Doa Paling Utama

Pada saat kita menghadapai kesulitan atau tertimpa musibah, maka kita dianjurkan untuk sabar dan ikhtiar. Selain itu kita dianjurkan memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk memohon petunjuk-Nya dan ampunan-Nya. Ada beberapa doa paling utama untuk umat Muslim ketika kita menghadapi kesulitan atau sedang tertimpa musibah..

Ketika kita sedang menghadapi masalah berat. Kadang mempengaruhi kondisi iman kita yang menjadi rendah. Kondisi ini membuat jiwa kita menjadi kosong dan gelap sehingga kita tidak merasa ingin melakukan apa pun, maka hati kita menjadi keras dan hari-hari kita menjadi hampa dan terasa berat.

Beberapa dari kita kadang malah beralih dengan konsultasi ke dokter dan obat-obatan. Ada sebagian orang yang menceritakan masalahnya ke orang terdekatnya untuk ikut membantu memecahkan masalahnya. Tetapi ada beberapa dari kita yang berserah diri kepada Allah SWT untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Kita semua tahu bahwa Allah SWT adalah yang paling dari segala hal yang ada di muka bumi ini. Kita bisa membaca doa-doa islam untuk memohon kepada Allah SWT.

Doa paling utama untuk umat Muslim

Nabi Muhammad SAW bersabda tentang mengingat Allah:

“Jangan terlalu banyak bicara tanpa mengingat Allah”

Memang bicara berlebihan tanpa mengingat Allah akan mengeraskan hati. Dan sesungguhnya orang yang paling jauh dari Allah adalah yang paling keras hati. (At-Tirmidzi)

Nabi Muhammad SAW juga bersabda:

“Rumah adalah tempat mengingat Allah SWT dan rumah yang tidak diingat Allah sama dengan yang hidup dan yang mati”. (Muslim)

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan menginformasikan beberapa doa dan hadist paling utama yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Berikut Doa Paling Utama Untuk Umat Muslim

1. Dzikir Terbaik

Zikir atau Dzikir adalah obat untuk umat muslim yaitu sebuah aktivitas ibadah yang dilakukan umat Muslim untuk mengingat Allah. Dzikir dilakukan dengan memuji nama Allah, dan dzikir adalah salah satu kewajiban yang tercantum dalam al-Qur’an.

Zikir terbaik adalah:

لا إله إلا الله

Bacaan Zikir dalam bahasa Indonesia

“La ilaha illallah”

Ari bacaan Zikir dalam bahasa Indonesia

“Tidak ada yang patut disembah kecuali Allah”

2. Permohonan Terbaik

Dan permohonan terbaik adalah :

الحمدلله

Bacaan permohonan terbaik dalam bahasa Indonesia

“Al-ḥamdulillah”

Arti permohonan terbaik dalam bahasa Indonesia

“Semua pujian adalah karena Allah”  (At-Tirmidzi)

3. Ayat Kursi Sebagai Ayat paling Utama

Bacaan Ayat kursi sebagai ayat paling utama dalam Al Quran, memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa. Dengan mengamalkan dan membaca ayat kursi, maka akan mendapat pertolongan dan perlindungan dari Allah Swt.

Bacaan ayat kursi:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.”

4. Doa Terbaik Untuk Memuliakan Allah

Allah bebas dari ketidaksempurnaan dan kita diwajibkan untuk memuji-Nya. Dengan pujian-Nya, sebanyak jumlah makhluk-Nya, sesuai dengan kesenangan Baik-Nya, sama dengan berat Tahta-Nya dan sama dengan tinta yang dapat digunakan dalam mernulis kata-kata (Untuk PujianNya). (Muslim)

سبحان الله و بحمده عددا خلقه و ريدا نفسيه و زينتا أرشح و معددا كلمتيه

Bacaan doa terbaik untuk memuliakan Allah dalam bahasa Indonesia

“Subhana Allah wa bihamdihi adada khalqihi wa rida nafsihi wa zinata arshihi wa midada kalimatihi.”

5. Doa Terbaik

Doa terbaik bagi umat muslim adalah dengan memuji nama Allah SWT dan meminta yang terbaik kepada-Nya. Berikut adalah doa terbaik untuk umat muslim.

