Sejarah Perang Islam

Perang dalam Islam di masa lalu memang banyak terjadi dengan berbagai tujuan. Bahkan sjeak masa Rasulullah, masa khulafa’ur Rasyidin dan beberapa generasi berikutnya. Perang pertama dalam Islam adalah untuk melawan tentara Qurasy. Sedangkan dalam rentetan sejarah perang Islam, tentu saja banyak liku-liku yang di hadapi. Pernah menangm dan pernah kalah juga.

sejarah perang islam melawan romawi

Mengenal sejarah dalam Islam, termasuk yang berkaitan dengan perang tentu saja merupakan salah satu hal penting bagi kaum Muslim. Mulai dari perang terkenal di masa Rasul hingga perang pada beberapa generasi berikutnya. Nah, untuk mengetahui sekilas tentang rentetan sejarah perang tersebut, silahkan Anda simak ulasan di bawah ini.

Sejarah Islam Perang Badar

Perang badar merupakan perang yang amat dasyat di mana perang ini terjadi dua tahun setelah hijrahnya Rasul dan para sahabat dari Makkah ke Madinah. Di kalangan umat Islam tentu saja perang badar merupakan salah satu perang yang begitu terkenal. Di dalamnya pun ada berbagai kejadian ajaib yang banyak menjadi perbincangan.

sejarah islam perang badar

Sejarah perang badar di kenal cukup ajaib karena pada saat itu tentara Muslim yang jumlhanya tidak seberapa bisa mengalahkan pasukan kafir yang hadir dalam jumlah besar. Tentu saja ini tejadi atas kuasa Allah SWT. Padahal, jumlah kagir Quraisy pada saat itu sudah ribuan, sedangkan pasukan muslimin hanya ratusan saja.

Sejarah perang badar ini bisa di temukan dalam salah satu ayat Al-Qur’an di mana Allah memang menurunkan bantuan dari langit dengan jumlah ribuan malaikat yang membantu kaum muslim. Dan itulah pemicu kemenangan mereka sehingga perang ini sering di sebut penuh dengan keajaiban. Hal ini tentu saja sangat mengecilkan hati pasukan kafir.

Bagaimana tidak? pada saat itu, sebenarnya pasukan kafir Quraisy hendak menunjukkan kekuatan besarnya pada kaum muslimin sekaligus berniat meninggalkan rasa takut dalam hati mereka. Akan tetapi, niat tersebut gagal dengan segera karena ternyata pasukan muslim berhasil mengalahkan mereka meski dengan jumlah yang cukup sedikit.

Sejarah yang mengkiahkan perang badar ini menjadi pelajaran yang amat berharga bagi umat Islam di zaman sekarang. Dengan menoleh kebelakang pada kisahnya, umat muslim bisa menyadari bahwa pertolongan Allah akan selalu datang pada hambanya yang memperjuangkan agama tanpa rasa takut di sertai niat yang kokoh.
Sejarah Islam Perang Uhud

Bisa di akui bahwa perang badar merupakan salah satu sejarah perang Islam terbesar yang begitu terkenal. Namun, selain perang tersebut ada perang lain yang tidak kalah terkenal di kalangan umat muslim, yakni perang Uhud. Sejarah perang Uhud ini juga di ceritakan dalam Al-Qur’an. Hanya saja, sayang sekalidalam perang Uhud umat muslim mengalami kekalahan.

Perang uhud adalah salah satu dari beberapa rentetan perang yang terjadi setelah perang badar, yang juga merupakan aksi balas dedam dari suku Quraisy mengingat kekalahan begitu mendalam yang mereka alami dalam perang badar. Perang Uhud sendiri di namakan demikian karena pada waktu itu perang terjadi di gunung Uhud.

Dalam perang ini, jelas kaum kafir Quraisy sudah siap dengan ribuan pasukannya karena serangan tersebut telah di persiapkan dengan matang. Bahkan, mereka sudah menyusun rencana sehingga tidak ada pasukan yang bisa melarikan diri dari peperangan. Dengan persiapan yang matang tersebut, tidak heran jika ternyata mereka memang berhasil memenangkannya.

Sedangkan sejarah Islam perang Uhud bagi kalangan muslimin merupakan sebuah pukulan yang amat keras karena harus menanggung kekalahan. Padahal awalnya mereka sudah hampir memenangkannya. Namun, karena keserakahan yang di alami kaum muslimin pada saat itu, akhirnya mau tidak mau mereka harus pulang dengan segenap rasa kecewa.

