Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Idgham

Dalam ilmu tajwid terdapat hukum idgham. Idgham sendiri merupakan bercampurnya dua huruf atau memasukkan salah satu huruf ke lainnya. Idgham memiliki beberapa jenis serta macam berbeda.

Jenis serta macam macam idgham ini dibedakan berdasarkan hukum bacaan serta ilmu tajwid. Secara keseluruhan, ada 3 jenis serta macam berbeda dari idgham.

Untuk memahami jenis-jenis idgham sekaligus macamnya ini tentu saja harus paham dulu pengertian serta arti. Selanjutnya baru mengenali bagaimana cara bacaan sampai contoh dari masing-masing idgham.

Berikut ini merupakan ulasan lengkapnya.

Pengertian dan Arti Idgham

Pengertian idgham dibedakan menurut bahasa serta istilah. Berdasarkan dari bahasa, Idgham berarti الْاِدْخَالُ al-idkholu, yang artinya memasukkan.

Sedangkan menurut istilah, idgham diartikan sebagai pelafalan yang menggabungkan dua huruf. Kemudian memasukkan salah satu huruf pada lainnya.

عِبَارَةٌ عَنْ خَلْطِ الْحَرْفَيْنِ وَإِدْخَالِ أَحَدِهِمَا فِي الْآخَرِ

“Sebuah pelafalan dari penggabungan dua huruf dan memasukkan salah satunya ke huruf lainnya”.

Dalam ilmu tajwid sendiri idgham merupakan hukum yang memadukan dan mencampurkan dua huruf antara satu dengan lainnya. Bacaan idghom dilakukan dengan meleburkan satu huruf dengan huruf setelahnya.

Memahami Huruf Idgham dan Cara Baca

Ketika huruf sukun bertemu dengan huruf harokat akan menjadi satu huruf tasydid. Hukum ini yang akhirnya menyebabkan terjadi idgham.

Tasydid ( ّ  ) sendiri merupakan harakat atau tanda baca dengan bentuk yang mirip seperti bagian kepala huruf hijaiyah س sin. Bentuk tasydid juga sering dikatakan mirip dengan huruf latin W.

Dalam ilmu tajwid, tasydid merupakan satu-satunya simbol yang digunakan untuk menekankan konsonan ganda atau double.

Huruf idgham ini bisa disebut pula tanda baca yang muncul karena adanya pertemuan atau pengulangan dari satu huruf hijaiyah yang sama.

“Sesuai dengan hukum idgham, bila huruf hijaiyah memiliki tanda baca tasydid maka bacaannya menjadi sepanjang 2 harakat (ketukan) atau 1 alif. Bisa juga dibaca dengan lebih panjang lagi.”

Jadi bisa disimpulkan idghom terjadi bila huruf نْ nun mati atau ـًـــٍـــٌ tanwin bertemu dengan huruf idgham. Huruf idgham tersebut harus makharijul, dimana hurufnya hampir mendekati. Jadi cara baca dua huruf tersebut pun disatukan.

Jenis Jenis Hukum Bacaan Idgham

Sumber: Pixabay

Jenis-jenis Hukum Bacaan Idgham

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa jenis-jenis idgham berbeda. Salah satunya jenis idgham berdasarkan dari hukum bacaan.

Mengenai huruf idgham ini sendiri, ada beberapa pertemuan dua huruf hijaiyah yang menjadi hukum bacaan idgham. Diantaranya:

  1. Hukum bacaan نْ nun mati atau ـًـــٍـــٌ tanwin, idgham berlaku bila huruf tersebut bertemu dengan ﻡ mim, ﻥ nun, ﻭ wawu, ﻱ ya, ل lam, dan ر ra.
  2. Hukum bacaan مْ mim mati atau ـًـــٍـــٌ tanwin, idgham terjadi saat bertemu dengan huruf ﻡ mim.
  3. Hukum bacaan نْ nun mati dan مْ mim mati, idgham akan dibedakan kembali ke dalam 3 macam macam hukum bacaan idgham, yaitu idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan idgham mitslain atau idgham mimi.

Berikut penjelasannya.

1. Idgham Bighunnah

Ma’al ghunnah atau idgham bighunnah merupakan bacaan tajwid yang meleburkan atau menggabungkan antara نْ nun mati atau ـًـــٍـــٌ tanwin bersama dengan huruf idgham bighunnah yang ada di depannya.

Huruf idgham bighunnah ada ي ya, ن nun, م mim, dan و wawu. Cara baca idgham bighunnah dengan mendengungkan dalam dua harakat atau ketukan.

Contoh Idgham Bighunnah:

مَنْ يَقُوْلُ

Dibaca: May yaqulu. Ada نْ mati yang bertemu dengan ﻱ ya.

