Mencari Masjid Terdekat

Sekarang sudah memasuki bulan puasa tahun 1440H atau 2019 Masehi. Dengan datangnya bulan puasa atau bulan Ramadhan maka sudah mulai bersiap-siap untuk mudik lebaran.

Apalagi yang tinggal di perantauan seperti yang merantau ke kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Surabaya.

Persiapan mudik sudah harus dipersiapkan dari sekarang, khususnya yang membeli tiket kereta api atau tiket pesawat harus jauh-jauh hari sudah harus membelinya.

Mudik Lebaran

Bagi yang naik kereta api atau pesawat mungkin tidak ada masalah jika sudah mendapatkan tiket. Tapi bagi yang mudik menggunakan mobil sendiri bahkan yang menggunakan sepeda motor sendiri perlu persiapan ekstra untuk mudik lebaran.

Selain persiapan keadaan dan perawatan mobil atau sepeda motor yang harus dalam kondisi prima namun juga perlu persiapan kondisi kesehatan tubuh yang sehat.

Perjalanan mudik melalui jalur darat bisa memakan waktu yang lama. Apalagi ketika mudik lebaran, macet dijalan sudah pasti terjadi. Pengaturan buka tutup jalan sudah sering dilakukan oleh pihak polisi lalu lintas guna memecah kemacetan.

Mencari Masjid Terdekat Selama Perjalanan

Mencari-Masjid-Terdekat-Ketika-Dalam-Perjalanan

Nah, bagi Anda yang di tengah perjalanan yang panjang, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Seperti mencari lokasi SPBU untuk mengisi bahan bakar, mencari minimarket untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan dijalan seperti tissue, pulsa atau makanan snack dan minuman untuk persiapan buka puasa dijalan.

Anda juga perlu mencari rumah makan terdekat untuk berbuka puasa atau sahur. Paling sering Anda lakukan adalah mencari masjid terdekat untuk melaksanakan sholat ketika sudah masuk waktu sholat wajib.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang bagaimana mencari masjid terdekat disekitar Anda dengan menggunakan aplikasi google Maps. Karena mencari masjid terdekat sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh Anda ketika mudik lebaran

Sebelum ada aplikasi yang ter-install di smartphone Anda, biasanya Anda bertanya kepada orang dijalan atau menghentikan mobil atau sepeda motor Anda jika pas ketemu sama Masjid.

Dan kadang Anda direpotkan ketika bertanya sama orang dijalan. Ternyata ditunjukkan arah masjid terdekat berada di lokasi dalam perkampungan, bukan berada dipinggir jalan yang akan Anda lalui.

Bahkan mungkin mengharuskan Anda harus putar balik karena lokasi masjid terdekat sudah lewat. Atau ketika Anda memutuskan untuk mencari sendiri dengan terus mengendarai mobil atau sepeda motor Anda , dengan harapan ada masjid di depan, ternyata tidak kunjung ketemu.

Hal ini akan sangat merepotkan Anda dan menyita waktu perjalanan mudik Anda.

Mencari Masjid Terdekat dengan Google Maps

Mencari-Masjid-Terdekat

Namun sekarang pemudik bisa dengan mudah menemukan lokasi-lokasi pemberhentian seperti masjid terdekat, SPBU, Minimarket atau Rumah makan dengan cara yang lebih pintar. Pemudik dapat mengandalkan aplikasi google Maps yang bisa didownload di aplication store untuk di-indtall di handphone Anda.

Cara melakukan pencariannya juga sangat mudah sekali. Anda cukup mengetikkan kata kunci pda kolom pencarian yang sudah disediakan oleh aplikasi google maps.

Anda tinggal memasukkan keyword atau kata kunci seperti “Masjid”, “Minimarket”, “SPBU atau Rest Area”, “Rumah makan”, atau kata kunci lainnya yang ingin Anda cari disekitar Anda saat itu.

Pencarian Masjid Terdekat Dengan Menggunakan Kolom Pencarian

Masjid-Terdekat

Pada aplikasi google maps versi mobile atau versi yang di-install di smartphone ini, lokasi kolom search atau pencarian berada paling atas sendiri. Jadi benar-benar sangat mudah untuk memasukkan kata kuncinya.

Setelah memasukkan kata kunci ayang dicari misalnya seperti “Masjid” di kolom pencarian, maka google maps akan menampilkan lokasi masjid terdekat dalam radius tertentu. Anda bisa memilih lokasi masjid terdekat yang Anda inginkan untuk sholat wajib.

Setelah memilih lokasi yang diinginkan seprti masjid terdekat dari Anda, dan Anda ingin berhenti di masjid tersebut. Silahkan Anda pilih menu “Direction” di bagian bawah. Menu ini untuk memberi panduan arah dari lokasi Anda saat ini ke lokasi masjid terdekat atau tujuan yang Anda pilih.

