Nama Bayi Islami

Simak ulasan tentang √ nama bayi islami, √ nama bayi perempuan islami dan √ nama bayi laki-laki islami dengan arti yang baik berikut.


Nama Bayi

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan nama baru bagi bayi Anda, tepat sekali Anda membaca artikel ini. Artikel ini mengulas berbagai pilihan nama bayi perempuan dan nama bayi laki-laki islami yang dapat menjadi referensi Anda.

Nama-Bayi-Islami

Bayi adalah anak dari sebuah keluarga (dalam hal ini sebagai anak manusia) yang masih berusia sangat muda atau baru dilahirkan oleh ibunya.

Pemilihan nama kepada bayi ini menjadi salah satu proses paling menegangkan karena nama memiliki doa yang tersirat bagi buah hati Anda.

Sebagai orang tua, Anda sudah menyiapkan dua jenis nama yang nantinya akan dijadikan nama pada anak ketika anak Anda lahir. Yaitu nama untuk bayi perempuan dan nama untuk bayi laki-laki.

Meskipun teknologi canggih saat ini dapat memungkinkan Anda untuk melihat jenis kelamin bayi dalam kandungan, namun kuasa Allah yang dapat menentukan benar atau tidaknya hasil test USG tersebut.

Nama yang diberikan pada seorang anak tentu akan dibawa seumur hidup dan mempengaruhi kehidupannya. Oleh karena itu, nama yang baik pada anak tentu hal yang utama melihat makna yang melekat dalam suatu nama tersebut.

Bagi Anda yang beragama islam, pastikan untuk memberikan nama islami agar anak Anda memiliki akhlak yang mencerminkan islam. Dimulai dari nama yang akan mempengaruhi kemampuan seorang anak dalam melakukan interaksi dengan orang lain.

Di perkembangan zaman saat ini, banyak sekali orang tua yang memilihkan nama anak berdasarkan suka, tidak pasaran, dan keren. Sedangkan bagi seorang Muslim dan Muslimah, nama islami tentu sangat dianjurkan bagi seorang anak muslim.

Bagi umat muslim, nama merupakan doa yang mengandung harapan pada pemilik nama agar menjadi seperti yang diartikan oleh nama tersebut.

Dalam hal ini, Anda harus memilihkan nama yang baik bagi anak maupun baik bagi keluarganya. Karena sebuah nama ini akan memberikan sugesti kebaikan pada anak dan keluarganya.

Sebuah arti pada nama ini juga harus diberitahukan kepada anak agar seorang anak tersebut menjaga perilakunya. Karena dengan memahami arti dari namanya, maka ia akan lebih menimbulkan rasa percaya diri dan mencintai diri sendiri.

Pada dasarnya, nama merupakan suatu hal yang melekat pada diri anak yang akan dibawa sejak kecil hingga akhir hayatnya. Oleh karena itu, jenis nama yang baik khususnya islami sangat bermanfaat bagi anak yang mendapat label tersebut.

Alangkah baiknya Anda memilih nama yang memiliki makna baik yang tidak mengandung aspek yang dapat dicela oleh orang lain. Selain dapat berpengaruh terhadap kehidupan anak, hal ini akan memberi kerusakan moral pada anak tersebut.

Indonesia memiliki banyak sekali alternatif nama muslim yang dapat Anda gunakan untuk nama anak perempuan atau anak laki-laki yang akan dilahirkan.

Meskipun salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah membuat singkatan dari nama lengkapnya, pastikan nama singkatan tersebut juga mengandung arti yang baik. Sehingga tidak sia-sia membuat nama Islami namun tidak dipanggil sehari-hari.

Nama-nama islami di Indonesia sangat banyak digunakan. Karena memang penduduk terbesar di Indonesia adalah orang islam.

Ini juga dikarenakan pelafalan nama islami lebih mudah untuk diucapkan bagi orang Indonesia dari pada nama yang kebarat-baratan. Karena tujuan pemberian nama tentu saja untuk lebih mudah mengenali satu sama-sama lain.

Nama Islami yang Baik

Nama-Islami-Anak

Dalam kehidupan sehari-hari pemberian nama biasanya memiliki konsep “nama depan” dan “nama belakang”.
Nama belakang biasanya dipakai untuk marga. Contohnya Nisya Shihab, di mana Nisya adalah nama depan sedangkan Shihab adalah marganya.

