Doa Pagi Hari

Simak ulasan tentang √ doa pagi hari pendek dan √ doa pagi hari sesuai sunnah Rasulullah arab, latin dan artinya pada artikel berikut.


Waktu Pagi

Pagi hari adalah waktu bagi semua orang untuk mengawali seluruh rangkaian aktivitas seharian penuh dalam satu hari.

Doa-di-Pagi-Hari

Waktu pagi adalah waktu yang sangat tepat untuk mencari rezeki yang Allah sebar ke muka bumi ini. Waktu pagi badan dan pikiran kita masih segar, masih jernih dan penuh semangat.

Diwaktu ini jutaan manusia di dunia melakukan aktifitas dan beberapa kebutuhan sehari-hari mereka yang harus dipenuhi. Inilah kesempatan untuk Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Rasulullah bersabda :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Artinya :

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (Hr. Tarmidzi).

Dalam hadits diatas Rasulullah memohon kepada Allah untuk diberkahi umatnya di waktu pagi hari mereka. Nah bagi Anda yang ingin mendapatkan berkah, rezeki lancar dan berlimpah, maka usahakan untuk bangun pagi.

Mengerjakan sholat sunnah sebelum subuh, mengerjakan sholat subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan dzikir setelah sholat subuh hingga matahari terbit.

Rasulullah bersabda :

“Siapa yang sholat subuh berjamaah, kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian dia mengerjakan sholat sunnah dua rakaat, maka baginya pahala haji dan umroh.”

Rasulullah melanjutkan sabdanya, “Sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tarmidzi).

Dari hadist diatas dapat disimpukan bahwa begitu luar biasa manfaat dari sholat subuh berjamaah di pagi hari yang akan mendapatkan pahala haji dan umroh.

Namun, sebagian besar masyarakat masa kini mengalami kesulitan untuk bangun di pagi hari lebih awal setelah subuh hingga jam 7 pagi. Salah satu cara agar kemalasan dapat dihilangkan adalah dengan membaca doa pagi hari.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang doa pagi hari sesuai sunnah Rasulullah yang pendek ataupun panjang dalam bahasa arab, latin dan artinya lengkap.

Doa Pagi Hari

Ingin badan dan pikiran segar saat bangun tidur?

Jika Anda ingin badan segar dan pikiran jernih pada saat bangun tidur, maka panjatkanlah doa bangun tidur sebagai rasa syukur dapat bangun di pagi hari.

Agar Anda tidak malas saat memulai segala aktivitas harian, bacalah doa pagi hari dan pahami beserta artinya.

Selain membaca doa pagi hari, Anda juga dianjurkan untuk melafadzkan beberapa bacaan dzikir agar selalu teringat dan dalam perlindungan Allah.

Simak beberapa doa pagi hari yang bisa Anda panjatkan berikut.

1. Doa Pagi Hari Sesuai Sunnah Pendek

Doa pagi hari ini adalah doa yang Rasulullah panjatkan setiap pagi. Doa ini diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA yang dikutip oleh Imam An-Namawi.

Bacaam Doa Pagi Hari Pendek

Doa-Pagi-Hari

Bacaam Doa Pagi Hari Pendek Arab

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Bacaam Doa Pagi Hari Pendek Latin

“àllàhummà bikà àshbàhnà, wà bikà àmsàinà, wà bikà nàhyà, wà bikà nàmutu, wà ilàikàn nusyuru.”

Arti Bacaam Doa Pagi Hari Pendek

“Ya Allah, dengan-Mu aku menjalani pagi hari, dengan-Mu aku menjalani sore hari, dengan-Mu aku hidup, dengan-Mu aku mati. Hanya kepada-Mu aku kembali.” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah).

2. Doa Pagi Hari Sesuai Sunnah Panjang

Selain doa pagi hari pendek diatas, terdapat doa pagi hari sesuai sunnah Rasulullah yang lebih panjang. Doa ini diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas‘ud yang dikutip oleh Imam An-Namawi.

Bacaan Doa Pagi Hari Panjang

Doa-Pagi-Hari-Sesuai-Sunnah-Rasulullah

Bacaan Doa Pagi Hari Panjang Arab

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Bacaan Doa Pagi Hari Panjang Latin

“Ashbahnà wa ashbahal mulku lillàhi wal hamdu lillàhi, là ilàha illallàhu wahdahū là syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alà kulli syai‘in qadīr.

Rabbi, as’aluka khaira mà fī hàdzihil lailata wa khaira mà ba‘dahà, wa a‘ūdzu bika min syarri mà fī hàdzihil lailata wa khaira mà ba‘dahà.

Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzàbin fin nàri wa ‘adzàbin dil qabri.”

Arti Bacaan Doa Pagi Hari Panjang

“Kami dan kuasa-Mu menjalani pagi hari. Segala puji bagi-Mu. Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Allah yang menguasai atas segala sesuatu.

Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya.

Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar).

