Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Tips Sukses Belajar Tahsin

Alquran adalah pedoman utama untuk umat Islam yang harus diagungkan hingga hari kiamat nanti. Maka dari itu, dalam membacanya pun harus tahsin sebagai bentuk memuliakan Alquran terutama ketika dibaca.

Sebagian dari Anda mungkin lebih familiar dengan tajwid karena lebih banyak menggunakan istilah tersebut. Keduanya memiliki makna yang sama yaitu menyempurnakan bacaan Alquran.

Mengapa perlu untuk menyempurnakan Alquran dan bagaimana caranya belajar membaca Alquran dengan tajwid yang benar? Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Mengapa Harus Membaca Alquran dengan Tahsin?

Sebelum mengetahui alasan harus membaca Alquran dengan tahsin, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu pengertian tahsin.

“Tahsin adalah memperbaiki bacaan Alquran. Ketika belajar membaca Alquran, Anda harus memahami terlebih dahulu ilmu tajwid. Dengan demikian, Anda dapat membaca ayat-ayat Alquran dengan baik dan benar.”

Lalu, mengapa harus membaca Alquran dengan tajwid? Berikut beberapa alasannya.

  • Menyempurnakan bacaan Alquran merupakan perintah Allah sehingga harus dilaksanakan. Sebab, sudah tertuang jelas dalam firman Allah pada surat al-Baqarah: 121 dan al-Muzzamil: 4.
  • Menurut sabda Rasulullah SAW bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang menyempurnakan bacaan Alqurannya. Maka, dengan menyempurnakan bacaan Alquran sudah sesuai dengan nasehat Rasul.
  • Dengan memperhatikan tajwid saat membaca Alquran, Anda dapat terhindar dari kesalahan kecil maupun fatal. Sebab, kesalahan kecil maupun fatal saat membaca Alquran dapat mengubah maknanya.
  • Beriman pada kitab merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang Muslim. Dengan menyempurnakan bacaan Alquran dapat menunjukkan kesungguhan dan keimanannya pada kitab Allah.
  • Diturunkannya Alquran pada Rasulullah merupakan nikmat yang senantiasa yang harus selalu disyukuri oleh umat Islam. Dengan membaca Alquran dengan sempurna dapat menunjukkan rasa syukur tersebut.

Itulah beberapa alasan kuat yang menjadi dasar untuk umat Islam agar dapat menyempurnakan bacaannya ketika membaca Alquran. Terutama untuk menghindari kesalahan saat membaca yang dapat mengubah maknanya.

8 Tips Sukses Belajar Tahsin Untuk Pemula

sumber foto: yuktebarilmu.blogspot.com

Sebab, Alquran menggunakan bahasa Arab yang ketika satu huruf atau harakatnya berganti maka maknanya pun akan berubah. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat membacanya dengan mempelajari tajwid.

Baca juga Tanda Baca Alquran

Tips-Tips Ampuh Belajar Tahsin

Jika sudah memahami apa itu tahsin dan alasan untuk mempelajarinya, maka sudah waktunya bagi Anda untuk belajar menyempurnakan bacaan Alquran. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar sukses belajar tajwid.

1. Niat dalam Hati Lillahi Ta’ala

Hal utama yang harus Anda lakukan sebelum belajar tahsin adalah dengan mengatur niat terlebih dahulu. Sebab, jika tidak memiliki niat yang kuat dalam hati akan sulit untuk memulai.

Pastikan bahwa hati ikhlas untuk mempelajarinya agar semua ilmu yang didapatkan bisa dipahami dengan mudah. Sebab, jika dengan penuh paksaan akan sulit untuk mempelajari tajwid.

Apalagi jika dibedah lebih dalam, ilmu tajwid ini sangat luas dan ada banyak hal yang harus dipelajari. Apabila niatnya sudah ikhlas karena Allah, maka tidak akan sulit untuk mempelajarinya dengan baik.

2. Memiliki Keyakinan yang Kuat Untuk Belajar

Agar niat Anda tidak goyah, maka yakinkan dalam diri sendiri apa alasan yang mendasari untuk belajar ilmu tajwid. Dengan demikian, setiap Anda merasa malas bisa kembali diingat alasan pertama kali belajar.

Yakinkan juga pada diri sendiri bahwa dengan memperbaiki bacaan Alquran sampai sempurna dapat mendatangkan banyak pahala dan kebaikan. Bahkan ketika belajar sambil mempraktekannya akan mendapat pahala dua kali lipat.

Semakin lancar bacaan Alquran Anda, maka akan semakin banyak pahala dan kebaikan serta berbagai manfaat lainnya yang bisa didapatkan. Yakinlah bahwa setiap usaha dan niat baik akan selalu dibalas oleh Allah.

