Tokoh Islam Dunia

Islam telah begitu lama hadir di bumi. Dengan demikian, tentu saja ada banyak sekali tokoh Islam yang telah tercatat dalam sejarah. Tidak hanya yang ada di seluruh penjuru dunia, namun juga yang berasal dari Indonesia. Tidak hanya laki-laki tetapi juga yang bergender perempuan. Nah, untuk mengetahui siapa saja tokoh hebat tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Tokoh Muslim Teladan Dalam Perjalanan Panjang Sejarah Islam

tokoh islam dunia

Sepanjang Sejarah Islam, tentu saja sudah banyak sekali tokoh yang patut di teladani. Nah, kali ini akan di bahas beberapa tokoh muslim dalam beberapa kategori sebagai berikut.

1. Khulafaur Rasyidin

Ada banyak sekali tokoh Muslim yang sangat patut di teladani di masa Rasulullah di sepanjangs ejarah Islam ini. Dan yang sangat terkenal diantaranya tentu saja adalah khukafaur Rasyidin. Ke emoat khalifah ini tidak hanya kompeten dan teladan di bidang keagamaan dan kepemimpinan, tetapi juga sangat dekat serta begitu mencintai Rasulullah.

2. Tokoh Muslim di bidang keilmuan

Di bidang keilmuan, pada masa setelah kepemimpinan Khulafaur Rasyidin, khususnya di masa Daulah Bani Abbasiyah. Dalam sejarah Islam pula sudah di nyatakan bahwa kala itu banyak sekali penemuan dalam bidang keilmuan. Bahkan, Islam yang ada di dunia Timur pernah menjadi salah satu kiblat pengetahuan dunia sehingga tokohnya pun bisa disebut tokoh Islam dunia.

Sedangkan tokoh-tokoh terkenalmnya adalah seperti Ibnu Sina di bidang kedokteran dan filsafat dan alkhawarizmi di bidang Matematika dengan teori Al-Jabarnya. Selain itu ada juga nama dari Jabir Bin Hayyan sebagai ahli fisika. Di samping itu masih ada lagi Al-Kindi yang merupakan seorang filsuf dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Pemimpin Islam sebagai tokoh muslim bersejarah

Tidak hanya dalam bidang keilmuan, ternyata ada banyak pemimpin Islam yang megukir sejarah besar hingga menjadi tokoh tak terlupakan. Diantaranya seperti Abu Ja’far Al-Mansyur yang merupakan juru taktik berdirinya daulah Bani Abbasiyah. Kemudian ada juga seorang pahlawan Islam bernama Nuruddin Zanki yang berhasil mengusir tentara salib dari Palestina di masanya.

Setelah generai Nuruddin Zanki, baru munculah Sholahuddin Al-Ayubi yang begitu terkenal sebagai pembebas Yerussalem dan berhasil menjadi panglima hebat dengan ekspansi wilayah yang tinggi. Namun, sejarah juga perlu mencatat bahwa keberhasilan Shalahuddin ini tidak lepas dari peran dan bimbingan yang senantiasa di berikan oleh Nuruddin Zanki, yang merupakan seniornya.

Tokoh Islam Di Nusantara

Sebagaimana di ketahui seluruh masyarakat muslim di Indonesia, Islam telah berkembang selama berabad-abad di Nusantara. Sejauh ini, tentu saja sangat banyak tokoh Islam Nusantara yang masuk dalam daftar tokoh penting. baik dalam pengembangan Islam di Nusantara sendiri, maupun dalam jasanya terhadap Nusantara selama tinggal di tanah ini.

Jika berbicara lebih lanjut tentang tokoh islam di Nunsatara, khususnya untuk pulau jawa, tentu saja yang sangat terkenal adalah Walisongo. Walisongo ini merupakan kumpulan 9 wali yang menyebarkan Islam di tanah Jawa. Mereka juga lah yang telah membantu Raden Patah untuk merebut tanah Majapahit hingga akhirnya berdirilah kesultanan Demak.

Selain Walisongo, tentu saja masih banyak lagi tokoh Islam setelah da sebelum itu. Katakan saja seperti raja-raja Islam dan orang-orang yang telah ikut andil dalam persiapan kemerdekaan Indonesia. Bahkan, predisen RI yang pertama bisa juga di sebut dengan salah satu tokoh Nasional dalam Islam.

Dalam hal intelektual keagamaan, masih ada lagi tokoh Islam yang sangat berperngaruh dalam berbagai bidang. Contohnya saja HAMKA yang merupakan mufasir terkenal dengan tafsir Al-Azharnya di masa itu. Termasuk juga Qurasih Shihab yang berhasil menerbitkan tafsir Mishbah dan memudahkan umat Islam di Indonesia memperljari Ilmu Tafsir.

