Doa Sholat Dhuha

Sholat adalah ibadah wajib bagi semua orang yang beragama islam atau muslim di seluruh dunia, tak terkecuali bagi anak kecil maupun orang tua yang sudah lanjut usia. Kewajiban sholat bagi seorang muslim dimulai ketika sudah aqil-baligh.

Aqil-baliqh adalah kondisi dimana seseorang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Makna Aqil sendiri yaitu Berakal, sedangkan makna Baligh sendiri yaitu kondisi seseorang sudah sampai masa kedewasaannya.

Setelah memasuki masa aqil-baliq maka wajib hukumnya untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu dan mulai dihitung semua perbuatannya dan dipertanggungjawabkan olehnya. Selain melakukan sholat 5 waktu juga wajib berpuasa di bulan Ramadhan.

Doa Setelah sholat dhuha

Disunahkan juga untuk melakukan sholat sunah di malam hari seperti sholat malam, sholat tahajud atau sholat dhuha yang dilakukan dipagi hari. Pada artikel ini akan diulas tentang doa sholat dhuha dan tata cara sholat dhuha lengkap.

Doa Sholat Dhuha

Diantara macam-macam sholat Sunnah, salah satunya yaitu Sholat Sunnah Dhuha. Adapun waktu sholat dhuha yaitu dimulai ketika matahari mulai meninggi setinggi tombak bagi orang yang melihatnya, kira-kira sekitar 1 jam setelah matahari terbit.

Untuk lebih detailnya tentang waktu sholat dhuha yang tepat silahkan baca waktu sholat dhuha terbaik yang mustajab agar terkabul doanya.

Niat Sholat Dhuha

Di dalam ajaran islam, semua dianjurkan dengan dimulai dengan niat. Termasuk ketika akan melakukan sholat dhuha. Diwajibkan untuk membaca niat sholat dhuha agar sholat sunnahnya menjadi sempurna.

Niat Sholat Dhuha

Berikut bacaan niat sholat dhuha arab

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan niat sholat dhuha latin

“Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa”

Terjemahan arti niat sholat dhuha

“Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala”

Membahas tentang sholat dhuha, tidak terlepas dari tata cara sholat dhuha dan juga bacaan doa setelah sholat dhuha. Untuk tata caranya sama seperti sholat pada umumnya.

Tata Cara Sholat Dhuha

Sholat dhuha

Sholat sunnah dhuha memiliki urutan atau tata cara yang sama dengan sholat wajib 5 waktu. Sholat dhuha berjumalah 2 rakaat yang diawali dengan membaca niat sholat dhuha dan diakhiri dengan salam.

Untuk mengetahui urutan dan tata cara sholat wajib lengkap silahkan simak bacaan sholat wajib.

Berikut adalah tata cara sholat dhuha lengkap:

1. Membaca Niat

Niat ini tidak wajib untuk di lafadz kan, cukup niat dalam hati menggunakan bahasa apapun diperbolehkan. Dianjurkan untuk membaca niat sholat dhuha dalam hati atau dengan suara lirih.

2. Takbiratul Ihram

Membaca “Allahuakbar” dengan mengangkat kedua telapak tangan dan sejajar sampai telinga.

3. Berdiri (Bagi yang Mampu)

Sholat lazimnya dilaksanakan dengan posisi berdiri tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dilakukannya dengan duduk dan tidur dengan posisi miring ke kanan disebabkan berbagai macam hal.

4. Membaca Al Fatihah pada Tiap Raka’at

Salah satu syarat sahnya sholat yaitu membaca al fatihah di setiap raka’atnya karena jika tidak membacanya maka sholat yang dilakukan tidak sah.

5. Ruku’ (Dengan tuma’ninah)

Ruku’ yaitu membungkukan badan sampai membentuk siku Sembilan puluh derajat. Dianjurkan untuk melakukannya dengan tuma’ninah atau tenang dan tidak terburu-buru.

6. I’tidal/ Berdiri Setelah Ruku (Dengan tuma’ninah)

Bangun dan berdiri tegak setelah ruku, Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam pernah bersabda “Tidak diganjar shalat seseorang yang tidak menegakkan punggungnya dalam ruku dan sujud”.

7. Sujud (Dengan tuma’ninah)

Merupakan salah satu syarat orang bersujud dalam sholat yaitu menempelkan hidungnya ke tempat sujudnya.

Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda:

Tidak (sempurna) sholat orang yang tidak menempelkan hidungnya ke tanah sebagaimana ia menempelkan dahinya ”.

