Wanita Sholehah

Simak tentang √ wanita sholehah, √ ciri-ciri wanita sholehah dan √ seperti apakah wanita sholehah yang di harapkan oleh setiap pria?


Wanita Sholehah

Wanita-Sholehah

Wanita sholehah adalah wanita dambaan dari setiap laki-laki yang kelak menjadi suami dari wanita tersebut. Bahkan tak jarang Anda mendengar ungkapan berikut ini :

Sebaik-baiknya Perhiasan Dunia adalah Wanita Sholehah

Maksud wanita sholehah sebagai perhiasan terindah adalah karena keindahan bentuk atau wujudnya juga keindahan perilaku atau akhlaknya.

Maka jangan heran, jika kaum laki-laki akan menganggap wanita sebagai hiasan dan salah satu sumber kebahagiaan baginya yang bersifat naluriah.

Sungguh, kecantikan yang dibalut dengan tutur kata yang baik dan adab yang memesona adalah permata yang benar-benar berkilau.

Rasulullah bersabda :

إِنَّ الدُّنْيَا كُلَّهَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Artinya :

“Dunia ini adalah perhiasan (kesenangan) dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholehah.” (HR. Muslim, Nasa’I Ibnu Majah, dan Ahmad).

Maka, Allah juga menyatakan fitrah ketertarikan kaum laki-laki kepada keindahan wanita seperti dalam firman-Nya.

Firman Allah dalam Al Quran surah Ali Imran ayat 14 :

زُیِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّہَوٰتِ مِنَ النِّسَآءِ وَ الۡبَنِیۡنَ وَ الۡقَنَاطِیۡرِ الۡمُقَنۡطَرَۃِ مِنَ الذَّہَبِ وَ الۡفِضَّۃِ وَ الۡخَیۡلِ الۡمُسَوَّمَۃِ وَ الۡاَنۡعَامِ وَ الۡحَرۡثِ ؕ ذٰلِکَ مَتَاعُ الۡحَیٰوۃِ الدُّنۡیَا ۚ وَ اللّٰہُ عِنۡدَہٗ حُسۡنُ الۡمَاٰبِ

Artinya :

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali Imran ayat 14)

Itulah keindahan yang menjadikan wanita memang pantas dicintai dan disayangi serta dihormati.

Namun, jangan berhenti sampai disini. Sebab, wanita tidak hanya diciptakan sebagai makhluk yang dilebihkan dalam hal rupa dan pesona, melainkan juga dalam hal gelar kemuliaan.

Jadi, wanita adalah mkhluk yang diciptakan dengan keindahan untuk dicintai dan dimuliakan.

Kecantikan Wanita Adalah Karunia Allah

Allah sungguh Maha Indah dan menyukai keindahan. Allah juga yang Maha Menciptakan semua yang indah-indah, memelihara, dan memberi ketentuan agar sesuatu yang indah itu terjaga keindahannya.

Rasulullah adalah hamba Allah yang suci. Namun demikian, beliau adalah manusia seutuhnya dengan fitrah dan naluri sebagaimana manusia lainnya menyukai keindahan.

Beliau sangat menyadari bahwa salah satu kelebihan yang dimiliki oleh wanita adalah pesona kecantikannya.

Wanita dinikahi karena apanya?

Oleh karena itu, ketika seorang laki-laki tertarik kepada kecantikan wanita untuk dinikahinya, beliau memberikan hal ini sebagai salah satu pilihan.

Rasulullah bersabda :

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ ِلأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

Artinya :

“Perempuan dinikahi karena empat hal, yaitu karena harta, keturunan, kecantikan, dan agamanya. Maka pilihlah perempuan yang beragama, engkau akan beruntung.” (HR. Ibnu Majah).

Dari hadist diatas dapat dijelaskan bahwa perempuan dinikahi karena empat hal, yaitu :

  1. Karena hartanya
  2. Karena Keturunannya
  3. Karena Kecantikannya
  4. Karena Agamanya

Namun demikian, nilai kecantikan pada wanita akan terkalahkan dengan ketaatannya dalam menjalankan perintah Allah.

Rasulullah mengingatkan kepada para lelaki yang memuja kecantikan.

“Janganlah menikahi perempuan hanya karena kecantikannya, barangkali kecantikannya itu akan mencelakakannya dan jangan hanya karena hartanya, barangkali hartanya membuat dirinya melampaui batas dan nikahilah perempuan karena agamanya.” (HR. Ibnu Majah).

