Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Keutamaan Membaca Alquran

Membaca Alquran memiliki banyak sekali manfaat terutama ketika rutin dilakukan setiap harinya. Ada banyak sekali keutamaan membaca alquran yang bisa Anda dapatkan seperti yang diriwayatkan dalam Alquran dan Al-Hadist.

Apalagi Alquran merupakan pedoman utama bagi umat Islam sehingga wajib dibaca dan dipahami artinya. Dengan demikian, umat Islam tidak akan tersesat karena selalu berpegang teguh pada isi Alquran.

Jika Anda belum sempat merutinkan membaca Alquran, ada baiknya untuk mengetahui apa saja keutamaan membaca Alquran. Dengan demikian, Anda akan lebih bersemangat dalam membaca dan memahami isi Alquran.

Hukum Membaca Alquran Bagi Umat Islam

Sebenarnya, ada banyak sekali pandangan mengenai hukum membaca Alquran. Ada yang menyebutkan hukumnya wajib, ada pula yang menyebutkan hukumnya adalah sunnah.

“Dikutip dari situs Almanhaj, membaca Alquran itu dianjurkan sebagaimana kemampuan setiap orang. Misalnya hanya mampu satu ayat sehari, maka bacalah satu ayat dalam sehari.”

Sebab, dalam firman Allah surat Al-Kahfi ayat 27 yang artinya:

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Tuhanmu (Alquran) …” (QS. AL-Kahfi: 27)

Jadi, Allah memberi perintah untuk membaca Alquran namun tidak ada penekanan untuk mewajibkan. Adapun membaca Alquran sangat dianjurkan oleh Rasulullah seperti sabdanya:

“Bacalah Alquran karena dapat mendatangkan syafaat bagi pembacanya di hari kiamat.” (HR Muslim)

Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk membaca Alquran karena terdapat banyak syafaat yang bisa didapatkan. Maka dari itu, jangan sampai meninggalkan Alquran jika ingin mendapat syafaat di hari kiamat nanti.

Hukum Membaca Alquran
sumber gambar: news.detik.com

Keutamaan Membaca Alquran Secara Rutin

Jika Anda mulai merutinkan membaca Alquran, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Berikut ini beberapa manfaat membaca alquran yang harus Anda ketahui sebagai seorang Muslim.

1. Mendapatkan Ganjaran Pahala yang Melimpah

Ketika membaca Alquran ada banyak pahala kebaikan yang bisa didapatkan. Bukan hanya untuk yang bacaannya sudah bagus dengan lancar. Tapi juga untuk yang masih belajar dengan bacaan yang masih terbata-bata.

Dalam hadist diriwayatkan Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Aisyah RA Rasulullah SAW bersabda, “yang lancar membaca Alquran maka akan dikumpulkan bersama para malaikat, sedangkan untuk ia yang membaca Alquran dengan terbata-bata dan mengalami kesulitan maka akan mendapatkan dua kebaikan baginya.” (HR Muslim & Bukhari)

Jadi, ketika berusaha untuk membaca Alquran walaupun masih terbata-bata tetap akan mendapatkan pahala. Bahkan mendapatkan dua pahala kebaikan yaitu pahala membaca dan pahala belajar.

Tidak hanya itu, saat membaca Alquran pun pahalanya dihitung setiap huruf yang dibaca. Maka semakin banyak ayat Alquran yang dibaca, semakin besar pula pahala yang bisa didapatkan.

Itulah salah satu keistimewaan alquran yang sudah dijanjikan oleh Allah dalam Alquran dan diperkuat sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadist.

2. Apabila Berdagang Maka Tidak Akan Mendapat Kerugian

Salah satu janji Allah dalam Alquran menyebutkan bahwa dengan membaca Alquran maka ketika berniaga tidak akan mengalami kerugian. Hal tersebut tertuang pada Alquran surat Fathir ayat 29 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian hartanya yang telah kami anugerahkan padanya secara diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak merugi …” (QS Fathir: 29)

3. Mendapatkan Syafaat pada Hari Kiamat Nanti

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bacaan Alquran dapat memberikan syafaat untuk pembacanya di hari kiamat. Selain itu, pembaca Alquran juga tidak akan merasa gelisah ketika hari kiamat tiba.

