Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Ucapan Selamat Menikah Islami

Simak Beberapa Contoh Doa dan Ucapan Selamat Menikah Islami, Beserta Adab dan Keutamaan Menyampaikannya, Berikut Ini Lengkap


Ucapan Pernikahan Islami

Memiliki rekan atau saudara yang menikah, tentunya membuat kita ikut merasakan suka cita. Rasa turut berbahagia kita sampaikan melalui ucapan-ucapan pernikahan baik yang disampaikan secara langsung atau tertulis.

Namun, ada baiknya jika ucapan yang kita sampaikan bukan hanya sekedar perkataan saja. Kita juga harus turut mendoakan supaya pernikahannya bisa awet, langgeng, sakinah, mawaddah, warohmah.

Untuk itu, sebaiknya kita memberikan ucapan pernikahan islami untuk menyampaikan ucapan selamat sekaligus doa.

Ucapan Selamat Menikah Islami

Ucapan Pernikahan Islami

Doa dan ucapan pernikahan islami yang kita sampaikan pada teman atau saudara yang menikah adalah bentuk kepedulian kita pada mereka. Ikatan pernikahan bukan suatu hal main-main.

Butuh tanggung jawab besar serta tekad yang kuat untuk membangun sebuah biduk rumah tangga. Oleh sebab itu, doa adalah hadiah terbaik yang bisa kita berikan untuk mereka.

Pernikahan merupakan perjalanan panjang dimana akan banyak hal ditemui di dalamnya. Doa yang kita ucapkan akan menjadi sumbangan energi dan kekuatan untuk menguatkan mereka.

Salah satu contohnya adalah mengharapkan keberkahan dalam sebuah pernikahan. Pernikahan yang penuh berkah dan diridloi Allah akan menjadi sebuah pernikahan paling membahagiakan. Meskipun banyak cobaan, kedua pasangan ini akan kuat menghadapinya.

Oleh sebab itu, penting kiranya bagi kita untuk turut mendoakan pasangan pengantin baru. Semakin banyak orang yang memberi restu dan mendoakan, maka pasangan ini akan diberi kemudahan dan kelancaran.

Contoh Ucapan Pernikahan Islami

Bentuk ucapan “Selamat menikah” atau “Happy Wedding” adalah ucapan yang sudah umum dan sering dipergunakan. Ucapan ini dianggap sebagai ucapan wajib yang harus disampaikan pada pasangan yang baru menikah. Akan tetapi, ada yang lebih baik dari kedua ucapan di atas yaitu ucapan pernikahan islami.

Berikut ini adalah beberapa ucapan pernikahan islami yang bisa Anda gunakan ketika sedang menghadiri resepsi pernikahan orang lain.

1. Doa Pertama

Ucapan pernikahan islami yang pertama ini selain sebagai ucapan selamat juga mengandung doa untuk kedua pengantin. Doa ini untuk meminta supaya kehidupan pasangan ini dilimpahi keberkahan dan kebaikan.

Tidak ada yang lebih penting dalam hidup ini selain ridho Allah. Jika Allah telah meridhoi pernikahan ini, maka segala macam ujian dan cobaan akan dengan mudah dilalui.

2. Doa Kedua

Ucapan pernikahan islami yang kedua adalah dengan doa pendek seperti di atas. Ucapan ini bisa diucapkan secara langsung ketika kita bersalaman dengan para pengantin. Jika terlalu panjang untuk mengucapkan seperti doa pertama, Anda bisa menggunakan doa kedua yang lebih pendek.

Meskipun ucapan pernikahan islami ini singkat namun memiliki makna yang dalam. Ucapan ini sebagai doa supaya Allah memberikan keberkahan kepada pengantin lebih baik dari pada hadiah atau bingkisan pernikahan.

Diijabahnya doa ini adalah kebahagiaan tersendiri karena tidak ada yang lebih baik dari pada berkah Ilahi.

3. Doa Ketiga

Doa atau ucapan pernikahan islami ketiga ini juga bisa diucapkan secara langsung. Maknanya jauh lebih mendalam dibandingkan doa sebelumnya. Di sini, doa untuk pengantin bukan hanya diberikan keberkahan saja namun juga dilimpahkan keberkahan.

Keberkahan Allah yang jumlahnya sedikit saja sudah bisa memenuhi kebutuhan dan kebahagiaan pernikahan, apalagi jika melimpah. Pasti kehidupan pernikahan akan bahagia dunia dan akhirat.

4. Doa Keempat

Dalam hadist Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh HR Ahmad, Nabi pernah memanjatkan doa untuk pengantin baru dengan doa di atas. Doa ini dipanjatkan untuk memohon ampunan bagi kedua pasangan supaya Allah menyayangi keduanya dan memberkahi segala sesuatu yang dianugerahkan.

