Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Surat Al Fatihah

Simak ulasan tentang √ surat Al Fatihah, √ bacaan surat Al Fatihah arab, latin, artinya dan √ keutamaan surat Al Fatihah berikut.


Surat Al Fatihah

Setiap muslim pasti sudah populer dengan surat Al Fatihah. Al Fatihah sendiri memiliki arti “Pembukaan” yang membuka surat-surat lain di dalam Al Qur’an.

Al-Fatihah

Surat Al Fatihah ini merupakan surat yang sempurna yang diturunkan kepada nabi Muhammad.

Surat ini merupakan surat yang mudah dihafalkan karena memiliki ayat yang sedikit. Bahkan, banyak anak-anak kecil yang sudah hafal dengan surat ini.

Surat Makiyyah ini banyak dilantunkan dalam berbagai ibadah. Dalam ibadah sholat, Al Fatihah bahkan diwajibkan untuk dibaca pada setiap rakaatnya. Surat ini juga sering dianjurkan untuk dibaca selepas berdoa kepada Allah.

Al Fatihah sebagai surat pembuka memberikan pesan-pesan kepada seluruh umat manusia. Al Fatihah termasuk surat pendek, namun kandungan yang ada di dalamnya begitu luar biasa.

Surat ini mengandung sifat-sifat Allah sebagai Tuhan Yang Maha Satu, satu-satunya Tuhan untuk semua mahluk yang ada di langit dan bumi.

Disebutkan bahwa Allah merupakan Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah menciptakan seluruh hamba-Nya untuk mentaati segala perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Bagi Allah, Ia akan memberikan pembalasan kepada hamba-hamba-Nya yang telah diciptakan hidup di alam dunia.

Allah akan memberikan balasan nikmat kepada hamba yang mau melakukan perintah-Nya. Dan Allah akan memberikan siksaan neraka yang keji untuk hamba-hamba yang mengingkar-Nya.

Allah merupakan Tuhan sekalian alam dan Tuhan yang wajib di sembah. Segala pertolongan datang hanya dari Allah semata.

Pesan pokok yang terkandung dalam surat Al Fatihah ini adalah agar senantiasa hamba Allah untuk terus berbuat baik dan bersujud kepada Allah, Tuhan yang menciptakannya.

Manusia hidup di dunia hanya sementara, dan ada kehidupan lain yang lebih kekal yaitu kehidupan di alam akhirat. Oleh karena itu, manusia harus berusaha sebaik mungkin agar bisa mendapatkan kehidupan kekal di surga Allah.

Bacaan Surat Al Fatihah

Dalam bacaan surat Al Fatihah menyebut nama Allah sambil memohon pertolongan kepada-Nya.

Surat-Al-Fatihah

Allah adalah nama Untuk Rabb Yang Maha banyak berkahnya lagi Maha Tinggi, Dzat yang berhak diibadahi yang tidak ada yang lain selain-Nya. Simak bacaan surat Al Fatihah Arab, latin dan artinya berikut.

Bacaan Surat Al Fatihah Arab, Latin dan Artinya Lengkap

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim.”

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”


Ayat 1

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Alhamdu lilla_hi rabbil ‘a_lamin.”

Artinya : “Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.”


Ayat 2

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم

“Ar Rahmaanirrahiim.”

Artinya : Yang Maha Pengasih, Lago Maha Penyayang.”


Ayat 3

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

“Maaliki yaumiddiin.”

Artinya : “Pemilik hari pembalasan.”


Ayat 4

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

“Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin.”

Artinya : “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.”


Ayat 5

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

“Ihdinash-shirraatal musthaqiim.”

Artinya : “Tunjukilah kami jalan yang lurus.”


Ayat 6

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

“Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladh-dhaalliin.”

Artinya : “(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”


Sebenarnya, apa keistimewaan dan keutamaan dari surat Al Fatihah ini sehingga sangat populer di kalangan umat islam. Silahkan simak ulasannya berikut.

Simka dan Baca : Surat Yasin

Keutamaan Surat Al Fatihah

Keutamaan-Al-Fatihah

Allah memberikan banyak keistimewaan bagi umatnya yang rajin membaca dan mengamalkan surat Al Fatihah. Berikut beberapa khasiat dan keutamaan mengamalkan surat ini.

1. Dimudahkan Hajatnya

Keutamaan surat pembuka ini antara lain adalah akan dimudahkan segala hajatnya. Anda bisa membaca Al Fatihah dengan niat sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Hal tersebut sesuai dengan hadis bahwa Al Fatihah akan bergantung apa yang diniatkannya.

Maka, jangan mudah menyerah dan meminta bantuan selain Allah agar permohonan Anda dikabulkan. Perbanyaklah mendekatkan diri kepada Allah dengan membaca Al Fatihah.

Simak dan baca : Sholat Hajat

2. Ruqyah

Ruqyah merupakan salah satu metode untuk mengeluarkan gangguan berupa jin atau syetan yang mengganggu manusia. Syetan memang merupakan musuh manusia yang paling dahsyat. Dikatakan bahwa surat Al Fatihah merupakan bacaan ruqyah yang penting sekali.

Hal ini sesuai dengan Hadis Rasulullah. Rasulullah bersabda bahwa beliau tidak meruqyah seseorang, kecuali dengan membacakan Al Fatihah.

Begitu istimewa surat ini maka surat ini memang dianjurkan untuk dibaca ketika sedang melakukan ruqyah kepada seseorang.

3. Sebagai Obat

Keutamaan lain dari surat Al Fatihah adalah sebagai obat. Surat Al Fatihah merupakan obat dari berbagai macam penyakit.

