Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Masjid Dengan Arsitektur Unik di Indonesia

Simak ulasan tentang √ masjid yang memiliki bangunan unik dan √ masjid yang memiliki arsitektur unik di Indonesia pada artikel ini.


Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk agama Islam. Seiring dengan hal tersebut, ada hal menarik dari sisi arsitektur masjidnya. Ya, masjid-masjid dengan desain yang berbeda dan unik di tiap daerah.

Nah, keunikan ini merupakan salah satu cara bila Anda ingin travelling sekaligus melakukan wisata religi ke masjid-masjid dan melihat keunikan-nya.

Menarik, apa saja masjid yang memiliki arsitektur unik ini?

Kali ini wisatanabawi.com sudah merangkum tentang beberapa keunikan arsitektur masjid-masjid di Indonesia di bawah ini.

Masjid yang memiliki Arsitektur Unik di Indonesia

Simak daftar masjid yang memiliki arsitektur unik di Indonesia berikut.

1. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal Jakarta Yang Memiliki Arsitektur Unik

Masjid Istiqlal menjadi salah satu masjid dengan bangunan yang unik dan terbilang sangat bagus di ibu kota negara. Masjid ini tepat berada di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar.

Masjid ini memiliki 5 lantai yang mana menjadi poin rukun Islam dan juga mengingatkan untuk melakukan 5 kewajiban yang harus dilakukan. Keunikan lainnya, pintu dari masjid ini memiliki arsitektur Asmaul Husna.

Perlu diketahui bahwa masjid ini merupakan masjid terbesar yang ada di Asia Tenggara dan dibangun sebagai rasa syukur kemerdekaan Indonesia.  Bangunan ini berdiri di tanah seluas 9,5 hektar dan berdiri sangat megah.

2. Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Chang Ho Surabaya Memiliki Arsitektur Unik Di Indonesia

Jika ingin melakukan wisata religi di Jawa Timur, terdapat sebuah masjid yang memiliki arsitektur unik yaitu Masjid Cheng Ho. Masjid ini tepatnya berada di Jalan Gading nomor 2 Ketapang.

Gaya masjid yang ada di Surabaya ini yaitu dengan gaya Oriental China dan dibangun oleh pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho dan masyarakat Tionghoa.

Arsitektur yang ada di masjid ini diilhami oleh masjid Niujie yang ada di Beijing. Pada dasarnya bangunan masjid unik ini merupakan perpaduan dari gaya arsitektur dari Jawa dan juga Arab.

3. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh Memiliki Bangunan=arsitektur Unik

Masjid yang mirip dengan Taj Mahal yang ada di India ini terbangun dengan arsitektur yang sangat bagus dan juga megah.  Terletak tepat di jantung Kota yang ada di banda Aceh.

Tempatnya yang berada di titik pusat kegiatan yang ada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini menjadikan salah satu wisata religi yang banyak diminati.

Gaya dari masjid ini yaitu khas Mughal India. Lantai masjid ini terbuat dari marmer buatan Italia dan mampu menampung hingga sembilan ribu jamaah. Adanya kubah dan juga 5 menara dengan 1 menara induk menjadi ciri khas tersendiri.

4. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus Dengan Bangunan=arsitektur Unik

Untuk lokasi masjid yang biasa dijadikan wisata jenis religi yang satu ini berada di Desa Kauman Kudus Jawa Tengah.

Banyak sekali umat muslim yang melakukan ziarah ke tempat dimana wali songo melakukan siaran agama ditempat ini.  Masjid menara kudus ini dibangun oleh seorang Sultan Kudus yang mana menggunakan batu pertama dari Baitul Maqdis yang ada di Palestina.

Arsitek yang ada pada masjid menara Kudus ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan corak Hindu pada zaman Majapahit.

Ciri khas dari masjid ini adanya gapura dan juga pancuran padasan yang biasa digunakan untuk tempat wudhu. Dibangun tepat pada tahun 1549 menjadikan masjid ini merupakan masjid tertua di Jawa.

5. Masjid Ramlie Musofa Jakarta

Masjid Ramlie Mustofa Jakarta Masjid Yang Memiliki Arsitektur Unik

Ketika hendak berwisata dalam religi yang bisa dilakukan di Ibu Kota Jakarta selain masjid Istiqlal yaitu di Masjid Ramlie Musofa. Masjid ini berada di Jalan Danau Sunter Selatan 1 Jakarta Utara.

