Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Agar Diberi Kesehatan

Simak ulasan tentang √ pengertian sehat, √ doa agar diberi kesehatan, √ doa agar tidak mudah sakit dan √ doa panjang umur berikut.


Pengertian Sehat

Hampir semua manusia di dunia menghendaki sehat jasmani dan rohani dalam kehidupannya di dunia.

Doa-Mohon-Kesehatan.

Bahkan banyak rumah sakit dan klinik kesehatan yang bermunculan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pemerintah juga ikut andil dalam penyediaan jasa kesehatan melalui program BPJS.

Semua itu bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Indonesia.

Mengapa orang ingin sehat, dan apa itu sehat?

Menurut Ahli WHO (World Health Organization) yaitu badan kesehatan dunia bahwa sehat adalah kondisi normal manusia yang merupakan hak hidupnya.

Sehat sangat erat hubungannya dengan hukum alam yang mengatur tubuh, jiwa, dan lingkungan sekitarnya. Lingkungan itu dapat berupa udara segar, sinar matahari, bekerja, istirahat, tidur, santai, kebersihan serta pikiran, kebiasaan dan gaya hidup yang baik.

Pengertian sehat juga merupakan suatu keadaan kondisi fisik, mental, dan kesejahteraan sosial seseorang. Semua itu merupakan satu kesatuan dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan.

Menurut WHO, terdapat 3 hal penting dalam defenisi sehat yaitu :

1. Sehat Jasmani

Sehat jasmani dalam arti sehat seutuhnya dalam fisik seseorang. Hal ini dapat berupa sosok manusia yang berpenampilan baik secara fisik dan seluruh fungsi fisiologi tubuh berjalan normal.

2. Sehat Mental

Sehat mental adalah sehat secara pikiran dan perilaku seseorang. Dan kesehatan mental ini sangat erat hubungannya denga kesehatan jasmani.

3. Sehat Spritual

Sehat spiritual adalah kebutuhan akan semangat jiwa seseorang yang dapat diperoleh dengan pendidikan formal atau informal. Bahwa setiap manusia butuh kesempatan berlibur untuk kesegaran jiwa dan pikiran, butuh suara musik atau siraman rohani sebagai penyeimbang jiwa.

Jadi sehat jasmani, sehat mental dan sehat spriritual adalah sangat penting untuk keseimbangan kesehatan pada setiap manusia.

Seperti pepatah mengatakan :

“Jiwa yang sehat terdapat di dalam tubuh yang sehat.”
(Men Sana In Corpore Sano)

Memiliki tubuh yang sehat jelas menjadi idaman bagi setiap orang. Dengan tubuh yang sehat maka Anda bisa melakukan segala aktivitas dengan leluasa tanpa ada hambatan.

Menjaga pola makan dan berolah raga merupakan kebiasaan yang bisa menjadikan tubuh sehat. Tetapi ada hal yang lebih penting dari itu, yaitu selalu berdoa kepada Allah agar selalu diberikan kesehatan.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang beberapa doa agar diberi kesehatan dan panjang umur oleh Allah lengkap. Silahkan simak penjelasannya berikut.

Doa Agar Diberi Kesehatan

Ada beberapa doa yang dapat Anda amalkan agar Anda tetap diberikan kesehatan jasmani oleh Allah. Silahkan simak doa agar diberi kesehatan berikut.

1. Doa Agar Selalu Diberi Kesehatan

Dengan nama Allah dalam Asmaul Husna yaitu “As Salaam” yanga artinya Allah Maha Mensejahterakan. Dengan berdoa kepada Allah agar diberi kesehatan maka Allah akan memberikan kesehatan dan kesejahteraan kepada Anda.

Bacaan Doa Agar Selalu Diberi Kesehatan

Doa-Agar-Selalu-Diberi-Kesehatan

Bacaan Doa Agar Diberi Kesehatan Arab

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Artinya :

“Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau”.

Bacalah doa tersebut sebanyak tiga kali setiap pagi hari dan sore hari.

Saat dalam keadaan sakit, maka Anda bisa membaca doa tersebut kemudian tiupkan pada obat dan air yang akan diminum. Dengan izin Allah obat dan minuman yang akan dimunum akan lebih mujarab dan akan menjadikan Anda cepat sembuh

2. Doa Agar Sehat dan Diberi Umur Panjang

Memilki harta kekayaan yang banyak, kemudian memiliki keturunan yang banyak serta memiliki umur panjang adalah impian setiap umat manusia.

Apalagi bisa memanfaatkan harta dan umurnya yang panjang untuk beribadah dijalan Allah, maka akan sangat bermanfaat hidupnya.