4. Alquran dapat Menjadi Obat Penyakit Fisik dan Hati

Apakah Anda sering merasa hati tidak tenang? Maka salah satu obatnya adalah dengan membaca Alquran. Sebab, Alquran dapat menenangkan hati dan jiwa. Selain itu juga dapat menjadi obat penyakit fisik.

Ketika sakit, Anda dianjurkan untuk lebih rutin membacanya selain ditunjang dengan obat-obatan dan perawatan dokter. Jika tidak bisa, maka bisa minta keluarga untuk membacakannya dan Anda mendengarkan.

Hal ini diperkuat dengan firman Allah dalam Alquran yang artinya:

“Orang-orang yang beriman hatinya akan tentram dengan (membaca) petunjuk Allah (Alquran). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (Alquran) maka hati akan menjadi tentram.” (QS ar-Ra’d: 28)

Jadi, untuk Anda yang sedang merasa hati kurang tentram dan penyakit fisik yang sulit sembuh, perbanyaklah membaca Alquran.

5. Mengusir Setan dari Rumah

Tidak dapat disangkal bahwa kehidupan kita di dunia ini bersama dengan jin dan setan. Sadar maupun tidak, jin dan setan ada di sekitar kita bahkan menetap di rumah.

Perlu Anda ketahui bahwa setan adalah musuh kita yang akan selalu mengajak pada kemusyrikan dan perbuatan maksiat. Jangan biarkan setan menetap di rumah Anda.

Oleh karena itu, Anda dapat memperbanyak bacaan Alquran di rumah untuk mengusir setan dari rumah yang Anda huni. Jangan biarkan rumah seperti kuburan yang dihuni oleh setan.

Maksud dari seperti kuburan adalah penghuninya tidak mengisinya dengan shalat dan bacaan Alquran. Sebab, rumah seperti itu akan sangat disukai oleh setan bahkan menjadi sarang setan.

Dalam sebuah hadist diriwayatkan”

“… Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya dibacakan surat al-Baqarah.” (HR at-Tirmidzi)

Untuk itu, agar rumah Anda tidak dipenuhi oleh setan maka isilah rumah dengan shalat, dzikir, dan bacaan Alquran. Selain terhindar dari setan juga penghuninya akan merasa rumah menjadi lebih luas.

6. Dikumpulkan bersama Malaikat di Surga

Membaca Alquran juga sangat dianjurkan terutama ketika bulan Ramadhan ketika semua amalan pahalanya dilipat gandakan.

Salah satu keutamaan membaca alquran di bulan Ramadhan adalah masuk surga bersama para malaikat yang taat. Maka dari itu, sebaiknya perbanyak membaca Alquran terutama di saat bulan suci Ramadhan.

Anda bisa mengambil lebih banyak manfaat serta ganjaran pahala yang berkali-kali lipat jika mengerjakannya ketika sedang berpuasa.

7. Tidak Akan Tersesat dan Celaka

Alquran adalah pedoman utama yang harus diikuti oleh setiap Muslim. Maka dari itu, siapa saja yang membaca dan memahami isi Alquran tidak akan sesat. Selain itu juga dapat terhindar dari marabahaya.

8. Keutamaan Lainnya

Keutamaan lainnya dari membaca Alquran yang disebutkan oleh para ulama diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Orang yang rajin membaca Alquran, derajatnya akan terus dinaikkan.
  • Bagi orang yang menghafalkan Alquran maka dapat membangunkan rumah untuk orangtuanya di surga serta dinaikkan derajatnya.
  • Rumah orang yang rajin membaca Alquran dapat memberikan sinar kebaikan untuk para penghuni langit.

Masih ada banyak keutamaan membaca Alquran lainnya yang bisa didapatkan jika Anda rajin membacanya. Untuk mendapatkan lebih banyak keutamaan, sempatkanlah membaca Alquran setiap harinya walaupun hanya satu ayat.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.