3. Doa Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Subuh

Rasulullah juga mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa membaca doa pagi hari setelah mengerjakan sholat subuh. Simak doa pagi hari setelah sholat subuh berikut.

Bacaan Doa Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Subuh

Doa-Pagi-Hari-Setelah-Sholat-Subuh

Bacaan Doa Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Subuh Arab

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Bacaan Doa Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Subuh Latin

“Allahumma ìnnì as aluka ‘ìlman naafì’aa wa rìzqan toyyìbaa wa ‘amalan mutaqabbalaa.”

Arti Bacaan Doa Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Subuh

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik (halal) dan amal yang diterima.” (HR Ibnu As – Sunni).

4. Membaca Ayat Kursi

Selain membaca 3 doa pagi hari diatas, Anda dapat membaca ayat kursi sebagai bacaan doa di pagi hari.

Bacaan Ayat Kursi

Ayat Kursi

Bacaan Ayat Kursi Arab

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan Ayat Kursi Latin

“Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Arti Bacaan Ayat Kursi

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur.

Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.”

Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha tinggi lagi maha besar.” (Surat Al-Baqarah ayat 255).

Simak dan baca juga : Surat Yasin

5. Membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Doa di pagi hari dilanjutkan dengan membaca surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas sebanyak masing-masing tiga kali bacaan.

Bacaan Surah Al Ikhlas (3x)

Surah-Al-Ikhlas

Bacaan surah Al Ikhlas Arab

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

“Qul huwallahu ahad, allahu somad, lam yalid wa lam yụlad, wa lam yakul lahụ kufuwan ahad.”

Artinya :

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya.”

Bacaan Surah Al Falaq (3x)

Surah-Al-Falaq

Bacaan surah Al Falaq Arab

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad.”

Artinya :

Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

Bacaan Surah An Naas (3x)

Surah-An-Naas

Bacaan surah An Naas Arab

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلَهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ . الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

“Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas.”

Artinya :

Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

Simak dan baca juga : Doa Sholat Dhuha

Aktivitas Pagi Hari

Setiap hari Anda akan dihadapkan pada rutinitas sehari-hari. Mulai dari bangun tidur pada waktu pagi hari sampai beranjak untuk tidur di malam hari.

Untuk Anda perlu menjaga kesehatan dan ketenangan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Caranya Anda bisa melakukan aktivitas ini saat sebelum dan sesudah tidur untuk mengatur pola istirahat agar bisa lebih teratur.

1. Selalu Aktif Bergerak

Jika tubuh selalu aktif bergerak maka syaraf-syaraf otak akan bekerja dengan baik sehingga akan merespon lelah jika Anda usai melakukan aktivitas penuh.

Tubuh yang terasa lelah dapat menyebabkan syaraf mengirimkan respon kantuk sehingga Anda bisa tertidur dengan cepat. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang membuat otot-otot tubuh lentur, tidak kaku.

Jika Anda hanya beraktivitas dengan duduk seharian menyelesaikan sebuah pekerjaan tanpa banyak bergerak, maka syaraf akan lebih susah untuk beristirahat.

Jika kesibukan Anda hanya duduk, sebaiknya lakukan bersamaan dengan aktivitas lain. Agar Anda lebih rileks dan tetap otot menjadi lentur kembali.

Anda harus berdiri dalam beberapa menit dan melakukan peregangan otot di beberapa bagian yang kaku. Seperti otot leher, yang sangat berpengaruh untuk membuat Anda mudah tertidur. Punggung, dan beberapa bagian otot panggul yang bereaksi saat duduk.

2. Melakukan Olahraga Pada Waktu Pagi, Sore atau Malam Hari

Aktivitas yang menyehatkan adalah dengan melakukan olahraga. Anda bisa melakukannya sesuai dengan waktu yang Anda miliki.

Tetapi usahakan bahwa selalu ada waktu untuk melakukan olahraga, entah di pagi hari, sore, atau malam hari. Jika di malam hari, Anda bisa melakukan fitness di gym serta senam ringan.

Yoga juga termasuk bagian olahraga yang dapat merefresh otak dan pikiran sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyaman. Lakukan aktivitas tersebut sebelum atau sesudah tidur sesuai dengan waktu luang yang Anda miliki.

3. Minum Susu Sebelum Tidur

Tahukah Anda bahwa minum susu sebelum tidur juga dapat menyebabkan munculnya rasa kantuk?

Minum segelas susu juga dianjurkan bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur di malam hari.

Susu memiliki kandungan yang dapat membuat jaringan otot syaraf menjadi rileks sehingga bisa menyebabkan peminumnya lebih tenang.

Dalam kondisi yang tenang itulah seseorang bisa mengalami rasa kantuk kemudian tidur lebih cepat.

4. Membaca Doa Sebelum Tidur

Membaca doa sebelum tidur juga dipercaya secara religius mengusir hal-hal buruk yang menyebabkan kita susah tidur atau insomnia.

