Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Nabi Sulaiman

Simak ulasan tentang √ doa nabi Sulaiman, √ manfaat dan keutamaan doa nabi Sulaiman serta √ kisah teladan nabi Sulaiman berikut ini.


Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman dikenal sebagai Nabi yang memiliki kemampuan berbicara dengan hewan. Nabi Sulaiman juga merupakan salah satu nama nabi yang kaya raya sampai tidak terhitung kekayaannya.

Doa-Nabi-Sulaiman

Nabi Sulaiman adalah keturunan ke-13 dari nabi Ibrahim AS dan anak dari nabi Daud. Sepeninggal ayahnya, Nabi Sulaiman meneruskan tahta kerajaan sekaligus juga diangkat menjadi utusan Allah.

Beliau mendapatkan mukjizat yang luar biasa. Kisah kenabiannya melegenda hingga kini. Banyak doa nabi Sulaiman yang diamalkan oleh umat Islam di seluruh dunia.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang beberapa doa nabi Sulaiman dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya lengkap. Simak ulasannya berikut.

Doa Nabi Sulaiman

Sejatinya, semua doa yang diajarkan oleh para nabi memiliki manfaat dan keutamaan tersendiri. Tidak berbeda dengan doa nabi Sulaiman. Nabi dengan kecerdasan yang luar biasa ini diangkat menjadi rasul ketika beliau beranjang dewasa.

Namanya disebutkan sebanyak 27 kali di dalam Al Quran sebagai penanda bahwa beliau adalah manusia yang cukup mengesankan.

Berikut ini adalah doa-doa yang sering dilantunkan oleh Nabi Sulaiman yang bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Doa Memperoleh Kekayaan dari Jalan yang Baik

Doa Nabi Sulaiman ini diucapkannya kepada Allah supaya diberikan kekuatan dan kekuasaan yang tidak ada manusia lain yang bisa menyamainya.

Di sini, kita berharap kepada Allah supaya diberikan rizki berupa kekayaan yang banyak dari jalan yang baik dan diridhoi Allah. hal ini sesuai dengan Al-Quran surat Shad ayat 35.

Bacaan Doa Nabi Sulaiman

Doa-Nabi-Sulaiman-Mohon-Kekayaan

Bacaan Doa Nabi Sulaiman Arab

 رَبِّ اغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكُا لاَّ يَنْبَغِي لِاَ حَدِ مِّنْ بَعْدِي , اِنَّكَ اَنْتَ الْوَ هَّابُ

Bacaan Doa Nabi Sulaiman Latin

“Rabbìghfìrlìì wahablìì mulkulla yanbaghìì lì’ahadììm mìn ba’dìì, ìnnaka antal wahhaabu.”

Artinya :

“Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS. Shad ayat 35).

Dengan mengamalkannya, kita berharap supaya kekayaan yang kita miliki dapat dilimpahkan sebanyak-banyaknya sehingga tidak akan hidup kekurangan. Meski demikian, kita harus menyadari bahwa kekayaan yang dianugerahkan hanyalah sebuah titipan.

Suatu saat, titipan tersebut bisa diambil jika kita menggunakannya untuk jalan yang keliru. Kekayaan yang kita miliki seharusnya seperti doa nabi Sulaiman dan segala perbuatannya.

Menjadikan kekayaan sebagai kendaraan untuk beribadah dan tunduk pada perintah Allah. Menggunakan kekayaan untuk hal-hal baik yang diridloi oleh Allah.

Dan kita juga berharap semoga tidak terlalu terlarut dan terlena pada kekayaan yang dilimpahkan sehingga melupakan Allah.

Baca juga : Doa Memohon Rezeki

2. Menundukkan Jin dan Binatang

Doa nabi Sulaiman ini dipergunakan untuk menundukkan jin dan binatang. Seperti yang kita semua ketahui bahwa Nabi Sulaiman dianugerahi kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan jin dan binatang.

Bacaan Doa Nabi Sulaiman

Bacaan-Doa-Nabi-Sulaiman

Bacaan Doa Nabi Sulaiman Arab

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Bacaan Doa Nabi Sulaiman Latin

“Bismillah hirrahmani rahiim, laa ta’luu alayya wa’tuunii muslimiin.”

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepada-Ku dan datanglah kepada-Ku sebagai orang orang yang berserah diri.”

Kemampuan ini adalah salah satu mukjizatnya. Nabi Sulaiman menggunakan doa ini untuk menundukkan mereka, tentunya atas ijin dan ridlo Allah. Doa ini dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari oleh umat muslim.