ربنا اتنا في الدنيا حسنةً و الاخرة حسنةً و قنا عذبة عن نار

Bacaan doa terbaik untuk dalam bahasa Indonesia

“Rabana atina fi dunya hasanatan wa fil akhirati hasanatan wa qina adhaba an-nar. “

Arti doa terbaik untuk dalam bahasa Indonesia

“Ya Tuhan kami, berikan kami yang terbaik di kehidupan ini dan yang terbaik di kehidupan selanjutnya, dan lindungi kami dari hukuman Api.” (Al-Bukhari dan Muslim)

6. Doa Terbaik Untuk Depresi

Doa paling utama untuk umat muslim

Doa Dhun-Nun (Nabi Yunus) ketika dia memohon, sementara dia berada di dalam perut ikan paus adalah:

اَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Bacaan doa terbaik untuk depresi dalam bahasa Indonesia

“La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu mina adhalimeen.” 

Arti bacaan doa terbaik untuk depresi dalam bahasa  Indonesia

“Tidak ada yang layak disembah kecuali Engkau, Mahasuci Engkau, Sungguh, aku telah menjadi pelanggar” 

Jadi memang, tidak ada pria Muslim yang memohonnya untuk apa pun, kecuali Allah yang menanggapi dia. (At-Tirmidzi).

7. Doa Terbaik Untuk Pengampunan

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Ya Allah, Kamu adalah Tuhanku. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Anda. Anda menciptakan saya dan saya adalah pelayan Anda dan saya mematuhi perjanjian dan janji Anda sebaik mungkin. Saya mencari perlindungan-Mu dari kejahatan, yang telah saya lakukan. Saya mengakui kebaikan Anda pada saya dan saya mengetahui dosa-dosa saya, jadi maafkan saya, karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Anda.”

Jika seseorang mengucapkan doa ini pada malam hari, dan jika dia harus mati, dia akan pergi ke Surga. Dan jika dia membacanya di pagi hari, dan jika dia harus mati pada hari yang sama, dia akan memiliki nasib yang sama. “(Al-Bukhari)

Bacaan doa terbaik dalam bahasa Indonesia

“Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa an abduk wa ana ala ahdika wa wa’dika ma istata’tu, a’udhu bika min sharri ma sana’tu, abou ‘laka bi ni’matika alaya, wa abou’u bi dhanbi , fa-ghfir li, fa innahu la yaghfiru dhunuba illa anta.”

8. Doa Terbaik Untuk Perlindungan

Nabi Muhammad SAW juga bersabda:

Barangsiapa yang melafalkan tiga kali setiap pagi dan sore:

Bacaan dalam bahasa  Indonesia

“Bismi Allah alladhi la yadorru ma’a ismihi shay ’fil ardi wala fi sama wa wa huwa sami’u al alim.”

Arti dalam bahasa Indonesia

“Dalam Nama Allah dengan Nama siapa ada perlindungan terhadap setiap jenis bahaya di bumi atau di surga, dan Dia adalah Maha Mendengar dan Yang Tahu segalanya,’ tidak ada yang akan menyakitinya”. (Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

9. Dua Terbaik Untuk Kedamaian

Batin Abu Musa (Semoga Allah senang dengan dia) melaporkan:

Rasulullah berkata kepada saya “Apakah aku tidak akan menuntunmu ke harta karun dari harta Jannah?”

Saya bilang “Ya, wahai Rasulullah!”

Setelah itu Rossul berkata “(Ucapkan) ‘La hawla wa la quwwata illa billah‘  (Tidak ada perubahan kondisi atau kekuasaan kecuali oleh Allah)”.

“La hawla wa la quwwata illa bi Allah al ‘aliyyi al adhim.” (Al-Bukhari dan Muslim)

Baca juga : Bacaan doa Qunut dalam Sholat Subuh

Demikian doa paling utama untuk umat muslim menurut sabda nabi Muhammad SAW. Dengan setiap hari berzikir dan mengucapkan lafal-lafal Allah untuk sellau dekat dengan Allah SWT dalam membantu menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi. Salah satu doa ketika terkena musibah adalah dengan membaca doa qunut nazilah.

Doa Untuk Orang Sakit

Wahyoeni
4 min read

Doa Sesudah Wudhu

Wahyoeni
5 min read

Doa Untuk Pengantin

Wahyoeni
5 min read

Doa Masuk Kamar Mandi

Wahyoeni
3 min read

Doa Mandi Junub

Wahyoeni
2 min read