Bacaan doa sebelum tidur akan melindungi Anda ketika Anda sedang tertidur pulas. Karena tidur itu adalah saudaranya mati, jadi Anda tidak merasakan apa-apa ketika sedang tertidur.

Mengingat dalam beberapa masalah sulit tidur dialami karena adanya gangguan tertentu, seperti jin, setan, dan sebagainya.

Untuk mengetahui doa bangun tidur arab, latin dan artinya lengkap, silahkan simak dan baca : Doa Sebelum Tidur

5. Membaca Doa Bangun Tidur

Jika Anda sangat ingin menyambut datangnya pagi hari , maka berbahagialah karena berarti Anda orang yang sadar terhadap hidup dan kehidupan Anda.

Caranya adalah, selalu bersyukur saat Anda bangun tidur, karena itulah kunci utamanya.

Untuk menumbuhkan rasa syukur ini, Rasulullah telah mengajarkan sebuah doa bangun tidur yang dapat kita baca setiap bangun tidur.

Untuk mengetahui doa bangun tidur arab, latin dan artinya lengkap, silahkan simak dan baca : Doa Bangun Tidur

6. Membaca Doa Pagi Hari

Selain membaca doa sebelum tidur di malam hari agar nyenyak, kemudian membaca doa bangun tidur sebagai rasa syukur kepada Allah karena selamat dapat terbangun di pagi hari ini.

Nah setelah membaca doa bangun tidur, bisa dilanjutkan dengan membaca doa pagi hari untuk mengusir kemalasan.

Apalagi di waktu bangun tersebut merupakan saat untuk menunaikan ibadah sholat subuh. Besar kemungkinan semua manusia memperoleh bisikan setan yang membuatnya malas untuk bangun dan mengerjakan sholat subuh.

Doa pagi hari juga dipercaya untuk melindungi Anda dari bisikan setan atas rasa malas yang menyebabkan Anda tertarik ke tempat tidur kembali.

Cara Agar Pikiran dan Badan Segar di Pagi Hari

Bagi sebagian besar dari Anda yang memiliki waktu tidur sangat sedikit karena kesibukan aktivtias yang terlalu padat tentu akan sulit bagi Anda untuk memperbaiki pola tidur.

Anda tetap sering begadang karena melakukan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Kemudian mengawali tidur sejak tengah malam atau bahkan dini hari.

Sedangkan di pagi hari Anda kembali harus bekerja dan memulai aktivitas dan kesibukan lainnya.

Hal tersebut membutuhkan solusi yang tidak biasa karena jika tubuh Anda mulai terasa kurang sehat sementara waktu istirahat masih minim. Maka akan sulit untuk diatasi dan dijadikan normal dan sehat kembali.

Anda bisa melakukan cara ini agar pikiran sekaligus badan selalu segar di pagi hari dengan memaksimalkan tidur di waktu istirahat yang minim.

1. Bersihkan Badan dan Buatlah Suasana Nyaman Sebelum Tidur

Tidur yang nyenyak dan efektif bisa disebabkan karena kondisi lingkungan di dalam kamar atau tempat tidur sangat nyaman.

Kebersihan badan, kasur, dan sebagainya juga menjadi salah satu faktor Anda merasa tidak ada beban yang kotor untuk dibawa tidur.

Maka bersihkanlah seluruh badan, kaki, dan bagian celah lainnya di tubuh Anda setelah beraktivitas seharian.

2. Hindari Perut Kosong Sebelum Tidur

Beberapa orang mengalami sulit tidur dalam keadaan perut kosong, sementara ada juga lainnya yang mudah merasa ngantuk jika sedang kelaparan.

Tetapi jika Anda memiliki banyak beban yang belum terselesaikan, namun Anda lebih memerlukan waktu beristirahat. Maka jangan biarkan perut dalam keadaan kosong, makanlah sesuatu yang mengenyangkan.

3. Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun Tidur

Air putih dapat menetralkan racun yang ada di dalam tubuh dan membawanya keluar melalui saluran kencing.

Meminum segelas air putih sebelum dan sesudah tidur bisa membuat tubuh Anda terjaga dan sehat selalu.

Air putih dapat melancarkan sistem pencernaan, khususnya eksresi Anda sehingga sampah yang ada di perut bisa keluar dengan cepat dan menghindarkan Anda dari penyakit pencernaan.

Simak dan baca : Doa Sore Hari

Demikian ulasan tenatng bacaan doa pagi hari yang bisa Anda panjatkan setiap pagi. Dengan begitu Anda siap menyambut pagi untuk menjalani aktifitas dan mencari rezeki yang berkah.

Loading...

Doa Sayyidul Istighfar

Wahyoeni
3 min read

Doa Qunut

Wahyoeni
3 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Wahyoeni
3 min read

Doa Ziarah Kubur

Wahyoeni
7 min read

Doa Akhir Tahun

Wahyoeni
6 min read