Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Nabi Yusuf

Simak ulasan tentang √ doa nabi Yusuf arab, latin dan artinya, √ manfaat doa nabi Yusuf serta √ kisah teladan nabi Yusuf berikut ini.


Nabi Yusuf

Nabi Yusuf adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah untuk berdakwah dan mengajak manusia menyembah Allah.

Doa Nabi Yusuf

Nabi Yusuf termasuk dari 25 nama nabi yang diterangkan dalam Al-Quran. Beliau merupakan anak ke-12 dari nabi Yaqub putra dari nabi Ishaq. Ia adalah anak sulung Rahil, dan memiliki seorang adik kandung yakni Bunyamin.

Nabi yang satu ini dikaruniai wajah yang amat rupawan dengan tubuh tegap menawan. Ketampanannya menginspirasi seluruh umat muslim di dunia untuk mendapatkan keturunan seperti beliau.

Salah satu caranya adalah dengan membaca atau mengamalkan surat Yusuf di Al-Quran dan juga rutin membaca doa nabi Yusuf.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang doa nabi Yusuf dalam bahasa Arab, latin dan terjemahannya lengkap. Simak ulasannya berikut ini.

Doa Nabi Yusuf

Nabi Yusuf adalah salah satu manusia yang diberi kelebihan wajah rupawan selain Nabi Muhammad.

Karena ketampanannya ini, terjadi sebuah kisah dalam hidup nabi Yusuf. Sejak kecil beliau menjadi anak yang paling disayangi oleh ayahnya. Dan karena ketampanannya, beliau juga dimusuhi oleh saudaranya.

Cobaan demi cobaan dilalui oleh nabi Yusuf. Dengan doa-doanya, beliau mampu melewati berbagai macam fitnah.

Berikut ini adalah lantunan doa nabi Yusuf yang biasanya beliau panjatkan.

Bacaan Doa Nabi Yusuf

Bacaan-Doa-Nabi-Yusuf

Bacaan Doa Nabi Yusuf Arab

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Bacaan Doa Nabi Yusuf Latin

“Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaihinna wa akun minal jahilin.”

Artinya :

“Ya Tuhanku, penjara lebih aku senangi daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

Doa nabi Yusuf ini dibaca ketika nabi Yusuf menghadapi sebuah ujian yaitu tatkala beliau digoda oleh istri orang yang mengasuhnya.

Dengan doa tersebut, nabi Yusuf diselamatkan Allah dari godaan setan dan fitnah dari perempuan yang menggodanya. Anda bisa menggunakan doa ini supaya selalu terhindar dari cobaan dan godaan hawa nafsu.

Selain doa diatas, ada pula doa-doa lain yang biasa bisa dibaca atau dipanjatkan ketika sedang bercermin.

Baca juga : Doa Nabi Ibrahim

Bacaan Doa Nabi Yusuf Ketika Bercermin

Doa-Nabi-Yusuf-Ketika-Bercermin

Bacaan Doa Nabi Yusuf Ketika Bercermin Arab

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Bacaan Doa Nabi Yusuf Ketika Bercermin Latin

“Allahumma kamaa hassanta khalqii fa hassin khuliqi.”

Artinya :

“Ya Allah sebagaimana Engaku telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

Doa nabi Yusuf diatas bisa Anda amalkan ketika sedang bercermin agar memilki aura wajah yang menawan.

Selain doa bercermin tersebut terdapat doa nabi Yusuf yang dapat Anda panjatkan untuk menarik hati seseorang yang Anda sukai. Doa ini juga sering disebut sebagai doa pengasih.

Bacaan Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai

Doa-Nabi-Yusuf-Agar-Dicintai

Bacaan Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai Arab

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Bacaan Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai Latin

“Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.”

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

Kedua doa nabi Yusuf diatas bisa Anda amalkan untuk mendapatkan wajah yang menawan dan menarik. Doa ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa yaitu mampu memancarkan aura wajah kita.

Baca juga : Doa Nabi Musa

Manfaat Doa Nabi Yusuf

Manfaat-Doa-Nabi-Yusuf

Memanjatkan doa apapun kepada Allah seharusnya diniati untuk mendapatkan ridho Allah, bukan untuk tujuan lain. Jika kita mendapatkan manfaat dari doa tersebut, maka semua pasti atas ijin Allah.

Manfaat tersebut ibarat bonus atau hadiah dari Allah karena kita telah menyerahkan segala urusan kepada-Nya.

Salah satu contohnya adalah ketika kita berdoa dengan doa nabi Yusuf saat sedang melihat diri sendiri di cermin. Ketika nantinya wajah kita terlihat bercahaya di depan orang lain, maka hal itu adalah atas keridloan Allah.

Berikut beberapa manfaat doa nabi Yusuf

1. Terhindar dari Musibah

Doa bisa diibaratkan sebagai senjata umat muslim. Semakin sering dan rutin sebuah doa dibaca, harapan terkabul juga akan semakin besar.

Selain itu, doa juga bisa menghindar dari musibah. Salah satunya adalah menggunakan doa nabi Yusuf. Ketika Anda merasa sedang dalam posisi dan kondisi yang tidak baik, segeralah berdoa memohon pertolongan Allah.

Hal ini juga dilakukan oleh nabi Yusuf melalui doanya. Ketika beliau difitnah oleh seorang wanita, beliau membaca doa ini.

Nabi Yusuf khawatir dirinya akan terjerumus dalam perbuatan dosa karena tidak bisa mengendalikan hawa nafsu. Itulah mengapa beliau dengan segera membaca doa ini sekhusyuk mungkin.

