Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Sapu Jagat

Simak ulasan tentang √ doa sapu jagat arab, latin dan artinya serta √ keutamaan dan waktu mustajab membaca doa sapu jagat berikut.


Doa Sapu jagat

Sejak kecil kita telah diajarkan berbagai macam doa yang harus dilakukan sebelum melakukan suatu aktivitas tertentu.

Arti-Doa-Sapu-Jagat

Semua doa-doa ini diajarkan sejak kecil supaya bisa diaplikasikan setiap hari dan menjadi sebuah ladang ibadah. Doa juga menjadi sebuah budaya untuk memulai sesuatu dengan baik.

Hal ini dikarenakan kita dianjurkan untuk mengawali sebuah aktivitas dengan niat yang benar dan memohon petunjuk dari sang Pencipta.

Contohnya seperti doa sebelum makan, doa sebelum masuk kamar mandi, doa sebelum tidur dan juga doa sapu jagat.

Bagi umat muslim pasti sudah kenal dan hafal dengan istilah doa sapu jagat. Doa yang satu ini sangat mudah diingat karena tidak terlalu panjang serta diketahui memiliki banyak keutamaan.

Doa ini sering dibaca oleh Nabi Muhammad dalam dzikirnya. Selain itu, bacaan yang dianjurkan dalam Al Quran ini pun mempunyai keutamaan yang tidak main-main.

Kenapa bacaan doa ini disebut doa sapu jagat?

Karena sebenarnya doa ini benar-benar memiliki makna yang ampuh di dalamnya yang berisi tentang pemintaan seluruh kebaikan dan keselamatan dunia dan akhirat.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang doa sapu jagat dalam bacaan arab, latin dan artinya serta keutamaan doa sapu jagat dan waktu yang mustajab mengamalkan doa ini.

Bacaan Doa Sapu Jagat

Doa sapu jagat atau doa selamat dunia akhirat adalah doa yang sudah dihafal di luar kepala umat muslim bahkan ketika kita masih kecil.

Selain itu, bacaan doa sapu jagat yang pendek juga terdapat dalam Al-Quran yaitu pada surat Al Baqarah ayat 201.

Bacaan Doa Sapu Jagat Pendek

Doa-Sapu-Jagat
Bacaan Doa Sapu Jagat Arab

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Doa Sapu Jagat Latin

“Rabbana atina fid-dun-ya ḥasanataw wa fil-akhirati ḥasanataw wa qina ‘ażaban-nar”

Arti Bacaan Doa Sapu Jagat

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka”

Dengan memanjatkan doa ini, meminta untuk mendapatlan keselamatan dan kebaikan di dunia dan di akhirat dan diselamatlan oleh Allah dari siksa api neraka.

Bacaan Doa Sapu Jagat Panjang

Bacaan doa sapu jagat atau doa keselamatan dunia dan akhirat yang merupakan doa permhononan kepada Allah agar diberikan keselamatan dunia dan akhirat.

Doa-Sapu-Jagat-Panjang

Bacaan Doa Sapu Jagat Arab

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Bacaan Doa Sapu Jagat Latin

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut.”

“Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab.”

Arti Bacaan Doa Sapu Jagat

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

Baca juga : Doa Keselamatan

Waktu Terbaik Membaca Doa Sapu Jagat

Setiap amalan selalu memiliki waktu-waktu khusus dalam pelaksanaannya. Sebut saja seperti ketika mengerjakan sholat, baik itu sholat wajib atau sholat sunnha. Ada waktu tertentu dimana perintah untuk melakukan sholat yang dikerjakan.

Begitu juga dengan doa, ada waktu-waktu terbaik dimana doa yang kita lantunkan ke langit bisa menembus Arsy Allah.

Berikut beberapa waktu mustajab untuk membaca doa sapu jagat, diantaranya adalah :

1. Selesai Sholat Wajib

Ayat ini menjadi salah satu rangkaian doa yang tidak pernah lupa dibaca oleh Nabi Muhammad setiap selesai sholat. Hal ini terlihat dari hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Hadist tersebut menyebutkan bahwa sahabat Nabi yang bernama Anas ra mengatakan bahwa doa ini adalah doa yang paling sering dibaca oleh Nabi. Dengan demikian, doa ini menjadi sunnah rasul yang ketika dikerjakan akan mendapatkan limpahan pahala.

Baca juga : Doa Setelah Sholat Wajib

2. Sepertiga Malam Terakhir

Dalam hadist lain, Nabi Muhammad disebutkan selalu menyisipkan doa sapu jagat setiap kali beliau berdoa kepada Allah. Baik ketika membaca doa pagi hari, sore hari ataupun dalam sepertiga malam. Nabi Muhammad tidak pernah lupa untuk membaca doa sapu jagat ini.

Karena doanya cukup pendek, tidak membutuhkan waktu lebih dari 15 detik untuk membacanya dengan tepat dan khusyuk. Artinya, doa ini sangat mudah untuk diamalkan.

3. Sebelum Salam dalam Sholat

Sebuah hadist shahih menyatakan bahwa Nabi Muhammad pernah melihat seorang laki-laki yang membaca doa setelah melakukan tahiyat akhir dan sebelum dua salam.

Melihat hal ini, Nabi Muhammad berkata bahwa Allah telah mengampuni orang tersebut sebanyak 3 kali. Hal ini menunjukkan keutamaan doa sebelum salam. Salah satu doa yang sangat ampuh untuk memohon ampunan Allah adalah doa sapu jagat.