Panjatkanlah doa agar senantiasa diberi kesehatan dan umur panjang oleh Allah.

Bacaan Agar Sehat Doa Panjang Umur

Doa-Panjang-Umur

Bacaan Doa Agar Sehat dan Diberi Umur Panjang Arab

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Artinya :

“Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaku, dan berkahilah karunia yang telah Engkau berikan kepadaku. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan kepada-Mu dan baguskalah amalanku dan ampunilah dosa-dosaku”.

Memliki umur yang panjang dan tetap sehat adalah keinginan semua orang. Tapi jelas bahwa umur seseorang memilki batasan yang telah ditentukan oleh Allah.

Meskipun begitu tetap saja Anda dianjurkan untuk berdoa agar diberi kesehatan serta diberi umur yang panjang.unutk itu Anda bisa mengamalkan doa tersebut.

3. Doa Agar Diberi Kesembuhan Dengan Surat Al-Fatihah

Sebagai umat islam, jelas Anda sudah sangat hafal dengan surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah merupakan surat yang pendek, jadi akan mudah diingat.

Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Quran yang memiliki manfaat yang luar biasa.

Tahukan Anda bahwa surat Al-Fatiah memiliki manfaat untuk kesehatan?

Ya, salah satu manfaat surat Al-Fatihah untuk kesehatan adalah bahwa bacaan surat Al Fatihah bermanfaat untuk meminta kesembuhan ketika sakit.

Caranya Anda hanya perlu membaca surat Al-Fatihah sebanyak 40 kali pada gelas yang berisi air putih.

Kemudian usapkan air tersebut pada anggota tubuh seperti, tangan, kaki, kepala, muka atau anggota tubuh lainya. Dan sisa dari air putih tersebut bisa untuk diminum.

Anda bisa melakukan setiap hari, dan dengan izin Allah penyakit yang Anda derita akan sembuh.

Bacaan Surat Al Fatihah

Surat-Al-Fatihah

Bacaan Surat Al Fatihah Untuk Kesehatan Arab

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

“Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.”

Yang Maha Pengasih, Lago Maha Penyayang.”

“Pemilik hari pembalasan.”

“Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.”

“Tunjukilah kami jalan yang lurus.”

“(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

4. Doa Agar Tidak Mudah Sakit

Kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi umat manusia. Dengan memiliki badan, pikiran dan jiwa yang sehat maka akan mempermudah semua urusan Anda.

Untuk itu senantiasa panjatkanlah doa agar tidak mudah sakit kepada Allah setiap hari. Hal ini agar Allah senantiasa memberikan kesehatan kepada Anda dan Anda tidak mudah sakit.

Bacaan Doa Agar Tidak Mudah Sakit

Doa-Agar-Tidak-Mudah-Sakit-Dan Sehat-Selalu

Bacaan Doa Agar Tidak Gampang sakit Arab

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku ini berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat yang telah Engaku berikan, dari ubahnya kesehatan yang Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, serta dari segala murka-Mu.”

Doa ini bisa and abaca setipa hari selepas menunaikan ibadah sholat. Dengan doa ini semoga Allah selalu memberikan kesehatan serta kepada Anda dan tidak mudah diserang penyakit.

Baca juga : Doa Untuk Orang Sakit

5. Doa Agar Diberi Umur yang Panjang

Doa-Agar-Diberi-Umur-Panjang

Bacaan Doa Agar Diberi Umur yang Panjang Arab

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya :

“Ya Allah, berilah umur yang panjang kepada kami, berilah sehat pada tubuh kami, terangilah hati kami, mantabkanlah iman kami, baguskanlah amalan kami, lapangkanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam persoalan agama, dunia, serta akhirat. Sungguh Engkau maha kuasa atas segala sesuatu.”

Kelima doa tersebut bisa Anda amalkan setiap hari, doa-doa tersebut adalah doa agar Anda selalu diberikan kesehatan oleh Allah.

Selalu bersyukurlah atas segala kenikmatan yang diberikan oleh Allah. Kesehatan merupakan salah satu nikmat yang Allah berikan kepada setiap mahluk.

Dengan tubuh yang sehat maka akan memudahkan Anda dalam melakuakan ibadah kepada Allah. Jangan pernah menyia-nyiakan kesehatan yang diberikan oleh Allah. Sehat itu mahal harganya.

Selain berdoa kepada Allah, berikut ini adalah beberapa tips agar tubuh Anda tetap sehat. Silahkan simak tips menjaga agar tubuh tetap sehat beikut.

Baca juga : Doa Keselamatan

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Tips-Menjaga-Tubuh-Tetap-Sehat

Tips mudah ini bisa Anda lakukan untok menjaga kesehatan tubuh Anda. Silahkan simak tips-tips berikut ini.

