Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa untuk Anak Perempuan

Doa adalah senjata bagi orang beriman dan menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Memanjatkan doa untuk anak perempuan adalah sebuah kewajiban yang perlu dilakukan oleh orang tua.

Merupakan hak anak-anak muslim untuk didoakan oleh orang tuanya. Bahkan berdoa untuk anak sebelum mereka lahir sangat dianjurkan. Berdoa bisa menjadi bekal untuk segala hal baik yang ada dalam kehidupan anak perempuan di masa yang akan datang.

Alasan Mengapa Membacakan Doa Untuk Anak Perempuan itu Penting

Anak merupakan sebuah amanah yang telah Allah titipkan kepada hamba-Nya. Menjadi orang tua tentu tugas yang amat berat, namun apapun ujian yang dihadapi ketika merawat anak, orang tua tetap harus bersabar dalam menghadapinya.

Semarah atau sejengkel apapun orang tua, merawat anak adalah kewajiban yang tidak pernah akan lekang. Orang tua juga harus tetap mendoakan kebaikan anak perempuannya. Itulah mengapa memanjatkan doa untuk anak perempuan sangat penting, di antaranya adalah:

1. Doa Orang Tua Pasti Dikabulkan

Mengapa orang tua harus memanjatkan doa untuk kebaikan anak perempuannya? Seba, doa yang diucapkan oleh orang tua pasti dikabulkan oleh Allah SWT.

Sebagaimana Nabi Muhammad pernah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairoh bahwasannya ada 3 jenis doa yang pasti Allah kabulkan tanpa ada keraguan.

Tiga doa itu akan dikabulkan jika datang dari orang telah dizalimi, doa dari musafir, dan doa yang dipanjatkan oleh orang tua terhadap anak-anaknya.

2. Mengikuti Sunah Nabi

Memanjatkan doa untuk anak perempuan Islam juga merupakan bagian dari sunah nabi. Sebagaimana sebuah hadis menyatakan bahwasannya suatu ketika Nabi Muhammad berada di rumah Ummu Sulaim dan dihidangkan kurma beserta samin.

Nabi kemudian mengatakan kepada Ummu Sulaim untuk mengembalikan samin dan kurma pada tempatnya karena sedang berpuasa.

Nabi pergi ke sudut rumah Ummu Sulaim dan melaksanakan sholat sunnah.  Selesai sholat sunnah, nabi kemudian mendoakan kebaikan pada Ummu Sulaim beserta keluarganya.

3. Mendapat Keberkahan

Ketika seorang anak perempuan senantiasa mendapatkan doa dari orang tuanya, maka hidupnya akan penuh dengan keberkahan. Doa untuk anak perempuan memberikan hidup anak lebih berkah dan bermanfaat kedepannya.

Rasulullah SAW sendiri pernah bersabda kepada putrinya, Fatimah untuk datang ke hadapan nabi bersama dengan suami dan anak-anaknya. Fatimah kemudian datang bersama keluarga kecilnya. Nabi kemudian menyelimuti anak dan cucunya menggunakan kain fadak.

Setelah itu, nabi memasukkan tangannya ke dalam kain fadak sambil memanjatkan doa kepada Allah untuk memberikan keberkahan kepada anak dan cucunya. Maka dari itu, orang tua harus sering mendoakan anaknya sebagaimana Nabi mendoakan keluarga anak perempuannya, Fatimah.

4. Doa adalah Cerminan Hati

Pada hakikatnya, doa merupakan cerminan dari hati orang tuanya yang menggambarkan kasih sayang dan cinta untuk anak perempuannya. Doa orang tua untuk anak perempuan menjadi bukti sesungguhnya orang tua sangat menyayangi anaknya.

Segala lantunan doa yang terpanjat dari lidah orang tua merupakan wujud cintanya mereka. Semakin orang tua mencintai anak perempuannya, maka akan semakin banyak doa-doa baik yang terucapkan oleh keduanya.

5 Macam Doa untuk Anak Perempuan dalam Islam

1. Doa Supaya Anak Menjadi Perempuan yang Pintar

Menjadikan seorang anak perempuan menjadi sosok yang cerdas atau pintar memang bukan hal yang mudah. Orang tua membutuhkan metode pendidikan yang cukup disiplin agar anak berkembang menjadi pribadi yang pandai.

Memberikan pendidikan secara formal saja dinilai belum cukup untuk bisa menumbuhkan kecerdasan dalam diri anal. Orang tua juga perlu menambahkan pendidikan informal agar bisa menunjang kecerdasan yang diperlukan oleh sang anak.