Namun kadang sebagian masyarakat dalam pemberian nama depan dan nama belakang tidak semuanya menggunakan konsep tersebut.

Di dalam Islam seorang ayah memiliki hak untuk memberikan nama kepada anakanya. Hal ini sudah tsabit (tetap) dari para sahabat bahwa ketika mereka mempunyai anak maka mereka pergi kepada Rasulullah.

Dalam hal ini para sahabat berharap agar Rasulullah memilihkan nama yang baik buat anak-anak mereka. Dari riwayat tersebut menunjukkan bahwa kedudukan bapak lebih tinggi daripada ibu dalam hal pemberian nama.

Di riwayatkan bahwa pada hari kiamat nanti seseorang akan dipanggil dengan nama bapak atau ayah mereka dengan Bin untuk “anak lelaki dari” dan Binti untuk “anak perempuan dari”.

Misalnya :

Ahmad bin Mohamad berarti Ahmad anak lelaki dari Mohamad. Salwa binti Husein, berarti Salwa anak perempuan dari Husein.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang nama bayi perempuan islami dan nama bayi laki-laki islami yang memilki arti baik.

Nama Islami yang Dianjurkan

Berikut ada beberapa ketentuan yang harus Anda cermati dan pahami saat memberi nama kepada bayi, baik laki-laki ataupun perempuan.

1. Memberikan Nama Anak dari Asmaul Husna

Memberikan nama-nama anaknya dengan nama-nama yang dikutip dari asmaul Husna merupakan nama-nama yang baik.

Pemberian nama-nama yang berdasarkan atas penghambaan diri pada salah satu dari banyaknya nama Allah dan diawali dengan “Abdul atau Abdullah” merupakan hal yang masih belum dituliskan secara jelas.

Belum ada temuan tentang keshahihan hadits yang memperbolehkan seseorang menggunakan nama sifat-sifat Allah.

Seperti yang tertulis dan merupakan asmaul husna, misalnya al-Malik, al-Khalik, dan lainnya.

2. Memberikan Nama Anak Seperti Nama Para Nabi

Para Nabi memiliki nama-nama yang indah yang bisa diberikan juga kepada anak-anak Anda.

Pastinya sejak dulu hingga kini banyak sekali umat muslim yang memberikan nama kepada bayi-bayi mereka seperti seorang tokoh tauladan yakni nabi dan rasul.

Pemberian nama yang mirip dengan nama-nama nabi atau rasul merupakan hal yang dianjurkan dalam Islam. Di dalam penamaan tersebut terdapat sebuah harapan besar para orang tua agar anak mereka memiliki amalan dan akhlak yang baik seperti mereka.

Selain itu, pemberian nama-nama nabi atau rasul juga dapat digunakan sebagai pengingat perjuangan mereka dalam Islam.

Misalnya :

Idris, Ibrahim, Yusuf, Musa, Muhammad dan nama-nama nabi lainnya.

3. Memberikan Nama Anak Seperti Nama Orang-Orang Sholeh dan Sholehah

Pemberian nama yang mirip seperti para orang-orang shalih dan shalihah dalam Islam sangat dianjurkan, bahkan hal ini tercatat dalam hadits shahih.

Diriwayatkan dalam hadits riwayat Muslim No. 2135, bahwa orang-orang shalih dan shalihah di zaman dulu suka memberikan nama bayi mereka seperti nama orang shalih dan nabi terdahulu.

Hingga kini penggunaan nama-nama tersebut masih banyak digunakan pada orang Islam. Anda dapat mempelajari sejarah Islam untuk mengetahui siapa saja tokoh yang memiliki akhlak mulia dan menjadi suri tauladan yang baik bagi umat Islam.

4. Memberikan Nama Anak Dengan Arti yang Baik

Sebelum memberikan nama kepada anak. Dianjurkan untuk mengetahui terlebih dahulu apakah ada makna atau arti dari nama yang akan diberikan kepada anak tersebut.

Sebagai contoh pemberian nama “Abdur Rasul” memang kesannya seperti islami, baik, wajar atau biasa saja. Namun jika dilihat artinya maka akan memiliki arti “Hamba Rasul”.

