Travel Umroh Murah

Simak ulasan tentang √ jasa travel umroh murah, √ cara mengecek dan cara memilih travel umroh murah yang aman dan terpercaya berikut.


Travel Umroh

Allah SWT berfirman dalam Al Quran bahwasanya rukun Islam ada 5. Kelima rukun islam itu adalah syahadat, sholat, zakat, puasa dan terakhir adalah haji bagi yang mampu. Baik mampu secara fisik, mental maupun materi.

Travel-Umroh-Murah

Karena ibadah haji dari Indonesia kuotanya sekarang dibatasi dan perlu menunggu lama, bahkan hingga 15 tahun kedepan. Sebagai gantinya orang-orang biasanya memilih melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu.

Jadi walau sama-sama ibadahnya dengan pergi ke Mekkah, namun ada perbedaan antara haji dan umroh. Dari segi biaya, waktu dan cara pelaksanaannya.

Agar sampai ke Mekkah yang berada di Saudi Arabia, Anda memerlukan sebuah biro perjalanan. Biro perjalanan umroh atau yang sering di sebut travel umroh, banyak sekali yang menawarkan jasa umroh tersebut.

Terkadang beberapa travel umroh ada yang membandrol dengan harga mahal, namun juga ada juga yang mematok harga murah.

Nah amankah memakai jasa travel umroh murah?

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang travel umroh murah yang aman dan terpercaya sebagai menjadi referensi Anda. Simak pembahasannya di berikut ini.

Travel Umroh Murah Aman dan Terpercaya

Jasa penyelenggara umroh yang biasanya disingkat PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah).

PPIU adalah sebuah badan atau lembaga yang memberikan pelayananan, pengelolaan dan pembiayaan para calon jamaah yang ingin melaksanakan umroh. Namun tetap pengawasannya dilakukan oleh Kementerian Agama RI.

Lalu, apakah ada landasan hukumnya?

Tenang semua sudah ada di dalam UU No 8 Tahun 2003. Anda bisa membacanya secara lebih lengkap lagi.

Di situ sudah menerangkan banyak mengenai apa yang dimaksud dengan penyelenggara jasa umroh dan bagaimana dasar hukumnya.

Pastikan Anda membacanya dengan teliti, sehingga Anda paham sedari awal bagaimana cara kerjanya, pengertiannya dan apa saja komponen yang ada di dalamnya.

Jadi, ketika Anda sudah mendaftar di jasa travel dan menemukan sesuatu hal yang tidak beres, Anda bisa mengacu pada Undang-Undang dan melaporkan kepada pihak yang berwajib. Apabila benar adannya sebuah travel melakukan penipuan.

Baca secara teliti dan analisis secara mendalam. Itu dulu langkah pertama yang harus Anda lakukan. Tidak hanya umroh, undang-undang tersebut juga sudah lengkap membahas mengenai haji juga.

Baik itu haji plus maupun haji reguler, yang mana keduanya mempunyai beberapa perbedaan dalam pelaksanannya.

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa umroh berbeda dengan haji. Anda tidak perlu berwukuf di padang Arofah, bermalam di Mina dan mabit di muzdalifah.

Sehingga, biayanya memang lebih murah dibandingkan haji. Bahkan, ada beberapa travel yang menawarkan promo umroh.

Namun, Anda harus tetap hati-hati. Seperti kasus yang baru-baru ini ada beberapa jasa penyedia layanan umroh melakukan penipuan terhadap para calon jamaahnya.

Misalnya : First travel dan Abu tours.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Pertama, karena kurang adanya manajemen keuangan yang bagus sehingga sering kali para pemilik travel memakai uang jamaah untuk kepentingan pribadi.

Kedua, kurang adanya pengawasan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) padahal hal ini sangat perlu untuk dilakukan. Ketiga, Kementerian Agama juga kurang teliti dalam memeriksa update keadaan lembaga.

