Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Simak ulasan tentang √ waktu mustajab untuk berdoa dan √ waktu yang baik untuk berdoa agar doanya segera dikabulkan pada artikel ini.

Pengertian Doa

Arti kata kata “doa” adalah seruan atau ucapan. Jadi berdoa artinya mengucapkan, menyerukan atau memanggil.

Sedangkan arti secara istilah “doa” adalah suatu permintaan yang diucapan atau dipanjatkan kepada Allah.

Waktu-Mustajab-Untuk-Berdoa

Jadi pengertian berdoa adalah memanjatkan atau mengucapkan suatu keinginan, permintaan kepada Allah sebagai Dzat Maha Mengabulkan dan Maha Memberi agar permohonannya dikabulkan oleh Allah.

Berdoa bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tujuan berdoa ialah untuk meminta sesuatu kepada Allah yang Maha Memberi.

Selain itu, dengan berdoa kita akan selalu dekat dengan-Nya. Sesungguhnya, hanya Allah satu-satunya Dzat yang Maha Memberi dan Mengabulkan.

Kita sebagai hamba-Nya wajib berharap dan berdoa hanya kepada Allah. Hamba yang berdoa dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan pertolongan dari Allah.

Agar doa dapat segera dikabulkan oleh Allah, maka Anda melakukannya ketika pada waktu-waktu yang mustajab ketika berdoa kepada Allah.

Pada ulasan ini akan diulas tentang beberapa waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah. Mari simak waktu-waktu mustajab atau waktu terbaik untuk berdoa berikut.

8 Waktu Mustajab Ketika Berdoa

Berdoa kepada Allah, berharap agar permohonannya dikabulkan oleh-Nya. Untuk itu ketika berdoa lakukan pada waktu terbaik ketika berdoa kepada Allah. Berikut beberapa waktu mustajab untuk berdoa.

1. Waktu Sepertiga Malam Terakhir

Sumilasi waktu sepertiga malam adalah sebagai berikut:

  • Waktu sepertiga malam pertama yaitu antara pukul 08:00 – 10:30 malam.
  • Waktu sepertiga malam kedua yaitu antara pukul 10:30 – 01:30 malam.
  • Waktu sepertiga malam ketiga (sepertiga malam terakhir) yaitu antara pukul 01:30 – 04:30 pagi.

Waktu-Sepertiga-Malam-Terakhir

Sepertiga malam terakhir adalah waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah.

Sesuai dengan sabda Rasulullah tentang mulianya waktu sepertiga malam terakhir ini:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya :

Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir.
Lalu Ia berfirman : “Siapakah yang berdoa kepadaku, maka aku akan mengabulkannya, Siapa yang meminta kepadaku, maka aku akan memberikannya dan siapa yang memohon ampun kepadaku maka akan Aku ampuni.”
(HR. Bukhari-Muslim).

Pada sepertiga malam terakhir tersebut, Allah akan menerima doa-doa dari hamba-Nya serta memenuhi untuk mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang bertahajud memohon ampunan-Nya.

Siapa saja dari hamba-Nya yang berdoa di sepertiga malam terakhir niscaya akan mudah dikabulkannya doa-doanya.

Dan siapa saja dari hamba-Nya yang meminta ampun kepada Allah di sepertiga malam terakhir niscaya dosanya akan diampuni.

Untuk itu waktu sepertiga malam terakhir ini sangat tepat untuk melakukan sholat malam atau sholat tahajud yang kemudian dititup dengan sholat penutup yaitu sholat witir.

Untuk lebih detail tentang niat, tata cara dan waktu sholat tahajud, silahkan baca artikel sholat tahajud.

2. Waktu Antara Adzan Dan Iqomah

Doa yang dipanjatkan antara adzan dan iqomah juga tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Jika seorang mukmin rutin mendengarkan adzan, maka ia akan selalu teringat tentang waktu mustajab untuk berdoa.

Ia juga akan memiliki kesempatan untuk berdoa yang dikabulkan oleh Allah. Sungguh, merupakan salah satu amalan yang sayang untuk dilewatkan.

Rasulullah bersabda :

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا

Artinya :

“Sungguh berdoa di antara waktu adzan dan iqomah tidak tertolak, maka pergunakanlah untuk berdoa.” (HR. Ahmad).

Sesungguhnya orang-orang yang datang ke masjid di awal waktu bisa melakukan sholat sunnah dan berdoa antara adzan dan iqomah.

Maka, biasakanlah diri untuk diam ketika mendengarkan Adzan untuk mendengarkan dan menjawab Adzan. Kemudian panjatkanlah doa setelah adzan dan sebelum Iqomah, niscaya doa Anda akan dikabulkan.

3. Waktu Hari Jumat

Hari jumat merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk doa. Karena hari Jumat adalah hari yang naik diantara hari-hari baik lainnya.

Sebagian ulama menjelaskan bahwa waktu paling mustajab untuk berdoa di hari Jumat adalah sejak dimulainya khutbah Jumat hingga selesainya sholat Jumat dilaksanakan.

Namun, ada pula sebagian ulama yang menjelaskan bahwa waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat adalah setelah sholat Ashar hingga matahari di hari Jumat terbenam.

Rasulullah bersabda :

إِنَّ فِي الْجُمُعَةِ سَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ فِيهَا خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَهِيَ بَعْدَ الْعَصْرِ

Artinya :

“Pada hari Jumat terdapat suatu waktu, dimana jika seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah seteah asar.” (HR. Ahmad).

Jangan sia-siakan untuk mendapatkan ampunan dari Allah dengan senantiasa berdoa pada waktu hari Jumat.