Anda dapat menggunakannya sebagai doa untuk memohon perlindungan Allah dari gangguan jin. Beberapa orang menggunakannya untuk menyembuhkan orang yang kerasukan atau kesurupan. Doa ini dipercaya mampu menaklukkan bangsa jin dan sejenisnya.

Selain itu, doa nabi Sulaiman ini juga bisa digunakan untuk menundukkan binatang. Jika Anda ingin pergi memancing, bisa mengamalkan doa nabi ini.

InsyaAllah, atas ijin dan perkenan dari Allah, Anda akan mendapatkan hasil memuaskan dari memancing. Hal ini dikarenakan ikan-ikan akan tunduk dan mau memakan umpan yang Anda berikan.

Baca juga : Doa Ketika Melihat Hantu

3. Doa Syukur Menjadi Hamba Allah

Amal ibadah yang kita lakukan di dunia belum menjadi jaminan bahwa nanti kita akan masuk surga dan selamat dari neraka.

Hanya ridho Allah yang menjamin kita bisa masuk ke dalam surga dan menjadi golongan orang-orang shaleh.

Untuk itu kita seharusnya bersyukur menjadi hamba Allah yang taat. Berikut doa nabi Sulaiman tentang menjadi hamba Allah yang bersyukur. Hal ini sesuai dengan Al-Quran surat An-Naml ayat 19.

Bacaan Doa Nabi Sulaiman

Doa-Nabi-Sulaiman-Bersyukur-Menjadi-Hamba-Allah

Bacaan Doa Nabi Sulaiman Arab

رَبِّ اَوْزِ عْنِىِ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِى اَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَى وَلِدَىَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَلِحًا تَرْ ضَهُ وَاَذْخِلْنِى بِرَ حْمَتِكَ فِى عِبَا دِكَ الصَّلِحِيْنَ

Bacaan Doa Nabi Sulaiman Latin

“Rabbì awzì’nìì an asykura nì’mataka latìì an’amta ‘alayya wa’alaa waalìdayya wa an a’mala shaalìhan tardaahu wa adkhìlnìì bìrahmatìka fìì’ìbaadìkash shaalìhììn.”

Artinya :

“Ya tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhoi, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu kedalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh.” (QS. An-Naml ayat 19).

Oleh sebab itu, selalu amalkan doa nabi Sulaiman ini untuk mendapatkan ridho dan selalu menjadi orang yang pandai bersyukur.

Tidak semua manusia di dunia ini diberi hidayah untuk menjadi hamba Allah. Dalam hal ini, kita harus bersyukur sudah dibukakan pintu hati untuk menerima kebenaran ajaran agama Islam.

Kita harus mensyukuri nikmat menjadi umat Islam dengan doa nabi Sulaiman ini. Kita wajib mengucap syukur karena telah dimasukkan ke dalam golongan orang iman dan shaleh.

Sebuah hadist mengatakan bahwa lepasnya keimanan kepada Allah seperti tercerabutnya rambut dari tepung yang halus. Tidak akan terasa sama sekali.

Cara untuk menetapkan iman di dalam hati adalah dengan banyak-banyak bersyukur. Semakin banyak bersyukur, maka akan semakin kita menyadari bahwa kita sangat beruntung dimasukkan Allah ke dalam agama Islam.

Baca juga : Doa Keselamatan

4. Doa untuk Mensyukuri Nikmat Allah

Sebagai manusia pilihan, Nabi Sulaiman adalah seorang manusia yang pandai bersyukur dan selalu menggantungkan diri kepada Tuhannya.

Apapun yang terjadi dalam hidup beliau, baik ujian, cobaan ataupun perintah, semua selalu disyukurinya. Hal ini sesuai dengan Al-Quran surat An-Naml ayat 15.

Bacaan Doa Nabi Sulaiman

Bacaan-Doa-Nabi-Sulaiman-Mensyukuri-Nikmat-Allah

Bacaan Doa Nabi Sulaiman Arab

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي فَضَّلَنَا عَلَى كَشِيْرِ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْ مِنِيْنَ

Bacaan Doa Nabi Sulaiman Latin

“Alhamdulìllahìl ladzìì fadhdhalanaa alaa kasyììrìm mìn ìbaadìhìl mu’mìnììna.”

Artinya :

“Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba hambanya yang beriman.” (QS. An Naml ayat 15).

