Doa Rezeki Lancar

Simak √ doa rezeki lancar, √ bacaan doa rezeki lancar arab dan latin, √ arti doa rezeki lancar pada artikel ini.

Dalam hidup ini, setiap umat muslim tentu mengharapkan memiliki rezeki yang besar. Bahkan bukan hanya umat muslim saja, namun semua manusia di dunia.

Rezeki

Lalu apa itu rezeki, dan apakah rezeki itu identik dengan harta dan uang?

Doa_rezeki_lancar_dan_amalannya

Jawabannya adalah rezeki tidak hanya identik dengn harga dan uang. Rezeki bisa berupa keluarga, istri, suami, anak, pakaian, kesehatan, pendengaran, penglihatan dan lain sebagainya. Jadi jangan dipersempit kalau rezeki itu hanya seputar harta dan uang.

Rezeki adalah:

هُوَ كُلُّ مَا تَنْتَفِعُ بِهِ مِمَّا اَبَاحَهُ اللهُ لَكَ سَوَاءٌ كَانَ مَلْبُوْسٌ اَوْ مَطْعُوْمٌ … حَتَّى الزَّوْجَة رِزْق، الاَوْلاَدُ وَ البَنَاتُ رِزْقٌ وَ الصِّحَةُ وَ السَّمْعُ وَ العَقْلُ …الخ

“Segala sesuatu yang bermanfaat yang Allah halalkan untukmu, entah berupa pakaian, makanan, sampai pada istri. Itu semua termasuk rezeki. Begitu pula anak laki-laki atau anak peremupuan termasuk rezeki. Termasuk pula dalam hal ini adalah kesehatan, pendengaran dan penglihatan.”

Rezeki garis besarnya adalah segala sesuatu yang bermanfaat dan bisa kita manfaatkan untuk kelangsungan kehidupan kita di dunia.

Rezeki datangnya dari Allah, maka jika kita menginginkan rezeki yang halal kita wajib memohon kepada-Nya.

Namun kadang kita hanya fokus pada pekerjaan untuk mencari rezeki saja tanpa memohon kelancaran rezeki dari Allah.

Padahal kalau kita sadari, hanya Allah yang memegang kekuasaan untuk mengatur rejzeki semua kehidupan yang ada di dunia ini. Oleh karena jangan sampai kita melupakan kekuasaan Allah dalam mengatur rezeki kita.

Di dalam ajaran islam, salah satu cara untuk melancarkan rezeki kita adalah dengan memanjatkan doa pembuka rezeki kepada Allah untuk memohon dibukanya pintu rezeki buat kita.

Doa Rezeki Lancar

Agar rezeki yang kita peroleh halal dan berlimpah, Rasulullah telah mengajarkan kepada kita mengenai doa rezeki lancar yang dapat kita amalkan.

Doa Rezeki Lancar

Doa pembuka rezeki

Bacaan Doa Rezeki Lancar Arab

اللهم افتخ لي أبواب الخير وأبواب السلامة وأبواب الصحة وأبواب النعمة وأبواب البركة وأبواب القوة وأبواب المودة وأبواب الرحمة وأبواب الرزق وأبواب العلم وأبواب المغفرة وأبواب الجنة يا أرحم الرحمين

Bacaan Doa Rezeki Lancar Latin

“Allaahummaftah alaina abwaabal khoiri wa abwaa bal barokati wa abwaaban ni’mati wa abwaabar rizki wa abwaabal Quwwati wa abwaabash shih haati wa abwaabas salaamati wa abwaabal jannah, Allaahumma aafinaa mingkulli balaa’id dunyaa wa adzaabil aakhirah, Wash rif annaa bihaqqil Qur’anil adhiim wa nabiyyikal kariim syarraddunyaa wa syarral aakhiroh, Ghofarollaahu lanaa wa lahum birahmaatika yaa arhamar raahimiin,”

Arti Doa Rezeki Lancar

“Ya Allah pangeran tuhanku, bukankanlah bukakanlah untuk hamba pintu kebagusan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu kekuatan, pintu rizki, pintu kesehatan, pintu keselamatan, dan pintu sawarga, Ya allah tuhanku hindarkanlah diriku dari bala’i dunia dan bala’i akhirat, jauhkan dariku, sesungguh-sungguhnya Al-Quran yang agung dan nabimu yang mulya dari kejahatan dunia dan kejahatan akhirat. semoga Allah mengampuni diriku semua dan mereka (muslim / muslimat) oleh rahmatmu yang asih.”

Untuk membuka rezeki kita, selain dengan memanjatkan doa rezeki lancar diatas. Kita juga dianjurkan untuk selalu bersyukur terhadap apa yang kita miliki dan kita terima dari Allah.

Bersyukur

Bersyukur juga merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan agar rezeki kita terus bertambah dan mendapatkan kelancaran terus menerus.

Karena dengan selalu bersyukur maka Allah akan senantiasa menambah rezeki kita. Dan Allah akan senantiasa melimpahkan rezekinya bagi hamba-hambanya yang pandai bersyukur.

Jadi, jangan merasa kalau semua harta, kekayaan, jabatan, kesehatan dan apapun yang kita miliki semua atas usaha kita saja. Semua itu tidak lain adalah karunia dari kekuasaan Allah.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Ibrahim ayat 7:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Artinya:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim ayat 7)

Tentu kita semua sudah memahami jika Allah telah mengatur rezeki untuk setiap mahluknya. Namun perlu dipahami kalau rezeki itu tidak akan datang dengan sendirinya kecuali kita berusaha mendapatkannya.