Seharusnya perlu ada pengawasan atau evaluasi setiap 3 bulan sekali agar terhindar dari kejadian semacam itu terjadi lagi. Kasihankan, sudah susah payah menabung setiap hari tetapi ternyata uang yang sudah dipercayakana kepada travel tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Bahkan, jadwal keberangkatan pun menjadi tidak pasti. Semoga Anda sekalian terhindar dari travel yang semacam ini.

Lalu bagaimana cara mengetahui travel tersebut terpercaya atau tidak?

Anda dapat mengetahui apakah travel umroh tersebut terpercaya atau tidak. Simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Mengecek Travel Umroh Murah yang Aman

Cara-Mengecek-Travel-Umroh

Hal ini penting sekali untuk Anda lakukan. Jangan sampai tergiur harga murah tetapi bukan umroh yang Anda dapatkan tetapi kesedihan.

1. Cek Statusnya di Kementerian Agama

Pertama, Anda harus mengecek apakah travel tersebut sudah terdaftar di Kementerian Agama. Jangan langsung percaya saja dengan travel yang memampang nomornya. Karena bisa jadi nomor tersebut hanya digunakan untuk mengelabuhi para calon jamaahnya.

Anda bisa langsung datang ke Kementerian Agama. Atau buka alamat ini https://simpu.kemenag.go.id/ untuk memastikan bahwa PPIU tersebut benar-benar diakui.

2. Survey Langsung ke Lokasi

Kedua yang harus Anda lakukan ketika ingin mencari travel umroh murah yang terpercaya adalah langsung datang ke lokasinya.

Jangan sampai hanya berbekal artikel atau website saja. Karena sama seperti nomor 1, bisa jadi alamatnya pun juga palsu.

3. Melihat Testimoni

Perhatikan testimoni dari para jamaah yang sudah pernah memakai jasa travel tersebut.

Karena hal ini sangat penting agar Anda juga mengetahui apakah pelayananannya bagus, jika tidak apa kekurangannya.

Atau lebih amannya, Anda menggunakan jasa travel yang sama dengan teman-teman Anda yang sudah pernah diberangkatkan.

4. Perhatikan Jadwal Keberangkatan

Jika jasa travel tak kunjung memberikan jadwal keberangkatan yang pasti. Ini patut dicurigai.

Kenapa demikian?

Karena travel yang terpercaya biasanya sudah memiliki jadwal keberangkatan yang pasti, dengan maskapai yang pasti pula. Karena keduanya sudah bekerjasama.

5. Perhatikan Fasilitas

Perhatikan fasilitas yang akan Anda dapatkan. Benar travel tersebut murah, tapi ternyata penginapan atau transportasi tidak layak pakai.

Jangan sampai hal ini terjadi ya. Karena ibadah pun harus ada nyamannya, karena kalau tidak maka Anda tidak akan mendapatkan ke khusyu’an.

6. Perhatikan Visa

Anda harus mengonfirmasi kepada pihak travel perihal VISA yang akan dapatkan dari Pemerintah Arab Saudi. Jika ini tidak ada, wah segera pindah ke jasa travel lainnya ya. Cari yang lebih aman.

7. Pilih Travel yang Berpengalaman

Terakhir, pilihlah travel yang berpengalaman.

Mengapa memilih travel yang berpengalaman?

Karena travel yang sudah berpengalaman sudah paham betul mengenai apa yang harus dilakukan ketika jamaah mengalami permasalahan.

Pembimbing yang disediakan juga memiliki pengetahuan umroh yang sesuai dengan Sunnah yang dianjurkan. Atau gampangnya, travel tersebut sudah tersebar ke beberapa daerah dan memiliki jam terbang yang cukup lama.

Itulah 7 hal yang harus Anda lakukan jika ingin mencari travel umroh yang murah, tetapi tidak murahan.