2. Idgham Bilaghunnah

Hukum bacaan idgham نْ nun mati dan مْ mim mati berikutnya ada idgham bilaghunnah. Idgham bilaghunnah meleburkan نْ nun mati atau ـًـــٍـــٌ tanwin dengan satu huruf idgham bilaghunnah di depannya.

Huruf idgham bilaghunnah diantaranya ل lam dan ر ra. Cara baca hukum idghom ini tanpa dengung.

Contoh idgham bilaghunnah:

شَيْطَا نٍ رَّ جِيْمٍ

Dibaca: syaithanir rajim. Ada ـــٍــ tanwin yang bertemu dengan ر.

3. Idgham Mimi atau Mitslain

Idgham mimi atau idgham mitslain merupakan hukum bacaan dengan meleburkan مْ mim mati dengan huruf م mim lain yang berharakat di depannya. Huruf mim lain yang berharakat ini seperti مَ – مِ – مُ dan nantinya akan diberi tanda baca tasyid ( ّ  ).

Cara baca idgham mimi mengikuti hukum tasydid, ditambah dengan ghunnah atau mendengung sepanjang 2-3 harakat/ketukan.

Contoh idgham mimi:

فَهُمْ مِّنْ مَّغْرَمٍ مُّثْقَلُوْنَ

Dari surat Al Qalam ayat 64, bacanya: fahummm mimmm maghramimm musqaluun. Ada مْ mim mati bertemu dengan huruf مِ mim.

Macam Macam Idgham Berdasar Ilmu Tajwid

Selain jenis idgham berdasarkan hukum bacaan di atas, masih ada lagi macam macam idgham lain. Kali ini idgham berdasarkan dari ilmu tajwid.

Menurut pengertiannya, jenis-jenis idgham berikut ini memiliki arti yang sama. Hanya saja bukan digunakan untuk hukum bacaan.

Melainkan memahami jenis huruf idgham seperti dijelaskan dalam ilmu tajwid. Jenis idgham tersebut diantaranya terdiri dari:

  1. Idgham Mutamatsilain
  2. Idgham Mutajanisain
  3. Idgham Mutaqaribain

Berikut ini penjelasan sekaligus contohnya.

1. Idgham Mutamatsilain

Idgham Mutamatsilain اِدْغَامْ مُتَمَثِّلَيْن berarti dua huruf yang sama. Menurut istilah, idgham ini diartikan sebagai jika ada dua huruf yang sesuai sifat dan makhraj.

Bisa diartikan juga idgham mutamatsilain terjadi bila ada dua huruf hijaiyah mati dan yang sama bertemu di kalimat lain. Misal seperti تْ ta mati bertemu dengan ت ta di kalimat lain.

Meski begitu tidak semua pertemuan dua huruf hijaiyah yang mati dan tidak menjadi idgham mutamatsilain. Huruf mad thobi’i (آمَنُوْا وَعَمِلُوْا) dan Waqof saktah (مَا أَغْنَى عَنِّي مَالِيَهْ) tidak termasuk ke dalam idgham mutamatsilain.

2. Idgham Mutajanisain

Idgham Mutajanisain اِدْغَامْ مُتَجَنِّسَيْن berarti bertemunya dua huruf yang sejenis. Meskipun kedua huruf tersebut tidak memiliki sifat yang sama.

Berdasarkan dari istilah, idgham mutajanisain diartikan sebagai bila ada kecocokan antara dua huruf yang sama makhraj namun memiliki sifat berbeda.

Contoh untuk huruf idgham mutajanisain seperti تْ ta dengan ط tha’, تْ ta dengan د da, ثْ zha dengan ذ dzal, dan sebagainya.

3. Idgham Mutaqaribain

Idgham Mutaqaribain اِدْغَامْ مُتَقَرِّبَيْن memiliki arti dua huruf yang berdekatan. Menurut istilah, idghom ini diartikan sebagai أَنْ يَتَقَارَبَ الْحَرْفَانِ مَخْرَجًا وَصِفَةً atau “Jika ada dua huruf yang berdekatan makhraj dan sifatnya.”

Huruf idgham untuk mutaqaribain ada dua, yaitu:

  1. Qof mati قْ bertemu ك kaf, contohnya: أَلَمْ نَخْلُقْكُّمْ
  2. Lam mati لْ bertemu ر ro’, contohnya: بَلْ رَّفَعَهُ اللهُ

Pengecualian pada idgham mutaqaribain di surat Surat Al-Muthoffifin ayat 14. Dalam ayat ini terdapat لْ lam mati bertemu ر ro’, yaitu كَلَّا بَلْ س رَانَ.

Namun bacaan tersebut tidak bisa masuk ke dalam idgham mutaqaribain karena ada س waqof saktah.

Idghom memang menjadi salah satu ilmu tajwid yang cukup rumit dipelajari. Ada jenis-jenis idgham berbeda yang memiliki cara baca sampai hukum berlainan. Semoga ulasan mengenai macam macam idgham di atas membantu dalam memahami hukum bacaan idgham.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.