1. Makan Makanan Yang Sehat

Agar tubuh tetap sehat maka Anda perlu memberi asupan makanan sehat untuk tubuh Anda. Banyak sekali makanan sehat yang mudah didapat.

Tapi tetap saja masih banyak orang memilih makanan cepat saji. Padahal makanan cepat saji merupakan makanan yang tidak sehat.

Maka dari itu agar tetap sehat ada baiknya Anda menghindari makanan junk food, dan mulailah makan makanan yang sehat.

2. Tidur yang Cukup Dan Bangun Lebih Awal

Mungkin bagi Anda yang memang orang yang sibuk, akan sanagt sulit untuk berisitirahat. Apalagi jika harus kerja lembur sampai malam, sudah dipastikan waktu istirahat Anda kurang.

Rasulullah memiliki kebiasaan baik yaitu, beliau selalu tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Kebiasaan Rasulullah ini terbukti sanagat baik unutk kesehatan.

Jadi jika Anda memang tidak memiliki kegiatan lain saat malam hari, maka ada baiknya Anda menyegerakan waktu tidur agar Anda bisa bangun lebih awal.

Pastikan sebelum tidur membaca Doa Sebelum Tidur agar dalam tidur Anda dilindungi oleh Allah.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga yang rutin dan teratur terbukti baik untuk kesehatan tubuh.

Rasulullah juga menganjurkan umat islam untuk senantiasa berolahraga. Olahraga yang dianjurkan Rasulullah adalah berkuda, berenang dan memanah.

4. Tidak Berlebihan Dalam Makan

Apapun yang berlebihan memang tidak baik, makan berlebihan juga termasuk yang tidak baik untuk kesehatan.

Jika Anda kelebihan makan, maka kerja lambung Anda akan mengalami kesulitan mencerna makanan yang Anda makan.

Dalam surat Al-A’raf ayat 31, Allah tidak menyukai orang yang berlebihan, termasuk berlebihan dalam makan dan minuman, Allah menganjurkan untuk minum dan makan secukupnya saja.

Pastikan Anda membaca doa sebelum makan sebelum Anda mulai menikmati makanan.

5. Selalu Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Dalam islam mengajarkan bahawa kebersiahn itu sebagaian dari iman. Salah satu ciri orang yang beriman adalah selalu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan diri ataupun kebersihan lingkungan.

Salah satu menjaga kebersihan diri adalah dengan selalu mencuci tangan sebelum makan.

Tangan merupakan salah satu anggota badan untuk memegang segala sesuatu benda, baik itu benda bersih tau kotor. Maka sebelum Anda memasukan makanan ke dalam mulut, ada baiknya Anda membersihkan tangan Anda terlebih dahulu.

Selain kebersihan diri, Anda juga perlu menjaga kebersihan lingkungan Anda, salah satunya dengan selalu buang sampah pada tempatnya.

6. Mengkonsumsi Habbatussauda (Jintan Hitam)

Jintan hitam diyakini mampu mengobati segala macam penyakit. Rasulullah gemar mengkonsumsi jintan hitam untuk menjaga tubuhnya tetap sehat.

Agar tubuh Anda tetap sehat, Anda bisa mengikuti kebisaan Rasulullah ini. Yaitu dengan gemar mengkonsumsi jintan hitam agar tubuhnya senantiasa sehat.

4. Menjaga Diri Dari Penyakit Hati

Penyakit hati seperti iri, sombong, dengki atau dendam, sebenarnya tidak hanya merusak rohani saja, penyakit-penyakit hati tersebut juga dapat merusak kesehatan tubuh Anda.

Penyakit-penyakit hati tersebut bisa menjadi beban pikiran, beban pikiran bisa membuat Anda stres, sedih dan berduka lara.

Untuk menghindari segala penyakit tersebut Anda perlu selalu berpikir positif dan membangun hubungan yang baik dengan orang sekitar dan lingkungan sekitar.

Baca juga : Doa Untuk Diri Sendiri

Demikian ulasan tentang doa agar diberi kesehatan dan doa panjang umur serta tips-tips menjaga kesehatan jasmani. Dengan selalu mengamalkan doa mohon kesehatan kepada Allah dan menerapkan tips agar tubuh sehatdi atas, Insya Allah tubuh Anda akan selalu sehat dan bugar.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Ketika Marah

Wahyoeni
4 min read

Doa Bepergian

Wahyoeni
4 min read

Doa Untuk Diri Sendiri

Wahyoeni
5 min read

Sholawat Nariyah

Wahyoeni
6 min read

Doa Ketika Angin Kencang

Wahyoeni
4 min read