Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

25 Nama Nabi dan Rasul

Simak ulasan tentang √ 25 nama Nabi, √ Nabi dan Rasul yang bergelar Ulul Azmi dan √ Nabi dan Rasul yang menerima kitab suci berikut.


Nabi dan Rasul

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang di dalamnya berisi perintah dan larangan dari Allah untuk hidup di dunia.

25-Nama-Nabi-dan-Rasul

Selain itu, Allah juga menceritakan beberapa nabi yang pernah diutus-Nya untuk menyampaikan kebenaran dan memberikan teladan. Al-Quran menceritakan bahwa nabi yang diutus oleh Allah jumlahnya ada ribuan.

Namun, hanya sedikit dari mereka yang namanya disebutkan dan kisahnya diceritakan dalam Al Quran. Sebagai umat islam, kita wajib mengetahui kisah-kisah mereka untuk diambil pelajaran dan tauladannya.

Allah berfirman dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 39:

الَّذِينَ يُبَلِّغُونَ رِسَالَاتِ اللَّهِ وَيَخْشَوْنَهُ وَلَا يَخْشَوْنَ أَحَدًا إِلَّا اللَّهَ ۗ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ حَسِيبًا

Artinya :

“Ialah orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah. Mereka takut kepada-Nya dan mereka tidak takut kepada seorang (pun) selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan.” (QS. Al-Ahzab ayat 39).

Dari ayat diatas, para Nabi dan Rasul sebagai utusan Allah untuk menyampaikan kebenaran tidak takut dengan siapapun kecuali dengan Allah.

Perbedaan Nabi dan Rasul

Pengertian Nabi

Berdasarkan dari arti katanya, Nabi berasal dari kata “Naba” yang berarti “dari tempat yang tinggi”. Secara harfiah artinya adalah orang yang ditinggikan derajatnya oleh Allah.

Nabi adalah seorang laki-laki yang menerima wahyu dari Allah untuk dirinya sendiri. Nabi tidak memiliki kewajiban untuk menyampaikan wahyu kepada umatnya.

Pengertian Rasul

Sedangkan Rasul berasal dari kata “Risala” memiliki arti “penyampaian”. Jadi Rasul adalah seorang laki-laki yang menerima wahyu dari Allah untuk dirinya sendiri dan wajib menyebarkan atau menyampaikan ajarannya.

“Jadi dari ribuan nabi yang di pilih oleh Allah tidak semuanya diutus sebagai Rasul.”

Berdasarkan hadist sahih riwayat At-Turmuzy, sebenarnya jumlah keseluruhan nabi dalam Islam sebanyak 124 ribu orang. Nabi yang diangkat sebagai Rasul adalah sebanyak 312 orang, namun yang diceritakan dengan jelas di dalam Al-Quran adalah 25 orang.

25 Nama Nabi dan Rasul Sesuai dengan Al-Quran

No
Nama Nabi
1
Adam
2
Idris
3Nuh
4Hud
5Saleh
6Ibrahim
7Luth
8Ismail
9Ishaq
10Yakub
11Yusuf
12Ayub
13Syuaib
14Musa
15Harun
16Yulkifli
17Daud
18Sulaiman
19Ilyas
20Ilyasa
21Yunus
22Zakaria
23Yahya
24Isa
25Muhammad

Tabel diatas menunjukkan 25 nama nabi yang disebutkan dalam Al-Quran. Nama-nama Nabi dan Rasul bisa berbeda dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Silahkan simak gambar berikut.

25 Nama Nabi dalam Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris

25-Nama-Nabi-dan-Rasul-Bahasa-Indonesia-Arab-Inggris

Rasul yang Bergelar Ulul Azmi

Dari ke-25 nama Nabi atau Rasul diatas, terdapat 5 Nabi atau Rasul yang memiliki derajat lebih tinggi yang disebut dengan Ulul Azmi.

Ulul Azmi adalah keaguangan, yang berarti mereka memiliki kesabaran yang luar biasa dalam menyampaikan wahyu Allah dibanding dengan yang lainnya.