Hari Jumat adalah hari paling mulia diantara hari-hari yang lain. Karena di hari Jumat terdapat sholat Jumat yang hukumnya wajib bagi umat muslim laki-laki yang sudah baliq.

Simak dan baca tentang niat, waktu dan tata cara sholat Jumat pada artikel sholat Jumat.

4. Waktu Ketika Turun Hujan

Waktu-Terbaik-Untuk-Berdoa

Hujan merupakan rahmat Allah yang diturunkan bagi kelangsungan hidup manusia. Turunnya hujan diibaratkan sebagaimana turunnya rizki dari Allah SWT.

Tahukah Anda, turunnya hujan merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Karena di waktu itulah semua mahluk di bumi merasa bahagia atas turunnya rahmat Allah berupa limpahan air hujan.

Doa yang dipanjatkan di waktu turun hujan tidak akan tertolak doanya oleh Allah. Hal ini sesuai dengan Hadist riwayat Hakim.

Rasulullah bersabda :

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Artinya :

“Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan yaitu : Saat bertemunya dua pasukan (tantara yang bertempur). Saat menjelang shalat dilaksanakan, dan saat hujan turun.” (HR.Baihaqi).

Dari sabda Rasulullah diatas bahwa terdapat tiga doa yang tidak tertolak. Ketiga waktu doa yang tidak tertolak adalah bertemunya dua pasukan, waktu menjelang sholat dan waktu ketika turun hujan.

Simak dan baca juga : Doa Turun Hujan

5. Waktu Ketika Berbuka Puasa

Menjelang saat berbuka puasa merupakan waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan doa. Doa yang dipanjatkan pada saat tersebut niscaya tidak akan tertolak oleh Allah SWT.

Karena waktu berbuka puasa adalah waktu dimana seseorang telah selesai menjalankan ibadah puasa dengan menahan segala nafsunya.

Hal tersebut sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Baginda Rasulullah dalam sabdanya.

Rasulullah bersabda :

ﺛﻼﺙ ﻻ ﺗﺮﺩ ﺩﻋﻮﺗﻬﻢ ﺍﻟﺼﺎﺋﻢ ﺣﺘﻰ ﻳﻔﻄﺮ ﻭﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻌﺎﺩﻝ ﻭ ﺍﻟﻤﻈﻠﻮﻡ

Artinya :

”Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang terzhalimi.”

Dari hadist diatas bahwa doa orang yang berpuasa ketika akan berbuka tidak akan tertolak oleh Allah SWT. Bahkan, terdapat hadis lain yang meriwayatkan bahwa sepanjang waktu berpuasa adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

Simak dan baca juga : Doa Berbuka Puasa

6. Waktu Ketika Minum Air Zam-Zam

Air zam-zam adalah air suci yang bersumber di tanah Haram Mekah Mukaromah. Silahkan memanjatkan doa setelah minum air zam-zam sebab ini merupakan waktu mustajab untuk berdoa.

Hal tersebut sesuai dengan hadis riwayat Ibnu Majah.

Rasulullah bersabda :

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

Artinya :

“Air zamzam tergantung keinginan seorang yang meminumnya.”

Dari sabda Rasulullah diatas, dapat dipahami bahwa khasiat air zam-zam itu tergantung pada keinginan orang yang meminumnya.

Dari sini para ulama menyimpulkan bahwa waktu ketika minum air zam-zam adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Berdoalah terlebih dahulu sebelum meminum air zam-zam. Niscaya, apa yang diharapkan akan dikabulkan oleh Allah.

7. Waktu Setelah Mengerjakan Sholat 5 Waktu

Waktu lain yang mustajab untuk memanjatkan doa adalah setelah melakukan sholat 5 waktu.

Rasulullah pernah ditanya oleh sahabatnya, “Doa apakah yang paling dikabulkan (oleh Allah)?”

Rasulullah menjawab:

جوف الليل الآخر ودبر الصلوات المكتوبات

Artinya :

“Doa yang dipanjatkan pada bagian malam terakhir, dan doa setelah sholat fardhu.” (HR Tirmidzi)

Maka setelah Anda menyelesaikan sholat fardhu atau sholat wajib, jangan terburu-buru untuk beranjak setelah melakukan ibadah sholat wajib tersebut.

Duduklah sejenak, berdzikir dan panjatkan doa yang Anda harapkan agar bisa dikabulkan oleh Allah.

Untuk mengetahui tentang niat, tata cara dan bacaan sholat fardhu silahkan simak artikel bacaan sholat wajib.

8. Waktu Ketika Sujud Dalam Sholat

Waktu mustajab dalam berdoa selanjutnya adalah ketika melakukan sujud dalam sholat. Oleh karena itu, banyak ulama yang menganjurkan untuk memperpanjang waktu sujud ketika menunaikan ibadah sholat sunnah.

Rasulullah bersabda :

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ رواه مسلم

Artinya :

“Sedekat-dekatnya seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa.” (HSR. Muslim).

Maka perbanyaklah doa ketika sedang bersujud dalam sholat. Niscaya, doa yang dipanjatkan tidak akan tertolak oleh Allah SWT.

Simak dan baca juga : Amalan Agar Doanya Segera Dikabulkan

Demikian ulasan tentang beberapa waktu terbaik untuk berdoa kepada Allah. Allah senantiasa mendengarkan apa yang hambaNya butuhkan. Sebagai hamba, manusia wajib berdoa dan berusaha hanya mengharap ridho dan pertolongan dari Nya.

Loading...

Doa Sayyidul Istighfar

Wahyoeni
3 min read

Doa Qunut

Wahyoeni
3 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Wahyoeni
3 min read

Doa Ziarah Kubur

Wahyoeni
7 min read

Doa Akhir Tahun

Wahyoeni
6 min read