Selain dengan menjatkan doa pembuka rezeki dan bersyukur terhadap apa yang sudah Allah limpahkan, kita juga harus berusaha untuk mendapatkannya.

Kita bisa mendapatkan rezeki dengan cara bekerja atau dengan memiliki usaha.

Sudah menjadi kodratnya bahwa manusia membutuhkan makanan, pakaian, tempat tinggal dan berbagai pendukung dalam kehidupannya.

Namun semua itu harus diringi dengan usaha keras dan doa yang khusus untuk memperlancar rezeki.

Amalan Untuk Memperlancar Rezeki

Amalan pembuka pintu rejeki

Selain memanjatkan doa rezeki lancar dan usaha keras. Biar rezeki lancar kita harus melakukan amalan-amalan dan perbuatan yang bisa membuka dan melancarkan rezeki kita. Berikut amlan-amalannya.

1. Sholat Wajib Barjamaah

Sholat wajib adalah tiangnya agama. Barang siapa umat muslim yang sholat wajibnya tidak pernah ditinggalkan dan dilakukan dengan berjamaah, maka Allah akan meudahkannya dalam berbagai urusan.

Untuk itu jangan menunda sholat wajib ini. Apalagi sholat wajib subuh dan Isya, karena di kedua sholat ini terdapat keutamaan yang sangat luar biasa.

Rasulullah bersabda:

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

Artinya:

“Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah sholat Isya dan sholat Shubuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, maka sungguh mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Membaca Istighfar

Bacaan istighfar adalah bacaan untuk memohon ampunan Allah atas dosa-dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

Membaca istighfar merupakan hal yang sangat baik dan sangat dianjurkan untuk dilakukan kapan aja dan dimana saja, untuk dapat membuka pintu rezeki.

Rasulullah menganjurkan untuk membaca Doa Istighfar agar rezekinya lancar.

Doa Istighfar

Doa-Istighfar

Bacaan Doa Istighfar Arab

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Bacaan Doa Istighfar Latin

“Astaghfirullôhal ‘azhîm alladzî lâ ilâha illâ huwal hayyul qoyyûm wa atûbu ilaih.”

Arti Doa Istighfar

“Aku mohon ampunan Allah, Dzat yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya’,sebanyak tiga kali. Maka, Allah Swt mengampuni dosa-dosanya walaupun ia seumpama busa lautan, walaupun ia (seperti) pasir yang bertumpuk- tumpuk, dan walaupun ia (seperti) bilangan hari-hari dunia.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Simak dan baca juga : Doa Sebelum Makan

3. Perbanyak Sedekah

Melakukan sedekah, lagi dan lagi. Semakin banyak bersedekah, maka rezeki dari Allah akan semakin dimudahkan. bersedekah bukan hanya dengan harta atau uang, bersedekah bisa juga dengan tenaga atau ilmu.

Karena jika kita tidak dari golongan orang yang kaya, kita bisa bersedekah sesuai dengan kemampuan kita. Kita juga bisa bersedekah dengan bersedekah tenaga atau ilmu melalui kepandain yang ada dalam pikiran kita.

Dalam hal ini yang paling penting adalah usaha kita dalam meringankan beban orang lain yang membutuhkan bantuan kita.

Rasulullah bersabda:

لاَ تُوكِي فَيُوكى عَلَيْكِ

Artinya:

“Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.”

Dari hadist diatas sudah jelas, jika kita tidak mensedekahkan sebagian harta yang kita miliki maka Allah akan menahan rizki kita.

Dengan banyak bersedekah, maka semakin terbuka rezeki kita dan akan semakin bertambah.

4. Mendoakan Orang Tua

Orang tua kita adalah orang yang sangat berjasa kepada kita. Karena merekalah kita bisa tumbuh besar menjadi orang yang bisa mandiri.

Ridha Allah berasal dari ridha orang tua. Sebagai anak yang sholeh harus selalu ingat dengan jasa orang tua dan selalu mendoakannya.

Dengan berbakti dan selalu mendoakan kedua orang tua kita, maka ridha Allah senantiasa merahmati dan melancarkan semua usaha kita.

Allah berfirman dalam surah Lukman ayat 14:

وَ وَصَّیۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَیۡہِ ۚ حَمَلَتۡہُ اُمُّہٗ وَہۡنًا عَلٰی وَہۡنٍ وَّ فِصٰلُہٗ فِیۡ عَامَیۡنِ اَنِ اشۡکُرۡ لِیۡ وَ لِوَالِدَیۡکَ ؕ اِلَیَّ الۡمَصِیۡرُ

Artinya:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman ayat 14)

Untuk itu sebagai seorang anak yang sholeh harus selalu mendoakan kedua orang tua kita juga termasuk saudara, keluarga, tetangga bahkan untuk semua orang islam.

Simak dan baca juag : Doa Terbebas Hutang

Demikian ulasan tentang doa rezeki lancar, doa istighfar sebagai rasa syukur dan amalan-amalan pembuka rezeki. Semoga senantiasa Allah melimpahkan rezeki yang melimpah, rezeki yang halal kepada Anda, Aamin.

Doa Untuk Orang Sakit

Wahyoeni
4 min read

Doa Sesudah Wudhu

Wahyoeni
5 min read

Doa Paling Utama

Wahyoeni
3 min read

Doa Untuk Pengantin

Wahyoeni
5 min read

Doa Masuk Kamar Mandi

Wahyoeni
3 min read