Sujud Syukur

Yuk simak ulasan tentang √ sujud syukur, √ bacaan sujud syukur dan √ tata cara sujud syukur lengkap pada artikel berikut.

Sebagai seorang muslim, kita sangat dianjurkan agar selalu memanjatkan rasa syukur kepada Allah di setiap waktu dan keadaan. Terutama sekali ketika kita baru saja memperoleh nikmat dari-Nya.

Sujud Syukur

Sujud-Syukur

Tentang mensyukuri nikmat, Allah telah menegaskan di dalam firman-Nya yang tertuang dalam Al Quran surah Ibrahim ayat 7.

Firman Allah dalam surah Ibrahim ayat 7

لَئِنۡ شَکَرۡتُمۡ لَاَزِیۡدَنَّکُمۡ وَ لَئِنۡ کَفَرۡتُمۡ اِنَّ عَذَابِیۡ لَشَدِیۡدٌ

“…Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahnya. Tetapi jika kamu mengingkarinya sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim ayat 7).

Salah satu cara menyampaikan rasa syukur kita kepada Allah adalah dengan melakukan sujud syukur.

Sujud syukur disunnahkan dilakukan saat seseorang mendapat nikmat dari Allah. Seperti lahirnya seorang anak, mendapatkan hadiah perlombaan, naik jabatan, lulus ujian, dan lain sebagainya.

Atau juga dilakukan saat seseorang terlepas atau selamat dari musibah. Misalnya sembuh dari sakit yang diderita, selamat dari bencana alam, seperti gempa, tanah longssor, kebakaran, selamat dari kecelakaan, dan lain sebagainya.

Sujud syukur bertujuan untuk melahirkan rasa terima kasih kepada Allah atas nikmat yang datang dan didapatkan.

Boleh jadi, lisan kita telah mengucapkan “alhamdulillah” saat kenikmatan itu datang. Namun terkadang ucapan itu masih kering dari makna dan penghayatan rasa syukur.

Dengan sujud syukur, maka hati serta pikiran kita akan menyadari betapa besar nikmat yang dianugerahkan Allah. Sujud syukur memperlihatkan bukti bahwa kita benar-benar orang yang berterima kasih pada Allah.

Rasulullah telah memberikan teladan dan contoh tentang bagaimana menyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah kepadanya.

Diriwayatkan dari Abu Bakar Ra. berkata:

“Apabila Nabi Muhammad Saw. menerima berita yang menggembirakannya, biasanya beliau terus bersujud kepada Allah Swt”, (HR.Abu Dawud).

Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Auf Ra. berkata,

“Suatu hari, Rasulullah keluar dari kediamannya. Tiba-tiba, beliau terperangah lalu masuk kembali ke dalam, kemudian beliau menghadap kiblat dan bersujud syukur lama sekali, lalu beliau mengangkat kepalanya dan berkata, ‘Jibril datang kepadaku mengatakan bahwa Allah berkata kepadamu, “Barang siapa membaca shalawat dan salam kepadamu maka Aku mengucapkan shalawat dan salam kepadanya,’ aku bersujud mensyukuri itu”, (HR.Ahmad dan Hakim).

Bacaan Sujud Syukur

Tentang bacaan doa yang dibaca dalam sujud, kita boleh membaca doa sujud apa saja, lalu diiringi dengan rasa syukur atas nikmat yang telah kita dapatkan. Berikut ini beberapa bacaan atau doa sujud syukur yang baik untuk dibaca ketika sujud.

Beberapa Bacaan Sujud Syukur

1. Membaca bacaan tasbih, tahmid, dan tahlil

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ

Artinya:

“Maha Suci Allah. Segala puji kepunyaan Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.”

2. Membaca bacaan doa atau dzikir syukur

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَا رَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ

Artinya:

“Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta.”

3. Membaca bacaan doa sebagaimana yang tersebut dalam Al Quran surah An Naml ayat 19

رَبِّ اَوۡزِعۡنِیۡۤ اَنۡ اَشۡکُرَ نِعۡمَتَکَ الَّتِیۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَیَّ وَ عَلٰی وَالِدَیَّ وَ اَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰىہُ وَ اَدۡخِلۡنِیۡ بِرَحۡمَتِکَ فِیۡ عِبَادِکَ الصّٰلِحِیۡنَ

Artinya:

“Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.” (QS. An-Naml ayat 19).