Itu adalah petunjuk tersirat, bahwa Anda sebagai perempuan, tidak sebaiknya menjadikan rupa dan pesona kecantikan sebagai sesuatu hal yang dibanggakan untuk menarik laki-laki.

Kecantikan seperti apakah yang mencelakakan laki-laki?

Yaitu kecantikan tubuh semata, yang hanya memancarkan pesona syahwat. Laki-laki terperangkap olehnya, terlena, kemudian kecewa di balik indahnya raga itu terdapat rupa jiwa yang jauh lebih buruk.

Kemudian, pesona ini memancar keluar, kepada laki-laki lain, seperti bunga yang dipajang untuk bebas dinikmati oleh siapa pun yang lewat.

Harta wanita seperti apakah yang membuat laki-laki melampaui batas?

Ia adalah harta, yang dengannya laki-laki melupakan perintah Allah.

Harta yang menyibukkan suami untuk terus menerus menumpuk dan menjaganya, atau harta yang membuatnya membeli apa pun, tanpa peduli halal dan haram.

Arti kata “Dan nikahilah perempuan karena agamanya” adalah pesan bagi laki-laki untuk menikahi wanita karena agamanya.

Wanita untuk tetap mempertahankan kecantikan secara utuh, yaitu cantik wajah yang berimbang dengan ketaatan kepada Allah.

Allah tidak mengkaruniakan kecantikan wajah, maka ketaatan kepada Allah cukup menjadi cahaya hidupnya.

Jadi wanita sholehah yang taat beragama dan beribadah kepada Allah adalah pilihan utama untuk dinikahi. Dan bagaimana ciri-ciri wanita sholehah yang akan taat kepada Allah dan suaminya.

Simak dan baca : Nama Bayi Islami Untuk Perempuan

Ciri-Ciri Wanita Sholehah

Ciri-Ciri-Wanita-Sholehah

Wanita sholehah memilki sifat dan ciri-ciri dalam kehidupan sehari-harinya. Simak ciri-ciri wanita sholehah berikut ini :

1. Wanita yang Beriman

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa wanita dinikahi karena agamanya. Nah, wanita sholehah adalah wanita yang beriman dan beragama Islam.

Maksud dari wanita beriman adalah wanita yang taat terhadap perintah Allah Allah dan juga nasehat Nabi Muhammad. Menjalankan rukun Iman, rukun islam dan rukun ihsan.

2. Wanita yang Selalu Menjaga Sholat

Sebagai wanita yang beriman, otomatis menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya. Dan sebagai perintah Allah adalah menjalankan rukun iman, rukun islam dan rukun ihsan.

Di dalam salah satu rukun islam adalah menjalankan sholat wajib. Nah, ciri-ciri wanita sholehah adalah wanita yang menjaga sholatnya.

Rasulullah bersabda :

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا، قِيْلَ لَهَا: ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Artinya :

“Apabila seorang wanita sholat lima waktu, puasa wajib Ramadhan, menjaga auratnya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai.” (HR. Ahmad)

Dalam artian seorang wanita mengerjakan sholat lima waktu atau menjaga sholat wajib yaitu mengerjakan sholat tepat waktu, khusuk dan kalau bisa berjamaah akan lebih diutamakan serta menjaga wudhunya.

Karena sholat adalah tiangnya agama yang wajib dilaksankan bagi umat muslim yang sudah memenuhi syarat wajib sholat. Hal ini agar selalu mendapat ridha dan syafaat dari Allah.

3. Wanita yang Paham Tentang Ajaran Islam

Untuk menjadi wanita sholehah adalah wanita yang benar-benar memahami ajaran islam. Memahami rukun iman, rukun islam dan rukun ihsan. Paham tentang aturan-aturan dan larangan-larangan dalam agama islam.

Dapat membaca dan memahami isi dari ayat-ayat Al Quran yangkemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari.

4. Wanita yang Pandai Mengaji

Wanita sholehah adalah wanita yang bisa membaca Al Quran sekaligus bisa memahami makna yang terkandung di dalamnya.

Untuk itu bagi wanita juga harus belajar mengaji sejak usia dini, karena kelak wanitalah yang akan menjadi pengasuh anak-anaknya.