Selanjutnya, untuk generasi akhir-akhir di semua bidang, masih ada lagi tokoh Islam Indonesia yang sangat terkenal yakni KH. Abdurrahman Wahid yang biasa di kenal dengn Gus Dur. Beliau adalah salah satu tokoh multi talenta yang memiliki banyak keahlian dan begitu teladan. Beliau juga merupakan contoh muslim yang tak pandang apa pun terhadap sebuah keadilan.

Tokoh Islam Modern

Di masa modern ini, ada beberapa tokoh Islam yang telah melakukan pembaharuan. Dan kali ini ada beberapa nama yang masuk daftar tokoh Islam modern ternama sebagaimana berikut.

1. Muhammad Abdul Wahab

Tokoh pembaharuan Islam yang pertama adalah Muhammad Abdul Wahab. Beliau adalah yang berasal dari Makkah dengan .beragam ajarannya.

2. Jamaluddin Al Afghani

Tokoh selanjutnya ini juga memiliki sumbangan penting bagi dunia Islam modern. Diantaranya adalah gagasannya yang mampu mengilhami kaum muslimi di Iran, Meski, Turki, dan India.

3. Muhammad Abduh

Muhammad Abduh ini merupakan guru dari seorang pembaharu muslim juga bernama Rasyid Ridha. Dalam perjalannya, mereka sempat berkunjung ke Eropa di beberapa negara. Mereka pun begitu terkesan dengan perjalanan tersebut.

4. Toha Husein

Tokoh yang satu ini merupakan tokoh yang sangat mendukung gagasan dari Muhammad Ali Pasha. Dan berkaitan dengan modernisme, beliau sangatlah gigih di dalamnya.

Tokoh Islam Wanita

Tidak hanya laki-laki yang merupakan orang-orang hebat dalam Sejarah Isalm. Sejauh ini, Anda perlu juga mengenal beberapa tokoh Islam wanita ternama sebagaimana berikut.

1. Khadijah Binti Khuwaylid

Khadijah adalah Istri pertamaaa Rasulullah yang merupakan wanita hebat dengan berbagai kemampuannya. Baliau mampu merupakan seorang pedagang yang sukses. Dan di masa kenabiannya, beliaulah yang setia mendampingi dan melindungi sang Rasul.

2. Aisha Binti Abu Bakar

Istri Rasulullah selanjutnya yang tidak kalah hebat adlaah Aisyah. Beliau memiliki kecerdasan yang sangat tinggi. Hingga beliau merupakan salah seorang perawi hadits yang terkenal.

3. Rabi’ah Al-Adawiyah

Terakhir ada nama Rabi’ah Aladawiyah. Beliau awalnya merupakan seorang budak yang telah bebas. Akan tetapi, beliau memiliki keahlian mistik yang tinggi. Beliau juga merupakan sufi yang ceritanya tentangnya tersohor di mana-mana.

Tokoh Islam Liberal

Jika berbicara tentang tokoh Islam liberal, tidak dapat di pungkiri jika banyak sekali tokoh yang bisa masuk kriteria. Namun, kali ini hanya akan di bahas 3 tokoh terkenal diantaranya saja.

1. Ali Abd Razaq

Ali Abd Razaq ini, bagi orang muslim merupakan orang yang tidak jauh berbeda dari Mustafa Kemal At-Taturk. Bahkan mereka menganggap dia lebih buruk. Beliau juga telah menerbitkan buku-buku yang mendukung setiap tindakan Mustafa Kemal.

2. Muhammad Arkoun

Muhammad Arkoun adalah salah satu tokoh muslim liberal yang lahir di Afrika, tepatnya di Aljazair. Setelah proses pendidikannya sudah mencapai kesuksesannya hingga sudah banyak di undang di berbagai universitas di Prancis.

3. Fazlur Rohman

tokoh terakhir yang akan di bahas di sini adalah Fazlur Rohman. Kalau nama ini, tentu saja juga sangat lekat di dunia pendidikan Islam. Karya-karyanya yang bersangkutan dengan alqur’an dan hadist. juga banyak sekali di gemari di dunia akademik.

Baca juga : Sejarah Ilmuwan Islam

Demikian uraian tentang tokoh-tokoh Islam yang berpengaruh di dunia maupun di Indonesia. Tokoh-tokoh tersebut telah mengembangkan Islam menuju peradaban islam yang lebih baik.