Padahal hal tersebut menurut ulama dilarang, karena Rasulullah tidak memiliki hamba. Nama-nama pehambaan selain kepada Allah menurut ulama diharamkan atau dilarang.

Nama yang dianjurkan selanjutnya berasal dari sebuah harapan tentang sifat dan karakter anak di masa depan.

Semua orang tua tentu memiliki harapan yang baik kepada anak-anak mereka sehingga nama yang diberikan juga harus memiliki makna terpuji. Tetapi perlu dicermati, bahwa nama juga tidak boleh mengandung unsur pujian terhadap diri sendiri.

Namun, tidak boleh juga mengandung sebuah makna yang buruk seperti celaan terhadap diri sendiri. Anda harus sangat berhati-hati jika ingin memberikan sebuah nama dengan harapan atas kebaikan karakter dan akhlak anak kelak.

5. Memberikan Nama Anak Dengan 2 Suku Kata

Tentu beberapa dari Anda belum mengetahui bahwa dalam Islam terdapat 2 nama bayi laki-laki Islam yang dianjurkan untuk diberikan.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud dan lain-lain.

“Dan sungguh Rasulullah telah memberikan nama kepada anak pamannya (Abbas Ra.), Abdullah Ra. Kemudian para sahabat Ra, terdapat 300 orang yang kesemuanya memiliki nama Abdullah.”

Keduanya merupakan nama yang sangat dicintai oleh Allah bahkan karena hal tersebut di zaman nabi sekitar 300 orang memiliki nama itu. Kedua nama tersebut yakni Abdullah dan Abdurrahman, ini bahkan tertulis di dalam hadits shahih.

Simak dan baca : Bacaan Adzan Untuk Bayi

Nama Islami yang Tidak Dianjurkan

1. Pemberian nama islami yang artinya tidak sesuai

Kaum muslimin telah bersepakat terhadap haramnya penggunaan nama-nama penghambaan kepada selain Allah baik kepada matahari, patung-patung, manusia atau selainnya.

Misalnya memberi nama anak dengan nama sebaga berikut:

  • Abdur Rasul (hambanya Rasul)
  • Abdun Nabi (hambanya Nabi)
  • Abdul ‘Izza (hambanya Al-‘Izza (nama patung/berhala)
  • Abdul Ka’bah (hambanya Ka’bah)
  • Abdus Syamsu (hambanya Matahari) dan lain sebagainya

2. Memberi Nama Seperti Orang Kafir

Sangat tidak dianjurkan memberi nama anak Anda dengan nama seperti nama-nama orang kafir.

3. Setiap Nama yang Memuji Terhadap Diri Sendiri

Rasulullah bersabda :

إن أخنع إسم عند الله رجل تسمى ملك الأملاك (رواه البخاري؛ مسلم).

Artinya :

“Sesungguhnya nama yang paling dibenci oleh Allah adalah seseorang yang bernama Malakul Amlak (=rajanya diraja).” (HR. Bukhori Muslim).

4. Memberi Nama Dengan Nama-Nama Syetan

Jangan memberi nama anak dengan nama-nama syetan, karena kadang karena tidak tahu artinya asal memberi nama dengan nama-nama syetan. Atau juga memberi nama anak dengan nama-nama berhala.

Misalnya : Nama Syetan Al-Ajda’, atau memberi nama seperti nama berhala seperti Al-Lat, Al-‘Uzza dan lain-lain.

5. Dimakruhkan Memberi Nama Anak dengan Nama perbuatan-perbuatan Maksiat

Dianjurkan untuk tidak memberi nama anak dengan nama-nama yang jelek atau nama-nama yang diambil dari perbuatan-perbuatan maksiat.

Misalnya : Pencuri, Perampok, Pencopet dan lain sebagainya.

6. Dimakruhkan Memberi Nama Anak dengan Nama Para Pengikut Firaun

Dianjurkan untuk tidak memberi nama anak dengan nama-nama para pengikut Firaun.

Misalnya : Fir’un, Qarun atau Haman.

7. Dimakruhkan Memberi Nama Seperti Nama Hewan

Misalnya : Anjing, keledai, kucing, kuda dan lain-lain

Untuk itu simak penjelasan berikut ini tentang contoh nama bayi islami perempuan dan nama-nama bayi islami laki-laki yang memilki arti baik dan sangat populer di kalangan umat muslim.

