Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Sholat Tarawih

Simak ulasan tentang √ bacaan niat sholat Tarawih, √ tata cara dan keutamaan mengerjakan sholat Tarawih di bulan Ramadhan berikut.


Sholat Tarawih

Umat islam pasti sudah tidak asing lagi dengan sholat Tarawih. Sholat ini termasuk dalam kategori sholat sunnah dan dilakukan pada setiap malam di bulan Ramadhan.

Sholat-Tarawih-Bulan-Ramadhan

Sholat ini dikerjakan pada malam hari dan termasuk dalam jenis sholat malam atau sholat lail. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah.

Rasulullah bersabda:

ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﻘِﻴَﺎﻡِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﺩَﺃْﺏُ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴْﻦَ ﻗَﺒْﻠَﻜُﻢْ، ﻭَﻫُﻮَ ﻗُﺮْﺑَﺔٌ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ، ﻭَﻣُﻜَﻔِّﺮَﺓٌ ﻟِﻠﺴَّﻴِّﺌَﺎﺕِ، ﻣَﻨْﻬَﺎﺓٌ ﻋَﻦِ ﺍْﻹِﺛْﻢِ

Artinya:

“Kerjakanlah sholat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb (Tuhan) kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi, Hadist Hasan).

Sholat malam itu diantaranya adalah sholat witir, sholat tahajud, sholat qiyam Ramadhan, dan sholat tarawih.

Menjalankan sholat Tarawih ini merupakan amalan yang berpahala besar. Itulah mengapa banyak orang berbondong-bondong ke masjid untuk menjalankan sholat ini.

Pagi sampai sore hari mengerjakan puasa Ramadhan, dan pada malam harinya mengerjakan sholat tarawih. Untuk itulah bulan ini menjadi bulan yang penuh berkah.

Masjid akan menjadi lebih ramai dibandingkan bulan-bulan biasa. Inilah yang membuat bulan Ramadhan menjadi istimewa.

Pengertian Sholat Tarawih

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sholat ini merupakan amalan sunnah dalam bentuk sholat yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sanga dinantikan oleh umat islam.

Diantara hal yang ditunggu oleh umat islam adalah untuk melaksanakan ibadah sholat ini bersama-sama di masjid selepas menjalankan ibadah sholat isya. Amalan sholat tarawih biasanya dilanjutkan dengan melaksanakan sholat witir.

Mengerjakan sholat ini bisa dilakukan secara munfarid atau sendiri di rumah. Namun, sholat ini akan lebih utama jika dilakukan secara berjamaah di masjid.

Dengan menjalankan sholat ini, maka pahala akan menjadi semakin dilipatgandakan oleh Allah.

Sholat tarawih bisa dilakukan sebanyak 11 rakaat. Dari 11 rakaat tersebut terdiri atas 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir. Idealnya, sholat ini dilakukan setiap 2 rakaat 1 salam.

Namun, ada pula yang menjalankan sholat tarawih 8 rakaat dengan 2 kali salam saja. Semuanya bisa dikerjakan menurut keyakinan Anda masing-masing.

Ibadah sholat sunnah ini termasuk sunnah muakkad. Artinya, ini merupakan ibadah sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan.

Untuk bisa melakukan sholat tarawih, Anda perlu memahami tentang tata cara, niat, dan bacaannya. Dengan demikian, sholat akan menjadi lebih khusyu’ dan tumakninah.

Niat Sholat Tarawih

Setiap perbuatan harus diawali dengan niat yang baik. Begitu pula setiap sholat yang dilakukan harus diiringi dengan niat.

Pada saat mengerjakan sholat tarawih, niat bisa dilakukan di dalam hati seperti ketika Anda menjalankan sholat wajib.

Sholat Tarawih dapat dikerjakan sendirian di rumah atau berjamaah di masjid. Jadi niat sholat Tarawih juga ada yang untuk sholat sendirian dan berjamaah.

Berikut niat sholat tarawih beserta artinya.

