Universitas Islam Indonesia

Pendidikan saat ini adalah hal yang sangat penting. Tidak hanya di mata Indonesia tapi juga di dunia. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis perguruan tinggi yang memberikan fasilitas pendidikan dalam berbagai bidang. Mulai dari PTN, PTKIN, hingga PTS. Dan jika ada PTKIN, tentu saja ada juga PTS yang basicnya agama Islam, salah satunya adalah Universitas Islam Indonesia.

Universitas ini banyak sekali menjadi rujukan calon mahasiswa baru. Baik yang di sekitar Yogyakarta, maupun di seluruh Indonesia. Bahkan bisa di katakan sebagai pilihan terbaik ketika sudah tidak di terima di PTN. Lalu, apa saja yang di tawarkan di perguruan tinggi ini? untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Perguruan tinggi yang satu ini merupakan salah satu perguruan tinggi Islam yang terletak di Yogyakarta. Secara lebih singkat, Universitas tersebut sering di sebut dengan nama UII dengan kepanjangan Universitas Islam Indonesia. Pada awal berdirinya, tentu saja namanya masih STI. Setelah memenuhi ketentuan yang berlaku, akhirnya pun berganti menjadi UII.

Universitas Islam Indonesia

Perguruan tinggi ini bisa di katakan sebagai salah satu perguruan yang terbaik dengan prestasi yang sudah di raihnya. Hal ini di dasarkan pada hasil pemeringkatan 4ICU menyatakan bahwa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menempati peringkat pertama. Sedangkan di kancah Nasional, UII menempati peringkat ke 2 dengan akreditasi Institute nya adalah A.

Visi Dan Misi UII Yogyakarta

Setiap lembaga tentu saja memiliki visi maupun misinya masing-masing untuk mencapai tujuan berdirinya. Begitu juga dengan Universitas Islam yang satu ini. Dan untuk misinya secara umum adalah bisa terwujudnya Universitas Islam yang Rahmatan Lil ‘alami. Tentu saja di barengi pula dengan beberapa aspek penting lain di sampingnya.

Sedangkan untuk misinya adalah untuk menegakkan wahyu dan sunnah Nabi sebagai sumber kebenaran. Hal ini akan di wujudkan melalui pengembangan dan penyebaran IPTEK, budaya, seni dan sastra dengan berlandaskan ajaran dan jiwa keislaman. Tentu saja di lakukan pula dalam rangka membentuk cendekiawan muslim dengan jiwa kepemimpinan bangsa sebagai generasi berikutnya.

Daftar Fakultas Dan Jurusan Di UII

Berbicara lebih jauh tentang sebuah perguruan tinggi, tentu saja yang sangat penting di ketahui lebih dalam adalah tentang fakultas dan jurusannya. Sedangkan di salah satu Universitas Islam terbaik di Indonesia tingkat swatsa ini setidaknya ada 8 fakultas dengan beragam jurusan yang di sediakannya.

Dan untuk daftar lebih lanjutnya ada di bawah ini.

1. Fakultas Ekonomi

Di berbagai universitas, tentu saja tidak asing lagi jika fakultas ekonomi adalah salah satu fakultas yang banyak sekali peminatnya, Dan untuk UII ini di fakutas ekonomi ada banyak sekali jurusan yang bisa di pilih. Mulai dari manajemen, akuntansi dan Ilmu Ekonomi. Di jenjang s2 dan s3 pun ada jurusan manajemen.

2. Fakultas Hukum

Kalau untuk fakultas hukum, mungkin tidak seramai fakultas Ekonomi sekalipun masih tergolong cukup banyak peminatnya. Sedangkan untuk jurusan yang tersedia di sini adalah Ilmu hukum untuk jenjang S1, S2 dan S3.

3. Fakultas Ilmu Agama Islam

Namanya juga Universitas Islam Indonesia, tentu saja ada fakultas Ilmu agama Islam yang bisa di temui di sana. Sedangkan jurusan yang tersedia di sini diantara adalah pendidikan Islam, Hukum Islam, ekonomi Islam dan S2 Agama Isalm. Seluruhnya telah terakreditasi A, kecuali untuk jurusan ekonomi Islam.

4. Fakultas kedokteran

Di Universitas Islam Indonesia fakultas kedokteran, hanya ada satu jurusan saja yang teredia di UII ini, yakni pendidikan dokter.