Simak dan baca : Doa Untuk Anak

Nama Bayi Islami

Islam sebagai agama yang menyebarkan kebaikan dan mengatur keseluruhan kehidupan ini memiliki peraturan yang baik.

Peraturan ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menentukan nama bayi perempuan Islam dalam kehidupan Anda. Nama Islami yang melekat pada calon bayi Anda ini dapat membedakan bayi Anda dengan bayi yang lainnya.

Adanya anjuran untuk menggunakan nama Islami tentunya dapat menuntun umatnya ke dalam jalan yang benar dan lurus yang merupakan tuntunan dari Allah.

Nama bayi islami juga akan memberikan berbagai manfaat bagi bayi perempuan atau bayi laki-laki, keluarga, dan masyarakat pada umumnya dalam segala aspek kehidupan

Dari berbagai nama bayi laki-laki islami ada beberapa nama islami yang populer dan memiliki arti yang baik. Simak ulasan tentang beberapa nama laki-laki Islami yang populer digunakan di Indonesia.

Nama Bayi Islami Untuk Laki-Laki

Nama-Bayi-Laki-Laki-Islami

Nama Islami untuk anak laki-laki yang paling populer adalah :

  1. Muhammad : Nama Nabi Umat Islam yang artinya seseorang dengan banyak kebaikan atau kebajikan.
  2. Ahmad : Nama Nabi Umat Islam dalam 2 kita suci (Injil dan Taurat) yang artinya terpuji.

Keutamaan Memberi Nama Muhammad Pada Bayi Laki-Laki

Nama bayi laki-laki islami seolah menjadi penting untuk diperhatikan karena banyak sekali tokoh-tokoh pejuang Islam yang seringkali dicontohkan adalah laki-laki.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Ra :

Nabi Muhammad bersabda bahwa namanya telah tertulis dalam kitab tiga agama. “Namanya “Muhammad SAW” dituliskan pada kitab suci umat Islam yakni al Quran, dalam kitab Injil namanya ditulis sebagai “Ahmad,” dan dalam kitab Taurat namanya disebutkan sebagai Ahyad.”

Seperti para nabi dan rasul yang syaratnya tentu harus seorang lelaki, seorang pemimpin, dan sebagainya. Tetapi, ada juga beberapa perempuan mulia yang menjadi contoh terbaik, seperti Siti Maryam, istri nabi, putri nabi, dan sebagainya.

Ada ketentuan dan keutamaan masing-masing dalam memberikan nama kepada bayi laki-laki atau perempuan. Pemberian nama kepada laki-laki memiliki aturan, adab dan nilai tersendiri, begitupun dengan perempuan.

Dalam kepercayaan sebagian besar masyarakat Islam pemberian nama-nama yang baik yakni seperti para nabi dan rasul dengan membawa harapan besar.

Salah satu nabi dan rasul yang memiliki akhlak mulia dengan julukan pembawa rahmat bagi semesta alam atau rahmatan lil Alamin.

Nama Nabi Muhammad tersebut pun menjadi harapan besar bagi seluruh umat muslim untuk membawa berkah kepada anak-anak mereka. Bahkan karena kebesarannya, nama Nabi Muhammad dikenal cukup beragam dalam kitab berbagai agama.

Tabel nama islami untuk anak laki-laki

Nama
Arti
UmarNama Khalifah Umar Bin Al-Khatab yang artinya hidup atau hidup panjang
AliNama Khalifah Ali Bin Abi Thalib yang artinya mulia atau ditinggikan
Abdul RahmanHamba Allah Yang Maha Penyayang
AbdullahHamba Allah
EmranKemajuan atau Prestasi
AdamNama nabi dan manusia pertama diciptakan yang diciptakan Allah
YusufNama nabi Yusuf As yang artinya berpengaruh atau kuat
AllaamSangat Pintar
BaqirPemberani, berpengetahuan luas
MaqilCerdas
QaaziKeadilan
RaafaqLembut

Pastikan untuk mendiskusikan nama bayi laki-laki Anda dengan pasangan Anda.  Semoga nama yang akan Anda berikan mengandung kebaikan yang melimpah bagi anak laki-laki Anda.

Nama Bayi Islami Untuk Perempuan

Nama-Bayi-Perempuan-Islami

Nama bayi perempuan islami ini merupakan nama-nama yang dapat dijadikan alternatif yang mengandung arti dan makna yang baik.