1. Bacaan Niat Sholat Tarawih Sendirian

Niat-Sholat-Tarawih

Bacaan Niat Sholat Tarawih Sendirian Arab

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلّهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Tarawih Sendirian Latin

“Usholli Sunnatat-taraawiihi Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Lillaahi Ta’alaa.”

Artinya:

“Aku niat mengerjakan sholat sunnah Tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

2. Bacaan Niat Sholat Tarawih Berjamaah (Sebagai Imam)

Niat-Sholat-Tarawih-Berjamaah-Sebagai-Imam

Bacaan Niat Sholat Tarawih Berjamaah Arab (Sebagai Imam)

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Tarawih Berjamaah Latin (Sebagai Imam)

“Usholli sunnatat Tarawīhi rak‘ataini mustaqbilal qiblati ada’an imaaman lillahi ta‘ala.”

Artinya:

“Aku niat mengerjakan sholat sunnah Tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai Imam karena Allah Ta’ala.”

3. Bacaan Niat Sholat Tarawih Berjamaah (Sebagai Makmum)

Niat-Sholat-Tarawih-Berjamaah-Sebagai-Makmum

Bacaan Niat Sholat Tarawih Berjamaah Arab (Sebagai Makmum)

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Tarawih Berjamaah Latin (Sebagai Makmum)

“Usholli sunnatat Tarawīhi rak‘ataini mustaqbilal qiblati ada’an ma’mūman lillahi ta‘ala.”

Artinya:

“Aku niat mengerjakan sholat sunnah Tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Tarawih

Tata-Cara-Sholat-Tarawih

Lalu, bagaimana cara melakukan sholat tarawih yang dianjurkan?

Berikut tata cara yang perlu diperhatikan dalam menjalankan sholat sunnah ini.

Tabel Gerakan dalam tiap Rakaat Sholat Tarawih

Rakaat 1
Rakaat 2
Membaca NiatMembaca Al-Fatihah
Takbiratul IkhramMembaca surat pendek
Membaca Doa IftitahRukuk
Membaca Al-FatihahIktidal
Membaca Surat PendekSujud ke-1
RukukDuduk diantara 2 Sujud
IktidalSujud ke-2
Sujud ke-1Duduk Iftirasy
Duduk Diantara 2 SujudTahiyat Akhir
Sujud ke-2Salam
Berdiri untuk rakaat ke-2

Setelah selesai menunaikan ibadah sholat tarawih, Anda bisa melanjutkannya dengan menunaikan ibadah sholat witir. Jumlah 8 rakaat sholat tarawih akan dilanjutkan dengan 3 rakaat sholat witir.

Namun, ada pula yang mengerjakan 20 rakaat sholat tarawih kemudian dilanjutkan dengan 3 rakaat witir sehingga jumlahnya menjadi 23 rakaat.

Meski demikian, setiap dua rakaat akan diakhiri dengan sekali salam. Untuk tata cara sholat witir sama dengan tata cara sholat tarawih, hanya berbeda pada niat yang Anda lakukan.

Untuk dua rakaat pertama diakhiri dengan satu salam. Dan satu rakaat terakhir diakhiri dengan satu salam.

Baca juga : Sholat Taubat

Hukum Melaksanakan Sholat Tarawih

Seperti yang telah dijelaskan diatas, sholat tarawih memiliki hukum sunnah muakkad atau sunnah yang dianjurkan. Oleh karena itu, ditekankan kepada umat islam untuk melaksanakan ibadah sholat sunnah ini selama bulan Ramadhan.

Lebih dari itu, umat islam hanya memiliki kesempatan untuk melakukan ibadah sholat sunnah ini saat bulan Romadhon tiba. Saat bulan sudah berganti, Anda tidak bisa melaksanakan sholat tarawih lagi.

Anda harus menunggu hingga bulan Romadhan tiba untuk kembali bisa menikmati indahnya sholat tarawih berjamaah. Sholat tarawih termasuk memiliki hukum sholat sunnah yang dianjurkan sesuai dengan hadis yang disabdakan oleh Rasulullah SAW.