5. Fakultas Matematika dan IPA

Fakultas yang satu ini mungkin juga cukup menarik. Sedangkan jurusan di bidang ini pun cukup banyak. Diantaranya adalah statistika, Ilmu Kimia, farmasi, profesi apoteker, dan kimia analisis khusus untuk jurusan D3.

6. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya

Kalau di bidang yang lebih mengarah pada kehidupan sehari-hari ini, jurusan yang tersedia di UII adalahPsikologi, ilmu komunikasi, program pendidikan bahasa Inggris, program hubungan internasional dan di jenjang S2 tersedia juga jurusan Psikologi.

7. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Bidang teknik tentu saja juga merupakan salah satu bidang yang cukup menarik. Dan di bidang ini terdaoat beberapa jurusan. Diantaranya adalah teknik sipil, arsitektur, teknik lingkungan dan magister teknik sipil.

8. Fakultas Teknologi Industri

Daftar fakultas terakhir di sini adalah teknologi Industri. Sedangkan jurusan Universitas Islam Indonesia yang di tawarkan di fakultas ini cukup banyak. Diantaranya adalah teknik kimia, teknik industri, teknik informatika, teknik elektro, dan teknik mesin untuk jenjang pendidikan S1. Sedangkan di jenjang S2 tersedia teknik industri dan teknik informatika.

Program Beasiswa yang Bisa di Peroleh di UII

Tidak dapat di pungkiri bahwasanya biaya sekolah bukanlah jumlah yang sedikit. apalagi di universitas sekelas UII ini. Namun, jangan khawatir karena di sini ada banyak sekali beasiswa yang bisa di peroleh setiap mahasiswanya. Jadi, jika memang memiliki kemampaun yang cukup, jangan ragu daftar di sini dan dapatkan beasiswa untuk menunjang kebutuhan finansial.

Sedangkan untuk daftar beasiswanya, yang pertama dalah beasiswa tahfidz qur’an yang berlaku bagi setiap mahasiswa penghafal al-qur’an. Berlaku juga beasiswa unggulan dan bantuan biaya pendidikan bidikmisi. Beasiswa bidikmisi ini berlaku bagi orang-orang yang kurang mampu. Dan yang terakhir adalah beasiswa mahasiswa unggulan pondok pesantren UII.

Universitas Islam Indonesia Fakultas Kedokteran

Salah satu fakultas yang cukup tergolong bergengsi di dunia pendidikan ini adalah fakultas kedokteran. Fakultas ini tidak hanya tempatnya orang-orang cerdas dengan kemampuan yang mumpuni, tetapi juga terkenal begitu tinggi biayanya. Baik untuk baiya masuk, maupun biaya SPP. Namun, untuk hasilnya, tentu saja tidak membohongi setelah mahasiswanya lulus nanti.

Di Universitas Islam Indonesia fakultas kedokteran pun tersedia sebagaimana di sebutkan di atas. Namun, hanya ada satu jurusan yang bisa Anda dalami di sini jika sudah masuk ke fakultas kedokteran. Jurusan tersebut adalah pendidikan dokter. Namun, meski hanya satu, jangan salah karena akreditasinya sudah A. Jadi, jika Anda memilih masuk di sini tentu sangat recommended.

Prestasi Besar Yang Berhasil Di Raih Mahasiswa UII

Kemajuan tinggi perguruan tinggi, yang bisa di klaim sebagai perguruan tinggi terbaik dalam beberapa event bergengsi, tentu saja tidak lepas pula dari prestasi-prestasi yang sudah di raih mahasiswanya. dan prestasi yang sudah di raihnya tersebut bahkan tidak terbatas untuk kompetisi di dalam negeri saja, melainkan di luar negeri yang jelas tarafnya sudah internasional.

Baru-baru ini mahasiswa UII berhasil meraih 3 penghargaan penting di Rumania, oleh mahasiswa teknik lingkungan. Di sini mereka berhasil bersaing dan memenangkan beberapa kategori. padahal pesaingnya adalah orang-orang hebat. Banyak penemu, peneliti, insinyur dan sejenisnya yang ikut dalam kompetisi ini. Tentu saja prestasi ini sangat menakjubkan untuk UII.

Baca juga : Kerajaan Islam di Indonesia

Demikian ulasan tentang Universitas Islam Indonesia yang berada di Jogja. Universitas ini sudah menjadi universitas islam paling diminati di Yogyakarta.