5 Rasul yang Mendapat Julukan Ulul Azmi adalah:

  1. Nabi Nuh
  2. Nabi Ibrahim
  3. Nabi Musa
  4. Nabi Isa
  5. Nabi Muhammad

Rasul yang Menerima Kitab Suci

Selain kelima para Rasul yang mendapat julukan Ulul Azmi diatas, terdapat empat Rasul diataranya yang menerima kitab suci dari Allah.

Para rasul yang menerima kitab suci adalah:

  1. Nabi Musa menerima kitab suci Taurat
  2. Nabi Daud menerima kitab suci Zabur
  3. Nabi Isa menerima kitab suci Injil
  4. Nabi Muhammad menerima kitab suci Al-Quran

Al-Quran adalah kitab suci paling akhir yang merupakan kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya.

Sebagai umat muslim yang taat, kita wajib meyakini para Nabi dan Rasul yang merupakan utusan Allah. Karena ini merupakan salah satu dari rukun iman.

Apabila seseorang tidak beriman kepada nabi dan rasul, maka ia dapat dikatakan telah menjadi seorang kafir, walaupun dia percaya akan keberadaan Allah.

Allah berfirman dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 59:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ

Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul-Nya, dan ulil amri di antara kamu.” (QS. An-Nisa ayat 59).

Ayat diatas menjelaskan bahwa ketika beriman kepada Allah, maka juga harus beriman kepada Rasul-Rasul Allah.

Percaya dan yakin kepada Nabi dan Rasul Allah, berarti juga mempercayai bahwa wahyu yang telah diberikan kepada Nabi dan Rasul memang bersumber dari Allah.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang kisah 25 nama nabi yang diceritakan dalam kitab suci Al-Quran. Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

25 Nama Nabi dan Mukjizatnya dalam Islam

25 nama nabi yang disebutkan dalam Al Quran ini adalah nabi-nabi dengan kisah hidup dan perjuangan terhebat yang pernah ada.

Mereka terpilih untuk mendapatkan ilham dan mukjizat dari Allah SWT karena kesabaran, ketabahan dan kualitasnya. Dari mereka, kita belajar apa dan bagaimana hidup ini supaya bisa menjalaninya dengan benar sesuai kehendak Allah.

1. Nabi Adam

Nama-Nabi-Adam-Arab

Nabi pertama dari 25 nama nabi ini adalah satu-satunya nabi yang diciptakan di Surga. Nabi Adam diciptakan dari tanah yang ada di permukaan bumi. Beliau hidup di surga selama beberapa waktu bersama istrinya Hawa.

Dalam kisahnya, nabi Adam terbujuk rayuan setan sehingga dihukum turun ke bumi oleh Allah. Di bumi, nabi Adam menjadi manusia pertama yang kemudian disebut dengan Bapak Manusia.

2. Nabi Idris

Nama-Nabi-Idris-Arab

Nabi Idris adalah anak keturunan Nabi Adam yang keenam dari pernikahan anaknya yaitu Qobil dan Iqlima.

Nabi Idris dikenal sebagai manusia yang pandai membaca dan menulis. Beliau menguasai banyak ilmu seperti perbintangan, matematika, merawat hewan hingga menjahit.

3. Nabi Nuh

Nama-Nabi-Nuh-Arab

Nabi yang satu ini dikenal memiliki kesabaran yang luas. Dakwahnya yang berlangsung hampir seumur hidupnya tidak membawa hasil maksimal. Bahkan, keluarga nabi Nuh sendiri pun ada yang belum beriman kepada Allah.

Nabi Nuh diberikan beberapa mukjizat. Salah satunya adalah membuat bahtera besar untuk menyelamatkan kaumnya dan kehidupan binatang dari banjir bandang.

4. Nabi Hud

Nama-Nabi-Hud-Arab

Nabi Hud diutus untuk mengajak kaum Aad berhenti menuhankan atau menyembah berhala.Nabi Hud mengajak kaum Aad untuk menyembah kepada Allah.

