Puasa Ayyamul Bidh

Simak ulasan tentang √ puasa Ayyamul Bidh, √ bacaan niat puasa Ayyamul Bidh, √ dan keutamaan mengerjakan puasa Ayyamul Bidh berikut.


Berpuasa merupakan salah satu hal yang sudah tidak asing lagi bagi umat islam. Karena memang puasa adalah salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh semua umat islam di dunia.

Puasa-Ayyamul-Bidh

Bahkan, umat islam pun telah diwajibkan untuk melaksanakan puasa satu bulan penuh lamanya di bulan Ramadhan.

Terlepas dari puasa wajib bulan Ramadhan, ada berbagai jenis ibadah puasa sunnah yang bisa dijalankan.

Berikut beberapa puasa sunnah yang dianjurkan Rasulullah :

  1. Puasa Syawal
  2. Puasa Asyura
  3. Puasa Arafah
  4. Puasa Syaban
  5. Puasa Daud
  6. Puasa Senin Kamis
  7. Puasa Ayyamul Bidh

Puasa-puasa sunnah diatas memiliki keutamaan yang sangat luar biasa bagi umat islam yang menjalankannya.

Pada kesempatan ini wisatanabawi.com akan mengulas tentang puasa Ayyamul Bidh, niat puasa Ayyamul Bidh dan keutamaannya.

Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu puasa sunnah yang dijalankan oleh Nabi Muhammad.

Kapan puasa ini dilaksanakan dan apa saja keutamaannya?

Islam memiliki bulan-bulan yang semuanya istimewa. Dalam setiap bulannya, Anda bisa menunaikan ibadah puasa sunnah 3 hari.

Rasulullah bersabda :

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Artinya :

“Jika engkau ingin mengerjakan puasa tiga hari pada setiap bulannya, maka kerjakanlah puasa itu pada tanggal 13, 14, dan 15 (di bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi).

dari sabda Rasulullah diatas dapat disimpulkan bahwa ibadah puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan pada hari ke 13, 14, dan 15 pada setiap bulannya.

Karena puasa ini dilaksanakan pada pertengahan bulan, maka puasa ini juga sering disebut dengan “puasa tengah bulan”.

Setiap orang islam disunnahkan untuk melakukan ibadah puasa minimal 3 kali dalam setiap bulannya. Oleh karena itu, puasa Ayyamul Bidh merupakan ibadah puasa sunnah yang diutamakan.

Disebut sebagai Ayyamul Bidh karena puasa ini dijalankan ketika bulan tengah bersinar dengan terang. Malam pun akan nampak menjadi lebih putih dan bercahaya.

Melaksanakan puasa Ayyamul Bidh akan bernilai ibadah. Selain disebut sebagai “puasa tengah bulan”, puasa ini juga sering disebut dengan “puasa putih”.

Siapa saja yang bisa dan mampu melaksanakan puasa putih, maka rahmat Allah akan datang kepadanya. Berpuasa di tengah bulan sama saja dengan menghidupkan Sunnah Rasulullah.

Dengan mengerjakan puasa putih ini maka akan memberi istirahat pada anggota badan setiap bulannya. Karena memang tubuh perlu untuk beristirahat.

Ketentuan dalam melaksanakan ibadah puasa ini hampir sama dengan puasa wajib bulan Ramadhan dan puasa sunnah lainnya.

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Hampir sama dengan melaksanakan ibadah puasa lainnya, puasa Ayyamul Bidh juga diawali dengan sebuah niat yang tulus karena Allah. Berikut bacaan niat puasa Ayyamul Bidh ini.

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh

Niat-Puasa-Ayyamul-Bidh

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Latin

“Nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta’ala.”

Arti Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh

“Saya niat berpuasa besok pada (ayyamul bidh) hari-hari putih sunnah karena Allah Ta’ala”.

Melafalkan niat berpuasa bisa dilakukan malam hari atau ketika makan sahur. Namun, Anda juga bisa melafalkan niat berpuasa setelah terbit fajar kalau lupa berniat ketika sahur.

Namun asalkan Anda belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum, atau perbuatan lainnya yang bisa membatalkan puasa.

Meskipun puasa Ayyamul Bidh dilakukan di pertengahan bulan, namun puasa ini diharamkan dilakukan di tanggal 13 Zulhijah.

Karena pada tanggal 13 Zulhijah merupakan bagian dari hari Tasrik dimana umat islam diharamkan untuk berpuasa di hari tersebut.