Baca juga: Kata Mutiara Pernikahan

Adab dalam Menyampaikan Ucapan Pernikahan Islami

Dalam mengucapkan ucapan pernikahan islami juga harus disertai tata cara islami pula. Ada adab atau aturan untuk mengucapkannya.

Berikut ini adalah beberapa adab yang harus diingat dalam menyampaikan ucapan pernikahan kepada saudara, teman atau kerabat.

1. Menyegerakan

Ketika Anda mendapatkan undangan dari teman untuk datang di resepsi pernikahannya, maka segerakan untuk datang ketika tidak ada halangan yang penting. Memenuhi undangan adalah sebuah kewajiban sebagai umat muslim.

Jika Anda menunda-nunda untuk alasan yang tidak jelas, sudah pasti akan merugikan diri sendiri. Begitu pula dengan menyampaikan ucapan pernikahan islami.

Saat ada waktu atau kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan pasangan yang berbahagia, segera ucapkan doanya. Jangan menunda untuk mendoakan mereka atau menunggu sampai sepi tamu undangan lain.

2. Tidak Boleh Membeda-Bedakan

Mendoakan dengan ucapan pernikahan islami harus dilakukan pada semua teman atau saudara yang menikah. Jangan sampai kita pilih-pilih orang yang akan didoakan.

Jika orang yang menikah merupakan teman baik, kita mendoakan dengan sepenuh hati. Namun jika pengantinnya tidak akrab dengan kita, kita mengucapkan selamat seperlunya saja atau bahkan tidak sama sekali..

Sebagai muslim yang baik, mendoakan saudara muslim akan mendatangkan pahala bagi kita. Oleh sebab itu, mendoakan siapa pun saudara muslim adalah keharusan. Lagi pula, perasaan yang kita miliki terhadap seseorang bukan jaminan kebahagiaan mereka.

Bisa saja orang yang kita anggap tidak akrab tadi malah lebih tinggi derajatnya di mata Allah. Allah akan memberikan keberkahan lebih besar kepadanya.

3. Bisa Membedakan Doa yang Makruh

Hafalkan empat doa atau ucapan pernikahan islami di atas. Keempat doa ini sudah cukup baik untuk menjadi ucapan doa kita kepada pengantin berbahagia. Tidak perlu menambahkan beberapa ucapan yang terlalu menjurus.

Terkadang kita tidak menyadari bahwa ucapan gurauan yang dilontarkan bisa membuat orang tersinggung. Salah satunya adalah mengucapkan “Selamat menikah, semoga banyak anak, semoga sabar menghadapi pasangan, dan lain sebagainya”.

Hal ini memang merupakan doa. Hanya saja waktunya kurang tepat apalagi jika penerimanya merupakan orang yang peka dan mudah tersinggung. Maka gurauan sepele seperti ini dapat merusak silaturahmi.

Baca juga: Kado Pernikahan Islami

Keutamaan Doa atau Ucapan Pernikahan Islami

Selain penting untuk mengucapkan doa dan ucapan pernikahan islami, doa ini sendiri memiliki keutamaan bagi penerimanya, yaitu :

1. Ucapan Pengantar

Doa pernikahan ini bisa dikatakan sebagai ucapan pengantar untuk memasuki gerbang pernikahan. Diharapkan kedua pasangan akan siap menghadapi segala macam ujian dan cobaan yang akan muncul nantinya.

2. Menjadikan Pernikahan Berkah

Yang menjadi tujuan utama pernikahan adalah kebahagiaan dan keberkahan. Tanpa keduanya, pernikahan hanyalah cangkang kosong. Doa dan ucapan pernikahan islami akan menjadi bahan bakar untuk mengisi daya kebahagiaan serta mendapatkan keberkahan Allah.

3. Menguatkan Kedua Pasangan

Doa yang kita ucapkan bisa menjadi penguat ketika keduanya sedang menghadapi badai rumah tangga. Rumah tangga tidak akan selalu adem, ayem dan tanpa prahara. Doa ini bukan untuk meniadakan prahara namun menguatkan mereka untuk menghadapinya.

Ucapan pernikahan islami atau doa yang kita sampaikan pada pasangan pengantin akan menjadi sumber energi positif. Oleh sebab itu, dari pada hanya sekedar ucapan Selamat Menikah, lebih baik kita ucapkan doa untuk pasangan ini.

Baca juga : Kata Mutiara Pernikahan

Demikian ulasan tentang ucapan pernikahan islami yang dapat Anda ucapkan dalam pernikahan. Doa ini pun sudah mewakili ucapan selamat dan suka cita yang ikut kita rasakan.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Pernikahan Beda Agama

Wahyoeni
4 min read

Pernikahan Dalam Islam

Wahyoeni
4 min read

Rukun Nikah

Wahyoeni
4 min read

Kado Pernikahan Islami

Wahyoeni
3 min read

Perceraian Dalam Islam

Wahyoeni
4 min read

Kata Mutiara Pernikahan

Wahyoeni
4 min read