Akan tetapi, ajakan nabi Hud nampaknya tidak didengarkan oleh kaum Aad tersebut.. Hingga akhirnya membuat Allah murka dan Allah mendatangkan bencana yang berupa badai gurun selama tujuh hari tujuh malam.

5. Nabi Saleh

Nama-Nabi-Saleh-Arab

Satu dari 25 nama nabi selanjutnya adalah nabi Saleh. Beliau adalah keturunan keenam dari Nabi Nuh yang tinggal di daerah bekas kaum nabi Hud atau bangsa Aad. Kaum nabi Saleh bernama kaum Tsamud.

Mereka juga tidak mengenal tuhan dan menyembah berhala. Untuk itu nabi Saleh mengajak mereka untuk meninggalkan berhala dan menyembah kepada Allah.

Mukjizat nabi Saleh adalah mampu mengeluarkan unta betina dari sebuah batu ketika memukulkan telapak tangannya.

6. Nabi Ibrahim

Nama-Nabi-Ibrahim-Arab

Nabi Ibrahim bisa dikatakan sebagai bapak para nabi. Hampir semua nabi setelah beliau adalah keturunannya. Nabi Ibrahim didatangkan untuk membenahi kaum yang dipimpin raja Namrud.

Kaum ini telah mengalami kerusakan seburuk-buruknya termasuk raja Namrud yang menganggap dirinya sebagai Tuhan.

Dalam kisahnya nabi Ibrahim telah menghancurkan patung-patung dan berhala yang disemabah oleh pengikut raja Namrud. Karena perbuatannya ini beliau ditangkap dan diikat di alun-alun kota kemudian di bakar.

Namun atas kehendak Allah, api membara yang membakar nabi Ibrahim menjadi terasa dingin. Inilah yang menjadi mukzijat nabi Ibrahim dari Allah yang tidak mempan dibakar.

7. Nabi Luth

Nama-Nabi-Luth-Arab

Nabi Luth diutus untuk memperbaiki moral kaum Gomorah yang senang berhubungan sesama jenis. Kaum ini melakukan perbuatan keji yaitu perilaku yang menyimpang yang sangat dilarang oleh Allah.

Akan tetapi, ajakan dan seruan nabi Luth untuk meningga;kan perbuatan yang dilarang tersebut tidak diindahkan oleh kaum ini.

Akibatnya mereka dihukum dengan gempa bumi dan hujan meteor yang dahsyat yang membinasakan seluruh penduduk kota.

Hingga sekarang sisa-sisa kaum Gomoroh masih dapat terlihat dengan kondisi yang sudah membatu atau menjadi fosil.

8. Nabi Ismail

Nama-Nabi-Ismail-Arab

Nama Ismail termasuk dalam salah satu dari 25 nama nabi. Beliau merupakan keturunan dari Nabi Ibrahim dari istrinya yang bernama Siti Hajar.

Nabi Ismail mendapat mukjizat dari Allah dengan munculnya air zamzam dari hentakan kakinya ketika masih kecil. Bahkan hingga sekarang air zam-zam yang berada di Mekah tetap mengalirkan sumber air yang tidak pernah kering.

Selain itu, beliau sudah memiliki ketaatan kepada Allah sejak dia masih belia. Hal ini ketika beliau diuji oleh Allah melalui ayahnya nabi Ibrahim untuk dikorbankan kepada Allah.

Namun akhirnya penyembelihan nabi Ismail  akhirnya diganti dengan kambing yang dikirim dari Surga. Hal inilah yang akhirnya menjadi asal usul ibadah Qurban di hari raya Idul Adha.

9. Nabi Ishaq

Nama-Nabi-Ishaq-Arab

Nabi Ishaq juga merupakan anak nabi Ibrahim atau saudara nabi Ismail. Hanya nabi Ishaq dilahirkan dai ibu yang berbeda, yaitu dari ibu Sarah.

Nabi Ishaq turut serta bersama nabi Ibrahim berdakwah menyampaikan ajaran kebenaran.