Dengan tanah seluas 2.000 meter persegi ini, dibangun megah sebuah masjid dengan arsitektur bangunan yang berasal dari Turki dan juga Italia. Ornamen ukiran yang ada di masjid ini mendatangkan khusus dari Pulau Jawa.

Sama halnya dengan masjid yang ada di Aceh, masjid ini memiliki arsitektur seperti Taj Mahal. Namun terdapat perbedaan yang menonjol di masjid ini,  adanya unsur budaya yang ada pada ukiran masjid yaitu unsur budaya Indonesia, Tionghoa, India, dan juga Arab.

6. Masjid Kubah Emas Depok

Masjid Kubah Emas Depok Masjid Yang Memiliki Arsitektur Unik Di Indonesia

Masjid ini biasa dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas. Adapun, nama lain dari masjid ini yaitu Masjid Dian Al Mahri.  Disebut dengan kubah emas dikarenakan memiliki 8 kubah yang dilapisi dengan emas 22 karat.

Lokasinya yang strategis menjadikan masjid ini menarik banyak wisatawan untuk melakukan wisata religi di tempat ini.

Bangunan masjid ini dibangun di atas tanah seluas 8 ribu meter persegi.  Masjid ini terdiri dari 5 jubah yang dilapisi dengan emas dan melambang kan kelima rukun Islam.  Tidak hanya itu saja, ada pula enam menara yang berdiri megah dan melambang kan rukun iman yang ada di agama Islam.

7. Masjid Al Irsyad Bandung

Masjid Al Irsyad Bandung Masjid Yang Memiliki Arsitektur Unik Di Indonesia

Ketika berwisata religi ke Bandung,  terdapat sebuah masjid dengan arsitektur yang sangat bagus dan menarik.  Tepat berada di Padalarang, Bandung Barat, Masjid Irsyad di Bandung dengan megahnya.  Masjid ini dibangun pada tahun 2009 dengan arsitektur yang berbeda.

Keunikan yang ada di masjid ini terletak pada bentuk mihram yang mengusung konsep Keindahan Alam dan Kebesaran Allah.  Mihrab ini langsung menghadap gunung dan bukit yang sangat asri tanpa penghalang apapun.

Selain itu, masjid Al Irsyad ini juga tampak berbeda dari konsep-konsep Masjid yang biasanya kita temui. Masjid ini memiliki konsep futuristik yang biasa kita lihat di hunian terkini atau blog-blog interior, seperti dekadeko. Meskipun mengusung konsep urban, unsur Islam tidak hilang, misalnya kaligrafi pada dinding.

8. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat Masjid Yang Memiliki Arsitektur Unik Di Indonesia

Masjid yang menjadi ikon kota Padang ini merupakan masjid termegah di Sumatera Barat.  Berbeda dengan masjid pada umumnya, masjid ini tidak memiliki kubah. Arsitek yang membangun masjid ini dirancang untuk bisa tahan gempa hingga 10 SR bahkan shelter lokasi evakuasi ketika terjadi tsunami.

Untuk jamaah yang bisa ditampung mampu mencapai hingga 20.000 jamaah, tentunya hal tersebut sebanding dengan luas area yang sangat besar yaitu 40.343 meter persegi.

Di atap masjid ini terdapat empat bentangkan kain yang menggambarkan ketika suku Quraisy berselisih pendapat.  Bahkan tidak hanya di atap masjid saja, masjid ini memiliki cukup banyak pintu dan mendapat julukan masjid Seribu Pintu Angin. 

9. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak Masjid Yang Memiliki Arsitektur Unik Di Indonesia

Sesuai dengan namanya,  masjid ini berada di Demak dan berdiri sejak abad ke 15. Masjid ini dibangun oleh sultan pertama  dari Raden bernama Raden Patah dan juga bersama Walisongo.

Tentunya masjid ini masuk dalam kategori masjid tertua yang ada di Indonesia. Ada beberapa simbol dari arsitektur yang ada di masjid ini seperti halnya kekhasan tradisional Indonesia yang ada pada bagian depan masjid dan juga pada atap atap masjid.

Lokasi dari masjid ini tepat berada di kampung kampung Kauman, Kelurahan Bintoro Kabupaten Demak. Untuk sampai di masjid ini sangat mudah karena berada di pusat keramaian kota Demak tepatnya berada di alun-alun.

10. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda Masjid Yang Memiliki Arsitektur Unik Di Indonesia

Masjid terbesar di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal yaitu Masjid Islamic Center yang ada di Samarinda di depan masjid ini terdapat sebuah Sungai Mahakam dan juga memiliki menara serta kubah yang sangat besar berdiri tegak dengan kokoh. Masjid ini berada di luas lahan 43500 M2 dengan luas bangunan 7115 meter.

Di masjid ini terdapat sebuah balkon atau mezzanine sebesar 5290 m dan memiliki 7 menara yang mana menara utama setinggi 99 meter. Menara tersebut melambangkan sebuah nama-nama Allah yang baik atau yang sering kita sebut dengan Asmaul Husna yang berjumlah 99. 

11. Masjid Rahmatan Lil Alamin Indramayu

Masjid Rahmatan Lil Alamin Indramayu Masjid Yang Memiliki Arsitektur Unik Di Indonesia

Masjid yang terletak di kampus Al-Zaytun Desa Mekar Jaya tepatnya Kecamatan Haurgeulis Indramayu ini dibangun pada tahun 2000 di tanah seluas 6,5 hektar.

Jumlah jamaah yang bisa ditampung di masjid ini mencapai 200 ribu jamaah tentunya jumlah yang terbilang sangat mewah.  Wisata religi yang satu ini memiliki 7 lantai dengan ukuran 99 * 99 m di setiap tingkatnya.

Gaya tradisional yang ada di masjid ini  mengusung masjid populer yang ada di dunia. Terdapat sebuah lekukan mikroba tradisional yang mana mengadopsi lekukan masjid Cordoba yang ada di Umayyah.

Tidak hanya itu saja, di masjid ini terdapat lengkungan di gerbang utama yang mana mengadopsi seperti halnya masjid di Mesir yang dibangun oleh fatimiah. 

12. Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang Masjid Yang Memiliki Arsitektur Unik Di Indonesia

Masjid yang berada di Jawa Tengah ini memiliki payung hidrolik yang akan melindungi para jamaah dari panas maupun hujan. Berbicara mengenai payung tersebut tentunya banyak orang yang merasakan seolah-olah berada di Masjid Nabawi.

Masjid ini sangat  bersejarah seperti halnya masjid yang lain yang berada di Jawa. Berlokasi di pusat kota Semarang, letaknya dekat dengan kantor pemerintahan.  Masjid ini memiliki banyak wisatawan yang hendak melakukan wisata religi.

Biasanya payung yang ada di masjid ini hanya akan dimekarkan ketika hari Jumat dan juga hari besar saja.  pemakaian Mas ini memiliki tinggi 99 meter yang mana mencerminkan Asmaul Husna. Takbiran masjid ini bisa dilihat dan terlihat sangat megah ah dari jarak pandang kota Semarang.

13. Masjid Kapal Semarang

Masjid Kapal Semarang Masjid Yang Memiliki Arsitektur Unik Di Indonesia

Seperti namanya,  arsitektur dari masjid ini menyerupai sebuah kapal.  Filosofi dari masjid ini mengusung cerita nabi Nuh yang menyeru umatnya untuk bisa bertaqwa kepada Allah.

Masjid ini dibangun pada tahun 2015 dan biasa dijadikan sarana wisata religi dari berbagai wilayah.  Tidak hanya desain dari masjid saja yang unik, tempat ibadah ini juga dikelilingi oleh kolam air yang menjadikan wisata ini lebih segar dan nyaman.

Beberapa masjid yang memiliki arsitektur bagus tersebut biasa dijadikan wisata religi oleh masyarakat sekitar maupun luar daerah.  Tentunya selain untuk referesh pikiran juga bisa sembari mendekatkan diri kepada yang kuasa.

Dengan melihat beberapa arsitektur unik tentunya akan menambah semangat dalam beribadah.

Baca juga : Aplikasi Mencari Masjid Terdekat

Demikian ulasan mengenai 13 masjid dengan arsitektur unik yang ada di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke kota yang terdapat masjid tersebut, silahkan mampir untuk menunjunginya.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Rukun Islam

Wahyoeni
7 min read

Arti Mimpi Dalam Islam

Wahyoeni
7 min read

Tarikh Islam

Wahyoeni
3 min read

Aplikasi Adzan Otomatis

Wahyoeni
3 min read

Wanita Sholehah

Wahyoeni
6 min read