Sebelum kekalahan ini, ternyata Allah pun telah memberikan isyarat apa yang akan terjadi pada mereka melalui mimpi Rasulullah SAW. Dan kejadian tersebut juga bisa di jadikan pelajaran yang amat berharga bagi kaun muslimin agar tidak sombong dan tetap berserah diri pada Allah.Jika tidak, hal seperti inilah yang akan terjadi, padahal awalnya sudah berhasil menang di perang Badar.

Sejarah Perang Islam Melawan Romawi

Sejarah Perang Islam Melawan Romawi

Dalam catatan sejarah, sudah banyak sekali perang kaum muslimin melawan Roma. Bahkan ini sudah di mulai sejak kepemimpinan khulafa’ur Rasyidin, tepatnya pada masa Umar Bin Khattab. Namun, tidak dapat di pungkiri, meski sempat berada di tangan kaum muslimin, perebutan baitul maqdis pada saat itu masih belum sempurna.

Pada abad ke 11 M, berkali-kali tentara Roma mengirimkan pasukannya dengan tujuan merebut kembali Baitul Maqdis ke tangan mereka. Namun tidak dapat di pungkiri jika kegagalan harus mereka dapatkan lagi dan lagi. Hingga akhirnya, perang salib di luncurkan oleh tentara Kristen pada tahun 1097.

Dalam sejarah perang islam melawan Romawi, bisa di temukan bahwa Baitul Mqdis berkali-kali berpindah tangan, dari kaum muslim dan kaum kriten. Hingga akhirnya, hadirlah seorang panglima perang hebat dengan nama Sholahuddin Al-Ayyubi yang berhasil merebutnya secara utuh, dan palestina sekaligus baitul Maqdis berada di tangan umat Islam seterusnya.

Sejarah Perang Salib Menurut Islam

Sejarah Perang Salib

Berbicara mengenai Sholahuddin Al-Ayyubi dalam pembahasan sebelumnya, bisa di akui bahwa panglima yang satu ini memang sangat dekat kisahnya dalam pernag Salib. Beliau juga sangat terkenal dalam sejarah perang Umat Islam. Bahkan, bisa di katakan bahwa beliau adalah sosok dengan berbagai talenta yang sangat bersejarah dalam perkembangan Islam.

Kembali pada pembahasan mengenai sejarah perang Salib menurut Islam, perang ini sudah hadir jauh sebelum Sholahuddin Al-Ayyubi lahir. Akan tetapi, pada akhirnya dialah yang mampu memenangkan perang Salib secara besar-besaran.

Dalam sejarahnya pun, perang ini tidak hanya berlangsung satu-dua kali tapi lebih dari lima kali. Dan rinciannya adalah sebagai berikut.

1. Perang salib pertama

Dalam perang Salib yang pertama, kemenangan di dapatkan secara silih berganti. Awalnya, tentara Salib melakukan pembantaian besar-besaran pada umat Islam di berbagai wilayah. Namun di akhir perang Salib satu, umat Islamlah yang berhasil memenangkannya.

2. Perang salib dua

Dalam perang Salib dua, setelah memasuki beberapa masa, muncullah yang namanya Sholahuddin Al-Ayyubi yang awalnya merupakan pengaman kota Damaskus. Hingga akhirnya beliau memenangkan berbagai perang dan mendudki kursi kesultanan dan menakhlukkan Yerussalem.

3. Perang salib tiga

Dalam perang Salib ketiga ii sebenarnya pasukan kristen berniat mengambil alih Yerussalem, namun mereka mengalami kegagalan. Perangpun berakhir dengan perjanjian damai dan setelah beberapa saat, Shalahuddin pun meninggal dunia di Damaskus.

4. Perang salib empat dan seterusnya

Jika membicarakan perang umat Islam dan kristen, maka itu sudah tuntas di perang salib ketiga. Namun, penyerangan tentara Salib di berbagai wilayah masih terus berlanjut, bahkan hingga lebih dari urutan ke delapan. Namun, pasukan Salib terus mengalami kekahaan. Bahkan setelah itu mereka tetap berhasil di kalahkan ketika berniat membalaskan dendam kekalahannya.