Nabi Ishaq dikaruniai anak kembar yang diberinya nama Lishu dan Yaqub. Lishu adalah nenek moyang bangsa Romawi sedangkan Yaqub merupakan nenek moyang bani Israil.

10. Nabi Yaqub

Nama-Nabi-Yaqub-Arab

Nabi Yaqub adalah anak nabi Ishaq yang menjadi nenek moyang bangsa bani Israil. Beliau dikaruniai oleh Allah dengan 12 anak.

Nabi Yaqub meneruskan ajaran tentang keesaan Allah yang diterimanya. Sebelum meninggal dunia, beliau berpesan agar supaya anak-anaknya tetap berpegang pada ajaran ayahnya.

11. Nabi Yusuf

Nama-Nabi-Yusuf-Arabic

Nama Yusuf masuk ke dalam 25 nama nabi yang harus kita kenal. Nabi Yusuf merupakan anak ke-12 dari nabi Yaqub bin Ishaq.

Beliau adalah anak kesayangan dari nabi Yaqub. Hal ini membuat iri saudara-saudaranya yang akhirnya membuang beliau ketika masih kecil dengan memasukkannya ke dalam sumur.

Akhirnya nabi Yusuf selamat dan dijual kepada raja Mesir. Perjalanan hidupnya penuh dengan rintangan karena nabi yang berparas tampan ini mendapatkan ujian fitnah dari istri pejabat kerajaan Mesir.

Mukjizat yang dimiliki oleh nabi Yusuf adalah memiliki kelebihan yang mampu menafsirkan mimpi. Karena kelebihannya ini, beliau dihormati oleh masyarakat sekitarnya.

Nama Yusuf disebut sebanyak 27 kali dalam “surat Yusuf” di kitab Al-Quran. Kisah beliau juga diceritakan dalam surah tersebut yang Allah sebut sebagai “kisah terbaik dalam Al-Quran”.

Baca juga : Doa Nabi yusuf

12. Nabi Ayub

Nama-Nabi-Ayub-Arab

Nabi Ayub bisa dikatakan sebagai salah satu nabi tersabar yang pernah ada. Kehidupannya penuh dengan kebaikan dan kaya raya.

Akan tetapi hal ini tidak membuatnya sombong dan kufur. Allah mengujinya melalui penderitaan panjang dengan penyakit kulit hingga hartanya habis.

Bahkan istri dan anak-anak pergi meninggalkannya. Namun, ketabahan dan kesabaran nabi Ayub mampu melewati cobaan itu semua.

Akhirnya beliau sembuh dari sakitnya dan menjadi kaya raya kembali.

13. Nabi Syu’aib

Nama-Nabi-Syu'aib-Arab

Salah satu dari 25 nama nabi adalah Syuaib. Nabi Syuaib diutus untuk kaum Madyan, namun kaum ini tetap ingkar dan menolak ajakan nabi Syuaib untuk menyembah kepada Allah.

Allah melaknat kaum Madyan dengan badai panas dan awan hitam hingga semua penduduknya musnah.

14. Nabi Musa

Nama-Nabi-Musa-Arab

Kitab Taurat adalah salah satu mukjizat Nabi Musa yang diturunkan oleh Allah. Beliau ditugaskan untuk membebaskan bani Israel dari perbudakan dan membawanya keluar dari Mesir.

Atas ijin Allah, beliau juga mampu mengubah tongkat menjadi ular dan membelah laut Merah. Akan tetapi, mukjizat ini tidak mampu mengajak Firaun menyembah Allah.

Nabi Musa juga memiliki mukjizat yang pernah berbicara dengan Allah secara langsung. Dari ajaran beliau terkenal dengan 10 perintah Allah atau “The Ten Commandments”.

Baca juga : Doa Nabi Musa

15. Nabi Harun

Nama-Nabi-Harun-Arab

Nabi Harun adalah saudara Nabi Musa yang membantunya berdakwah untuk mengingatkan Fir’aun. Beliau dikaruniai kemampuan berbahasa yang luar biasa.

Nabi Harun berjuang untuk kaumnya yang menyembah berhala agar mau meninggalkannya.

