Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Keutamaan Shalat Tepat Waktu

Shalat adalah tiang agama yang harus dilakukan secara rutin dan wajib menjalankannya dalam 5 waktu. Terdapat keutamaan shalat tepat waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh surga Allah SWT.

Tidak hanya menjalankan kewajiban, namun shalat tepat waktu juga merupakan kebutuhan yang berpengaruh dalam kehidupan akhirat seorang muslim. Fadilah shalat tepat waktu akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini:

10 Keutamaan Shalat Tepat Waktu

Meskipun berada di dalam lingkungan yang mudah untuk melaksanakan shalat, namun sebaiknya kewajiban ini harus segera dilaksanakan. Bahkan setelah adzan sebaiknya langsung menjalankan shalat. Mengapa demikian? Simak keutamaannya di bawah ini:

1. Dicintai oleh Allah SWT

Menyegerakan shalat adalah sarana agar dicintai oleh Allah SWT, pada dasarnya setiap umat muslim dicintai namun bagi Anda yang shalat tepat waktu pasti lebih diperhatikan dalam hal apapun.

Allah SWT adalah pemilik segala yang ada di bumi, sehingga ketika mendapat cinta dari Allah SWT, maka semua yang dibutuhkan dan ditakdirkan dimiliki oleh seorang muslim pasti diberi kemudahan.

Baca juga Sholat Tahajud

2. Amalan Utama

Keistimewaan shalat tepat waktu adalah sebuah ibadah yang utama dan dianjurkan Rasulullah SAW. Mengapa pengetahuan ini sangat penting? Agar dalam menjalankan ibadah umat muslim juga harus memprioritaskan ibadah yang paling utama.

Banyak sekali sarana untuk menggapai surga Allah SWT, namun jika tidak menggunakan strategi maka amal dan ibadah akan berantakan dan akhirnya terdapat ibadah yang tertinggal.

Shalat tepat waktu sebagai amalan utama disampaikan Rasulullah SAW kepada Ibnu Mas’ud RA ketika terdapat seorang laki-laki bertanya tentang amalan yang paling utama, Rasulullah SAW menjawab:

“Shalat tepat pada waktunya, berbakti kepada kedua orang tua, dan jihad fi sabilillah”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa shalat tepat waktu sangat penting dan menjadi amalan utama yang disarankan oleh Rasulullah SAW.

3.      Memperoleh 9 Kemuliaan

Ketika menjalankan shalat tepat waktu, Anda juga akan memperoleh 9 kemuliaan yang dapat meningkatkan ketakwaan maupun memudahkan dalam menjalankan setiap ibadah yang disarankan oleh Rasulullah SAW.

  1. Dicintai Allah SWT
  2. Keberadaannya selalu dijaga malaikat
  3. Badannya selalu sehat
  4. Rumahnya diberkahi
  5. Wajahnya menampakkan jati diri orang shalih
  6. Hatinya dilunakkan oleh Allah SWT
  7. Dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka)
  8. Menempatkannya di surga bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut dan bersedih
  9. Diselamatkan Allah SWT dari api neraka

Setelah mengetahui tentang faedah shalat tepat waktu, maka umat muslim akan berlomba-lomba untuk menjalankan shalat tepat waktu. Bahkan jika mendatangi tempat shalat dalam kondisi merangkak sekalipun.

4. Diampuni Dosa-dosanya

Setiap insan yang hidup di dunia pasti memiliki kesalahan dan dosa baik sengaja maupun tidak disengaja. Shalat tepat waktu dapat menjadi sarana untuk memohon ampun atas kesalahan-kesalahan tersebut.

Menjalankan shalat tepat waktu dapat menjadi bukti bahwa seorang umat memprioritaskan Tuhannya. Oleh karena itu, setiap umat muslim yang menjalankan shalat tepat pada waktunya akan memperoleh pengampunan, baik dosa kecil maupun dosa besar.

5. Mendapat Pahala yang Besar

Sesungguhnya setiap ibadah yang dijalankan dinilai pahala tanpa diketahui besarannya. Hal ini karena Allah SWT menilai pahala yang nantinya dihitung ketika masa perhitungan amal kelak di hari akhir.

Jika seorang muslim menjalankan shalat tepat waktu, maka akan diampuni dosa-dosanya meskipun jika dijumlah hasilnya segunung.