Al Fatihah merupakan kunci utama untuk membuka segalanya, termasuk membuka jalan kesembuhan atau obat atau As Syifa pada seseorang yang sedang sakit.

Untuk menggunakan Al Fatihah sebagai obat, bacakanlah surat ini pada air yang telah dituangkan ke dalam gelas. Selanjutnya, air tersebut dapat diminum untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dengan niat tulus, ikhlas, hanya mengharap kesembuhan dari Allah semata, maka penyakit pun dapat disembuhkan.

Simak dan baca : Doa Untuk Orang Sakit

4. Meminta Jodoh

Jodoh adalah rahasia Illahi. Sesungguhnya, Allah telah menciptakan makhluknya secara berpasang-pasangan.

Jika Anda sudah berusaha mencari jodoh namun belum menemukannya. Anda bisa membaca doa mendapatkan jodoh dan memperbanyak membaca surat Al Fatihah. Surat ini dipercaya akan mendekatkan jodoh kepada Anda.

Bacalah surat ini secara rutin, tulus, dan ikhlas serta lanjutkanlah untuk membaca surat Al Baqarah. Maka, Allah akan mendekatkan jodoh untuk Anda.

5. Syarat Sah Sholat

Bacaan surat Al Fatihah merupakan salah satu syarat sah sholat. Seperti yang Anda ketahui, dalam setiap rakaat sholat terdapat Al Fatihah di dalamnya.

Tidak sah sholat seseorang jika tidak membaca surat Al Fatihah ini. Surat ini masuk dalam rukun sholat sehingga tidak ada sholat tanpa Al Fatihah.

6. Dilancarkan Rezekinya

Manusia hidup di dunia ini dan diberikan rrezeki oleh Allah SWT untuk menjalankan kehidupannya. Jenis rezeki yang diberikan oleh Allah kepada setiap hamba-Nya berbeda-beda.

Untuk mendapatkan rezeki dari Allah, manusia wajib mengusahakannya. Untuk melapangkan dan membuka pintu rezeki agar rezekinya lancar, Anda bisa mengamalkan surat Al Fatihah ini.

Bacalah Al Fatihah sebanyak 20 kali setelah sholat wajib. Insha Allah, Allah akan membukakan pintu rezeki kepada hamba-Nya.

7. Mendapatkan Pahala Membaca Sepertiga Al Quran

Mengamalkan Al Fatihah memberikan pahala seperti halnya membaca sepertiga Al Quran. Bayangkan saja, sepertiga Al Quran itu memiliki surat dan jumlah ayat yang banyak.

Begitu istimewanya surat ini sehingga Anda akan mendapatkan pahala seperti membaca sepertiga Al Quran ketika mengamalkannya.

Simak dan baca : Doa Khatam Al-Quran

8. Terhindar Dari Godaan Syetan Ketika Sedang Tidur

Ketika sedang tertidur, manusia seperti orang yang telah meninggal. Raganya hidup tapi jiwanya sangat mudah dimasuki oleh syetan. Oleh karena itu, manusia wajib membaca doa sebelum tidur agar terhindar dari tipu daya syetan.

Membaca surat Al Fatihah ketika hendak tidur dan diikuti dengan surat Al Falaq dan An Naas akan memberikan perlindukan kepada seseorang.

Begitu istimewanya surat Al Fatihah sehingga Anda bisa mengamalkan surat ini dalam kehidupan sehari-hari. Perbanyak membaca Al Fatihah, niscaya Allah akan semakin dekat kepada Anda.

Simak dan baca : Ayat Kursi

Syarat Wajib Membaca Al Fatihah Dalam Sholat

Wajib-Membaca-Al-Fatihah-Dalam-Sholat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam bacaan sholat, surat Al Fatihah merupakan surat yang diwajibkan untuk dibaca dalam setiap sholat.

Baca juga : Surat Al Kahfi

Bacaan Al Fatihah masuk dalam rukun sholat. Tidak akan sah sholat seseorang jika tidak terdapat surat ini di dalamnya. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan ketika membaca Al Fatihah dalam sholat.

  1. Membaca semua ayat dari ayat Al Fatihah dengan urut dan benar. Jadi, jangan lupakan Basmallah karena Basmallah merupakan ayat pertama dalam surat ini.
  2. Dibaca saat posisi berdiri sempurna bagi orang yang mampu berdiri
  3. Bacaan Al Fatihah harus bisa didengar oleh diri sendiri. Jika ada bacaan yang tidak terdengar, maka hukumnya tidak sah
  4. Membaca Al Fatihah karena niat membaca surat ini bukan maksud yang lain-lain.
  5. Harus menggunakan bahasa Arab
  6. Menjaga semua tasydid dalam surat ini.

Jadi, membaca surat ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin dan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Jika Anda mengganti tasydid dalam surat ini, maka bacaan Al Fatihah akan menjadi tidak sah.

Baca juga : Doa Iftitah

Demikianlah beberapa keutamaan Al Fatihah yang bisa Anda amalkan. Surat ini begitu istimewa. Meskipun bacaannya pendek, namun keutamaannya luar biasa. Sudah sepatutnya kita mengamalkan surat Al Fatihah agar hidup lebih tentram dan dilindungi oleh Allah SWT.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Buka Puasa

Wahyoeni
3 min read

Doa Mendapat Musibah

Wahyoeni
5 min read

Doa Sesudah Wudhu

Wahyoeni
5 min read

Surat Ar Rahman

Wahyoeni
5 min read

Doa Qunut Nazilah

Wahyoeni
5 min read

Doa Paling Utama

Wahyoeni
3 min read