16. Nabi Zulkifli

Nama-Nabi-Zulkifli-Arab

Nabi Zulkifli merupakan salah satu dari anak nabi Ayub yang selamat dari reruntuhan rumah.

Beliau ditus Allah untuk menyebarkan kebaikan ke kaum Amoria di Damaskus. Beliau mengajak para menyembah berhala supaya menyembah Tuhan Yang Maha Esa, dan taat beribadah kepada-Nya serta membayar zakat.

Nabi ini dikaruniai sifat sabar yang sangat besar dan rasa dermawan yang tinggi.

17. Nabi Daud

Nama-Nabi-Daud-Arab

Salah satu dari 25 nama nabi adalah Nabi Daud atau sering disebut juga dengan nabi Dawud.

Beliau adalah orang yang mengalahkan Jalut (Goliath) dan diberi mukjizat dapat melunakkan dan membengkokkan besi. Kemudian beliau menjadi raja menggantikan Jalut yang dikalahkannya.

Beliau menerima wahyu berupa kitab Zabur. Beliau sangat fasih membaca isi kitab Zabur dengan suara yang merdunya, hingga membuat pegunungan dan burung ikut bertasbih.

Nama beliau disebutkan sebanyak 16 kali di dalam Al-Quran.

Jadi mukjizat nabi Daud adalah dapat berkomunikasi dengan burung, memiliki suara merdu dan bisa melunakkan besi dengan tangan kosong.

18. Nabi Sulaiman

Nama-Nabi-Sulaiman-Arab

Nabi Sulaiman adalah putra dari nabi Daud yang meneruskan ayahnya menjadi seorang raja.

Nabi Sulaiman adalah nabi yang memiliki kekayaan yang sangat banyak. Bahkan kekayaan yang dimilikinya tidak dapat dihitung karena terlalu banyak.

Nabi yang satu ini memiliki bermacam-macam mukjizat. Diantaranya adalah bisa bicara dengan binatang, dapat menundukkan angin serta tingkat kesabaran yang luar biasa.

19. Nabi Ilyas

Nama-Nabi-Ilyas

Nabi Ilyas adalah keturunan ke-4 dari Nabi Harun. Beliau ditugaskan berdakwah kepada orang-orang Finisia dan Bani Israel yang menyembah berhala bernama Baal di Kota Baalbak, Syam.

Kota Baalbak ini diambil dari nama berhala yang mereka sembah. Nabi Ilyas mengajak kaumnya untuk menyembah Allah namum mereka ingkar. Itulah sebabnya Allah menurunkan azab.

20. Nabi Ilyasa

Nama-Nabi-Ilyasa-Arab

Nabi Ilyasa adalah seorang anak yang diangkat dan diasuh oleh Nabi Ilyas. Beliau melanjutkan perjuangan ayahnya untuk berdakwah.

Beliau ditugaskan untuk berdakwah kepada Bani Israil dan orang-orang Amoria di daerah Panyas, Syam.

Nabi Ilyasa memiliki kesabaran tingkat tinggi, karenanya beliau diberi mukjizat besar seperti mampu menghidupkan orang mati.

21. Nabi Yunus

Nama-Nabi-Yunus-Arab

Nabi Yunus diutus oleh Tuhan untuk pergi ke Niniwe dan mengingatkan penduduknya akan datangnya murka Tuhan dalam waktu 40 hari.

Namun sampai hari ke-39 belum juga ada murka Tuhan, akhirnya beliau merasa kecewa dan frustrasi sehingga meninggalkan kaumnya.

Kemudian beliau meninggalkan Niniwie dan pergi naik kapal. Namun kapal yang ditumpanginya terjebak badai besar yang akhirnya membuat beliau terjun ke laut.

Akhirnya beliau dimaakan oleh ikan paus raksasa, namun tidak wafat. Allah memberikan pelajaran pada nabi Yunus yang meninggalkan kaumnya dengan hukuman hidup di dalam perut ikan paus.

