Sejarah Ilmuan Islam Dan Penemuan-Penemuannya

Tidak dapat di pungkiri, di masa lalu, Islam pernah menjadi penguasa Iptek di belahan bumi ini. Tentu saja ada banyak juga sejarah Ilmuan Islam yang tercatat sejauh dari zaman awal Islam hingga sekarang. Di Indonesia pun ada banyak daftar ilmuan yang berpengaruh di dunia. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang ilmuan-ilmuan tersebut, silahkan simak ulasannya berikut.

Daftar Ilmuan Muslim Berpengaruh Di Dunia

lmuwan islam

Sepanjang sejarah Islam ada banyak sekali ilmuan bermunculan. Apalagi saat Islam menjadi kiblat ilmu pengetahuan di era pertengahan.

Berikut ini adalah beberapa nama yang perlu di ketahui.

1. Muhammad Abu Musa Al-Khawarizmi

Jika di tanya siapa ahli matematika, tentu saja Al-Khawarizmi adalah jawaban yang sudah banyak di kenal. Selain ahli bidang Matematika, ternyata beliau juga menguasai bidang Astronomi dan geografi. Nah, ilmuan dari Iran ini sering di sebut juga dengan bapa Algreba.

2. Ibnu Sina

Jika berbicara mengenai ilmuan Islam dan temuannya, tentu saja Ibnu Sina merupakan orang yang sangat berhubungan dengan hal ini. Beliau adalah seorang ahli bidang kedokteran, filsafat, sains dan masih banyak lagi keahliannya yang begitu mumpuni. Beliau juga di kenal dengan nama Avicena.

3. Ibnu Haitam

Ibnu Haitam adalah seorang ahli dan ilmuan muslim di bidang optik. Salah satu penemuan besarnya adalah konsep kamera yang tentu saja saat ini sudah sangat berkembang dan banyak di butuhkan. Bahkan, selain bidang tersebut masih ada lagi beberapa bidang yang di kuasainya.

4. Aljazari

Kalau sebelumnya Ibnu Haitam ahli bidang optik, ilmuan yang satu ini lebih cenderung ke bidang robotika, mekanika dan fluida. Salah satu penemuannya adalah jam gajah. Beliau jugalah yang menemukan konsep robotika modern.

5. Abu Qasim Al- Zahrawi

Ilmuan yang satu ini merupakan tokoh yang sangat mumpuni di bidang kedojteran, medis, ahli tulang dan ahli bedah. Dan diantara penemuan-penemuannya di bidang tersebut adalah alat bedah serta benang cutgut.

6. Ar-Razi

Ar-Razi merupakan salah satu pakar muslim di Iran yang juga ahli di bidang kesehatan. Bidang yang di kuasainya adalah penyakit seperti demam, cacar. Alergi asma dan masih banyak lagi.

7. Jabir Bin Hayyan

Jabid merupakan salah satu tokoh ilmuan Islam dan penemuannya berupa ilmu kimia. Beliau sendiri di Barat di kenal dengan nama Gebert. Dan selain bidang kimia, beliau juga merupakan ahli fisika, logika, mekanika, kedokteran dan masih banyak lagi.

8. Al-Kindi

Alkindi tentu saja tidak kalah terkenal dari banyak ilmuan lainnya, Beliau merupakan seorang ahli di bidang kedokteran, logika, musik, fisika dan masih banyak lagi. Beliau juga pengarang buku hebat karena setidaknya ada 270 buku yang pernah di karangnya.

9. Al-Biruni

Tidak jauh berbeda dari Al-Kindi, nama albiruni juga sangatlah melambung tinggi. Beliau memiliki nama asli Abu Raihan Al-Biruni. Sejauh ini ada banyak sekali ilmu yang di kuasainya termasuk ilmu matematika dan ilmu astronomi.

10. Piri Rais

Kalau ilmuan yang satu ini merupakan peneliti peta dunia dan geografi. Beliau sempat membuat moderl pemetaan menarik yang membuat para ahli satelit keheranan.

Ilmuan Muslim Modern

Jika sebelumnya yang di bahas adalah banyak ilmuan Islam sepanjang sejarah, lalu bagaimana dengan ilmuan Islam di era modern ini? Perlu di ketahui bahwa ada banyak ilmuan Islam yang telah lahir matang di era ini. dan diantara nama-nama ilmuan islam modern ini ada nama Muhammad Abdus Salam. Beliau adalah orang pakistan dengan nobel fisikanya di tahun 1979.