Banyak sekali kemuliaan bagi wanita yang pandai mengaji ayat-ayat al Quran. Terutama bagi wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk membaca ayat-ayat Al Quran.

Hal ini dikarenakan bayi yang dikandungnya bisa ikut mendengarkan dan merasakan batin ibunya dan kelak bisa lahir menjadi generari yang cerdas dan berakhlak mulia.

Simak dan baca : Wanita Terbaik Menurut Rasulullah

5. Wanita yang Tidak Berkhalwat

Wanita sholehah adalah wanita yang tidak keluar rumah atau bepergian jauh tanpa mahram. Wanita sholehah juga tidak suka berkhalwat (berduaaan) dengan laki laki lain yang bukan termasuk mahramnya.

Rasulullah menerangkan dalam sebuah hadits yang maknanya “Tidaklah seorang wanita berkhalwat dengan laki-laki lain, karena setan akan menjadi pihak ketiga dari mereka”. (Riwayat Ahmad).

6. Wanita yang Patuh Kepada Suami

Sebagai wanita sholehah wajib hukumnya untuk patuh dan taat kepada suami. Apalagi jika suaminya mengajak ke jalan kebaikan.

Jalan yang diperintahkan oleh Allah dan perbuatan yang dilarang oleh-Nya. Menjalankan kewajibannya sebagai seorang istri sholehah dan memelihara diri ketika suaminya tidak ada.

Allah berfirman dalam Al Quran surah An Nisa ayat 34 :

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

Artinya :

“Istri shlehah adalah yang taat dan memelihara diri ketika suaminya tidak ada di dekatnya dikarenakan Allah telah memelihara mereka.” (An-Nisa: 34)

Simak dan baca : Doa Untuk Suami

7. Wanita yang Tidak Menyerupai Laki-Laki

Wanita sholehah adalah wanita yang tidak berpakaian dan berdandan mirip laki-laki.

Dalam hal ini, Rasulullah bersabda, “Allah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita maupun wanita-wanita yang seperti laki-laki”.

Wanita sholehah juga bukan wanita yang cara berdandannya atau cara berpakaiannya tidak menyerupai dengan wanita-wanita kafir.

8. Wanita yang Pandai Menjaga Silaturahmi

Silaturahmi adalah perbuatan yang sangat dianjurkan oleh rasulullah dan sangat penting dikalangan wanita.

Wanita sholehah harus menjaga sillaturahminnya dengan sesama wanita muslim. Namun jika sillaturahminya jauh dianjurkan untuk ditemani oleh mahramnya, apalagi sillaturahminya ke tempat laki-laki yang bukan mahram.

Wanita sholehah dianjurkan untuk selalu tetap di jalan Allah dengan cara saling berkunjung.

9. Wanita yang Selalu Pandai Menjaga Syahwat

Wanita sholehah adalah wanita yang pandai menjaga hati dari bahaya syubhat dan syahwat.
Dia juga wajib menjaga pandangan mereka dari pandangan yang dilarang Allah atau pandangan yang haram.

Allah berfirman dalam Al Quran surah An Nur ayat 31 :

وَ قُلۡ لِّلۡمُؤۡمِنٰتِ یَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِہِنَّ وَ یَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَہُنَّ وَ لَا یُبۡدِیۡنَ زِیۡنَتَہُنَّ اِلَّا مَا ظَہَرَ مِنۡہَا وَ لۡیَضۡرِبۡنَ بِخُمُرِہِنَّ عَلٰی جُیُوۡبِہِنَّ

Artinya :

“Hendaklah wanita beriman menahan pandangannya, dan syahwatnya, dan jangan menampakkan perhiasannya, selain yang (biasa) terlihat dari padanya”.

Wanita sholehah wajib menjaga malunya, menjaga pendengarannya dari suara yang tidak baik. Dan wajib menjaga seluruh anggota badannya dari perbuatan yang dilaknat Allah.

10. Wanita yang Senantiasa Menjaga Aurat

Wanita sholehah adalah wanita yang selalu menjaga auratnya ketika berada di luar rumah atau ketika bukan dengan mahramnya.

Kewajiban menutup aurat ini sudah menjadi kewajiban bagi wanita muslim. Wajib hukumnya memakai pakaian yang syar’i yang menutupi auratnya dan menggunakan jilbab sebagaimana yang sudah di anjurkan dalam agama islam.