Jika selalu bersyukur, nikmat yang telah kita peroleh akan dilebihkan oleh-Nya. Allah akan menambahkan pemberiannya kepada manusia yang pandai bersyukur. Nikmat yang kita terima dari Allah wajib kita syukuri apapun bentuknya.

Nikmat keluarga, nikmat sehat, nikmat harta, nikmat jabatan dan lain sebagainya. Nikmat tersebut diberikan dan dilimpahkan kepada kita karena Allah melebihkan kita dari kaum lainnya.

Itulah alasannya mengapa kita senantiasa harus selalu bersyukur kepadaNya. Salah satu bentuknya adalah dengan doa nabi Sulaiman diatas.

Baca juga : Doa Nabi Yunus

Kisah Nabi Sulaiman

Kisah-Nabi-Sulaiman

Nabi Sulaiman adalah putra nabi Daud yang terkenal paling bijaksana dan cerdas. Kecerdasannya bahkan sudah terlihat ketika beliau masih muda. Sulaiman kecil beberapa kali membantu ayahnya memutuskan suatu perkara dengan bijak.

Kecerdasan dan kebijakan inilah yang membuat nabi Daud ingin menobatkan Sulaiman sebagai putra mahkota. Akan tetapi, putra nabi Daud lainnya yang bernama Absyalum tidak menerima keputusan tersebut.

Absyalum memberontak dan melakukan perebutan kekuasaan hingga membuat nabi Daud harus menyingkir ke luar istana. Namun, Allah mengilhamkan untuk memerangi Absyalum.

Baca juga : Doa Nabi Ibrahim

Dalam pertempuran, saudara nabi Sulaiman ini mati melawan tentara ayahnya. Nabi Daud memimpin kerajaan hingga akhir hayatnya dan kemudian digantikan oleh nabi Sulaiman.

Suatu ketika, nabi Sulaiman mendengar kabar dari seekor burung Hud-hud bahwa di suatu tempat hiduplah seorang ratu kerajaan Saba bernama Balqis yang rakyatnya menyembah matahari.

Baca juga : Doa Nabi Yusuf

Mendengar hal itu, nabi Sulaiman merasa tertarik dan berkewajiban untuk mengajak ratu Balqis dan rakyatnya menyembah Allah. Dikirimkannya sebuah surat untuk ratu Balqis melalui burung Hud-hud.

Beliau memberikan seruan kepada sang Ratu beserta rakyatnya agar mereka menyembah Allah SWT. Sebab, segala alam semesta di dunia ini ialah milikNya. Ratu Balqis merasa penasaran dengan nabi Sulaiman dan memutuskan untuk menemuinya.

Tanpa diketahui, nabi Sulaiman telah memerintahkan jin untuk membawa singgasana ratu Balqis ke kerajaan nabi Sulaiman. Hal ini dilakukan sebelum ratu Balqis tiba di kerajaan.

Setibanya ratu Balqis di kerajaan Sulaiman, ratu ini terheran-heran dengan sebuah singgasana yang nampak mirip dengan miliknya.

Nabi Sulaiman mengatakan bahwa singgasana tersebut memang milik ratu Balqis. Di samping itu, ratu Balqis pun terpesona melihat istana nabi Sulaiman yang megah sehingga dia mengakui kebesaran Allah yang ditunjukkan melalui manusia pilihan-Nya.

Nabi Sulaiman akhirnya menikah dengan ratu Balqis dan hidup sampai tua. Beliau meninggal ketika sedang mengawasi para jin yang bekerja keras membangun Baitul Maqdis atau Masjid Al Aqsa.

Tidak diketahui secara pasti waktu kematian nabi Sulaiman karena beliau bersandar pada tongkatnya. Ketika tongkat tersebut habis dimakan rayap putih, tubuh nabi Sulaiman jatuh tersungkur. Saat itulah, para jin menyadari bahwa nabi Sulaiman telah meninggal dunia.

Baca juga : Doa Nabi Musa

Itulah kisah singkat dan kumpulan doa nabi Sulaiman yang perlu kita ketahui. Sebagai bagian dari rukun iman, kita wajib mengimani dan meyakini kebenaran cerita nabi Sulaiman tersebut. Karena nabi adalah salah satu manusia terbaik pilihan Allah.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Masuk Masjid

Wahyoeni
2 min read

Doa Untuk Keluarga

Wahyoeni
4 min read

Doa Naik Kendaraan

Wahyoeni
5 min read

Doa Keluar Rumah

Wahyoeni
3 min read