4. Membaca bacaan doa sesuai hadist Nabi Muhammad

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Artinya:

“Ya Allah, bantulah aku dalam selalu berdzikir atau mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan memperbagus ibadah kepada-Mu.” (HR.Musim).

Dalam doa ini, kita meminta kepada Allah agar diberi pertolongan untuk mensyukuri nikmat-Nya, yakni rasa syukur yang dapat menarik atau mendatangkan keridhaan serta nikmat-nikmat-Nya.

Jika Anda membaca atau mendengar ayat sadjah maka lakukanlah Sujud Tilawah

Dan, kita juga meminta agar Allah memperbaiki ibadah ketaatan kita kepada-Nya, yakni ibadah yang akan semakin mendekatkan diri kita kepada-Nya.

Tata Cara Sujud Syukur

Imam Syafi’I mengatakan:

“Sujud syukur tidak seperti shalat, cukup dilakukan kapan saja, tidak harus suci, dan tidak perlu mengucapkan takbir dan salam. Boleh juga melakukan sujud syukur di atas kendaraan dengan isyarat ketika mendapatkan kegembiraan”.

Tata Cara Sujud Syukur

Tata-Cara-Sujud-Syukur

Berikut tata cara sujud syukur:

1. Dalam keadaan suci dari hadats (besar dan kecil)

Adapun tata cara melakukan sujud syukur hendaknya dalam kadaan suci dari hadast besar dan kecil.

2. Dalam keadaan suci dari najis, menutup aurat dan dianjurkan menghadap kiblat

Dalam hal ini dianjurkan untuk suci dari najis, termasuk pakaian yang digunakan juga suci dari najis. Tempat yang digunakan untuk sujud syukur juga suci dari najis.

Pakaian yang dikenakan menutup aurat-nya dan dianjurkan untuk menghadap ke kiblat.

3. Melakukan takbir dengan membaca niat sujud syukur

Setiap melakukan aktifitas diawali denagn niat. Termasuk juga ketika akan melakukan sujud syukur. Niat sujud syukur bisa dibaca dalam hati atau diucapkan dengan suara lirih.

Bacaan niat sujud syukur

Niat-Sujud-Syukur

Bacaan niat sujud syukur arab

نَوَيْتُ سُجُوْدَ الشُّكْرِ سُنَةَ للهِ تَعَالَى

Bacaan niat sujud syukur latin

“Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala”.

Arti niat sujud syukur

“Saya niat melakukan sujud syukur sunnah karena Allah Ta’ala”.

4. Sujud satu kali dengan membaca doa sujud syukur

Bacaan sujud syukur

Bacaan-Sujud-Syukur

Bacaan sujud syukur arab

سُبْحَانَ اللّهِ والْحَمْدُللّهِ وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اللّهُ اَكْبَرُلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بالله العلي العظيم

Bacaan sujud syukur latin

“Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.”

Arti Bacaan sujud syukur

“Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung“.

5. Duduk serta mengucapkan salam ke arah kanan dan kiri.

Setelah bangkit dari sujud, kemudian duduk sebentar dilanjutkan dengan membaca salam “Assalammuallaikum” ke kanan dan ke kiri.

Tata cara sujud syukur diatas hendaknya bisa dikerjakan sesuai dengan syarat dan tata cara yang benar. Namun demikian, bila ketika melakukan sujud syukur dalam keadaan tidak suci dari hadats atau tidak menghadap kiblat, maka hal itu juga diperbolehkan dan tetap sah.

Simak dan baca juga sujud ketika lupa hitungan rakaat dalam shalat pada artikel Sujud Sahwi

Demikian ulasan tentang sujud syukur, bacaan sujud syukur dan tata cara sujud syukur lengkap. Dengan melakukan sujud syukur kepada Allah terhadap nikmat yang diberikan, itu sebagai wujud pengamalan rukun iman yang ke-1 yaitu iman kepada Allah. Bahwa semua kenikmatan datangnya dari Allah SWT.

Sholat Jumat

Wahyoeni
6 min read

Waktu Sholat Dhuha Terbaik

Wahyoeni
2 min read

Tayamum

Wahyoeni
3 min read

Sholat Qashar dan Jamak

Wahyoeni
7 min read

Shalat Sunah

Wahyoeni
5 min read