2. Diberikan Kekuatan Menghadapi Ujian

Tujuan adanya ujian adalah untuk meningkatkan kadar keimanan dan ketakwaan seseorang. Tidak ada manusia yang bisa lepas dari ujian Allah.

Bahkan para nabi pun juga akan mengalami apa yang namanya ujian. Ujian yang diberikan kepada makhlukNya akan disesuaikan dengan batas kemampuan masing-masing.

Di sini, Nabi Yusuf pun mengalami ujian bahkan sejak beliau kecil. Dibuang oleh saudaranya, difitnah dengan keji dan lain sebagainya.

Doa nabi Yusuf ini jika dibaca secara rutin akan menjadi sumber kekuatan dalam menghadapi ujian. Tentu saja atas ijin Allah, Anda akan mampu melewati segala macam ujian yang diberikan.

3. Diberikan Kekuatan Melawan Hawa Nafsu

Doa nabi Yusuf ini dibaca ketika beliau sedang mengalami ujian berkenaan dengan hawa nafsu. Perempuan yang menggoda nabi Yusuf memiliki paras cantik dan tubuh menggoda.

Hal ini membangkitkan hawa nafsu nabi Yusuf sebagai manusia biasa. Di samping itu, setan pun terus menerus menggoda dan membujuk rayu supaya nabi Yusuf melakukan dosa dan maksiat.

Namun dengan kekuatan doa ini, beliau mampu melewati dan memberantas hawa nafsunya. Beliau memenangkan pertempuran dalam hati dan gejolak untuk menerima godaan setan.

Dengan membaca doa ini, kita berharap kepada Allah untuk diberikan kekuatan melawan hawa nafsu. Hal ini bertujuan agar supaya kita bisa selamat hidup di dunia dan akhirat.

4. Memancarkan Aura Wajah Bercahaya

Doa nabi Yusuf yang kedua dan ketiga akan membantu Anda memiliki wajah yang beraura. Wajah menjadi bercahaya tanpa harus memakai make up.

Anda akan nampak lebih cantuk atau tampan dari biasanya. Orang lain yang memandang Anda akan terpesona dengan aura yang Anda miliki. Jika Anda seorang pemimpin, Anda akan terlihat lebih berkharisma dan rupawan.

5. Membantu Mendekatkan Hubungan Suami Istri

Doa nabi Yusuf ini juga bermanfaat untuk memperbaiki hubungan suami istri. Usia pernikahan yang sudah lama dan saling mengetahui sifat masing-masing pasangan sering kali menimbulkan kebosanan.

Dengan membaca doa ini, Anda akan terlihat menjadi lebih menarik di depan pasangan. Selanjutnya, rasa cinta dan kasih akan tumbuh kembali seperti sedia kala.

Baca juga : Doa Nabi Yunus

Kisah Singkat Nabi Yusuf

Kisah-Nabi-Yusuf

Nabi Yusuf adalah putra dari nabi Yaqub. Beliau lahir di Palestina dari ibu yang bernama Rachel. Pada waktu kecil, Nabi Yusuf pernah bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan bersujud kepadanya.

Mendengar arti mimpi ini, Nabi Yaqub sangat gembira karena suatu saat nanti Yusuf akan menjadi orang yang dimuliakan Allah. Hal ini membuat rasa sayangnya kepada Yusuf semakin besar.

Perbedaan pemberian kasih sayang antara Yusuf dan saudaranya menyebabkan perselisihan dan iri dengki. Saudara Yusuf sepakat untuk membuangnya di suatu tempat. Yusuf ditinggalkan di sebuah sumur dan kemudian ditemukan oleh para musafir.

Musafir ini menjual Yusuf pada seorang menteri di negeri Mesir dengan harga murah. Akhirnya, Yusuf hidup dalam keluarga menteri sebagai budak.

Yusuf tumbuh sebagai pemuda tampan dan gagah. Parasnya sungguh elok dengan bentuk tubuh yang proporsional. Istri menteri jatuh cinta kepada Yusuf.

Suatu ketika, istri menteri tersebut menggoda Yusuf dan mengajaknya untuk berbuat perbuatan tercela. Akan tetapi, Yusuf menolak hingga istri menteri merobek baju Yusuf.

Kejadian tersebut diketahui oleh Menteri. Karena hal itu, Yusuf dimasukkan ke penjara.

Singkat cerita, selama di penjara Nabi Yusuf merasa lebih aman karena terbebas dari gangguan istri menteri. Di sana, beliau mulai berdakwah untuk mengajak orang-orang menyembah Allah.

Nabi Yusuf diberikan mukjizat mampu menafsirkan mimpi. Kemampuannya diketahui oleh Raja Mesir. Raja Mesir mengundang Yusuf ke istana dan mengangkatnya menjadi pejabat.

Nabi Yusuf menjadi orang kepercayaan raja Mesir. Bahkan ketika raja Mesir tersebut meninggal, Nabi Yusuf diangkat menjadi raja dan membawa Mesir dalam kejayaan.

Nabi Yusuf dapat bertemu kembali dengan saudara dan ayahnya, Nabi Yaqub. Kebaikan-kebaikan yang diterima ini tak lain adalah berkat doa nabi Yusuf yang selalu dipanjatkan kepada Allah.

Baca juga : Doa Nabi Sulaiman

Demikian ulasan tentang kumpulan doa nabi Yusuf dan manfaatnya bagi yang mengamalkan doa ini. Amalkan Doa ini agar Anda memperoleh anugerah seperti nabi Yusuf dari Allah.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Paling Utama

Wahyoeni
3 min read

Doa Iftitah

Wahyoeni
5 min read

Doa Nabi Ibrahim

Wahyoeni
5 min read

Doa Rumah Baru

Wahyoeni
5 min read

Surat Al Fatihah

Wahyoeni
4 min read