11. Wanita yang Pandai Membagi Waktu

Waktu adalah sesuatu yang tidak bisa diputar ulang atau dikembalikan. Maka hargailah waktu.

Dan wanita sholehah adalah wanita yang pintar menjaga waktu agar tidak sia sia. Memanfaatkan waktu untuk mengerjakan ibadah dan perbuatan yang bermanfaat.

Jangan gunakan waktu untuk melakukan perbuatan ghibah (menggunjing), perbuatan namimah (mengadu domba), dan perbuatan yang banyak mundharatnya.

Rasulullah bersabda :

“Janganlah kalian semua saling membenci, saling dengki, atau saling mencari kesalahan satu sama lain. Atau bersaing pada penawaran, tapi jadilah hamba-hamba yang bersatu”.

12. Wanita yang Pandai Menjaga Rahasia Suami

Waniat sholehah yang sudah melakukan akad nikah dan membaca ijab kabul dengan laki-laki harus pandai menjaga rahasia suaminya.

Rahasia suami adalah hal yang wajib dilindungi dan dijaga.

Hal ini sangat sangat penting, karena aib suaminya adalah aibnya juga. Jadi, lindungi dan jagalah aib atau rahasia suaminya seperti menjaga rahasiamu sendiri.

13. Wanita yang Menjaga Penampilannya Untuk Suami

Wanita sholehah harus menjaga penampilannya di hadapan suaminya agar selalu terlihat menarik.
Hal ini supaya sang suami ketika memandang istrinya akan merasa senang.

Rasulullah bersabda :

أَلاَ أُخْبِرَكَ بِخَيْرِ مَا يَكْنِزُ الْمَرْءُ، اَلْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ، إِذَا نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهَ وَإِذَا أَمَرَهَا أَطَاعَتْهَ وَإِذَا غَابَ عَنْهَا حَفِظَتْهَ

Artinya :

“Maukah aku beritakan padamu tentang sebaik-baik dari perbendaharaan lelaki, adalah istri sholehah yang dipandang menyenangkannya, jika diperintahkan mentaatinya dan jika dia pergi akan menjaga dirinya”. (Hadits Riwayat. Abu Dawud 1417.).

14. Wanita yang Selalu Setia Mendampingi Suaminya

Wanita sholehah adalah wanita yang selalu senang dan ikhlas mendampingi atau menemani suaminya dalam suka dan susah.

Rasulullah bersabda :

لاَ يَحِلُّ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَصُومَ وَزَوْجُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ

Artinya :

“Tidak halal bagi seorang istri yang melakukan puasa sunnah, sementara suaminya ada di rumah kecuali dengan izinnya”. (HR. Al-Bukhari)

Ketika suami berada di rumah, seorang istri sholehah adalah dengan tidak menyibukkan dirinya melakukan ibadah sunnah. Misalnya berpuasa sunnah. Kecuali jika suaminya mengizinkan.

Karena ketika suaminya di rumah untuk membuat suaminya senang adalah dengan mengajaknya bercengkrama dan menjalankan sunnah Rasulullah tanpa terhalang oleh ibadah sunnahnya.

15. Wanita yang Pandai Bersyukur

Wanita sholehah adalah wanita yang selalau menerima dan mensyukuri pemberian suami. Wanita yang selalu menerima kebaikan suami dan tidak melupakannya.

Rasulullah menjelaskan bahwa penghuni neraka kebanyakan adalah perempuan yang kufur, yaitu perempuan yang mengkufuri suami serta mengkufuri kebaikan suami.

Simak dan baca : Doa Untuk Pengantin

Demikian ulasan tentang sifat wanita sholehah dan ciri-cirinya yang menjadi sebaik-baiknya perhiasan. Karena kesuksesan, keberhasilan seorang suami adalah karena ada wanita disisinya. Maka jadilah wanita yang bisa senantiasa menjaga malu, iman dan ketaatannya kepada Allah.

Loading...

Manfaat Sedekah

Wahyoeni
7 min read

Islam itu Indah

Wahyoeni
4 min read

Dakwah Islamiah

Wahyoeni
3 min read

Jenis-Jenis Rezeki

Wahyoeni
6 min read

Nama Bayi Islami

Wahyoeni
8 min read

Tanah Suci Umat Islam

Wahyoeni
3 min read