Selanjutnya ada juga nama Aziz Sancer yang merupakan seorang pakar biologi molekuler asal Turki. Di tahun 2015, beliau juga berhasil meraih nober kimia dengan karyanya. Karya tersebut berkaitan dengan DNA repair secara mekanik. Dan dari Pakistan sebenarnya ada satu nama lagi, yakni Ahmed Hassan Zewail seorang pakar sains mesir dengan nobel bidang kimia di tahun 1999 nya.

Ilmuan Muslim Indonesia

tidak hanya menyebar di seluruh dunia, namun tentu saja ada juga daftar ilmuan muslim yang berasal dari Indonesia. Dan berikut ini merupakan biografi ilmuan Islam Indonesia yang harus Anda ketahui. Diantaranya hadir dengan nama-nama berikut.

1. Eniya Listiani Dewi

Di dunia Sains, mungkin nama ini tidak asing lagi. Beliau adalah salah satu ilmuan Muslim asal Indonesia yang menghabiskan masa pendidikan S1-S3 nya di Jepang. Sejauh ini sudah banyak sekali penghargaan yang di capainya. Dan diantara penemuan-penemuannya adalah ZAFC DAN ThamrION.

2. Ricky Elson

Ricky Elson tentu saja juga tidak kalah hebat. Dalam hal ini beliau memiliki kiprah yang cukup tinggi di dunia Sains. Beliau hidup selama belasan tahun di Jepang dan menghasilkan banyak sekali karya. Karya tersebut tentu saja sudah di patenkan atas nama beliau oleh NIDEC Corporation.

3. Warsito Purwo Taruno

Beliau adalah seorang ilmuan muslim yang lahir di Karanganyar. Dia adalah seorang penemu ECVT sebagai salah satu teknologi deteksi mutakhir yang saat ini di manfaatkan oleh NASA. Bahkan, di bidang kesehatan beliau juga berhasil menemukan alat pemusnah kanker.

4. Yogi Ahmad Erlangga

Ilmuan yang satu ini merupakan ilmuan asal ITB yang akhrinya menyelesaikan gelar PhD nya di Belanda. Ketika masih kuliah di Belanda, berliau berhasil memecahkan rumus Helmholtz yang mana saat in sangat efektif dan cepat untuk pencarian minyak bumi hingga 100 kali lipat.

5. Khoirul Anwar

Ilmuan Islam terakhir yang sangat berpengaruh di mata dunia selanjutnya adalah Khoirul Anwar. Beliau adalah muslim asal kediri yang berhasil menemukan teknologi 4G LTE. Sinyal ini jauh lebih cepat di bandingkan sinyal 3G dan saat ini semua masyarakat di seluruh dunia bisa merasakan betapa pentingnya penemuan tersebut.

Ilmuan Muslim Wanita

Ada banyak juga tokoh wanita Islam yang merupakan Ilmuan Islam wanita di sepanjang sejarah. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Al-‘Ijliya

Sejauh ini memang tidam banyak informasi yang menyatakan kisah Al-‘ijliya. Namun, tidak dapat di pungkiri bahwa dia adalah seorang ilmuan dalam Al- Fihrist di bagian informasi dan pembuat peralatan astronomi. Namanya merupakan salah satu dari 16 nama yang ada.

2. Aishah Binti Abu Bakar

Selanjutnya, Istri Rasulullah yang satu ini tentu saja kecerdasannya sudah tidak dapat di ragukan lagi. Banyak sekali bidang yang di kuasainya. Katakan saja seperti bidang fiqh, bidang sya’ir bahkan bidang kedokteran. Beliau juga merupakan salah satu mufassir wanita kala itu.

3. Rufaidah Bnti Sa’ad

Jika di tanya siapa perawat dan ahli pengobatan wanita pertama di dunia, maka nama ini merupakan jawaban yang tepat. Beliau belajar berbagai teori tentang ilmu kedokteran secara langsung dari ayahnya yang merupakan dokter di Madinah. Akhirnya beliau pun menjadi seorang ahli penyembuh dengan banyak jasa.