6. Hati Menjadi Tenang

Tidak hanya di khususkan untuk Allah SWT, shalat juga menjadi kesenangan untuk diri sendiri karena mampu memberikan kesejukan dan ketenangan hati. Semua kesenangan dunia akan hilang jika dibandingkan dengan nikmatnya shalat dan menghadap Allah SWT.

Shalat adalah sebuah interaksi antara seorang hamba dengan Allah SWT, sehingga dapat bertasbih, mengagungkan, dan sebuah ketundukan hamba kepada Rabbnya. Oleh karena itu, hati akan terasa tenang dan lebih ringan setelahnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Dijadikan kesenanganku dari dunia berupa wanita dan minyak wangi. Dijadikanlah penyejuk hatiku dalam ibadah shalat” (HR. An-Nasa’i). Oleh karena itu, keuntungan shalat tepat pada waktunya dapat menenangkan hati dan jiwa.

7. Mendapat Balasan Surga

Manfaat shalat  tepat waktu selanjutnya adalah surga yaitu keabadian dan keindahan yang abadi. Jika menjalankan shalat tepat waktu, maka Allah SWT mempersiapkan surga untuk seorang hamba tersebut.

Hadist keutamaan shalat tepat waktu ini telah diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga. Dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan.”

8. Penolong Manusia

Kehidupan terdiri dari 2, yaitu dunia dan akhirat. Jika menjalankan shalat tepat waktu, maka Anda akan ditolong dari 2 segi kehidupan ini. Semua kemudahan akan dibantu dengan shalat tepat waktu yang dijalankan.

Jika seseorang sabar dan khusyuk dalam menjalankan shalat, maka setiap kemudahan akan muncul berhubungan dengan duniawi maupun aktivitas yang dikhususkan untuk kehidupan di akhirat. Baik untuk beribadah, bersedekah, dan lain sebagainya.

Baca juga Shalat Sunnah Fajar

Keutamaan shalat tepat waktu dapat menjadi penolong umat muslim baik di dunia maupun di akhirat. Karena pada dasarnya dalam kehidupan ini Allah SWT selalu memberi andil, baik dalam melancarkan maupun memperbaiki prosesnya.

9.      Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar

Shalat yang berhasil mampu menghindarkan perbuatan keji dan mungkar pada seorang hamba. Jika seorang muslim menjalankan ketentuan shalat dan sesuai dengan syariat, maka dijauhkan dari perilaku yang dilarang oleh Allah SWT.

Tentunya hal ini tergantung dari kualitas ibadah shalat yang dilakukan, ketaatan ketika shalat mampu memberikan dampak positif bagi pelakunya. Jika kualitas shalatnya buruk, maka setelah shalat tetap melakukan kemungkaran dan perbuatan yang keji.

Keutamaan shalat tepat waktu adalah menghindarkan seorang hamba dari perbuatan yang dilarang oleh agama yaitu keji dan mungkar. Sehingga dimanapun berada harus menjalankan shalat tepat pada waktunya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Cahaya di Hari Kiamat

Hidup di dunia hanyalah sementara, sedangkan kehidupan di akhirat kekal selamanya. Dunia yang fana ini memiliki berbagai hambatan untuk menyelewengkan tujuan utama yaitu memperoleh ridho dari Allah SWT untuk menggapai surga-Nya.

Baca juga Doa Shalat Istikharah

Salah satu keutamaan shalat tepat pada waktunya ini mampu memberikan cahaya yang menolong umat di hari kiamat. Cahaya yang menerangi saat proses hari akhir ini mampu menjadi penolong agar masuk ke dalam surga-Nya.

Abdullah bin Amru mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menjaganya (shalat) maka ia akan mempunyai cahaya, bukti dan keselamatan kelak di hari kiamat. Barangsiapa yang tidak menjaganya, maka ia tidak mempunyai cahaya, bukti keselamatan pada hari kiamat dan ia akan tinggal bersama Qorun, Firaun, Harun, dan Ubay bin Khalaf.”

Seperti yang telah dijelaskan secara lengkap di atas, 10 keutamaan shalat tepat waktu di atas dapat menjadi penyemangat dan sarana untuk menggapai surga Allah SWT. Biasanya jika mengetahui keuntungannya, maka akan lebih bersemangat dalam menjalankannya.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Keutamaan Shalat Sunnah

Wahyoeni
3 min read

Rukun Shalat Jumat

Wahyoeni
3 min read

Shalat Tahiyatul Masjid

Wahyoeni
5 min read

Shalat Sunnah Fajar

Wahyoeni
3 min read