Di dalam perut ikan Paus inilah beliau memanjatkan doa keselamatan dan penyesalan telah meninggalkan kaumnya. Akhirnya setelah 3 hari tinggal di perutnya, beliau disemprotkan keluar oleh ikan Paus tersebut.

Baca juga : Doa Nabi Yunus

22. Nabi Zakaria

Nama-Nabi-Zakaria-Arab

Zakaria adalah salah satu dari 25 nama nabi yang diceritakan dalam Al Quran. Nabi Zakaria adalah keturunan dari nabi Sulaiman.

Nabi Zakaria diutus untuk memperbaiki kaum Bani Israil yang tinggal di Palestina.

Nabi Zakaria berdakwah hingga usia renta dan baru dianugerahi anak di usianya tersebut.

23. Nabi Yahya

Nama-Nabi-Yahya-Arab

Nabi Yahya adalah anak dari Nabi Zakaria yang lahir ketika Nabi Zakaria sudah sangat tua. Nabi Yahya adalah seorang manusia yang berprinsip, integritasnya tinggi serta benar-benar menegakkan kebenaran.

Beliau dikaruniai hikmah dan ilmu ketika masih anak-anak. Beliau hormat pada orang tuanya, dan tidak sombong ataupun durhaka. Beliau juga pintar dan tajam pemikirannya.

Itulah mengapa Nabi Yahya selalu menjadi orang yang dapat menyelesaikan masalah di kalangan kaumnya.

24. Nabi Isa

Nama-Nabi-Isa-Arab

Nabi Isa terlahir dengan mukjizat Allah pada seorang perempuan suci bernama Maryam. Beliau mendapatkan mukjizat kitab Injil dan menjadi nabi dari umat Nasrani.

Nabi Isa adalah nabi dan rasul yang merupakan salah satu dari Ulul Azmi. Dalam Al-Qur’an, beliau disebut “Isa bin Maryam” atau “Isa al-Masih”.

Beliau ditugaskan oleh Allah untuk berdakwah kepada Bani Israil di Palestina.

Nabi Isa membawa kabar mengenai kedatangan nabi penutup yakni Nabi Muhammad. Akan tetapi, banyak umatnya yang tidak mau mengakuinya hingga saat ini.

Nabi Isa juga memiliki mukjizat yang dapat berbicara pada waktu masih bayi. Beliau juga dapat menghidupkan burung yang sudah mati atau orang yang sudah mati.

25. Nabi Muhammad

Nama-Nabi-Muhammad-Arab

Nabi Muhammad adalah Nabi dan Rasul terakhir yang diutus Allah. Umatnya adalah seluruh manusia di muka bumi yang hidup mulai jaman Nabi Muhammad hingga akhir jaman.

Rasulullah mengajarkan dan mengesakan Allah sebagaimana yang dibawa dan diajarkan oleh nabi dan rasul sebelumnya.

Beliau adalah Rasul penutup dan tidak akan ada lagi nabi yang diturunkan setelah beliau. Oleh sebab itu, semua umat manusia sekarang ini wajib mengimani Nabi Muhammad.

Mukjizat nabi Muhammad adalah kitab suci Al-Quran. Kitab suci Al-Quran sebagai kitab suci yang terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan oleh Allah.

Selain itu beliau juga memiliki mukjizat dengan perjalanan Isra’ dan Mi’raj yang hanya dilakukan dalam waktu semalam.

Baca juga : Sifat Wajib Nabi

Demikian ulasan tentang 25 nama Nabi dan Rasul yang merupakan utusan Allah untuk mengajak umat manusia kejalan Allah. Oleh sebab itu, kita wajib mengetahui dan mempelajari kisah mereka supaya bisa diambil hikmah dan diteladani.

Loading...
Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Kisah Rasulullah

Wahyoeni
4 min read

Hafizh Paling Menginspirasi

Wahyoeni
5 min read

Sejarah Walisongo

Wahyoeni
10 min read

Biodata Nissa Sabyan

Wahyoeni
3 min read

Sejarah Khalifah Islam

Wahyoeni
3 min read

Sunan Muria

Wahyoeni
6 min read