Baca juga : Doa Iftitah

Keutamaan Doa Sapu Jagat

Keutamaan-Doa-Sapu-Jagat

Doa sapu jagat menjadi pilihan terbaik sebagai amalan andalan karena di dalamnya kita melihat sebuah rangkaian doa yang lengkap. Lafaz doanya cukup singkat, padat dan mudah untuk dihafalkan.

Maknanya sangat mendalam dan mencakup semua hal yang dibutuhkan manusia secara umum. Berikut ini akan diulas secara mendalam tentang bagaimana keutamaan doa sapu jagat ini.

Dalam doa sapu jagat ini, ada tiga hal yang menjadi poin utama keampuhan dan keutamaannya. Diantaranya adalah :

1. Memohon Kebaikan Selama di Dunia

Tujuan hidup manusia di dunia sesuai dengan Al Quran adalah untuk beribadah kepada Allah. Manusia tidak diciptakan untuk melakukan hal lainnya di dunia ini kecuali untuk melakukan perintah-Nya.

Akan tetapi, kehadiran setan untuk menganggu dan menjerumuskan manusia memang benar adanya. Banyak yang lupa akan tujuan hidup utama yang sebenarnya. Hingga akhirnya, manusia banyak berbuat keburukan, kejelekan dan kemunkaran kepada Allah.

Dengan membaca doa sapu jagat, kita akan terlindung dari segala bentuk kejelekan di dunia. Memohon kebaikan berarti kita mengharapkan bahwa hidup yang dilalui benar-benar sesuai dengan ketetapan dan perintah Allah.

Karena hanya dengan cara itulah, kebaikan di dunia bisa diperoleh. Kebaikan yang kita dapatkan di dunia seharusnya menjadi kendaraan kita untuk beribadah kepada Allah dengan lebih khusyuk.

Apa saja bentuk kebaikan yang bisa kita dapatkan di dunia?

Kebaikan-kebaikan itu diantaranya adalah :

  • Kesehatan tubuh dan pikiran yang baik
  • Harta halal dan berkecukupan
  • Suami atau istri dan anak-anak sholeh atau sholehah
  • Ilmu yang bermanfaat
  • Lingkungan aman dan nyaman

Baca juga : Doa Tolak Bala

2. Memohon Kebaikan di Akhirat

Kehidupan yang kita jalani di dunia ini bukan tidak terbatas. Semuanya akan berakhir pada kematian. Karena akan datang hari kiamat sebagai pertanda hari akhir di alam semesta.

Oleh sebab itu, apa yang kita lakukan selama hidup akan dipertanggungjawabkan sepenuhnya saat hari penghakiman.

Doa sapu jagat tidak hanya terbatas untuk memohon kebaikan selama di dunia saja. Doa ini juga untuk meminta kebaikan selama kita di akhirat.

Berikut ini adalah beberapa kebaikan di akhirat yang bisa kita dapatkan dari membaca doa ini, yaitu :

  • Selamat dari siksa di alam kubur
  • Mendapatkan pertolongan selama di padang Mahsyar
  • Penghitungan yang mudah saat hisab
  • Menerima catatan amal dengan tangan kanan
  • Menyeberangi Jembatan Ash-Shirot dengan mudah
  • Bisa minum di telaga Al Kautsar Nabi Muhammad
  • Mendapatkan syafaat Nabi Muhammad
  • Dihindarkan dari panas matahari yang menyengat
  • Diselamatkan dari api neraka
  • Mendapatkan keridloan Allah
  • Mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Alla dan masih banyak lagi kebaikan yang kita butuhkan selama hidup di akhirat.

3. Meminta Perlindungan dari Api Neraka

Akhir dari hidup manusia adalah penilaian dari amal yang dilakukannya di dunia. Jika selama hidupnya patuh dan taat perintah Allah dan rasul-Nya, maka surga akan menjadi balasannya.

Namun jika hidup manusia tersebut disia-siakan untuk hal yang tidak penting apalagi sampai melanggar perintah Allah, sudah pasti neraka akan menjadi tempatnya.

Dengan membaca doa sapu jagat, kita berharap mendapatkan ampunan dari semua kesalahan dan kekhilafan selama hidup. Dosa yang menumpuk dan membawa kita ke neraka akan diampuni oleh Allah.

Dengan mengamalkan doa ini, kita bisa terhindar dari api neraka yang panasnya tidak terbayangkan. Kita akan diselamatkan dari sakitnya penderitaan siksa neraka yang tiada ujung.

Namun ada satu hal yang pasti harus diingat. Selain membaca doa ini, kita juga harus melaksanakan perintah Allah dan amalan sunnah lainnya.

Semakin banyak amal ibadah yang kita kerjakan, semakin baik kualitas hidup kita di dunia, semakin besar kesempatan kita terbebas dari api neraka. Oleh sebab itu, jangan lelah untuk terus beribadah dan berdoa kepada Allah.

Baca juga : Doa Nurbuat

Demikian ulasan tentang bacaan doa sapu jagat dalam bahasa arab, latin dan artinya lengkap. Semoga dengan mengetahui keutamaannya, Anda termotivasi untuk selalu mengamalkan doa mujarab ini. Pastikan untuk tidak lupa membaca doa ini beberapa kali sehari di waktu-waktu yang mustajab.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa untuk Anak Ulang Tahun

Wahyoeni
4 min read

Doa untuk Anak Sakit

Wahyoeni
4 min read

Doa untuk Anak Perempuan

Wahyoeni
4 min read

Doa Anak Baru Lahir

Wahyoeni
4 min read

Doa Masuk Kelas

Wahyoeni
4 min read

Doa Masuk Kamar Tidur

Wahyoeni
3 min read