Maka, semua hal yang dilakukan benar-benar harus disesuaikan dengan ilmu agama agar tidak sia-sia bahkan berdosa.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Mengamalkan puasa Ayyamul Bidh memiliki banyak keutamaan bagi umat islam.

Ada banyak jenis puasa sunnah lain yang dijalankan oleh umat islam. Dengan melakukan ibadah puasa, pribadi seseorang akan menjadi lebih baik dan lebih bertakwa kepada Allah.

Keutamaan-Puasa-Ayyamul-Bidh

Berpuasa di tengah bulan akan membuat amalan menjadi lebih berlimpah di hadapan Allah.

Hal tersebut tentu saja akan menjadi sebuah ladang dan bekal untuk menuju surga Allah kelak. Ada banyak keutamaan lain mengamalkan puasa putih ini.

1. Merupakan wasiat dari Rasululah

Berpuasa putih merupakan salah satu wasiat dari Rasulullah. Hal tersebut sesuai dengan dalil yang menyebutkan bahwa ada 3 wasiat yang diberikan oleh Rasulullah untuk tidak ditinggalkan hingga mati.

Dari Abu Hurairah Ra, ia berkata :

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya :

“Kekasihku (Rasulullah) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati : (1) mengerjakan puasa selama tiga hari setiap bulannya, (2) Mengerjakan sholat Dhuha, (3) Mengerjakan sholat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari).

Salah satu wasiat Rasulullah kepada semua umat islam di dunia adalah berpuasa selama 3 hari dalam setiap bulannya.

2. Kebiasaan dari Rasulullah

Berpuasa tengah bulan merupakan kebiasaan yang telah dijalankan oleh Rasulullah.

Sebagai umat akhir jaman pengikut Rasulullah, maka kita senantiasa harus mencontoh amalan-amalan yang dilakukan oleh Rasulullah.

Rasulullah senantiasa melakukan ibadah puasa 3 hari dalam setiap bulannya. Maka ketika muslim melakukan hal yang sama, hal tersebut sama saja dengan mengikuti sunnah Rasulullah.

3. Pahalanya sama seperti puasa sepanjang tahun

Hal tersebut sesuai dengan Sabda Rasulullah :

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya :

“Mengerjakan puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari).

Sungguh, tidak ada orang yang kuat melakukan berpuasa di sepanjang tahun. Maka, jalankanlah puasa Ayyamul Bidh untuk mendapatkan pahala yang sama dengan berpuasa di sepanjang tahunnya.

Simak dan baca juga : Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

4. Memperbesar pahala

Setiap muslim mendambakan untuk bisa masuk ke surga Allah. Untuk bisa memasuki surga Allah, maka setiap muslim harus melakukan berbagai amalan sholeh.

Salah satu amalan sholeh yang akan memberikan banyak pahala adalah melaksanakan ibadah puasa tengah bulan seperti kebiasaan Rasulullah.

Kebiasaan Rasulullah ini senantiasa bisa menjadi contoh bagi umat islam untuk hidup sesuai dengan syariat Allah. Bekalilah diri dengan memperbanyak ibadah untuk bekal di hari akhirat.

5. Membuat hidup menjadi lebih tenang

Pada hakikatnya, kehidupan di alam dunia ini hanyalah sementara. Kehidupan di dunia ini tidaklah kekal.

Kehidupan yang kekal adalah kehidupan di akhirat kelak. Kehidupan yang hanya numpang mampir ini seharusnya diisi dengan amalan-amalan sholeh.

Hiduplah dengan tenang dan jangan membiasakan diri untuk bermasalah dengan orang lain.

Melaksanakan puasa tengah bulan adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membentengi diri dari dosa, dan membuat hari-hari menjadi lebih tenang.

Setiap orang yang melakukan puasa harus menghindarkan diri dari dosa. Dengan berpuasa, kehidupan pun akan menjadi lebih tenang dan damai.

Melakukan ibadah puasa ini bisa menjadi cara yang paling mudah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Silahkan kerjakan puasa ini dengan penuh keikhlasan dan niat tulus.

Simak dan baca : Doa Berbuka Puasa

Demikian ulasan tentang penjelasan mengenai puasa Ayyamul Bidh atau puasa tengah bulan. Insha Allah, Anda akan mendapatkan keberkahan dan keutamaan jika Anda mengerjakan puasa ini. Hidupkan Sunnah Rasulullah dengan senantiasa melakukan ibadah puasa tengah bulan.

Loading...

Rukun Puasa

Wahyoeni
3 min read

Syarat Wajib Puasa

Wahyoeni
6 min read

Puasa Asyura

Wahyoeni
3 min read