Selain memberikan pendidikan formal dan informal, orang tua juga perlu mendoakannya. Orang tua perlu memanjatkan doa harapan untuk anak perempuan agar bisa menjadi seseorang yang pandai dan cerdas, berikut adalah doanya:

 اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

“Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”

Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hambaMu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

2. Doa Agar Anak Menjadi Solehah

Siapa yang tidak ingin mendapatkan anak perempuan yang solehah? Semua orang tua di manapun selalu menginginkan anak yang solehah, taat kepada Allah dan juga orang tuanya. Nah, orang tua bisa mendoakan kebaikan pada anak perempuannya sambil menanamkan pendidikan akhlak setiap harinya.

Mendidik dengan akhlak baik juga perlu dibarengi dengan memanjatkan doa untuk anak perempuan solehah.

Allah akan mengabulkan doa yang dipanjatkan dengan sungguh-sungguh oleh orang tua. Jika menginginkan anak perempuan menjadi sosok yang solehah dan baik, orang tua bisa membacakan doa yang terdapat di surat Ali Imran ayat 38:

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

“Robbìy hablìy mìl ladunka dzurrìyyatan thoyyìbatan ìnnaka samì’ud du’a.”

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran Ayat 38).

3. Doa Agar Anak Selalu Mendapat Kebaikan

Orang tua pasti ingin anaknya senantiasa mendapatkan kebaikan dan terhindar dari segala macam keburukan karena pengaruh lingkungan dan pergaulan. Orang tua bisa menjaga dan merawat sang anak sambil terus memanjatkan doa demi kebaikan anaknya dengan membacakan doa ini:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

4. Doa Supaya Anak Perempuan Rajin Beribadah

Tiga amalan yang tidak akan terputus ketika seseorang meninggal adalah sedekah,  ilmu yang bisa membawa manfaat dan doa dari anak yang soleh/solehah.

Nah, jika ingin anak perempuan menjadi sosok yang solehah dan rajin ibadahnya, maka orang tua harus bisa mendidiknya dengan sebaik mungkin. Anak yang rajin ibadahnya pasti akan taat pula kepada Allah dan ajaran agamanya.

Selain memberi pendidikan agama yang terbaik, orang tua juga harus tetap mendoakan kebaikan anak-anaknya supaya rajin beribadah. Adapun doa yang bisa dipanjatkan orang tua agar anak perempuannya bisa rajin dalam beribadah adalah:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

“Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.”

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

5. Doa Supaya Anak Bertaqwa Kepada Allah

Orang tua sangat berperan dalam tumbuh kembang anaknya. Anak perempuan yang bagus agamanya tergantung dari cara didik orang tuanya.

Jika ingin anak perempuan tumbuh menjadi orang yang bertaqwa dan beriman, maka orang tua tua tidak hanya perlu memberikan pendidikan terbaik, namun juga rajin untuk mendoakannya. Beriman dan bertakwa adalah pondasi paling penting yang perlu ditanamkan oleh anak sejak sedini mungkin.

Maka dari itu, selalu panjatkan doa terbaik untuknya. Contoh doa untuk anak perempuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaannya ini tertuang dalam surat Al Furqan ayat 74:

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Artinya: “Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Baca juga Doa Mandi Junub

Waktu yang Tepat untuk Berdoa

Memanjatkan doa perlindungan untuk anak perempuan untuk segala hal  kebaikan dalam dirinya adalah hal yang perlu dilakukan oleh orang tua manapun. Ketika hendak berdoa, ternyata ada beberapa waktu yang dinilai mustajab agar segala macam doa bisa dikabulkan oleh Allah. Kapan sajakah itu?

  1. Sepertiga malam
  2. Selesai sholat wajib
  3. Ketika adzan berkumandang
  4. Saat bersujud dalam sholat
  5. Di antara adzan dan iqomat
  6. Saat hujan
  7. Hari Jumat
  8. Hari arafah
  9. Saat berbuka puasa
  10. Saat hendak minum air zam-zam

Sudah tahu alasan mengapa memanjatkan doa kepada anak perempuan sangat penting untuk kehidupan sang anak kelak, bukan?

Maka dari itu, mulai dari lahir hingga besar, orang tua sangat dianjurkan untuk senantiasa mendoakan kebaikan untuk anaknya karena doa orang tua terutama ibu, sangat diijabah oleh Allah SWT. Jadi, jangan coba terputus untuk terus memanjatkan doa untuk anak perempuan.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa untuk Anak Ulang Tahun

Wahyoeni
4 min read

Doa untuk Anak Sakit

Wahyoeni
4 min read

Doa Anak Baru Lahir

Wahyoeni
4 min read

Doa Masuk Kelas

Wahyoeni
4 min read

Doa Masuk Kamar Tidur

Wahyoeni
3 min read

Doa Masuk Kuburan

Wahyoeni
3 min read