Karena sudah menjadi harapan kedua orang tuanya bahwa kelak dia menjadi wanita sholehah. Untuk itu diawali dengan pemberian nama yang baik bagi bayinya.

Nama islami untuk perempuan yang paling populer adalah :

    1. Aisyah : Nama istri Rasuluhhah yang artinya hidup dan sehat.
    2. Fatimah Azzahra : Nama putri Rasulullah yang dikenal karena kebaikan dan sifat mulianya.

Tabel nama islami untuk anak perempuan

Nama
Arti
AbidahRajin beribadah
AdibaSopan dan Terpelajar
AdilaAdil dan Lurus
AfiaKesehatan Terjaga
AlimahRajin Menuntut Ilmu
BadriyahCantik mirip dengan bulan purnama
BasimahSenyum yang mengembang
BushraKabar gembira yang memberikan kesenangan
BuhiraKecerdasan
BenazirKeunikan
ChanaPaling disayang
CiaraMengandung Keterangan dan Kebersihan
ChakiraBersyukur
ChandaniSinar Rembulan yang menerangi
CamillaTerkenal dan memiliki ilmu agama yang bagus
DiinahTaat kepada Allah
DinaRasa Cinta
DurahKandungan Mutiara
DaniyahKedekatan
ErinaPerempuan yang cantik
ElizaSesuatu yang beda dan unik
EshalNama Bunga yang berada di surga
FauziyahAnak yang memiliki keberuntungan
FirdausTingkatan surga paling tinggi
FahimaMemiliki kefahaman dan kecerdasan
FaizahKeberuntungan dan kesuksesan yang besar
FarahMenggemberikan
FathinahMemiliki kepintaran dan kecerdasan
FadliyahMendapat perlindungan
FadhilaKeutamaan dan keunggulan yang melekat
GhaadaPerempuan yang penuh dengan kelembutan
GhazalaElegan dan pintar
GhaniaCantik dan indah
HafizhahMemelihara dan menjaga
HanaMemberi kebahagiaan
HasnaCantik
HazimahMemiliki keteguhan hati yang baik
HifzaMalaikat yang melindungi
IzzahKejayaan yang penuh kehormatan
IzdifarKesuksesan dan perkembangan
ImaniMemiliki sifat menjaga keimanan
JahanPerhiasan yang ada di dunia
JauharahPerhiasan yang cantik
JamilahPerempuan yang memiliki wajah cantik dan anggun
JauzaBintang yang menerangi
KamaliaKesempurnaan bagi seorang perempuan
KanzaKekayaan yang tersembunyi dalam diri
KhanzaWanita baik yang memiliki hidung mancung
KhazanahKumpulan harta yang tersimpan
MaidaKecantikan dan keindahan
MalaikaBidadari
MalihaKecantikan
MinaCahaya dalam diri
NabaPemberitaan yang baik
NimraKelembutan
NuhaPemikiran
ParindaBurung
ParveenKemuliaan maksimal
QanitaKetaatan
RaimaKebahagiaan
RainaKedamaian
SalwaMadu yang manis
ShalimarKeindahan dan kekuatan
TharaKekayaan yang besar
UlfaRamah tamah
TishaKehidupan
WardahBunga Mawar
YusraKemakmuran
ZainaKeindahan dan kecantikan

Pastikan untuk mendiskusikan nama bayi perempuan Anda dengan pasangan Anda.  Semoga nama yang akan Anda berikan mengandung kebaikan yang melimpah bagi anak perempuan Anda.

Simak dan baca : Wanita Terbaik Menurut Rasulullah

Demikian ulasan tentang nama bayi islami laki-laki dan nama bayi islami perempuan yang bisa Anda jadikan referensi. Manusia mati akan meninggalkan nama. Dengan memiliki nama yang baik maka akan dikenang dengan yang baik juga.

Loading...

Manfaat Sedekah

Wahyoeni
7 min read

Islam itu Indah

Wahyoeni
4 min read

Dakwah Islamiah

Wahyoeni
3 min read

Jenis-Jenis Rezeki

Wahyoeni
6 min read

Tanah Suci Umat Islam

Wahyoeni
3 min read

Tarikh Islam

Wahyoeni
3 min read