Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Simak ulasan tentang √ ucapan selamat ulang tahun islami, √ ucapan Barakallah Fii Umrik dan √ doa-doa panjang umur pada artikel ini.


Ulang Tahun

Dalam definisi katanya ulang tahun adalah hari berulangnya suatu peristiwa yang sangat penting terjadi. Dan hari berulangnya ini terjadi dalam kurun waktu setiap tahunnya.

Barakallah-Fii-Umrik

Peristiwa ulang tahun yang sangat penting itu seperti hari kelahiran, hari pernikahan, hari kemerdekaan atau hari-hari yang merupakan peristiwa penting bagi orang tersebut.

Sedangkan berulang tahun berarti merayakan atas hari ulang tahunnya tersebut. Baik itu ulang tahun untuk dirinya sendiri atau ulang tahun untuk orang tuanya, keluarga, sahabat atau orang lain.

Begitu juga ketiak berulang tahun untuk merayakan hari pernikahannya, atau hari pernikahan kedua orang tuanya atau pernikahan sahabatnya.

Dalam memberi ucapan selamat ulang kepada keluarga, suami, istri, anak, kedua orang tua, sahabat atau yang lainnya. Alangkah baiknya jika dalam mengucapkannya menggunakan ucapan ulang tahun yang islami.

Di dalam islam sendiri sudah mengajarkan bagaimana mendoakan atau mengucapkan kata-kata islami yang baik kepada yang berulang tahun.

Kata-kata atau ucapan tersebut bermaksud untuk mendoakan kepada yang berulang tahun agar selamat, sejahtera dan sebagai rasa syukur kepada Allah.

Untuk itu pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang ucapan selamat ulang tahun islami dan doa-doa yang dipanjatkan untuk yang berulang tahun.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Ada banyak ucapan selamat ulang tahun yang bisa diberikan kepada yang berulang tahun dalam bahasa arab. Namun mungkin arti dan maknanya masih asing buat Anda. Hal ini dikarenakan Anda belum mengetahui maknanya.

1. Ucapan Barakallah Fii Umrik

Salah satu ucapan ulang tahun islami dalam bahasa arab yang sering diucapkan yaitu Barakallah Fii Umrik.

Kalimat tersebut mungkin pernah Anda dengar dari seseorang yang mengucapakan ulang tahun kepada Anda, atau mungkin juga Anda pernah lihat atau membaca di media sosial.

Bacaan Barakallah Fii Umrik

Ucapan-Ulang-Tahun-Islami

Bacaan Barakallah Fii Umrik Arab

براك الله في عمرك

Artinya :

“Semoga Allah memberkahi umurmu.”

Kalimat Barakallah Fii Umrik ini bisa diucapkan kepada siapa saja dengan maksud mendoakan kepanya semoga Allah melimpahkan dan meberkahi atas umurmu.

Pengucapan ini sebagai rasa syukur atas bertambahnya usia yang merupakan berkah dari Allah. Dan semoga keberkahan usia yang bertambah ini, bisa menjadi berguna dan bermanfaat bagin dirinya sendiri dan orang lain.

Rasulullah bersabda :

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Artinya :

“Sebaib-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang Lain.”

Dari hasist diatas dapat diambil kesimpulan, bahwa mengucapkan selamat ulang tahun yang mengandung arti baik, juga termasuk amal perbuatan yang bermanfaat bagi orang lain.

Jadi mengucapkan selamat ulang tahun islami dengan mengucapkan Barakallah Fii Umrik” juga baik. Bukan hanya sekedar mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” yang tidak mengandung arti apa-apa.

2. Jawaban Ucapan Barakallah Fii Umrik

Ketika Anda mendapatkan ucapan Barakallah Fii Umrik dari seseorang, Anda dianjurkan untuk menjawab ucapan tersebut.

Anda dapat membalas ucapannya dengan “Wa Fiika Barakallah” jawaban kalau yang mengucapkan adalah laki-laki. Dan “Wa Fiiki Barakallah” jawaban kalau yang mengucapkan adalah perempuan. Keduanya memiliki arti “Semoga Allah juga memberkahimu”.

Pemakaian kata “ka” dan “ki” pada kalimat “Fiika” atau “Fiiki”.

Pemakaian kata tsb seperti ketika mengucapkan “Syafakallah”, sebagai ucapan untuk laki-laki yang sedang sakit atau “Syafakillah” yang diucapkan untuk perempuan.

Kalian juga dapat membalas ucapannya dengan “Jazakallahu Khairan” yang artinya “Semoga Allah membalasmu dengan yang lebih baik” atau dengan menjawab “Syukron” yang artinya “Terima kasih”.

Dengan memberikan jawaban diatas terhadap ucapan “Barakallah Fii Umrik” berarti Anda juga mendoakan yang baik kepada sesorang yang mengucapkan kepada Anda.

Hal ini berarti sama-sama saling mendoakan dalam hal kebaikan seperti halnya ketika Anda bertemu dengan saudara muslim lainnya.