3. Didampingi Oleh Seorang Guru yang Paham

Jika Anda ingin mulai mempelajari tahsin, maka jangan belajar secara otodidak. Sebab, dalam mempelajarinya harus ada orang yang paham untuk membenarkan bacaan Anda.

Maka dari itu, cari terlebih dahulu seorang guru yang benar-benar paham dan lancar bacaan Alqurannya. Dengan demikian, Anda dapat mengecek bacaan didampingi oleh guru.

Ketika ada kesalahan saat membaca bisa langsung diketahui dan diperingatkan agar diperbaiki. Dengan cara ini Anda dapat mempelajari tajwid dengan lebih mudah.

4. Membiasakan Diri Dengan Salah Satu Jenis Penulisan Alquran

Anda mungkin tidak terlalu memperhatikannya. Namun, gaya penulisan Alquran berbeda-beda. Untuk memperlancar bacaan sebaiknya Anda menguasai salah satu jenis gaya penulisan terlebih dahulu.

Jadi, sediakan satu buah Alquran khusus untuk belajar tajwid dan mengkhatamkan bacaan. Dengan demikian, lebih mudah bagi Anda untuk menyempurnakan bacaan karena sudah terbiasa dengan gaya penulisannya.

Baca juga: 15 Huruf Ikhfa dan Cara Membacanya

5. Menyempatkan Diri Untuk Membaca Alquran Setiap Hari

Tahsin artinya menyempurnakan bacaan Alquran dengan melafalkan huruf sesuai tempat keluarnya sesuai haq dan mustahaqnya. Bagi orang yang baru belajar tentu akan kaku ketika dihadapkan langsung dengan Alquran.

Sebab, ketika belajar bisa saja hanya mempelajari penggalan-penggalan ayat. Namun, ketika membaca Alquran satu ayat penuh akan ada beberapa hukum tajwid yang harus dihadapi.

Jika tidak terbiasa maka akan sangat sulit untuk menyempurnakan bacaan dan terkesan terbata-bata. Maka dari itu harus sering dilatih dengan cara membacanya setiap hari.

Jika Anda terbiasa membaca Alquran setiap hari dengan memperhatikan hukum tajwidnya, maka bukan hal yang sulit untuk menyempurnakan bacaannya.

6. Menjadikan Tadarus Kebutuhan Hidup

Kunci keberhasilan dari mempelajari tajwid adalah dengan terus mengulanginya setiap hari. Maka dari itu, jadikanlah membaca Alquran sebagai salah satu kebutuhan hidup.

Jika selalu menyempatkan tadarus setiap harinya maka lambat laun hal tersebut akan menjadi kebiasaan bahkan kebutuhan seperti halnya makan atau mandi.

7. Memperbanyak Mendengarkan Murottal

Agar bacaan Anda menjadi lebih bagus dan lancar, tidak ada salahnya untuk mendengarkan murottal. Jika Anda sedang tidak tadarus, Anda dapat mendengarkan murottal sambil melihat Alquran.

Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui dengan lebih baik pelafalan untuk setiap huruf beserta pengaplikasian ilmu tajwid pada bacaan secara langsung. Jika diperlukan, Anda pun dapat mengulang murottal pada ayat tertentu.

8. Menerima Kesalahan dan Memperbaikinya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat mempelajari ilmu tajwid Anda harus didampingi oleh seorang guru yang paham. Gunanya adalah untuk mengoreksi ketika terdapat kesalahan saat membaca Alquran.

Saat belajar tentu hal yang sangat wajar jika ditemukan banyak kesalahan. Maka dari itu, Anda harus dapat menerima dengan ikhlas jika guru menegur ketika ada bacaan yang salah atau tidak sesuai.

Sebab, tidak sedikit yang merasa bacaannya sudah benar dan tersinggung saat dikoreksi. Sifat tersebut hanya akan menghambat proses belajar.

Maka dari itu, penting untuk selalu menerima kesalahan kemudian langsung memperbaiki kesalahan tersebut. Dengan cara ini Anda menjadi lebih paham kekurangan saat belajar dan dapat memperbaikinya agar sempurna.

Proses belajar pun menjadi lebih cepat karena sudah mengetahui kelemahan sendiri karena sudah bisa menghindari kesalahan yang sama. Apabila Anda ingin mempelajari tahsin, maka ikuti tips-tips di atas. Hal yang paling penting adalah selalu konsisten dengan apa yang sedang dipelajari. Maka, Anda pun dapat menyempurnakan bacaan Alquran dengan lebih cepat.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Hukum Mim Sukun

Wahyoeni
3 min read

Idgham

Wahyoeni
3 min read

6 Contoh Hukum Iqlab

Wahyoeni
3 min read