8. Duduk Diantara Dua Sujud (Dengan tuma’ninah)

Melipat kedua kaki menumpu paha dan badan kita dengan membaca doanya yaitu,

رَبِّ اغْفِرْلِى وَارْحَمْنِى وَاجْبُرْنِي وَارْفَعْنِي وَارْزُقْنِي وَاهْدِنِي وَعَافِنِي وَاعْفُ عَنِّي

9. Tasyahud Akhir

Duduk pada tasyahud akhir yaitu melipat dan mendudukan kedua kaki dibawah paha, melipat ke dalam telapak kaki sebelah kiri dan menegakan telapak kaki sebelah kanan. Selama tasyahud akhir, Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam mengajarkan untuk membaca kalimat tasyahud.

10. Bersahalawat atas Nabi

Membaca sholawat ke atas Nabi Muhammad Shollallahu ‘Alayhi Wasallam.

11. Mengucapkan Salam

Mengucapakan salam “Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh” sambil menengokan wajah ke pundak kanan lalu dilanjutkan ke sebelah kiri.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah semua rukun dari sholat dhuha selesai dikerjakan maka sholatnya sudah disebut sah. Tetapi ada anjuran atau sunnah Nabi berdzikir dalam hal ini yaitu dzikir dan doa setelah sholat dhuha.

Mungkin sebagian orang yang beragama islam sudah mengetahui doa dan dzikir setelah sholat dhuha. Lebih afdhol-nya lagi mengerti apa makna yang terkandung dalam doa tersebut lalu memahaminya.

Adapun doa setelah sholat dhuha beserta artinya yang popular dibaca dan dihafal adalah sebagai berikut.

Doa setelah sholat dhuha arab

Doa Setelah Sholat Dhuha (Arab)

اَللَّهُمَّ إِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ والْبَهَاءَ بَهَاءُكَ والْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالقُوَّةَ قُوَّتُكَ والْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِي فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِى الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآ اَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ

Doa Setelah Sholat Dhuha (Latin)

Allahumma innad dhuhaa-a dhuhaauka, walbahaa-a bahaauka, waljamaala jamaaluka, walquwwata quwwatuka, walqudrota qudrotuka, wal’ishmata ‘ishmatuka. Allahumma inkaana rizqii fissamaa i fa-anzilhu, wa in-kaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa in-kaana mu’siron fayassirhu, wa in-kaana ba’iidan faqorribhu bihaqqi dhuhaaika wa bahaaika wa jamalika wa quwwatika wa qudrotika aatinii maa atayta ‘ibaadakas-shoolihiin

Arti Doa Sholat Dhuha

“Yaa Allah, sesungguhnya waktu dhuha-Mu adalah waktu dhuha-Mu, dan keagungan adalah keagungan-Mu, dan keindahan adalah keindahan-Mu, dan kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan adalah penjagaan-Mu. Yaa Allah, apabila rizqiku di atas langit maka turunkanlah, dan apabila di bumi maka keluarkanlah, dan apabila sulit maka mudahkanlah, dan apabila jauh maka dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, dan keagungan-Mu, dan keindahan-Mu, dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang shalih”

Doa setelah sholat dhuha dan dzikir ini bukan doa khusus yang diajarkan oleh Rasulullah SAW setelah sholat dhuha. Para ulama di bidang fiqih yang terkemuka tidak sama sekali menuliskan doa setelah sholat dhuha. Maka umat islam dapat berdoa dengan doa apa saja yang baik lainnya.

Selain doa setelah sholat dhuha yang perlu dihafalkan, masih banyak lagi doa-doa yang harus dihafal dan difahami oleh orang beragama islam seperti doa setelah sholat wajib, doa setelah sholat tahajud dan masih banyak doa lainnya.

Sholat dhuha adalah salah satu sholat sunnah sebagai pembuka rejeki. Silahkan simak doa pembuka rejeki yang bisa Anda amalkan.

Mengapa kita harus banyak berdoa?

Karena berdoa adalah senjata bagi orang beragama islam di segala hal. Selain itu, doa juga bisa dibilang sebagai cara manusia berkomunikasi dengan Allah subhanahu wa ta’alaa.

Semakin sering kita berkomunikasi maka kita selaku hambanya semakin dikenal dan disayang oleh-Nya, karena kita sangat bergantung pada-Nya.

Baca Juga : Sholat Tahajud Lengkap

Demikianlah penjelasan tentang doa setelah sholat dhuha lengkap. Dengan mengetahui tata cara sholat yang benar beserta dzikir dan doa setelah sholat dhuha akan mempermudah Anda untuk menjalankan sholat dhuha secara rutin. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.