Dengan menerapkan ke 7 cara tersebut maka dijamin ibadah umroh Anda akan terlaksana dengan baik dan benar. Karena ketika menjalankan umrah ada alasan-alasan untuk memilih travel umroh yang dipercaya.

Simak dan baca : Agen Travel umroh Terpercaya di Indonesia

Memilih Travel Umroh yang Terpercaya

Mengapa Harus Memilih Travel Umroh Murah yang Bisa Dipercaya?

Banyak sekali alasan mengapa harus memilih jasa travel yang terpercaya. Namun, di bawah ini adalah alasan pokoknya. Simak ulasannya berikut ini :

1. Agar Kesehatan Terjamin

Memilih travel yang sudah terpercaya dan mempunyai izin tak lain agar kesehatan terpercaya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, memilih jasa travel hendaklah melihat juga fasilitas yang akan didapatkan.

Jika tidak ada fasilitas kesehatannya bagaimana jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Bukankah Anda menginginkan ibadah dengan sehat tanpa kurang suatu apapun?

2. Nasib Terjamin

Alasan yang kedua nasib Anda terjamin.

Nasib terjamin yang bagaimana maksudnya?

Maksudnya adalah Anda tidak terpontang-panting karena ketidakjelasan akomodasi atau transportasi. Sehingga penting sekali untuk memilih travel yang baik dalam melayani akomodasi dan transportasi. Sama seperti yang sudah dijelaskan di atas.

3. Ibadah Menjadi Sah

Hukum haji dan umroh tidak mewajibkan untuk semua orang muslim. Namun haji dan umroh sudah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan bagi yang mampu.

Ibadah ini membutuhkan pengorbanan yang sedikit. Ada pengorbanan fisik, biaya dan juga mental. Oleh karena itu, menerima ilmu dari pembimbing yang sudah ahli dalam bidangnya juga sangat penting untuk dilakukan.

Karena ibadah umroh dan haji juga harus dilakukan sesuai dengan rukunnya. Apabila tidak dilakukan sesuai dengan rukun dan wajibnya maka ibadah haji dan umroh menjadi tidak sah dan hanya akan mengalami kesia-siaan belaka.

Simak dan baca : Keutamaan Haji

4. Ibadah Menjadi Nyaman dan Aman

Memilih travel yang bisa dipercaya juga bisa membuat ibadah Anda nyaman dan aman.

Akomodasi dan transportasi terjamin, kesehatan terjamin. Sehingga bisa konsentrasi untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berdzikir kepadanya.

5. Menghilangkan dari Fikiran Buruk Sangka

Anda juga harus meneliti beberapa poin di atas, agar terhindari dari fikiran yang berburuk sangka. Atau suudzon, benar nggak ya travel ini, terpercaya nggak atau aman nggaknya.

Jika beberapa ciri-ciri yang sudah dibahas sebelumnya sudah ada dalam travel yang akan menemani perjalanan Anda, InsyaAllah aman.

Oleh karena itu, jangan mudah tergiur ya dengan travel yang menyajikan harga murah tapi diluar logika.

Contohnya biaya umroh minimal 21 juta tapi dia menawarkan hanya 10 juta. Padahal tiket pesawat pun tidak cukup jika hanya berjumlah 10 juta. Ini ke Arab Saudi, bukan antar wilayah di Indonesia.

Semoga Anda sekalian bisa selektif dalam memilih travel, dan semoga mendapatkan travel yang dipercaya juga.

Simak dan baca : Jasa Umroh Murah

Demikian ulasan tentang travel umroh murah dan bagaimana mengetahui jasa travel umroh murah yang terpercaya. Selalu berhati-hati dan teliti agar Anda tidak tertipu dan Anda bisa menjalankan ibadah dengan tenang.

Loading...

Umroh Murah

Wahyoeni
5 min read

Jasa Umroh Murah

Wahyoeni
8 min read

Hukum-Hukum Haji

Wahyoeni
8 min read