Pencarian Masjid Terdekat Dengan Menggunakan Suara

Semakin majunya teknology saat ini, google maps mengembangkan pencarian keyword atau kata kunci bukan hanya dengan memasukkannya di kolom pencarian.

Sekarang pengguna Android atau pengguna aplikasi google maps khususnya bisa memanfaatkan asisten digital Google Assistant. Fitur pencarian dengan menggunakan suara ini hanya tersedia di smartphone Android yang sudah ter-install sistem operasi Android versi 7.0 yaitu versi “Nougat”.

Untuk melakukan pencarian dengan menggunakan suara pada google maps, Anda hanya mengatakan “Ok, Google” dengan mendekatkan suara anda ke bagian microphone smartphone Anda.

Setelah Anda mengucapakan “OK, Google” dengan jelas, maka Google Assistant akan aktif secara otomatis. Kemudian Anda akan ditanya oleh asisten digital Google tentang apa yang ingin Anda cari.

Kemudian Anda lanjutkan dengan bisa memberi perintah dengan mengucapakan kata kunci atau lokasi yang ingin Anda cari.

Misalnya Anda ingin mencari “Masjid terdekat” maka katakan, “tunjukkan Masjid terdekat”. Maka Google Assistant akan menampilkan hasil pencarian di layar smartphone Anda, sama seperti ketika Anda mencari melalui kolom pencarian.

Mengetahui Kondisi Jalan Melalui Google Maps

Fitur pencarian dengan menggunakan suara ini sangat berguna apabila Anda sedang menyetir kendaraan Anda atau ketika Anda tidak bisa memegang smartphone Anda secara langsung.

Pada google maps juga bisa menampilkan kondisi jalan yang sedang Anda lalui atau kondisi jalan yang akan Anda lewati nanti.

Berikut penjelasan warna jalan pada Google Maps:

Warna-Jalan-Pada-Gogle-Maps

1. Warna Merah

Kalau terdapat warna merah pada jalanan Google Maps, artinya jalan tersebut macet total. Jadi, Anda bisa terjebak dalam kemacetan jika Anda akan melewati jalan tersebut.

2. Warna Kuning

Warna kuning pada jalan Google Maps menunjukan bahwa jalan tersebut sedang padat merayap. Artinya, meskipun banyak kendaraan pada jalan tersebut, namun tidak terjadi macet. Kendaraanmasih bisa jalan walau pelan-pelan.

3. Warna Biru

Warna biru pada jalan di google maps adalah kebalikannya dengan warna merah. Kalau Anda melihat warna biru pada jalan di Google Maps maka artinya jalanan tersebut sangat lancar. Jadi, Anda bisa dengan tenang melanjutkan perjalanan mudik Anda tanpa perlu khawatir adanya macet.

Dengan adanya bantuan warna jalan yang terdapat pada google maps ini, Anda bisa menunda perjalanan Anda dengan mencari masjid terdekat, SPBU atau Rest area terdekat untuk beristirahat.

Google maps juga terdapat fitur jadwal KRL secara real time Pengguna dapat mengetahui estimasi perjalanan sekaligus menghindari kemacetan selama periode mudik. Pengguna juga bisa berbagi lokasi perjalanan dengan kerabat secara real time melalui Maps.

Mencari Lokasi Masjid Dengan Aplikasi Masjid Terdekat

Aplikasi-Masjid-Terdekat

Sekarang juga sudah ada yang membuat beberapa aplikasi untuk mencari lokasi masjid terdekat. Dengan aplikasi masjid terdekat ini Anda akan dengan mudah menemukan posisi masjid disekitar Anda.

Hal ini sangat berguna bagi yang sedang melakukan perjalanan atau berada di wilayah baru yang Anda belum paham lokasi-lokasi masjid di wilayah tersebut.

Apikasi ini diberi nama masjid terdekat, yang dapat Anda download di google play atau playstore bagi pengguna Android.

Simak dan baca juga : Doa Bepergian

Demikian ulasan tentang cara menggunakan google maps untuk mencari lokasi masjid terdekat, SPBU atau Rest area terdekat, rumah makan terdekat atau minimarket tedekat. Aplikasi ini gratis dan sangat berguma bagi Anda, jadi siapkan sebelum Anda mudik. Selamat menikmati perjalanan mudk Anda.

Tanah Suci Umat Islam

Wahyoeni
3 min read

Tarikh Islam

Wahyoeni
3 min read

Kisah Nyata Islami

Wahyoeni
3 min read

Kisah Islami

Wahyoeni
3 min read

Arti Kata Insya Allah

Wahyoeni
5 min read