Dalam Hadisnya, beliau bersabda bahsa sholat yang paling afdal dilakukan setelah melakukan sholat wajib adalah sholat lail. Sholat sunnah ini termasuk dalam golongan sholat lail atau Qiyyamul lail atau sholat yang dilakukan di malam hari.

Sholat tarawih memang bukan merupakan sholat wajib, namun Rasulullah menganjurkan umat islam untuk menunaikannya pada bulan Ramadhan.

Baca juga : Sholat Hajat

Keutamaan Sholat Tarawih Berjamaah

Keutamaan-Sholat-Tarawih

Sebagai salah satu sholat sunnah yang dianjurkan, tentu saja sholat ini memiliki berbagai macamkeutamaan bagi siapa yang menjalankannya.

Berikut beberapa keutamaan melaksanakan ibadah sholat sunnah ini.

1. Mendapatkan ampunan dosa

Fadilah pertama dalam menjalankan sholat tarawih adalah mendapatkan ampunan atas dosa-dosa yang pernah dilakukan. Setiap manusia yang hidup di muka bumi pasti tidak terlepas dari yang namanya dosa.

2. Seperti sholat semalam penuh

Sholat sunnah ini akan mendapatkan pahala seperti sholat semalam penuh jika Anda menjalankannya secara berjamaah.

Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah. Beliau bersabda bahwa siapa saja yang melakukan sholat tarawih secara berjamaah maka akan ditulis untuk orang tersebut amalan sholat selama semalam penuh.

3. Meningkatkan silaturahim

Umat islam diwajibkan untuk menjalin silaturahim. Dengan menjalankan sholat sunnah ini secara berjamaah, maka ukhuwah islamiyah antara umat muslim akan semakin terjalin dengan erat.

4. Mendapatkan pahala sholat berjamaah

Menjalankan sholat tarawih secara berjamaah akan membuat Anda mendapatkan pahala melakukan sholat berjamaah. Ini akan lebih baik dan lebih utama dibandingkan dengan sholat sendirian atau munfarid.

5. Sholat sunnah yang merupakan seutama-utamanya sholat

Bisa dikatakan bahwa sholat sunnah ini merupakan seutama-utamanya sholat. Dan seutama-utamanya sholat tentu akan lebih baik dan lebih afdal dikerjakan dengan cara berjamaah.

6. Rasa cinta terhadap masjid akan menjadi lebih bertambah

Tidak banyak orang yang selalu ke masjid untuk menjalankan sholat berjamaah. Namun ketika bulan Ramadhan tiba, masjid selalu akan dipenuhi orang-orang yang menjalankan sholat tarawih.

Sholat sunnah ini jika dilakukan di masjid akan membuat rasa cinta Anda kepada masjid menjadi lebih bertambah.

7. Menimba ilmu pengetahuan

Selepas sholat tarawih biasanya akan ada sedikit ceramah atau kultum yang akan disampaikan oleh Ulama.

Ini akan membuat Anda bisa menyerap ilmu pengetahuan tentang agama untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Bekal pengetahuan ilmu agama juga akan menjadi bekal untuk di akhirat kelak.

Begitu utamanya menjalankan sholat tarawih secara berjamaah sehingga umat islam harus mempertimbangkannya dengan sebaik mungkin.

Manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya selagi masih diberi kesempatan oleh Allah. Kesempatan sholat tarawih hanya datang sebulan dalam setahun.

Baca juga : Sholat Rawatib

Demikian ulasan tentang bacaan niat, tata cara dan keutamaan sholat Tarawih. Yuk tingkatkan ibadah kita di bulan Ramadhan dengan menjalankan sholat sunnah yang dianjurkan ini.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Waktu Sholat Dhuha Terbaik

Wahyoeni
2 min read

Tayamum

Wahyoeni
3 min read

Rukun Sholat

Wahyoeni
4 min read

Sholat Qashar dan Jamak

Wahyoeni
7 min read

Sholat Taubat

Wahyoeni
6 min read