWT selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya. Meskipun hanya sedikit ibadah sunnah yang dijalankan, namun setiap ruku’ dan sujud Allah SWT selalu memberikan hadiah berupa dosa yang gugur bersamanya.

Hal ini diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi dari Abdullah bin Umar Rahiyallahu Anhuma bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya seorang hamba jika sedang shalat didatangkan semua dosa-dosanya dan diletakkan di atas kepala atau pundaknya. Lalu ketika dia rukuk atau sujud maka dosa-dosa itu berguguran dari dirinya.”

Shalat sunnah ini bisa dilakukan di masjid maupun di dalam rumah. Bagi perempuan, keutamaan shalat sunnah di rumah juga bisa menggugurkan dosa di setiap ruku’ maupun sujud.

Baca juga Shalat Sunnah Fajar

5. Ibadah Sunnah Paling Afdhal

Shalat memang menjadi ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh umat muslim. Para Ulama juga mengatakan bahwa shalat sunnah yang dikerjakan, termasuk ibadah badaniyah yang paling afdhal dibandingkan jenis ibadah sunnah yang lainnya.

Hal ini diperkuat dengan penyampaian dari Imam Ibnu Hajar Al-Haitami Rahimahullah dalam sebuah Kitab Tuhfatul Muhtaj Fii Syahril Minhaj Jilid 2 yang mengatakan bahwa:

“Ibadah badaniyah yang paling afdhal setelah syahadat adalah shalat. Shalat fardhu itu lebih afdhal dari ibadah fardhu lainnya dan shalat sunnah itu lebih afdhal daripada ibadah sunnah lainnya.”

Seperti hadist yang telah dijelaskan di atas, fadilah shalat sunnah adalah menjadi ibadah yang paling afdhal dijalankan oleh umat muslim. Sebaiknya Anda menjalankan shalat sunnah terlebih dahulu sebelum menjalankan ibadah sunnah yang lainnya.

6. Menemani Nabi di Surga

Salah satu keutamaan shalat sunnah yaitu dapat menemani nabi di surga. Hal ini diceritakan oleh seorang sahabat Rasulullah SAW bernama Rabiah bin Ka’ab Al-Islamiy Radhiyallahu anhu yang ingin mendampingi Rasulullah SAW di surga.

Berdasarkan kisahnya, percakapan beliau dengan Rasulullah SAW menghasilkan jawaban yaitu jika memperbanyak sujud dalam hal ini maknanya adalah shalat sunnah. Semakin banyak shalat sunnah yang dijalankan, maka kemungkinan besar keinginan dapat tercapai.

7. Menutupi Kekurangan dalam Shalat Fardhu

Dalam satu hari, umat muslim diwajibkan untuk shalat 5 waktu yang terdiri dari shalat subuh, duhur, ashar, magrib, dan isya. Kelima waktu tersebut memiliki rukun dan sunnah shalat yang bisa jadi kurang sempurna.

Adanya shalat sunnah dalam hal ini menutupi kekurangan yang terdapat pada lima shalat wajib yang telah dijalankan satu hari penuh. Ketika terdapat rukun shalat yang terlewat atau tidak khusyuk dalam menjalankannya, maka shalat sunah dapat menjadi pelengkapnya.

Baca juga Rukun Shalat Jumat

Keutamaan ini diperkuat oleh Imam Ar-Ramli Rahimahullah yang merupakan ulama besar bermadzhab Syafi’i mengatakan bahwa keutamaan shalat sunnah rawatib bisa menyempurnakan kekurangan saat shalat fardhu.

Hadist At-Tirmidzi dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya amal seorang hamba yang pertama kali dihisab adalah shalatnya. Jika shalatnya bagus, maka dia beruntung dan selamat. Namun, jika shalatnya buruk maka dia sengsara dan merugi.

Jika ada kekurangan dari shalat fardhunya mempunyai pahala shalat sunnah untuk melengkapi kekurangan shalat fardhu? Kemudian seluruh amalnya seperti itu.”

Banyak sekali jenis shalat sunnah yang dapat menjadi pelengkap dari ibadah wajib yang dilakukan sehari-hari. Anda dapat menjalankan shalat sunnah rawatib, tahajud, dhuha, dan lain sebagainya untuk memperoleh berbagai kebaikan di dalamnya.

Penjelasan tentang 7 keutamaan shalat sunnah di atas dapat menjadi penyemangat sekaligus tujuan bagi Anda, yang ingin memperoleh beribu kebaikan dari menjalankan shalat sunnah.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Rukun Shalat Jumat

Wahyoeni
3 min read

Shalat Tahiyatul Masjid

Wahyoeni
5 min read

Shalat Sunnah Fajar

Wahyoeni
3 min read