Yaitu dengan mengucapkan “Assalammuallaikum warohmatirullah hiwabarokatuh”. Dan Anda jawab dengan “Waallaikumsalam warohmaturullah hiwabarokatuh”.

Hukum Mengucapkan Barakallah Fii Umrik

“Sebaik-baiknya orang adalah orang yang panjang umurnya dan juga baik amal ibadahnya”
“Seburuk-buruknya orang adalah orang yang memiliki umur panjang namun buruk amal ibadahnya”

Hari ulang tahun adalah hari bertambahnya umur seseorang. Hari tersebut akan menjadi hari yang paling spesial bagi setiap orang.

Sebagai seorang muslim yang baik, menunjukkan kepedulian, dan sikap membahagiakan orang, merupakan tindakan yang dianjurkan dan tidak dilarang.

Selain ucapan selamat ulang tahun islami, juga saling memberi hadiah adalah tindakan yang baik. Hal ini sudah dicontohkan oleh Rasulullah di dalam haditsnya.

“Rasulullah biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya.” (HR. Bukhari, no. 2585).

Jadi dari hadist diatas memberikan hadiah pada saat ulang tahun atau mengucapkan selamat ulang tahun merupakan sesuatu yang baik.

Dan perbuatan ini sangat dianjurkan karena bisa mempererat hubungan persaudaraan antar sesama.

Doa Agar Diberikan Keberkahan Umur

Selain ucapan selamat ulang tahun islami dengan ucapan “Barakallah fii umrik”, Anda juga dapat mengucapkan doa-doa pajang umur lainnya.

Doa-doa ini untuk mendoakan suami atau istri, keluarga, saudara atau orang tua Anda agar selalu diberikan keberkahan umurnya.

Ucapan doa-doa ini juga dapat menjadi doa untuk Anda sendiri untuk memohon kepada Allah agar diberikan umur panjang dan keberkahan didalamnya.

Pengucapan doa-doa panjang umur ini kepada yang sedang berulang tahun akan memilki arti yang baik.

Daripada hanya sekedar mengucapkan ulang tahun dengan ucapan “Selamat Ulang Tahun” atau bahkan dengan bahasa barat “Happy Birthday”.

Simak beberapa doa panjang umur berikut.

1. Doa Ulang Tahun Mohon Panjang Umur

Doa panjang umur adalah doa yang dipanjatkan untuk memperoleh panjang umur dan keberkahan dalam umur panjangnya tersebut.

Bacaan Doa Ulang Tahun Mohon Panjang Umur

Doa-Ulang-Tahun-Mohon-Panjang-Umur

Bacaan Doa Ulang Tahun Mohon Panjang Umur Arab

اَللّهُمَّ اِنَّانَسْـأَلُكَ طُوْلَ الْعُمُرِ بِـالطَّاعَةِوَاخْتِمْ لَنَابِـالْأَعْمَالِ الصَّلِحَةِ

Artinya:

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mupanjang umur, yang selalu digunakan untuk ketaatan dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik”

Simak dan baca : Doa Agar Keluarga Sakinah

2. Doa Ulang Tahun Mohon Panjang Umur dan Keberkahan

Ketika berulang tahun, berarti memiliki tambahan umur. Untuk itu panjatkanlah doa memohon panjang umur dan keberkahan didalamnya. Keberkahan dala ibadahnya, diluaskan rizkinya dan dijauhkan dari kejahatan.

Bacaan Ulang Tahun Mohon Panjang Umur dan Keberkahan

Doa-Mohon-Panjang-Umur-dan-Keberkahan-Usia

Bacaan Ulang Tahun Mohon Panjang Umur dan Keberkahan Arab

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya:

“Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami”

“Dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”

Simak dan baca : Doa Sayyidul Istighfar

3. Doa Ulang Tahun Mohon Keselamatan

Pada waktu ulang tahun, panjatkanlah juga doa memohon panjang umur dan keselamtan. Memohon ampunan kepada Allah dan bertobat atas segala perbuatannya sebelum mati dan mohon ampunan setelah mati nanti.

Bacaan Doa Ulang Tahun Mohon Keselamatan

Doa-Mohon-Keselamatan

Bacaan Doa Ulang Tahun Mohon Keselamatan Arab

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Artinya:

“Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesegaran atau kesejahteraan pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati”

Semoga dengan mengucapkan doa-doa diatas dapat menjadikan Anda selalu mendekatkan diri kepada Allah dan selalu diberikan keberkahan di dalam penambahan umur.

Simak dan baca : Doa Keselamatan

Demikian ulasan tentang ucapan selamat ulang tahun islam yang bisa Anda ucapkan kepada saudara, sahabat atau kedua orang tua Anda. Semoga Anda panjang umur dan mendapatkan keberkahan dalam umur Anda.

Loading...

Tata Cara Berdoa

Wahyoeni
3 min read

Bacaan Ayat Kursi

Wahyoeni
5 min read

Doa Kafarah Ghibah

Wahyoeni
5 min read

Doa Qunut Nazilah

Wahyoeni
3 min read

Doa Masuk Masjid

Wahyoeni
2 min read